13 Tempat Wisata di Bandung Yang Asyik Buat Liburan

Tempat Wisata di Bandung – Bandung merupakan Ibukota provinsi Jawa Barat. Kota ini selalu menarik minat wisatawan baik domestik maupun internasional dengan wisata kuliner, wisata belanja dan wisata alamnya. Bandung banyak dikunjungi pada akhir pekan dan waktu liburan.

Letaknya yang terbilang cukup dekat dengan Jakarta, membuatnya menjadi tempat tujuan warga ibukota pada waktu-waktu tersebut. Hal ini juga dipermudah dengan adanya jalan tol Cipularang yang memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi kurang lebih 2-3 jam. Transport menuju kota Bandung juga tidaklah sedikit, wistawan bisa menggunakan jasa travel, kereta api maupun bis antar kota dan provinsi untuk sampai ke kota ini.

Bandung memberikan banyak pilihan wisata bagi para wisatawan yang berlibur kesana, berikut beberapa pilihan tempat wisata di Bandung yang dapat dikunjungi selama liburan :

1. Gunung Tangkuban Perahu

kawah tangkuban perahu 2

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu situs wisata terkenal di Indonesia. Terletak di daerah Lembang, sekitar 20 kilometer di utara Kota Bandung, gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini selalu padat pengunjung pada akhir pekan dan waktu liburan.

Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, kawah paling besar dinamakan Kawah Ratu, berada di bagian atas situs wisata ini. Kawah kedua yang berada sekitar 1,2Km dibawahnya dinamakan Kawah Domas, di kawah ini Anda dapat merebus telur hingga matang di air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya. Baca review kami tentang kawah domas di link diatas.

2. Kawah Putih Ciwidey

 

kawah putih bandung 1

Nama Kawah Putih Ciwidey sudah tidak asing di kalangan pecinta alam. Kawah yang terletak di daerah Ciwidey sekitar 50 Km di selatan Bandung ini merupakan kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih akibat kandungan belerang pada tanahnya tersebut.

Airnya yang berwarna cerah dan terkadang berubah warna merupakan keunikan dari kawah itu sendiri.

Ga mau kehabisan hotel murah di Bandung? klik disini!

3. Danau Situ Patenggang

situ patenggang bandung

Danau Situ Patenggang terletak sekitar 7 Km dari Kawah Putih. Pemandangan yang disuguhan danau ini sangat indah. Dikelilingi oleh lembah dan perkebunan teh yang hijau, banyak pengunjung menjadikan tempat ini sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan teman.

Anda bisa menggunakan perahu untuk mengarungi danau tersebut atau mengunjungi situs legenda Batu Cinta yang terletak di pulau kecil di tengah danau.Udara sekitar danau tergolong sejuk dan cenderung dingin, memberikan suasana segar bagi tubuh dan pikiran yang penat. Tempat wisata di Bandung Selatan ini direkomendasikan untuk dikunjungi.

4. Curug Cimahi

curug cimahi bandung

Curug cimahi merupakan salah satu wisata alam alternatif yang dekat serta mudah dijangkau, namun masih banyak orang yang tidak tahu. Meskipun namanya curug cimahi, tapi air terjun ini malahan terletak tidak jauh dari lembang.

Suasana di area curug cimahi Bandung alami dan tertata baik, anda bisa menikmati air terjun yang tinggi dengan air yang jernis, plus suasana alami yang indah.

Di malam hari, dibelakang air terjun diterangi dengan lampu warna-warni. Sekarang tempat ini dikenal juga dengan nama air terjun pelangi. Unik dan indah juga lho..

5. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

taman hutan raya juandaTaman Hutan Raya terletak di kawasan Dago Pakar, membentang sampai ke daerah Maribaya. Di tempat yang merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia ini terdapat kurang lebih 2500 jenis tanaman.

Selain wisata botani, di taman ini juga terdapat beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi, antara lain:

  • Monumen Ir. H. Djuanda
  • Gua Jepang dan Gua Belanda
  • Air Terjun Dago
  • Air Terjun Omas
  • Air Terjun Lalay
  • Museum Ir.H Djuanda
  • Prasasti Raja Thailand

Dengan suhu udara yang selalu sejuk dan suasana yang tenang, Taman Hutan Raya cocok dijadikan tempat berkumpul, bersantai dan bercengkrama bersama keluarga dan teman Anda.

6. Situ Cisanti Bandung

Situ Cisanti merupakan hulu sungai Citarum. Siapa sangka, hulu sungai yang membelah Bandung ini ternyata indah sekali lho. Suasananya masih alami, Buat penggemar wisata alam pasti akan betah.

situ cisanti Bandung

Pastikan tempat menginap anda di Bandung tersedia, klik disini!

7. Maribaya Bandung

Maribaya sekarang sudah berbeda dengan Maribaya yang dulu. Dibawah management yang baru, tempat ini direnovasi dan berubah nama menjadi Maribaya resort and spa. Terletak tidak jauh dari pusat kota Lembang, cocok sekali buat anda kunjungi. Btw, hati-hati dengan oknum “guide” disini ya..

maribaya bandung

8. Puncak Bintang

Puncak Bintang Bandung berada tidak jauh dari pusat kota. Di tempat ini, anda bisa menikmati suasana alam yang masih segar dan pemandangan kota dari wilayah atas. Bisa dikatakan, tempat ini merupakan tempat paling ideal buat melihat kota Bandung dari ketinggian.

puncak bintang bandung

9. Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata budaya terkenal di Bandung. Ditempat yang menfokuskan diri pada pelestarian angklung ini di gelar pertunjukan rutin pentas seni yang terdiri dari orkestra angklung, tari topeng, helaran dan wayang golek. Saung Angklung Udjo mengenalkan lebih jauh seni dan budaya Sunda dengan alat musik yang terbuat dari bambu tersebut.

10. Museum Geologi Bandung

museum geologi bandung

Tempat wisata edukasi ini terletak di jalan Diponegoro, sangat dekat dengan Gedung Sate dan Taman Lansia. Museum ini memiliki koleksi fosil, bebatuan, mineral dan peta (geologi, geofisika, gunung api, geomorfologi, dsb) yang dipastikan dapat menarik rasa ingin tahu pengunjung anak-anak bahkan dewasa.




Mungkin hal yang paling menarik di museum ini bagi pengunjung anak-anak adalah fosil-fosil replika dari binatang purba, terutama fosil dinosaurus.

11. Observatorium Bosscha

observatorium boscha

Tempat wisata edukasi lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Observatorium Bosscha. Tempat pengamatan bintang ini berlokasi di Lembang, sekitar 15Km di utara kota Bandung. Untuk bekunjung ke tempat ini Anda diwajibkan untuk daftar terlebih dahulu, petugas observatorium tidak akan mengijinkan Anda masuk ke observatorium bila Anda langsung datang, meskipun Anda tetap bisa menikmati taman dan suasana sekitar observatorium ini.

12. Factory Outlet Rumah Mode

rumah mode bandung

Sejak awal tahun 2000an, banyak factory outlet bermuncul di Bandung dan Bandung pun terkenal sebagai kotanya factory outlet. Salah satu factory outlet yang paling terkenal di Bandung adalah Rumah Mode. Terletak di jalan Setiabudi Bandung, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Rumah mode menyediakan berbagai barang sisa ekspor bermerek dengan harga yang relatif murah seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris dan lain sebagainya. Di factory outlet ini juga terdapat tempat-tempat makan, jadi bagi Anda yang lelah berbelanja, bisa istirahat sejenak dengan menikmati rangkaian kuliner yang tersedia.Dengan suasana yang selalu asri dan bersih, maka tidaklah heran bila Rumah Mode menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung.

13. Tebing Keraton Bandung

tebing keraton

Tebing keraton bandung merupakan tempat wisata yang baru dikenal akhir-akhir ini. tempat ini dikenal awalnya dari media sosial , hingga akhirnya berkembang jadi tempat wisata alam yang unik.

Tebing keraton Bandung terletak di area taman hutan raya juanda, tempat ini dikenal juga dengan nama tebing selfie karena banyaknya foto selfie yang dilakukan ditempat ini.

Semoga kumpulan info seputar tempat wisata di Bandung ini bisa jadi referensi untuk liburan anda nanti.

Selamat berlibur!

info hotel murah di Bandung mulai dari 100 ribuan, klik disini.

13 Tempat Wisata di Bandung Yang Asyik Buat Liburan
4 (80%) 5 votes

Related Posts

5 Comments

  1. tempat wisata di bandung
    4 September, 2015
  2. Heru bolang
    13 May, 2016
    • nativeindo
      16 May, 2016
  3. Van I Wungkull Went
    15 May, 2016
  4. lukisan minimalist
    16 May, 2016

Add Comment