5 Lokasi Wisata Kebun Teh yang patut anda kunjungi

Wilayah dataran tinggi di Indonesia biasanya digunakan sebagai tempat perkebunan teh. Pada zaman sekarang, perkebunan teh bukan hanya sekedar sebuah perkebunan tapi juga berfungsi sebagai tempat wisata agro yang memiliki pesona tersendiri. Diperkebunan teh, anda dapat merasakan kesegaran udara pegunungan yang jauh dari polusi dan menikmati pemandangan indah yang mampu mengurangi stres yang melanda. Berikut ini beberapa lokasi wisata kebun teh yang bisa anda kunjungi :

1. Perkebunan Teh Rancabali

kebun teh rancabali

Perkebunan teh rancabali ini berlokasi sekitar 50 Km dari kota Bandung. Perkebunan teh Rancabali memiliki pemandangan perkebunan teh yang sangat indah dan ajdi salah satu area tempat wisata di ciwidey yang favorit. Letaknya berada di kaki Gunung Patuha sehingga membuat kebun teh ini memiliki udara yang sangat segar. Ditengah perkebunan teh ini terdapat objek wisata Situ Patenggang dan Pemandaian Air Panas Walini.

Kawasan kebun teh Rancabali juga terdapat fasilitas menginap seperti villa, penginapan, dan hotel. Hal ini dikarenakan di area ini banyak terdapat lokasi tujuan wisata, dan menjadi salah satu kawasan wisata favorit di Bandung.

2. Kebun Teh Wonosari

kebun teh wonosari lawang

Kebun teh Wonosari lawang letaknya sekitar 30 KM sebelah utara dari Kota malang. Tepatnya di kaki Gunung Arjuno. Kebun teh ini menawarkan keindahan pegunungan dengan bentangan kebun-kebun tehnya. karena keindahannya inilah area ini dicanangkan sebagai area wisata agro wonosari.




Ditempat ini anda bisa melihat proses pembentukan teh mulai dari pemetikan hingga pada proses jadi. Selain dengan berjalan kaki, anda juga bisa mengelilingi kawasan kebun teh ini dengan menggunakan trailer, kuda ataupun kereta kelinci. Jika anda sedang berkunjung ke Malang, area kebun teh wonosari bisa jadi salah satu tujuan rehat anda sekeluarga.

3. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan teh Malabar dibangun pada tahun 1890 dan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Letaknya yang berada diketinggian 1550 meter diatas permukaan laut membuat lokasi kebun teh ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Perkebunan teh Malabar berada di Bandung Selatan, tepatnya di wilayah Pangalengan Bandung.

kebun teh malabar

Pemandangan disekitar perkebunan juga sangat memukau. Disini juga terdapat sebuah rumah tua yang dibangun pada tahun 1890 yang disebut dengan bumi hideung atau imah hideung. Hingga saat ini rumah yang telah berusia seratus tahun lebih ini masih berdiri kokoh dan terjaga keasliannya.

4. Kebun Teh Gunung Mas Puncak

Kebun Teh Gunung Mas Puncak

Lokasi wisata kebun teh gunung mas ini berada di kawasan Puncak, Bogor. Di perkebunan ini ada bisa menyusuri perkebunan teh dengan berjalan kaki dan melakukan aktivitas yang menantang seperti bersepeda dan bermain gantole. Selain itu juga anda bisa mengelilingi perkebunan dengan menaiki kuda.

Kebun teh gunung mas puncak cocok untuk jadi tempat rehat sejenak bagi anda yang tinggal atau bekerja di daerah ibukota Jakarta dan sekitarnya.

5. Kebun Teh Tambi Wonosobo

Perkebunan teh ini berada di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1350 meter diatas permukaan laut. Perkebunan teh ini dibangun pada tahun 1865. Perkebunan Teh Tambi menawarkan keindahan alam dengan udara yang segar dan bebas polusi.

kebun teh tambi wonosobo

Dari kota Wonosobo, anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 hingga 30 menit untuk sampai ke lokasi perkebunan. Diperkebunan ini anda bisa langsung memetik teh, melihat proses pengolahannya dan mencicipi langsung rasa teh yang dihasilkan dari perkebunan ini. Teh hitam adalah salah satu jenis teh yang diproduksi di perkebunan ini dan sebagian besar dari hasil produksi di ekspor keluar negeri.

5 Lokasi Wisata Kebun Teh yang patut anda kunjungi
5 (100%) 1 vote

Related Posts

One Response

  1. iind
    19 June, 2016

Add Comment