7 Tempat Wisata Jawa Barat yang Patut Dikunjungi

Jawa barat merupakan provinsi yang paling dekat letaknya dengan ibukota DKI Jakarta. Seringkali penduduk ibukota menghabiskan waktu liburan mereka di provinsi ini. Jawa Barat memang memiliki banyak tempat pariwisata untuk memuaskan keinginan berwisata/ berlibur penduduk baik dari dalam provinsi itu sendiri ataupun yang dari luar provinsi. Ibukota Jawa Barat sendiri, Bandung, selalu padat wisatawan domestik maupun internasional, baik pada musim libur atau hanya pada akhir pekan.

Provinsi Jawa Barat menyediakan berbagai tempat wisata yang menonjolkan keindahan alamnya, berikut tujuh tempat wisata di Jawa Barat yang pantas untuk Anda kunjungi pada saaat berlibur:

7 Tempat Wisata Jawa Barat

1. Pantai ujung Genteng

Pantai ujung genteng

Pantai Ujung Genteng terletak di kota Sukabumi yang berjarak sekitar 95 kilometer dari Bandung atau sekitar 200 kilometer dari Jakarta. Di pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di satu lokasi. Inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik dari Pantai Ujung Genteng.

Ombaknya yang cenderung besar dan kuat juga menarik minat para peselancar untuk menjajal ombak pantai selatan ini. Hal lainnya yang selalu menarik perhatian wisatawan adalah banyaknya penyu yang terdapat di pantai ini, terutama pada bulan Agustus akan ada banyak penyu yang bertelur di pantai ini. Dapat menyaksikan hal tersebut sudah cukup menetapkan Pantai ini sebagai salah satu tempat yang patut dijambangi wisatawan.

2. Curug Cikaso

curug cikaso

Curug Cikaso atau air terjun Cikaso terletak dekat dengan Pantai Ujung Genteng. Curug dengan tinggi sekitar 100 meter dan lebar 80 meter ini memiliki tiga (3) air terjun yang saling berdampingan. Apabila matahari sedang cerah ada kemungkinan Anda bisa melihat pelangi kecil diair terjun ini.

3. Goa Buniayu

goa buni ayu

source:untung09.wordpress.com

Masih di sekitar Sukabumi, tempat wisata lainnya bagi Anda yang menyukai tantangan adalah Goa Buniayu. Di Indonesia wisata petualangan goa memang belum terlalu popular tetapi sudah mulai diminati oleh para petualang, dan goa ini sangat cocok bagi petualang yang menyukai tantangan.

Stalakmit dan stalaktik yang indah menunggu Anda setelah Anda menuruni goa vertikal dan melewati pekatnya kegelapan. Di dalam goa Buniayu Anda dapat melihat hewan-hewan yang hidup dibawah permukaan bumi yang tidak pernah Anda temui sebelumnya. Jalur tempuh yang cukup menantang mengharuskan Anda memiliki kondisi tubuh yang sehat dan istirahat yang cukup sehari sebelumnya karena kegiatan ini meski seru dan menantang juga sangat melelahkan.

4. Pantai Pangandaran

pantai pangandaran

Terletak disebelah tenggara Jawa Barat, Pantai Pangandaran memiliki pantai putih halus dan air yang bersih dan jernih. Pantai yang pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat ini cenderung ramai pengunjung pada saat liburan.




Di pantai ini Anda dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam di satu tempat. Penginapan di Pantai Pangandaran selalu penuh pada saat musim liburan, tidak jarang para wisatawan yang tidak kebagian penginapan akhirnya mendirikan tenda di pantai sebagai tempat bermalam.

5. Green Canyon

green canyon pangandaran

source:adventuresindonesian.com

Green Canyon atau yang dalam bahasa aslinya lebih dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh ini terletak sekitar 31 km dari Pangandaran. Green Canyon merupakan tempat wisata paling populer di selatan Jawa Barat. Bila Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang, tebing yang hijau dan goa yang dipenuhi stalakmit dan stalaktit yang indah.

Menikmati keindahan Green Canyon bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dengan menggunakan perahu tempel,perahu kayuh atau berenang. Perjalanan jauh yang harus ditempuh untuk mencapai temptat ini akan terbayar oleh keindahan alam yang disuguhkan Green Canyon.

6. Arung Jeram Sungai Citarik

arung jeram sungai citarik

Nama Sungai Citarik sudah tidak asing lagi bagi penduduk Jakarta penikmat olah raga air arung jeram. Sungai yang terletak di Sukabumi ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Barat. Sungai ini tergolong dangkal, jadi pengarung jeram pemula tidak perlu merasa takut ataupun khawatir.

Meski kedalaman sungai ini relatif tidak dalam, namun Sungai Citarik memiliki banyak bebatuan yang memberikan tantangan tersendiri bagi para pengarung jeram dalam menaklukkan Sungai Citarik. Sungai Citarik paling sering dikunjungi pada saat akhir pekan oleh para pecinta kegiatan outdoor.

7. Arung Jeram Sungai Cicatih

arung jeram sungai cicatih

Satu lagi tempat arung jeram yang cukup populer di Sukabumi yaitu Sungai Cicatih. Tingkat kesulitan arung jeram disini sedikit lebih tinggi dibanding di Sungai Citarik. Sungai yang dalam dan arus yang lebih deras menciptakan tantangan tersendiri bagi penikmat olah raga arung jeram. Meskipun demikian, Sungai Cicatih tetap aman bagi para pemula bahkan bagi mereka yang tidak dapat berenang.

Berminat untuk liburan? tempat-tempat diatas bisa jadi referensi buat anda.

7 Tempat Wisata Jawa Barat yang Patut Dikunjungi
3.25 (65%) 4 votes

Related Posts

3 Comments

  1. Fernandes Elecomp-Sh
    21 April, 2016
  2. Paket Tour Toraja
    29 April, 2016
  3. GGF WIsata
    1 June, 2016

Add Comment