Info Tempat Wisata Di Indonesia

Wisata Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat

0 184

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Sumatera. Danau ini menyimpan keindahan yang bagus banget. Landscape air yang luas, dengan background perbukitan hijau ditepian danau, bakal langsung bikin mata kita adem.

Air danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber tenaga PLTA Singkarak di Lubuk Agung. Biasanya, PLTA terletak di pinggir danau atau bendungan ya, disini berbeda. Air dari danau singkarak dialirkan melalui terowongan panjang menembus bukit barisan sampai ke lokasi PLTA. Keren bukan?

Silahkan baca info lengkap seputar danau Singkarak di bawah ini ya.

Sejarah Asal Usul Danau Singkarak

Danau ini termasuk jenis danau tektonik, yaitu danau yang terbentuk karena aktivitas lempeng bumi. Letaknya memang ada di atas bagian sesar sumatera, tepatnya di cekungan Singkarak-Solok.

Luas danau Singkarak kurang lebih 11.200 hektar, dengan panjang sekitar 20 KM. Kedalaman danau Singkarak yang terukur paling dalam adalah 268 meter, dengan lebar maksimal sekitar 6.5 KM. Jadi bentuk danau ini lebih memanjang.

foto gambar danau singkarak
via koto-anau-koto-anau.blogspot.co.id

Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 KM. Terowongan ini menembus bukit barisan, dan digunakan sebagai sumber daya PLTA.

Ernst Haeckel, seorang biologist asal Jerman, dsebut-sebut sebagai salah satu orang pertama yang mengenalkan keindahan danau Singkarak ke dunia luas. Pada tahun 1905, Ernst Haeckel melakukan penelitian disini.

Lukisan yang menggambarkan kondisi danau saat itu, menjadi salah satu lukisan pertama yang tentang danau singkarak yang dikenal luas.

lukisan danau singkarak
via wikipedia.org

Wisata Danau Singkarak

Selain menjadi sumber tenaga PLTA, wisata danau singkarak juga cukup dikenal di kalangan turis domestik.

Baca Juga :  Taman Bunga Nusantara, Harga Tiket Masuk Dan Review Lengkap

Pemandangan alam yang ada disini bakal bikin kita betah. Bentang air yang luas dibingkai oleh barisan perbukitan hijau di pinggir danau.

Selain itu, mudah untuk dijangkau. Pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan mudah, karena memang letak jalan raya langsung menyusuri pinggir danau.

Sejauh ini, belum ada spot yang khusus sebagai pusat wisata danau Singkarak. Tapi ngga masalah, banyak terdapat tempat-tempat indah disepanjang danau ini.

Anda ngga bakal keberatan tentunya berkeliling danau, jika terdapat pemandangan indah dan suasana adem yang menemani.

Hal yang bisa anda lakukan disini; berenang di danau, memancing, bersampan mengelilingi danau, atau sekedar ngadem di pinggir danau menikmati pemandangan. Selain itu juga banyak terdapat warung dan tempat makan untuk ber-kuliner ria.

Letak Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di antara kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Area danau ini memang masuk kedalam wilayah dua kabupaten tersebut.

Dari kota Padang, jaraknya kurang lebih 70 KM. Jika anda menggunakan rute Solok, waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam.

Jika melalui Padang Panjang, waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam. Rute padang panjang bisa diambil jika anda memang mau ke bukit tinggi terlebih dulu.

Cara Menuju Lokasi

Dari kota Padang, ada beberapa alternatif angkutan ke danau singkarak yang bisa digunakan (sumber).

  • Menggunakan mini bus. Dari kota padang, naik minibus dari pool mobil Jasa Malindo, lalu naik minibus ke kota Solok. Lalu disambung naik angkot ke arah Singkarak Tembok dan Tikakak.
  • Menggunakan mobil travel ataupun sewa mobil langsung dari Padang. Alternatif ini tentunya akan lebih nyaman untuk anda.

Kuliner Khas

Sebagaimana umumnya wisata danau ataupun wisata pantai, kuliner khas disini tentunya tidak lepas dari ikan.

Terdapat berbagai jenis ikan yang hidup disini. Tapi yang kenal adalah ikan bilih, ikan khas endemik danau Singkarak.

Baca Juga :  The Jungle Bogor, Wahana Wisata Air Untuk Keluarga
ikan bilih danau singkarak
via kompasiana

Ikan ini cukup unik, karena tidak bisa dibudidayakan dengan hasil yang bagus ditempat lain, hanya bisa di danau ini saja. Kalaupun bisa, rasanya cukup berbeda.

Ikan bilih adalah jenis ikan kecil dengan sisik berwarna perak. Ikan ini merupakan salah satu tangkapan utama nelayan disini. Biasanya, ikan bilih dimasak dengan cara digoreng kering, tapi bisa juga dimasak dengan cara lain.

Selain ikan bilih, jenis ikan lainnya yang ada disini antara lain ; ikan asang/nilem, sasau, gariang, kapiek, gurame, mujair, sepat, gabus, dan ikan tilan.

Tempat Menarik

Ada beberapa tempat menarik yang bisa anda kunjungi di sekitar danau ini. Berikut ini adalah beberapa yang infonya kami kumpulkan;

Dermaga Singkarak

dermaga danau singkarak
via Ady Yandra, google map

Dermaga Singkarak adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan disini. Dermaga ini sering dijadikan pusat kegiatan olahraga sepeda bertaraf internasional, Tour De Singkarak.

Puncak Gobah

puncak gobah singkarak
via instagram.com/gagalsispek_/

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati pemandangan danau singkarak dari ketinggian. Puncak Gobah berada di Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Jarak puncak Gobah dari kota Solok kurang lebih 20 KM.

Puncak Thailand

puncak thailand singkarak
via instagram.com/mimietanjung/

Nama asli puncak Thailand adalah puncak Bukik Pulau. Lokasinya berada di Nagari Simawang, kecamatan Rambatan, Tanah Datar. Letaknya kurang lebih 3 KM dari jembatan ombilin arah Solok. Dari kota solok kurang lebih 30 menit sudah bisa sampai ke lokasi.

Letaknya berada langsung dipinggir danau. Dari sini kita bisa memandang lepas panorama sekitar yang indah banget.

Pantai Tanjung Mutiara

.

pantai tanjung mutiara singkarak
via Widi_Beghe,, google maps

Pantai Tanjung Mutiara adalah salah satu pantai di danau Singkarak yang sudah dikelola cukup baik. Disini kita bisa menikmati pemandangan danau langsung di tepinya. Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup lengkap.

Letak pantai tanjung mutiara singkarak ada di Nagari Batutaba, kecamatan Batipuh Selatan. Berjarak kurang lebih 30 KM dari Batu Sangkar ke arah Solok.

Baca Juga :  13 Tempat wisata Di Tegal Terbaik Untuk Mengisi Liburan

Bukit Chi Nang Kiek

Bukit Chi Nang Kiek singkarak
via Ady Yandra, google maps

Bukit Cinangkiak atau Puncak Chi Nang Kiek. Tempat wisata ini masih terbilang baru. Bisa anda jadikan salah salah satu lokasi untuk menikmati keindahan danau dari jauh.

Selain tempat-tempat di atas, masih banyak spot indah yang bisa anda nikmati disini. Pastikan kamera selalu siap untuk mengabadikan moment saat berlibur kesini ya.

Hotel Di Danau Singkarak

Ada beberapa pilihan hotel di danau Singkarak yang bisa anda pilih. Selain hotel yang disekitar danau, anda juga bisa menginap di kota terdekat.

Beberapa hotel di sekitar singkarak yang kami kutip dari google antara lain;

  • Hotel Palapa Prima. Alamatnya di Jl. Solok no. 18 Padang Panjang KM 25 Tikalak, Solok.
  • Hotel Jaya Karta. Alamatnya di Jalan Padang Panjang – Solok, Jorong Pasir Jaya, Nagari Tigo Koto, Rambatan, Kabupaten Tanah Datar.
  • Hotel Sumpur Singkarak. Alamatnya di Jalan Sumpu Sumani, (Kampung Minang), Sumpu, Batipuh Selatan, Danau, X Koto Singkarak, Kabupaten Tanah Datar. No telepon 0812-6711-844, 0812-6668-65757.
  • Villa Yuke Koto Singkarak. Alamatnya di Jln Lintas Singkarak Pdg Panjang, Jl. DR. Hamka, Sumani, X Koto Singkarak, Solok. Nomor telepon 0819-7669-999.

Tour De Singkarak

Salah satu event internasional yang rutin digelar disini adalah perlombaan balap sepeda Tour De Singkarak.

Tour de Singkarak mulai digulirkan tahun 2009 oleh kementrian kebudayaan dan pariwisata. Sekarang, ajang balap sepeda ini resmi menjadi salah satu acara tahunan dari Persatuan Balap Sepeda Internasional.

Event ini jadi ajang yang tepat buat mengangkat keindahan dan potensi wisata Sumatera Barat, khususnya daerah singkarak dan sekitarnya, di mata dunia.

Video

Silahkan tonton juga video aerial danau singkarak berikut ini ya. Credit to Capung aero, youtube.

Nah, tertarik untuk berkunjung kesini? atau anda punya pengalaman dan info lain tentang danau singkarak? silahkan tulis di kolom komentar ya.

Selamat berlibur!

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.