Info Tempat Wisata Di Indonesia

Gili Trawangan, Review Lengkap Surga Wisata Terbaik di Lombok

0

Gili Trawangan. Nama tempat ini cukup dikenal di kalangan wisatawan luar dan lokal. Seringkali para wisatawan yang datang ke Bali, juga mengunjungi tempat ini. Tempat wisata ini memang cukup mudah buat di jangkau dari Bali.

Gili Trawangan merupakan pulau kecil (gili) yang ada di sebelah barat laut pulau Lombok. Pulau ini bisa dikatakan pulau terbesar dari gususan tiga gili (pulau kecil) yang ada disini. Pulau lainnya adalah gili meno dan gili air.

Silahkan lihat info lengkap tentang Gili Trawangan dibawah ini ya..

Lokasi Gili Trawangan

Lokasi Gili Trawangan secara adminsitratif masuk ke dalam wilayah desa Gili Indah, ke. Pemenang, kab. Lombok Utara.

gili trawangan
image: nationalgeographic.co.id

Pulau ini jadi destinasi wisata utama di Lombok. Kombinasi udara segar khas laut, pantai putih yang bersih, air laut yang jernih, dan fasilitas lengkap tentunya bikin wisatawan betah. Pulau ini tidak terlalu luas, jadi kita bisa mengitarinya dengan mudah menggunakan sepeda.

Selain itu, dari pulau ini juga kita bisa dengan mudah menjangkau gili air dan gili meno yang letanya memang berdekatan. Jangan khawatir dengan fasilitas. Sekarang fasilitas di Gili trawangan sudah lengkap.

Cara Menuju Ke Gili Trawangan

Ada beberapa cara untuk menuju ke pulau ini;

Menggunakan Fast Boat/Speed Boat dari Bali

Cara tercepat dan termudah adalah dengan menggunakan fast boat atau speed boat dari Bali. Kita bisa naik jenis perahu ini dari Padang bai, Tanjung benoa, Pulau serangan, ataupun Sanur di Bali.

Harganya cukup mahal, sekitar 500-800 ribu/orang untuk sekali jalan.

Melalui Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara Di Lombok

Dengan rute ini, kita berangkat ke Lombok terlebih dulu via udara dan landing di Bandara Internasional Lombok. Dari Bandara, baru kita berangkat ke pelabuhan bangsal atau teluk nara dan menyeberang ke Gili trawangan.

Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan umum/kapal umum. Disini kita bisa naik perahu kayu dengan tarik Rp 15.000/orang, atau perahu cepat dengan tarif Rp 85.000/orang.

Penyeberangan di teluk nara khusus untuk charter jenis kapal cepat, dengan tarif Rp 350.000 sekali jalan untuk satu speed boat.

Pilihan transportasi dari Bandara – Pelabuhan Bangsal;

  1. Jasa travel. Terdapat beberapa jasa travel baik sharing ataupun private yang melayani jasa transportasi dari bandara ke pelabuhan bangsal. Salah satu penyedia jasa travel ini antara lain www.lombokcartransport.com. Tarifnya sekitar Rp 125.000/orang untuk sharing shuttle, atau Rp 350-450 ribu untuk private shuttle.
  2. Taksi Bandara. Taksi disini menggunakan argo dengan tarif kurang lebih 400-450 ribu sampai ke pelabuhan bangsal. Taksi ini berhenti diterminal. Dari terminal jarak ke pelabuhan sekitar 200 meter, kita bisa menggunakan cidomo (semacam dokar/delman).
  3. Alternatif lainnya adalah naik DAMRI terlebih dulu ke Mataram, lalu dari mataram naik taksi ke pelabuhan bangsal. Bisa juga kita sewa motor di Mataram dan diparkir (menginap) di pelabuhan bangsal. Tarif sewa motor sekitar Rp 70.000-80.000/hari, dan tarif parkir menginap sekitar Rp 10.000/malam.

Transportasi dari Pelabuhan Bangsal – Gili Trawangan;

  1. Kapal kayu. Tarifnya sekitar Rp 15.000/orang. Lama perjalanan kurang lebih 45 menit, dan biasanya harus menunggu kapal penuh terlebih dulu.
  2. Fast boat dari lombok ke gili trawangan. Tarif perorang Rp 85.000. Lama perjalanan sekitar 10 menit saja.

Aktifitas Dan Tempat Favorit Di Gili Trawangan

Biasanya satu hal yang terpikir saat traveling; apa saja sih tempat favorit di lokasi, dan kegiatan apa aja yang bisa dilakukan? Di tempat ini, banyak hal yang bisa kita lakuin dan nikmati.

Berikut ini beberapa aktifitas dan tempat yang harus dikunjungi di gili trawangan, biar liburan anda lebih puas.

Pantai Gili Trawangan

Pantai gili trawangan lombok berpasir putih, dan berlatar air laut yang jernih. Pantainya sendiri sudah menajdi daya tarik tersendiri.

Selain itu, di pulau ini kita bisa menikmati sunset dan sunrise dengan mudah. Pemandangan dan suasana sunset/sunrise di pantai Gili Trawangan sudah cukup terkenal lho, ngga kalah indah dengan pantai-pantai lain yang lebih terkenal. Pemandangan ini bisa dinikmati sambil bersantai di cafe dan bar yang banyak tersedia disini.

See Through & Clear Bottom Kayaks
See Through & Clear Bottom Kayaks – tripadvisor.co.id

Kita juga bisa berenang di pantai. Tapi perlu diperhatikan batasan keamanan yang ada ya! Arus disekitar sini, terutama di area antara gili yang lain cukup kuat. Pastikan selalu perhatikan himbauan dan batas aman berenang yang tersedia.

Snorkeling Dan Diving

Dua aktifitas ini jadi salah satu daya tarik utama disini. Biota laut yang masih cukup terjaga ditambah dengan laut yang jernih tentunya bakal bikin pengunjung gatal untuk snorkeling.

snorkeling di gili trawangan
image: nationalgeographic.co.id

Rekomendasi spot snorkeling disini adalah area sekitar gili trawangan, gili meno, dan gili air. Kita bisa melakukan siland hopping dengan base dari gili trawangan. Kita bisa bergabung dalam tour island hopping, ataupun sewa boat sendiri.

Tentunya biaya sewa boat sendiri akan lebih mahal. Di sini terdapat banyak penyedia jasa yang bisa langsung anda pilih.

Apabila anda memiliki lisensi diving, bisa join langsung ke dive center yang banyak terdapat disini. Tapi jika masih pemula dan ingin mencoba diving, terdapat juga semacam pelatihan singkat 2 jam. Kita diajarkan dasar diving baik teori ataupun praktek disini.

Menonton Presean atau Stick Fighting

Presean bisa dikatakan simbol kejantanan bagi kaum lelaki suku sasak. Dalam presean, dua orang bertarung menggunakan tongkat rotan dan tameng yang terbuat dari kulit kerbau.

Presean dilakukan dalam perayaan kesenian, ataupun dalam upacara meminta hujan yang dilakukan di bulan tujuh kalender sasak. Acara presean biasanya dilakukan di dekat pasar seni gili trawangan.

Mengelilingi Pulau Dengan Sepeda

Hal yang tidak kalah menariknya adalah berwisata mengelilingi pulau dengan sepeda, atau dengan cidomo (andong/dokar). Gili Trawangan tidak terlalu luas, jadi kita bisa mengitarinya dengan cukup mudah.

Perlu di ingat jika di pulau ini kendaraan bermotor tidak diperkenankan. Jadi bersepeda atau menggunakan cidomo jadi pilihan untuk bepergian disini.

Mengunjungi Konservasi Penyu

Tidak jauh dari pelabuhan, terdapat fasilitas konservasi penyu (Turtle Conservation). Disini kita bisa melihat pemeliharaan penyu, dan juga proses pelepasan penyu ke laut lepas.

turtle conservation
turtle conservation – gili trawangan – tripadvisor.co.id

Biasanya pelepasan penyu disertai dengan uapcara adat tertentu yang pastinya bakal menarik untuk kita ikuti.

Fotografi

Bagi penyuka fotografi, tempat ini dipastikan akan jadi surga. Terdapat banyak spot berfoto yang indah dan unik, baik di darat ataupun dalam air.

Jika berlibur kesini, pastikan kamera digital anda tidak ketinggalan dan selalu siap setiap saat.

Berkuda Mengelilingi Pulau

Hal unik lainnya yang bisa kita lakukan adalah berkuda mengelilingi Gili trawangan. Stud stabels dan Sunset stables adalah dua istal penyewaan kuda yang cukup terkenal disini.

Berkuda mengelilingi pantai tentunya akan jadi pengalaman baru dalam berlibur. Tarif perjamnya kurang lebih Rp 250 ribu/$25.

Nonton Di tepi Pantai

Hal yang tidak kalah asyiknya adalah menonton film di tepi pantai. Di pantai gili trawangan terdapat beberapa yang menyediakan tempat nonton bareng di tepi pantai dengan menggunakan layar lebar. Biasanya sih gratis, kita cukup beli makanan dan minuman dari sana.

Salah satu tempat yang menyediakan hal ini adalah hotel Villa Ombak.

Menikmati Kuliner

Di sepanjang pantai terdapat banyak cafe dan bar yang bisa kita gunakan untuk bersantai. Rata-rata menu makanan disini lebih ke western/asing. Harganya juga cukup lumayan.

Meskipun demikian, cukup sepadan dengan pengalaman bersantai disini tentunya. Kita juga bisa menemukan restoran dan warung yang menyediakan makanan lokal dengan harga lebih bersahabat.

Wahana Olahraga Air / Watersport

Selain snorkeling dan diving, di gili trawangan juga terdapat banyak penyedia olahraga air lainnya seperti ; jetski, banana boat, subwing, paddle board, dan lain sebagainya.

Anda bisa pilih dari banyak penyedia jasa disini.

Fasilitas Dan Akomodasi

Fasiltias di Gili Trawangan terbilang lengkap sekarang. Tempat makan sudah banyak tersedia, penyewaan sarana, mini market dan toko, dan juga tempat menginap. ATM juga sudah ada disin, jadi jangan khawatir kehabisan uang cash.

Yang pasti, di pulau ini tidak terdengar suara kendaraan bermotor karena memang peraturan lokal tidak memperbolehkan.

Hotel Dan Penginapan

Terdapat banyak pilihan penginapan, hotel berbintang ataupun hotel murah di gili trawangan. jadi anda bisa memilih tempat menginap sesuai budget.

Anda bisa lihat daftar 50 lebih penginapan dan hotel di Gili Trawangan yang bisa dibooking online. Harga mulai dari Rp 150 ribu/malam sampai dengan Rp 4,5 juta semalam. Tentunya ini bakal memudahan pilihan anda bukan? silahkan cek langsung di link dibawah ini:

Hotel Dan Penginapan Di Gili Trawangan.

Tips Tambahan Agar Aman

Saat sampai di pelabuhan bangsal, seringkali terdaapt oknum scam yang memanfaatkan ketidak tahuan pengunjung. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan agar terhindar dari para scammer disini;

  1. Tarif Cidomo dari terminal ke pelabuhan terkadang ditembak mahal. Pastikan bernegosiasi dulu jika anda ingin menggunakan cidomo.
  2. Ada yang menawarkan minum dan perbekalan lain seperti obat nyamuk, sunblock,dll dengan alasan d lokasi ngga ada yang jual. Di Gili trawangan sudah banyak toko dan minimarket, jadi ngga perlu beli disini.
  3. Menawarkan sewa perahu dengan harga mahal untuk pulang dari gili trawangan dengan alasan dari sana tidak ada. Di gili terdapat banyak perahu untuk pulang, jadi ngga perlu sewa saat berangkat.
  4. Jasa porter. Pastikan nego terlebih dulu sebelum barang-barang anda diangkut porter kedalam perahu.
  5. Saat pulang, terkadang ada penawaran untuk naik kendaraan sewaan ke senggigi dengan harga mahal. Kita bisa langsung naik cidomo saja ke terminal, dan naik taksi blue bird dari sana.

Video Gili Trawangan

Berikut video gili trawangan yang saya ambil dari youtube, buat preview sebelum berlibur kesana.. credit to Laurentius Rando.

So, tertarik berlibur ke gili trawangan? atau mungkin punya pengalaman sendiri? silahakn tulis di komentar ya..

Selamat berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.