Gua Sarang Di Sabang

Bila Anda merencanakan atau tengah liburan di Kota Sabang, Propinsi Aceh serta menginginkan nikmati pagi, sebaiknya untuk meluangkan diri ke Gua Sarang. Gua ini terdapat di kaki tebing serta perbukitan rimba lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut biru.

Walaupun tidak seperti Gua Dau Go di Teluk Ha Long, Vietnam, yang bisa dikilas balik beberapa wisatawan, tujuh gua sebagai tempat bersarangnya burung walet serta kalong di Pulau Weh itu tetaplah bisa jadi pelengkap tujuan wisata Anda.

Bagaimana tidak, Anda disajikan pesona guratan dinding-dinding gua batu yang berdiri kuat di kaki tebing serta perbukitan rimba lebat dan jernihnya air laut pulau paling ujung barat Nusantara yang bersebelahan segera dengan Samudera Hindia itu.

Untuk wisatawan domestik serta mancanegara yang menginginkan ke Gua Sarang di Sabang ini, mereka dianjurkan untuk menyewa sepeda motor dari warga setempat setibanya di Pelabuhan Balohan karna kota ini tidak mempunyai system transportasi umum, seperti angkutan kota serta taksi.

Untuk menjangkau pos pembelian karcis masuk pengunjung Gua Sarang, diperlukan saat sekitaran satu jam dari Pelabuhan Balohan dengan sepeda motor ke arah Gampong (Kampung) Iboih, Kecamatan Sukakarya.

Setibanya di satu pertigaan sekitaran tiga km. sebelumnya simpang dua gapura Desa Wisata Iboih, ada papan panduan arah ke Gua Sarang di bagian kanan ujung jalan yang memandu wisatawan untuk berbelok ke kiri.

Di selama perjalanan belasan km. dari Kota Sabang atau Pelabuhan Penyeberangan Balohan menuju Gua Sarang itu, Anda disajikan panorama alam pegunungan, hamparan laut biru, kesibukan ekonomi warga, serta perkampungan masyarakat.

Udara fresh pegunungan temani perjalanan Anda. Tetapi kewaspadaan tinggi dibutuhkan sepanjang berkendara melewati berjalan-jalan beraspal yang 99 % keadaannya mulus karna cuma sedikit yang berlubang serta retak.

Meski diperlengkapi marka jalan, beton pengaman, dan papan panduan arah serta papan peringatan yang ideal, keadaan jalan ke arah Gua Sarang ataupun Iboih serta tugu Km. 0 Indonesia penuh dengan medan mendaki serta alami penurunan.

Tikungan-tikungan tajam, jurang-jurang yang dalam, serta ancaman longsor tebing di satu diantara bagian jalan jadi tantangan beberapa pengendara hingga penyusunan kecepatan serta keadaan baik rem kendaraan dibutuhkan.

Setibanya di pertigaan yang diperlengkapi papan kecil bertuliskan arah Gua Sarang, perjalanan berbelok ke kanan menelusuri jalan beraspal cukup mulus dengan melewati simpang jalan masuk ruang The Pade Resort serta depan kompleks TNI AD Kompi Balek Gunung.