Info Tempat Wisata Di Indonesia

Gunung Bukit Tunggul Bandung

4 5,910

Bukit Tunggul Bandung, atau banyak juga yang menyebutnya Bukit unggul Bandung merupakan salah satu taman wisata alam alternatif yang cocok untuk menjadi tempat wisata alternatif di Bandung. Taman wisata alam Bukit Tunggul Bandung berada tengah-tengah perkebunan kina di kawasan Bandung timur.

Gunung Bukit Tunggul merupakan sisa dari letusan gunung purba di Bandung. Menurut legenda sangkuriang, gunung bukit tunggul merupakan sisa-sisa dari pohon yang ditebang oleh sangkuriang untuk membuat perahu, yang pada akhirnya menjadi gunung bukit tunggul.

Lokasi Gunung Bukit Tunggul

Taman wisata Bukit Unggul Bandung terletak di kawasan Bandung timur. Untuk menuju ke lokasi wisata alam alternatif ini, anda bisa melalui jalur Ujung Berung, tepat dari alun-alun Ujung Berung anda belok ke kiri (dari arah bandung) ke jalan di pinggir masjid agung ujung berung, lalu belok kanan dan terus ikuti jalan tersebut sampai menuju tempat wisata alam bukit unggul .

Jalur lainnya yang lebih mudah adalah melalui jalur Lembang – Maribaya .

Baca Juga :  Wisata Maribaya Bandung Yang Semakin Cantik

Dari tempat wisata maribaya Bandung, anda terus ikuti jalan tersebut. Jalan tersebut akan berbatasan dengan perkebunan kina dengan tugu nama bukit unggul terpampang jelas. Anda cukup terus mengikuti jalan tersebut dan akan langsung menuju ke tempat wisata bukit unggul.

gunung bukit unggul - gerbang

Ada dua tempat wisata utama di kompleks wisata bukit unggul Bandung . Tempat pertama adalah curug batu sangkur, merupakan air terjun kecil dengan suasana sekitarnya yang asri ; dikelilingi taman, tempat istirahat, dan kolam-kolam ikan besar.

Tempat lainnya adalah situ sangkuriang. Situ ini merupakan bendungan buatan dengan pemandangan alam yang indah.

Sejauh yang kami lihat, transportasi merupakan salah satu hambatan untuk menuju lokasi wisata alam Bandung ini. Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil.

Jalan menuju lokasi dari arah Maribaya Lembang cukup mulus sampai dengan batas perkebunan kina. Dari sana jalan berupa aspal kasar khas perkebunan.

Baca Juga :  Tebing Keraton Bandung

gunung bukit unggul - arena outbond

gunung bukit unggul - lokasi 2

gunung bukit unggul - lokasi

gunung bukit unggul - penangkaran rusa

gunung bukit unggul - situ sangkuriang
Situ sangkuriang

gunung bukit unggul - villa

 

Tiket masuk menuju taman wisata alam yang berada dibawah pengelolaan PTP perkebunan ini terhitung murah, hanya Rp 5000 saja. Fasilitas dalam kompleks inipun cukup memadai, anda bisa beristirahat di berbagai saung yang tersebar di kompleks wisata, dan juga mengisi perut di warung kina.

Akomodasi

Area wisata Gunung bukit unggul memiliki area parkir yang cukup luas, selain itu juga terdapat fasilitas umum seperti toilet, mesjid di dalam area wisata.

Jika anda mencari tempat wisata alam alternatif di Bandung, taman wisata bukit unggul Bandung bisa menjadi pilihan anda.

Baca Juga :  Wisata Kawah Putih Bandung
You might also like
4 Comments
  1. KELLIES says

    bukan bukit unggul kang tapi bukit tunggul…itu huruf “T” ANYA ILANG SATU !! TRIM,S

  2. KELLIES says

    TUNGGUL =BAHASA SUNDA YG ARTINYA=Tunggul pohon merupakan sisa dari sebuah pohon yang telah ditebang berupa bagian pangkal batang dengan akar yang masih tertanam di tanah. nama gunung bukit tunggul bertalian erat dgn ceritera legendaris sangkuriang..dimana ketika sangkuring berjuang keras untuk membangun sebuah perahu maka diambilah kayu itu dari pohon yg ia tebang dan sisa tebangannya itulah yg dinamakan tunggul (bahasa sunda) , maka tempat itu dinamakan bukit tunggul /gunung bukit tunggul. untuk mewujudkan pembuatan perahu berlanjutlah sangkuriang pada tahapan berikutnya yaitu membersihkan batatang2 kecil atau ranting2 dari pohon tsb. tahapan ini yg dalam bahasa sunda di sebut ngarangrang/ngarangrangan. maka tumpukan ranting2 itu konon katanya menjadi sebuah gunung yg dinamakan gunung burangrang. dan ketika sangkuriang gagal untuk mempersunting dayang sumbi maka sangkuriangpun marah pd dayang sumbi dan menghilanglah (tilem=bahasa sunda) dayang sumbi di tempatnya yg konon tempat itu dinamakan gunung geulis (geulis:bhs sunda= cantik). selanjutnya ditendanglah perahu itu sampai telungkup ;dalam bahasa sunda=nangkub/nangkuban. maka jadilah perahu itu sebuah gunung yg dinamakan tangkuban perahu. demikian sekilas info.trim’s

Leave A Reply

Your email address will not be published.