Info Tempat Wisata Di Indonesia

Karacak Valley Garut, Tempat Wisata Baru Di Kota Intan

0 7,777

Karacak Valley Garut. Tempat ini sekarang cukup banyak wara-wiri di instagram user di Garut. Memang, Karacak valley sekarang jadi salah satu tempat wisata baru yang cukup populer dikalangan traveller baik lokal di Garut ataupun dari luar kota.

Jika anda berlibur ke Garut dan mencari bukit terindah di Garut, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan.

karacak valley garut
via https://reginaristiana.blogspot.co.id

Sekilas Tentang Karacak Valley

Tempat wisata di Garut yang terbilang baru ini dibuka sekitar awal tahun 2016. Kekuatan medsos (instagram, facebook) ikut membantu kepopuleran karacak Valley.

Wilayahnya berupa hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani. Pengelolaannya sendiri dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri. Secara keseluruhan, luas wilayahnya sekitar 92 hektar. Tapi yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata baru sekitar 10 hektar.

Baca Juga :  Review Wisata Cipanas Garut Lengkap

Melihat lokasinya yang indah dan tidak begitu jauh dari pusat kota Garut, maka akhrinya pengelolaan area ini menjadi tempat wisata dilakukan. Dan ternyata respon masyarakat juga positif sekali.

wisata karacak valley garut
via http://tabloidintan.blogspot.co.id

Lokasi Karacak Valley

Lokasi Karacak Valley masih ada dalam area kecamatan Garut kota. Jadi dari pusat kota pun tidak terlalu lama untuk dijangkau. Alamat Karacak Valley Garut tepatnya ada di area kampung Pakuwon, kelurahan Sukanegla, kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jam buka dari pukul 7 pagi s/d 5 sore. Tapi sepertinya bisa datang lebih awal ataupun pulang lebih lama.

Jalan Menuju Karacak Valley

Jalan menuju lembah Karacak ini cukup mudah kok. Anda bisa arahkan kendaraan ke jalan Bratayudha, lalu belok ke jalan Margawati. Letak pertigaannya tidak jauh dari perempatan antara jalan ciledug, jalan bratayudha, dan jalan tembusan ke Singaparna.

Tinggal ikuti jalan Margawati ini, di sepanjang jalan nanti cukup banyak petunjuk arah menuju ke lokasi.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkot jurusan sukaregang atau sukadana dari terminal guntur, dan berhenti di pertigaan jalan margawati. Dari sana bisa menggunakan ojek sampai.

Jika membawa kendaraan pribadi, bisa langsung menuju ke lokasi.

Sebagai catatan, jalan menuju ke lokasi sejauh ini belum begitu bagus. Jadi persiapkan aja kendaraan anda ya.

Baca Juga :  Wisata Kawah Kamojang Garut

Peta Lokasi Karacak Valley

Berikut peta lokasi yang kami ambil dari google map.

Btw, dalam peta ini mungkin anda sedikit bingung karena adanya nama jalan garut-cikajang dalam rute di google map. Kemungkinan itu hanya error saja, karena jalan garut cikajang yang sebetulnya bukan disini ya..

Apa saja yang bisa dilakukan?

Objek menarik yang ditawarkan oleh tempat ini secara umum adalah suasana alami yang khas priangan.

Di sini kita bisa menikmati pemandangan dan suasana khas hutan pinus yang berbatasan dengan perkebunan kopi, menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian, dan juga mengunjungi berbagai spot indah dan instagrammable yang ada.

Curug Ngebul

curug ngebul karacak garut
via https://www.instagram.com/piringkoper/

Nah, salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi adalah curug ngebul. Letaknya kurang lebih 1 KM dari gerbang masuk.

Jalan menuju ke lokasi curug ngebul sudah cukup tertata. Tapi siapkan stamina aja ya, karena jalannya di beberapa tempat cukup menanjak.

Puncak Dogar

puncak dogar karacak
via https://www.instagram.com/fauzihikami/

Puncak bukit kecil ini letaknya tidak jauh dari gerbang masuk. Dari sini anda bisa menikmati pemandangan lembah kota Garut yang cukup terlihat jelas di kejauhan.

Baca Juga :  Curug Sang Hyang Taraje Garut, Keren Banget!

Hutan Pinus

hutan pinus karacak
via https://www.instagram.com/zhu_photoview/

Mengelilingi landscape hutan pinus dengan udaranya yang khas menyegarkan tentunya bakal menyenangkan. Spot sekitar hutan pinus disini cocok sekali untuk hammocking dan berleha-leha santai.

Camping

Di karacak Valley, kita juga bisa camping lho. Ada beberapa spot camping yang tersedia disini. Bisa digunakan untuk perorangan, grup, ataupun rombongan besar.

camping di garut
via https://www.instagram.com/gagarutan12/

Ngga bawa perlengkapan camping sendiri? Pihak pengelola juga menyediakan penyewaan tenda dengan harga yang cukup Terjangkau.

  • Sewa tenda kapasitas 4-6 orang Rp 50.000
  • Sewa tenda kapasitas 8 orang Rp 90.000
  • Sewa tenda kapasitas 10 orang Rp 110.000
  • Sewa tenda besar Rp 120.000

Jika anda ngga mau ribet masak sendiri, bisa juga memesan makanan ke pengelola lho.. Lumayan lengkap untuk lokasi camping ceria bersama keluarga.

Video Karacak Valley

Silahkan tonton video karacak valley yang kami ambil dari youtube ini ya, biar ada gambaran lebih jelas tentang tempat liburan ini. Credit to Dian Mahmudah

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke lembah karacak cukup terjangkau;

  • Tiket dewasa Rp 10.000
  • Tiket anak-anak Rp 5000

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Disini sudah terdapat toilet, warung tempat makan, spot-spot untuk istirahat, dll. Area parkir juga ersedia cukup luas.

Tertarik mengunjungi karacak Valley? siapkan segera perjalanan anda.

Selamat berlibur!

Baca Juga :  Jaket Kulit Garut, Produk Incaran Wisatawan di Garut
Review Karacak Valley Garut
77%
Awesome
  • Kenyamanan/Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses Lokasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.