Info Tempat Wisata Di Indonesia

Panduan Liburan Ke Lembang Lengkap

73 18,288

Mau liburan ke Lembang? Silahkan simak panduan wisata di Lembang Bandung dibawah ini ya. Kami sajikan informasi seputar tempat wisata di Lembang, jalan menuju Lembang, tempat wisata di Lembang yang bisa anda kunjungi, apa saja rekomendasi kuliner disini, dan lain sebagainya.

Semoga info disini bisa jadi panduan buat anda yang ingin berkunjung ke Lembang.

Sekilas Tentang Lembang

Lembang berada di kawasan utara Bandung. Secara administratif, Lembang ini termasuk Bandung Barat lho..tepatnya kecamatan Lembang. Hanya saja memang lebih mudah dicapai dari kota Bandung.

Kawasan Bandung Utara merupakan area dataran tinggi yang sudah dikenal keindahannya. Lembang merupakan area pusat keramaian di Bandung utara, sekaligus pusat wisata disini. Ketinggian rata-rata disini sekitar 1300 dpl, sehingga udaranya sejuk.

Apa sih menariknya Lembang?

Banyak hal yang jadi magnet wisatawan berkunjung ke Lembang. Mulai dari wisata alamnya, wisata kuliner, ataupun sentra oleh-oleh.

Panduan Liburan Ke Lembang Lengkap

Banyak terdapat wisata khas dengan suasana unik disini, seperti ; Dusun bambu, Floating market, Maribaya resort, farm house, kampung gajah, dan lain sebagainya. Wisata alamnya pun tidak kalah unik. Dari sini anda dengan mudah bisa menuju ke kawah gunung tangkuban perahu, mengunjungi air terjun cimahi/air terjun pelangi yang unik dan indah, trekking ke curug tilu leuwi opat, berkeliling ke taman huran raya juanda, dan lain sebagainya.

Sajian kulinernya juga banyak lho. Mulai dari kuliner khas Lembang seperti tahu tauhid, sate kelinci, ketan dan jagung bakar, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, terdapat juga banyak cafe dan tempat makan cantik yang bisa dikunjungi seperti Cafe api unggun, area tahu susu lembang, kampung daun, serta jajaran cafe di sepanjang jalan sersan bajuri sampai ke Parompong.

Baca Juga :  Wisata Ke Situ Patenggang Bandung? Simak Dulu Reviewnya Disini

Waktu Terbaik Berlibur Ke Lembang

Mencari waktu terbaik untuk berlibur ke Lembang? Hal ini tergantung pada ‘kesenangan’ masing-masing tentunya. Jika suka suasana ramai, maka weekend bisa jadi pilihan. Tapi jika anda lebih suka suasana yang lebih tenang, berlibur ke Lembang di hari biasa/weekday akan lebih menyenangkan.

Tentunya disesuaikan dengan hari libur anda bukan?

Tempat wisata seperti Farm house Lembang, Floating market, dan Maribaya resort biasanya penuh sekali saat long weekend. Tapi cukup lenggang kalau di hari biasa. Farm house biasanya menjadi salah satu titik macet saat long weekend di jalan raya bandung-lembang.

Tempat wisata tangkuban perahu, Dusun Bambu, air terjun pelangi ataupun curug tilu leuwi opat biasanya cukup lenggang meskipun di long weekend. Bukan karena ngga banyak pengunjung, tapi karena area tempat wisata tersebut luas sehingga tidak terasa penuh.

Saran saya jika berlibur ke Lembang saat long weekend atau libur panjang, hindari rute utama ke Lembang karena kemungkinan besar akan macet. Jika berkunjung saat long weekend, ada baiknya disusun tempat-tempat mana yang akan anda kunjungi. Lalu pelajari rute alternatif untuk menuju ke lokasi-lokasi tersebut biar ngga berputar-putar.

Tips: Aplikasi Waze ataupun Google maps cukup akurat dalam menunjukan rute alternatif. Bisa digunakan juga untuk melihat rute mana yang sedang macet.

Tempat Wisata Di Lembang

Seperti yang kami ulas diatas, terdapat banyak tempat wisata di Lembang yang jadi magnet wisatawan kesini. Biasanya, tempat wisata di Lembang tidak hanya menyediakan pemandangan atau wahana permainan saja, tapi juga sekaligus menjadi tujuan wisata kuliner. Berikut beberapa info tempat wisata alam ataupun kuliner yang bisa anda kunjungi di wilayah Lembang dan Sekitarnya.

Farm House Lembang

farm house lembang
img source: www.instagram.com/trisnidalita/

Farm House Lembang merupakan area wisata dengan konsep Fantasi Eropa yang unik. Tempat ini langsung jadi favorit setelah opening beberapa waktu lalu. Disini kita bisa menikmati area dengan konsep fantasi seperti rumah hobbit, bangunan bergaya Eropa jadul, cafe, dan lain-lain. Yang pasti, banyak spot yang instagrammable banget disini..

Alamat Farm House Lembang : jalan raya lembang no 108. Tiket masuk Rp 20.000, parkir motor Rp 500 dan parkir mobil Rp 10.000.

Observatorium Bosscha Lembang

observatorium bosscha bandung
img source: www.instagram.com/milla_sebastian/

Observatorium Bosscha merupakan peneropongan bintang tertua di Indonesia. Kunjungan disini terbatas, untuk kunjungan pribadi/keluarga hanya bisa di akhir pekan saja. Hari biasa lebih ditujukan untuk kunjungan pendidikan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat infonya di http://bosscha.itb.ac.id/

Alamat: Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Telepon: (022) 2786027

Floating Market Lembang

img source: www.tripadvisor.com
img source: www.tripadvisor.com

Floating Market Lembang merupakan area wisata dengan konsep unik gabungan dari tempat kuliner berkonsep pasar terapung, cafe dengan suasana unik, taman miniatur kereta api, permainan anak, taman kelinci, dan lain-lain. yang pasti tempatnya cukup unik dan juga banyak spot berfoto ria yang keren lho..

Alamat : Jl. Grand Hotel No. 33 E Lembang. Tepat berada di pusat Lembang. Tiket masuk Rp 15.000 dan parkir Rp 5000.

Baca Juga :  Review Curug Cinulang Cicalengka Bandung

Curug Cimahi / Air Terjun Pelangi

air terjun pelangi lembang

Curug cimahi merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bandung. Lokasinya mudah sekali di akses karena berada di pinggir jalan. Jangan salah lho, meskipun di pinggir jalan suasananya indah banget!

Sekarang curug cimahi di rebranding dengan nama lain air terjun pelangi. Hal ini karena adanya polesan lampu warna warni yang indah, bisa dikunjungi di malam hari juga.

Simak info lengkapnya di artikel curug cimahi berikut.

Curug Tilu Leuwi Opat

curug tilu leuwi opat lembang

Berada tidak jauh dari curug cimahi, di curug tilu leuwi opat kita bisa trekking ringan menuju lokasi. Suasana alam yang asri bakal menemani kita disini. Selain itu, rutenya juga tidak terlalu sulit kok.

Simak info lengkapnya di artikel curug tilu leuwi opat.

Maribaya Resort

maribaya resort bandung

Sejak dulu kawasan maribaya sudah menjadi salah satu tempat wisata di Lembang. Sekarang area ini di percantik dan dikelola menjadi Maribaya resort. Disini kita bisa menikmati berbagai sudut Maribaya yang indah, cafe, berendam air panas, spa, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca di artikel Maribaya Resort Bandung.

Taman Hutan Raya Juanda

hutan raya juanda bandung

Taman Hutan Raya Juanda merupakan hutan konservasi alam yang berada tidak jauh dari kota Bandung. THR juanda juga bisa di akses dari gerbang Lembang di dekat maribaya, meskipun memang lebih nyaman untuk diakses dari Dago.

Simak selengkapnya di artikel Taman Hutan Raya Juanda Bandung.

Gunung Tangkuban Perahu

kawah tangkuban perahu

Rasanya ada yang kurang kalau liburan ke Lembang tanpa mengunjungi gunung dan kawah tangkuban perahu. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat Lembang, dan mudah buat dicapai. Tinggal arahkan kendaraan ke arah Subang dari Lembang, kurang lebih 15 KM nanti akan langsung bertemu gerbang masuk tangkuban perahu di sebelah kiri.

Silahkan baca artikel kawah tangkuban perahu untuk lebih jelasnya.

Dusun Bambu Lembang

dusun bambu lembang bandung

Dusun Bambu Lembang merupakan satu area wisata dengan berbagai hal unik. Disini kita bisa menikmati berbagai taman, permainan, sajian kuliner, cafe, ataupun resto dengan suasana yang indah dan khas. Tentunya Instagrammable banget deh. Tak hanya kuliner, suasana alam sekitarnya juga tertata dan asri banget.

Btw, areanya luas banget lho..Disini juga terdapat villa dan area glamping (glamorous camping) yang bisa anda gunakan untuk menginap.

Alamat : Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Tiket masuk Dusun Bambu Leisure Park Rp.15.000/orang. Parkir mobil Rp.10.000. Parkir motor Rp.5.000

De’Ranch Lembang

de ranch lembang

De’Ranch Lembang dikenal dengan konsep wild west/ koboy-nya. Disini kita bisa menunggang kuda dengan menggunakan aksesoris ala koboy, dan juga menikmati berbagai permainan dan wahana lain yang ada. Terdapat juga sentra oleh-oleh dan tempat untuk makan. Cocok untuk wisata bersama keluarga,

Alamat: Jl. Maribaya No 17 Lembang. Harga tiket masuk Rp 10.000. Harga untuk wahana-permainan berbeda-beda (Rp 20.000 – Rp 40.000).

Kampung Gajah Bandung

kampung gajah bandung

Lokasi Kampung Gajah Bandung sebenarnya cukup jauh dari Lembang, lokasinya lebih dekat dari Bandung kota. Disini kita bisa menikmati berbagai wahana permainan dan kuliner, mirip dengan trans studio/Dunia fantasi. Hanya saja outdoor dan lebih luas.

Alamat : Jl.Sersan Bajuri Km 3,8 Cihideung Parongpong. Tiket masuk weekday Rp 10.000, weekend/hari libur Rp 25.000. Tiket wahana permainan berbeda-beda. Terdaapt juga tiket terusan; Weekday Rp 150.000 dan weekend Rp 250.000.

Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole Lembang

Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang berada satu arah dengan tangkuban perahu. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Lembang. Disini, terdapat restoran dan juga tempat pondokan menginap yang unik banget. Pondokan lainnya dan area camping pun tersedia. Selain itu, terdapat juga berbagai paket outbond untuk keluarga ataupun perusahaan.

Alamat : Jalan Raya Tangkuban Perahu km.23 Desa Cikole, Lembang. Reservasi dan Pemesanan Terminal Wisata Grafika Cikole ; (022) 8278 2441,

Kebun – Taman Bunga Begonia Lembang

kebun bunga begonia
image: deasiamela.blogspot.com

Taman Bunga Begonia Lembang tidak hanya taman bunga biasa. Disini anda juga bisa membeli berbagai macam bunga yang indah. Penataan area kebun bunga yang indah banget membuat banyak pengunjung yang sengaja datang kesini untuk menikmatinya, tidak hanya untuk belanja bunga.

Alamat : Jalan Maribaya No. 120 A. Lembang. Telepon: 022 2788-527 – HP: 081-2220-0202.  Harga tiket masuk Rp. 10.000.

Baca Juga :  Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Air Panas Ciater

ciater subang

Pemandian dan wisata air panas Ciater berada di wilayah Subang, lumayan rada jauh dari Lembang. Hanya saja banyak wisatawan yang berkunjung ke Lembang juga mengunjungi pemandian air panas Ciater. Untuk menuju ke lokasi, cukup ikuti jalan raya tangkuban perahu-Subang, nanti akan langsung melewati kawasan Ciater.

Perlu diingat, harga tiket masuk pemandian berbeda-beda tergantung dari fasilitas yang disediakan. Disini juga terdapat banyak penginapan dan villa yang bisa anda sewa.

Treetop Adventure Park Lembang – Bandung

treetop adventure park lembang
image: www.bandungtreetop.com

Di Lembang terdapat banyak area outbound, salah satunya adalah Treetop Adventure Park Lembang – Bandung. Disini anda bisa menikmati berbagai macam wahana petualangan yang menantang, tentunya dengan standar keamanan yang bagus juga.

Alamat: jalan raya tangkuban perahu-bumi perkemahan cikole lembang. Tepat setelah terminal wisata grafika cikole. Harga paket untuk Turis Lokal : Dewasa Rp 180.000, anak Rp 125.000, family(2 dewasa dan 2 anak) Rp 480.000. Harga untuk wisatawan mancanegara: Dewasa USD 20, anak USD 14.

Kompleks Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
image: santrinulis.com

Area Tahu Susu Lembang merupakan kompleks kuliner dengan berbagai jajanan. Kuliner utama disini adalah tahu susu yang jadi trademarknya. Disini terdapat berbagai macam food court, dan juga berbagai macam hasil olahan dari tahu susu. Enak lho.. Ciri khas tempat ini yang mudah ditemukan adalah tempat beli tahu drive-through yang mirip SPBU, tapi menjual Tahu.

Alamat : Jalan Raya Lembang Nomor 177. Tepat di pusat Lembang.

Tahu Tauhid Lembang

Tahu Tauhid Lembang
image: bandung.panduanwisata.id

Tahu tauhid lembang menyediakan oleh-oleh berupa tahu lembang yang khas. Kuliner ini cukup dikenal, bahkan bisa dikatakan menajdi salah satu trademark disini. Tidak terdapat wahana lain disini, hanya gerai penjualan tahu saja.

Lokasi: Jalan Maribaya, pertigaan tepat sebelum De’Ranch.

Gubug Makan Mang Engking Lembang

Gubug Makan Mang Engking Lembang
image: www.trover.com

Gubug Makan Mang Engking Lembang letaknya cukup dekat dari pusat Lembang. Disini kita bisa menikmati makanan khas sunda, dan juga makanan lainnya. Tempatnya berupa saung-saung makan yang berada diatas kolam ikan. Untuk menuju kesini, ikuti jalan ke arah tangkuban perahu, kurang lebih 1 KM dari bundaran lembang. Lokasinya berada di sebelah kanan jalan.

Alamat : Jalan Raya Tangkuban Perahu Km. 1 No. 68, Lembang.

Api Unggun Bar and Pizza Lembang

api unggun pizza dan bar lembang

Api Unggun Bar and Pizza Lembang berada di pusat Lembang, tepatnya di Jalan Raya Lembang No. 177B. Jika dari arah Bandung, anda bisa menemukan cafe ini tepat sebelum pusat area Lembang, berada di kiri jalan. Lokasinya cozy, dengan makanan yang enak. Pizza dari cafe ini enak lho..

The Lodge Adventure Park And Resort

the lodge maribaya lembang
image: www.instagram.com/ocktasarhie/

The Lodge Adventure Park And Resort atau lebih dikenal dengan nama The Lodge Maribaya berada di area Maribaya. Tempat ini mulai dikenal banyak wisatawan sekarang. banyak foto The lodge yang berseliweran di Instagram, karena memang tempatnya yang bagus banget. Memanfaatkan pemandangan lepas ke hutan pinus, terdapat banayk spot bagus untuk berfoto ria disini. Lokasi the lodge berada satu jalan dengan maribaya resort.

Alamat : jalan Maribaya no 149/252 , Cibodas, Maribaya. Kurang lebih 5 KM setelah maribaya resort.

Imah Seniman Lembang

Imah Seniman Lembang

Imah Seniman merupakan resort dan villa yang unik dan indah. Selain itu, disini juga terdapat cafe dan resto yang sering menjadi tujuan kuliner wisatawan di Lembang. Lokasinya berada di jalan kolonel masturi, tidak jauh dari pertigaan lembang menuju ke Parompong.

Alamat: Jalan Kolonel Masturi No. 8, Kampung Bongkor, Cikahuripan, Lembang

Sindang Reret Hotel dan Resto Lembang

Sindang Reret Hotel dan Resto Lembang menyediakan tempat menginap, dan juga restoran. Untuk anda yang mencari tempat mengisi perut saat menuju ke tangkuban perahu dan sekitarnya, bisa mampir dulu disini.

Alamat : Jl. Raya Cikole KM. 22, Lembang. Tidak jauh setelah markas Brimob Lembang.

Kopi Luwak Cikole

Kopi Luwak Cikole memiliki gerai yang berada tepat di seberang terminal wisata Grafika. Tempat ini menyediakan kopi luwak yang diproduksi dari area cikole. Ada beberapa jenis kopi luwak disini, kualitasnya bagus dan harganya cukup terjangkau. Anda bisa seduh langsung disini, ataupun beli untuk dibawa pulang. Tempat utama dari kopi luwak cikole rada masuk ke jalan disebelah kiri sebelum brimob lembang. Tempat ini banyak menjadi tujuan edukasi wirausaha, kunjungan dari luar negeri, dan lain sebagainya. Cocok untuk dikunjungi para penggemar kopi.

Info selengkapnya : www.kopiluwakcikole.com

Untuk tempat kuliner sebetulnya banyak sekali terdapat di Lembang. Daftar tempat kuliner yang dikumpulkan diatas hanya sebagian kecil saja.

Klik disini untuk info tempat wisata lainnya di Bandung!

Akses Jalan Ke Lembang

Akses jalan ke Lembang cukup mudah lho. Kita bisa mencapai area sini dengan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi dengan mudah.

Rute paling mudah jika menggunakan kendaraan pribadi dari luar kota, anda bisa keluar dari pintu tol Pasteur. Lalu lurus terus sampai ke perempatan lampu merah kedua, dan belok kiri ke arah jalan Setiabudhi. terus aja ikuti rute ini, melewati terminal ledeng, dan akan langsung menuju ke Lembang.

Untuk rute alternatif ke Lembang bisa di cek di bagian bawah ya..

Angkutan Umum Dari Bandung Ke Lembang

Angkutan umum ke Lembang yang bisa anda gunakan ada beberapa, tergantung ke area mana tujuan anda nanti.

Angkutan kota jurusan Stasiun hall – Lembang.

angkot sthall - lembang
image: vera-susanti.blogspot.com

Angkot ini berwarna krem. Kita bisa naik angkot ini dari stasiun hall (stasiun kereta api utama di Bandung), jalan sukajadi (RSHS – mall PVJ), di jalan setiabudhi atas (ENhai, Gegerkalong, UPI), ataupun dari depan terminal ledeng. Rute akhir angkot ini adalah di pusat Lembang langsung.

Tempat wisata dan kuliner yang dilewati angkot ini antara lain ; Farm House Lembang, Tahu Susu Lembang, cafe Api Unggun, area pusat kota Lembang, Alun-alun, pasar, dan juga Floating market Lembang.

Angkutan kota jurusan Ledeng – Parongpong.

angkot ledeng parongpong
image: mblusuk.com

Kita bisa naik angkot ini dari pertigaan terminal Ledeng-Sersan Bajuri, bukan dari dalam terminal Ledeng. Angkot Ledeng – Parongpong melalui jalan sersan Bajuri sampai ke terminal Parongpong.. Ngga sampai ke pusat Lembang.

Area wisata dan kuliner yang dilewati oleh angkot ini antara lain jajaran cafe di jalan sersan Bajuri seperti Sapulidi cafe and resort, Maja house, Kampung gajah,dll. Untuk menuju curug cimahi/air terjun pelangi, dan juga Dusun Bambu kita harus naik angkot lagi (warna kuning) dari terminal Parongpong.

Baca Juga :  Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Rancabali Bandung; Info Lengkap

Jalan Alternatif Ke Lembang

Selain rute jalan utama, terdapat banyak rute jalan alternatif ke Lembang. Rute ini bakalan berguna banget kalau kita berkunjung di saat long weekend, karena bisa dipastikan jalan utama bakalan macet banget.

Jalan Alternatif Cimahi –  Lembang

Anda bisa keluar dari dari pintu tol padalarang, ataupun pintu tol Baros Cimahi. Ada beberapa rute yang bisa anda ambil dari sini, ke Lembang.

Bisa melalui jalan padalarang – simpang cisarua – parongpong – Lembang. Jalan ini akan melewati kantor pemkab Bandung barat. Ikuti terus sampai bertemu jalan kolonel masturi. Terus saja ikuti ke arah atas ( kiri ). Rute ini jalannya menanjak cukup curam dan panjang, jadi pastikan mobil anda sehat ya..

Melalui jalan kolonel Masturi – parongpong – lembang. Arahkan kendaraan ke alun-alun Cimahi, lalu belok kiri ke jalan kolonel masturi. Ikuti terus jalan ini, nanti akan melewati parongpong – Lembang.

Kedua jalan diatas akan melewati pula Dusun Bambu, Curug cimahi/air terjun pelangi, curug tilu leuwi opat, dan juga Ciwangun Indah Camp.

Rute lainnya melalui Jalan Cihanjuang – Parongpong – Lembang. Arahkan kendaraan ke Cibabat cimahi, lalu belok kiri ke jalan Daeng Moh. Ardiwinata. Ikuti terus, nanti akan nyambung ke jalan Cihanjuang sampai ke Parongpong. Jalan ini keluarnya dekat dengan universitas Advent di Parongpong.

Jalan Alternatif  Setiabudhi – Lembang

Ada beberapa jalan yang bisa anda gunakan dari area sekitar jalan setiabudhi untuk menuju Lembang.

Rute jalan setiabudhi – sersan bajuri – parongpong (jln kolonel masturi) – Lembang. Arahkan kendaraan ke jalan Setiabudhi sampai ke terminal ledeng. Dari pertigaan disini (setelah UPI), ambil jalan ke kiri ke arah sersan bajuri. Ikuti saja terus, nanti akan keluar di parongpong, dan anda tinggal belok kanan untuk menuju ke Lembang. Beberapa tempat yang dilewati disini antara lain kampung gajah, cafe-cafe seperti maja house, sentra bunga cihideung, dan juga kampung daun.

Rute Setiabudhi – gegerkalong hilir – jalan Cihanjuang – parongpong (jln kolonel masturi) – Lembang. Arahkan kendaraan ke Setiabudhi, lalu di pertigaan lampu merah gegerkalong (sebelum Enhai) ambil jalan kiri. Ikuti terus, dan ambil jalan kiri lagi di pertigaan ciwaruga. Terus saja ikuti jalan ini, nanti akan melewati jalan ke Polban dan akhirnya tembus ke jalan Cihanjuang. Dari sini belok kanan sampai ke Parongpong, dan belok kanan lagi untuk menuju Lembang.

Rute Setiabudhi – gegerkalong hilir – jalan ciwaruga – parongpong (jln kolonel masturi) – Lembang. Sama seperti diatas, hanya saja kita belok kanan di pertigaan Ciwaruga. Ikuti terus jalan ciwaruga, nanti akan menyambung ke jalan Cigugur girang. Jalan ini akan keluar ke parongpong, dan tinggal belok kanan untuk menuju ke Lembang.

Jalan Alternatif Dago – Lembang

Jika anda dari pusat kota Bandung (Dago), bisa menggunakan rute alternatif berikut. Tidak harus keliling terlebih dahulu ke jalan setiabudhi.

Rute Dago – Ciumbuleuit – Punclut – Lembang. Dari Simpang dago, arahkan ke jalan Ciumbuleuit, dan ikuti terus ke atas menuju ke punclut. Dari ujung area wisata punclut nanti terdapat pertigaan, ambil kiri dan ikuti terus, nanti akan langsung tembus ke Lembang. Rute ini melewati Universitas Parahyangan dan juga area wisata punclut.

Rute Dago atas – Dago giri – Lembang. Arahkan kendaraan ke dago atas sampai melewati terminal ledeng.Dipertigaan setelah terminal ledeng, ambil jalan ke kiri ke arah Dago giri. Ikuti saja terus jalan utama ini, nanti akan tembus ke Jalan maribaya. Anda tinggal belok kiri untuk menuju ke pusat Lembang. Tempat yang dilewati rute ini ; cafe sepanjang dago giri seperti lawang wangi, dago dream land, warung salse, rumah miring, dan lain-lain. jalan ini cocok jika ingin langsung menuju ke Maribaya resort dari Dago.

Rute Dago atas – Perumahan Citra Green – Punclut – Lembang. Arahkan kendaraan ke dago atas. Tepat setelah terminal dago, terdapat pertigaan dengan jalan menurun ke kiri ke arah perumahan Citra Green. Ikuti saja terus jalan utama disini, nanti akan tembus langsung ke area Punclut. Dari pertigaan masuk area Punclut tinggal belok kanan dan ikuti petunjuk menuju ke Lembang.

Btw, jalan dari Punclut ke Lembang melewati tanjakan yang lumayan curang dan panjang..

Penginapan Dan Hotel Di Lembang

Buat anda yang liburan ke Lembang, ngga perlu khawatir untuk tempat menginap. Terdapat banyak penginapan dan hotel di Lembang dengan harga yang beragam. Anda bisa mendapatkan hotel di Lembang dengan harga mulai Rp 200.ooo / malam.

Tapi, jika berencana untuk liburan ke Lembang di long weekend biasanya penuh. Ada baiknya anda booking hotel terlebih dahulu sebelum berlibur ke lembang.

Silahkan lihat list hotel di Lembang mulai dari harga 200 ribuan yang bisa anda booking online dibawah ini. List hotel bisa anda urutkan berdasarkan harga ataupun rekomendasi:

Klik Daftar hotel di Lembang Disini

Nah, semoga panduan singkat liburan ke Lembang ini bisa berguna untuk anda. Paling ngga ada gambaran jika ingin liburan ke Lembang nanti.

Punya pengalaman atau saran tempat yang bisa dikunjungi di Lembang? Silahkan berbagi dan tuliskan dalam komentar ya 😀

Jangan lupa like dan share artikel ini!

Review Panduan Liburan Ke Lembang
83%
Awesome
  • Kenyamanan/Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses Lokasi
You might also like
73 Comments
  1. Yanti says

    Mohon bantuannya, saya ada rencana ke bandung 3 hari 2 mlm dengan kereta api. Disana rencananya saya akan menggunakan kendaraan umum.hotel yg saya pilih hotel 68 lembang dekat dengan farmhouse. Bisa tolong bantu urutkan tempat wisata mana saja yg bisa saya kunjungi dengan kendaraan umum dengan waktu 3 hari 2 mlm?

  2. nativeindo says

    Kalau waktunya 3 hari 2 malam, itu udah lega banget menurut sy mba..bisa dikunjungi semua tempat di Lembang.

    karena pakai angkutan umum, enaknya datangi tempat-tempat yang satu arah aja..

    Ke arah parongpong bisa mengunjungi curug cimahi/curug pelangi, curug tilu leuwi opat, dusun bambu, kebun teh sukawana, curug bugbrug

    Ke arah cikole bisa mengunjungi tangkuban perahu, grafika cikole, kebun pinus jaya giri, ciater subang..

    ke arah cibodas bisa sekalian mengunjungi the ranch, maribaya resort, the lodge, hutan raya juanda, curug omas/curug maribaya, dan cafe-cafe yg ada disini..

  3. Rina says

    Mohon bantuan nya saya ada rencana liburan ke bandung 2 hari,saya dari jakarta selatan kira2 angkutan apa yg harus saya gunakan ke bandung.kalau naik bis,bis apa?

    1. nativeindo says

      Sy kurang tahu kalau untuk bis.. tapi bis yg umum dipakai biasanya Primajasa jurusan ke terminal Leuwi Panjang. Terminal leuwi panjang letaknya rada jauh dari tempat2 wisata di Bandung..

      Enaknya sih pakai travel aja mba, biasanya tujuannya langsung di pusat kota Bandung.. bisa pakai xtrans, baraya, cititrans, atau travel2 lainnya..

      Di bandung ntar bisa pakai gocar atau uber buat keliling-keliling. Atau nyari sewa mobil+driver harian buat ngunjungin tempat wisata biar ngga ribet.

  4. Rina says

    Tempat wisata apa yg bagus buat anak2 di bandung?

    1. nativeindo says

      buat anak-anak bisa ke kampung gajah, dago dreampark, dusun bambu, de ranch, floating market, maribaya.. tempat2 ini ada arena bermain buat anaknya juga..

  5. diah says

    Klo untuk wisata yg naik sepeda d atas udra yg kya flying fox itu d maribaya resort atau d mna ya ? Trus yg searah / yg dket maribaya bisa kmna aja lg wisatanya …? Trmksh

    1. nativeindo says

      itu di the lodge mba.. tapi sekarang udah ckp banyak sih yg punya seperti itu..

      yg ada di sekitaran/searah maribaya ada the ranch, hutan raya juanda, kebun bunga begonia, terus the lodge (setelah maribaya kalau dari lembang)

  6. alvie says

    kalau mau k lodge maribaya,apa bisa bus rombongan bs masuk mas??

    1. Admin says

      dulu sih bisa mba, sering lihat ada bis kesana..
      btw kemarin2 lihat jalan antara maribaya-the lodge ada yg lagi di beton, kalau belum beres kemungkinan bisa rada macet ke lokasinya

    2. Alfi says

      Mohon bantuanya, saya warga purwokerto mau liburan ke ke lembang pake motor sampai kira2 jam 2 siang dr arah polsek padalarang, mau ke faem house kira2 cukup waktunya gak yah,dan rutenya mana saja yah terimakasih

      1. Admin says

        Dari padalarang ya? masih bisa nyampe kalau jam 2 siang mah..
        bisa ntar naik ke lembang dari rute alternatif cimahi – cisarua – parongpong – lembang, ntar ini lewat jalan ke dusun bambu. Rute yg ini tanjakannya lumayan panjang.
        Bisa juga via rute jln kolonel masturi dekat balai kota cimahi- parongpong – lembang

  7. Peni says

    Mohon bantuannya..kalo naik kereta mau ke bandung ke floating market dan fams hous… Rute nya kemana ya dari. Pas turun kereta??? Trus kalo menginap yang paling efektif dimana???

    1. Admin says

      Kalau naik angkutan umum, bisa langsung naik angkutan kota jurusan stasiun hall-lembang.. Itu rutenya lewat ke farm house ntar.
      Ke Floating market juga bisa pakai angkot yg sama..ntar lewat. Tapi biasanya berhenti dan ngetem di pasar lembang, jadi bisa turun disana dan lanjut pakai angkot yg lain/ojek ke lokasi. Lebih simpelnya sih pakai gocar/uber/ aja, tapi ngga bisa naik di stasiun hall langsung karena ada taksi reguler. Sewa mobil harian+supir juga bisa kalau mau sekalian ke tempat2 lain.

      Kalau nginep sih tergantung keinginan.. kalau waktunya bakal banyak abis di lembang, cari hotel di area lembang kota aja. Tapi kalau mau ke tempat lain kyk kuliner, belanja dll, kyknya bakal lebih enak nginep di bandung

  8. Harry says

    Mohon bantuannya saya lagi di jalan ke Bandung. Kira2 saya sampe jam 11. Sempet nya kemana ya hari ini. Apa cukup saya ke maribaya ? Tips nya dong kalo ke maribaya

    1. Admin says

      sampai jam 11 siang atw malam om? bawa kendaraan sendiri? kalau bawa kendaraan sendiri cukup banyak kyknya yang bisa dikunjungi. Rata-rata tempat wisata di lembang jaraknya deketan kok, yang rada jauh paling tangkuban perahu sama tempat yang kita perlu jalan/hiking seperti curug tilu atau kebun teh sukawana

      Maribaya bisa, pada intinya standar aja sih om tips nya mah.. beli tiket ditempatnya jangan via calo atau pihak lain. SIsanya di dalam tinggal nikmati aja.

      Btw kalau ke maribaya masuk via gerbang maribaya resort di lembang ya, jangan dari thr juanda di dago. Ada sebagian pengunjung yg salah masuk ke Maribaya dari THR juanda di dago karena tidak tahu

  9. Wiwi says

    Mohon info kalo dr Jkt naik kereta.. sy harus turun di stasiun mana yg terdekat dgn Lembang…? Terima kasih….

    1. Admin says

      Dari jakarta bisa langsung turun di stasiun hall-stasiun utama bandung..darisana bisa naik angkutan stasiun hall lembang, taksi atau angkutan online.. tapi kalau epsan angkutan online harus dari luar stasiun biar ngga ada masalah

  10. Bhineka says

    Saya mau tanya kalo naik kereta Dr surabaya turun stasiun mana ya yg dekat sama Lembang dan ada hotel yg low budget gk buat bacpaker sama ada persewaan sepeda motor yg murah gk ya rencana 4 hari 3 malam, makasih sebelumnya

  11. Mayda says

    Mohon bantuannya saya dari semarang mau berlibur ke bandung kira2 turun distasiun mana ya yg dkat lembang? Lalu akses ke lembang pake angkutan umum sampe jam brapa ya?
    Terimakasih

    1. Admin says

      stasiun terdekat di stasiun utama bandung (stasiun hall). sy lupa, tapi kalau ngga salah angkutan umum stasiun hall – lembang sampai sekitar jam 8 malam masih ada

  12. agung says

    Gan mw tny…kl dr bandara ke lembang bisa pakai transportasi ap y….kl transportasi online bs g y…thx

    1. Admin says

      transportasi online bisa om, tapi kyknya harus dari luar bandara,,suka bermasalah sama taksi primkop AU yg disana. Taksi bluebird juga rata2 ngga bisa masuk ke bandara di monopoli taksi primkop Au

  13. Yuri says

    Saya dari batam rencana sama teman2 mau liburan ke lembang sekitar 4 hari. Bisa kasih saran gak kak bagusnya pake travel atau pergi sendiri? Kalau tiba di bandara rute mana aja nih yang di ambil buat ke lembang?

    1. Admin says

      kalau banyakan, sy lebih menyarankan pakai travel aja sih, atau sewa mobil+sopir harian buat nganter2 ke tempat wisata.. tempat-tempat wisata di lembang rada susah atau muter2 kalau pakai angkutan umum

  14. Dinah says

    Klo dari jakarta ke lembang naik kereta dibandungnya turun distasiun ala ya yg lebih dekat ke lembang?

  15. Ridya says

    Saya mau nanya nih, hotel yg ga jauh dari Lembang dan juga dari pusat Kota Bandung yg recommended apa yaa? Yg di tengah2 gitu deh biar sama2 ga jauh klo mau ke pusat kota &/ Lembang. Terima kasih

  16. Dessy prasetiyo says

    Assalam,
    Saya dari luar kota bandung. Kebetula pas lagi di bandung nih mau main ke lembang weekend nanti. Kalo dari arah coblong rute mana ya yg enak? Soalnya mau menghindari jlan yg kecil dan curam?
    Rencananya mau berangkat kalo gak jumat malem ya sabtu pagi, kira2 lebih efektif mana ya waktu berangkatnya?
    Sebelumnya trimakasih pak

    1. Admin says

      Dari coblong bandung kan ya mba?
      Rute alternatif dari dago atau punclut ke lembang semuanya lumayan curam tanjakannya..Kalau yg ngga terlalu curam kyknya antara jalan utama setiabudi – ledeng – lembang, atau jalan alternatif setiabudi – jln sersan bajuri – parongpong – lembang. Jalan sersan bajuri nanjaknya ngga panjang, cmn di sekitaran cihideung aja.. cocok kalau mau berkunjung lebih dulu ke dusun bambu, curug cimahi, dan sekitarnya sebelum ke area lembang.

      berangkat jumat malam/sabtu pagi ini dari luar kota atau dari coblongnya ya mba?
      kalau dari luar kota idealnya sih jumat malam, jadi sabtu pagi udah bisa lgsg berkeliling. Kalau dari coblong, sabtu pagi juga masih ngga terlalu padat biasanya

      1. Dessy prasetiyo says

        Rencana berangkatnya dari cisitu lama, coblong mas. Berarti aman ya dari macet klo sabtu pagi.. Soalnya banyak dapet informasi jalur kesana pasti macet panjang. Jadia mau kesana udah males duluan bayangin macetnya. Tapi bingung juga pas mumpung lagi di bandung sih😁. Coba nanti saya pelajari jalur2 tadi info dari mas di Gogle maps.
        Agak trauma soale kalo maen2 ke puncak. Biasanya jalan2 alternatifnya ngeri2 p
        Apalagi pas kabut.. Aduh serem.
        Tar baliknya pasti tetep macet juga ya

      2. Dessy prasetiyo says

        Oya saya pengen nya ke rumah strawberry, ciater pemandian air panas, taman begonia, farmhouse, rainbow garden, dusunbambu. Urutan jalurnya gimana ya mas? Klo dari jaur yg mas sebut tdi di atas.. Makasih bnyak bantuannya😊maaf banyak nanya😁

        1. Admin says

          biasanya kalau pagi banget (jam 6-7) brktnya ngga macet sih, kecuali long weekend. Rute alternatif ke lembang yg rada ngeri itu kyknya rute punclut-lembang, kecil dan ada tanjakan2 panjang+lumayan curam..

          lewat jln alternatif Ciwaruga atau sersan bajuri, bisa ke rumah strawberry – dusun bambu dulu, dua2nya di area Parongpong. Pemandian air panas ciater rada jauh, ngelewatin tangkuban perahu terus ke arah Subang..bisa ke ciater dulu baru baru ke taman bunga begonia, rainbow garden. Atau ke taman bunga begonia, rainbow garden, baru muter lagi ke ciater.. pulangnya baru ke farm house..

          nah kalau pakai jalan utama lembang bandung, yg dilewatin pertama itu farm house. dari sana baru ke yg lain..

  17. t a u f a n says

    saya ada rencana dalam minggu ini ke lembang… tujuan awal ke farmhouse dan floating market… menginap semalam…. kalau dari toll pejagan, sebaiknya keluar lewat mana ya? soalnya ada yang bilang lewat cipularang lebih aman dari kemacetan

    1. Admin says

      pintu tol terdekat ke lembang di bandung ke pintu tol pasteur .. pintu tol selain yg ini letaknya lumayan jauh dari lembang melintasi kota bandung dulu

      bisa juga keluar di pintu tol baros cimahi, atau padalarang. Terus ambil jalan alternatif ke lembang..cuman lumayan jauh

  18. kasmali says

    klo sewa mobil sehari di bandung berapa ya,ada gk yg deket stasiun bandung?

    1. Admin says

      Biasanya harga sewa mobil mulai 350-400 ribuan..
      rental dekat stasiun bandung sy kurang tahu om, tapi biasanya bisa minta dijemput di stasiun ntar. Pastikan aja saat sewa ntar termasuk sopir atau ngga..

  19. Anggy Agam says

    Assalamu’alaikum Mas. Saya rencana tanggal 16 Oktober (weekday) mau berlibur ke Lembang bersama anak istri. Rencana 2 malam bermalam disana. Rekomendasi dong tempat nginap disana yang nyaman buat anak kecil 1 tahun. Trus mohon sarannya apakah disana banyak go car yg bisa di akses untuk dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain yang disana? Atau lebih rekomended sewa mobil? Apakah disana banyak tersedia atau harus sewa dari kota Bandungnya?

    1. Admin says

      Wa’alaikum salam om..
      Gocar sy belum coba nyari dari Lembang, tapi sepertinya bakal lebih efektif sewa mobil aja sih..tempat-tempat wisata di Lembang banyak yg rada ngumpet, kemungkinan rada sulit buat dapat mobil online. Sewa mobil bisa dari Bandung, sekalian jemput dari stasiun/bandara

      Untuk hotel, pilihannya cukup banyak kalau hotel keluarga di Lembang. Semacam Grand paradise yg lgsg ada area keluarga dan anak juga, imah seniman, dulang rsort, atau glamping di dusun bambu. Bisa di cek di pegipegi.com atau yg lainnya.. pastikan lihat juga reviewnya ya

  20. Nahlisa icha says

    Rencana saya di bandung 2hr.
    Kalau mau ke lembang dr jam brp ya?krn sy tiba di stasiun jm 6 pagi.kalau sewa mobil dkt stasiun cr dmn?
    Untuk menuju ke cibaduyut dr lembang apakah jauh?
    Maaf byk tnya.trm kasih

    1. Admin says

      ke lembang dari bandungs ekitar 45 menit – 1 jam tergantung macet atau ngga nya
      sewa mobil dekat stasiun sy kurang tau mba, kyknya sih nyari di internet terus minta jemput di stasiun bisa
      cibaduyut – lembang jaraknya lumayan jauh mba, Cibaduyut ada di dekat terminal leuwi panjang soalnya

  21. Olivia says

    Mau tanya mas. Kl dari arah cikarang pusat mau ke lembang. Nah mau jalan2 di lembang terutama ke de ranch. Abis itu bisa kemana lagi sih mas yg searah ??

    1. Admin says

      searah dengan de ranch? bisa ke kebun begonia, maribaya resort, thr juanda, the lodge maribaya.. itu masih satu arah. Pulangnya bisa ke floating market dan farmhouse lembang

  22. Amih Zia says

    Aslm.. kang mohon bantuannya. saya mau trip k lembang dg kereta. Dan slanjutnya kemungkinan pakai transport online. Sy jg bawa ank kecil dan rencara 3 hr 2mlm kira2 kalo mau ke tempat2 ini :
    1.Farm house
    2.Floating market
    3.Dusun bambu
    4.De’ Ranch
    5.Grafika Cikole
    6.The Lodge – Maribaya
    7.Kampung Gajah

    Mohon bantuannya buat alur perjalanannya biar jalan satu arah 😊
    Trimakasih sebelumnya

    1. Admin says

      yg satu arah dari arah bandung kampung gajah – dusun bambu (daerah parongpong) dari sana ke arah lembang ke de ranch, the lodge maribaya, lalu balik arah lagi ke kota lembang. Grafika cikole tempatnya ke arah tangkuban perahu. Pulangnya baru ke floating market dan farm house

      lokasi2 nya rada nyebar sih kalau di lembang, jadi kemungkinan kita tetap bakal rada muter2

  23. dhyta says

    min mau tanya dan mohon bantuanya ya,
    saya dari cilegon, rencana mau menginap 3 hari di lembang
    kalo pake transportasi umum pake bus turun d terminal mana ya?
    klo pake kereta api ada ga ya dari cilegon
    klo dari bandung ke lembang makan waktu berapa lama ya?
    saya mau bulan madu min dan rencananya bisa jalan2 di bandung dan lembang dalam 3 hari

    bisa minta rekomendasikan min?

    trimakasi atas bantuanya ^^

    1. Admin says

      Bulan madu ya? selamat nih qqq

      bus turunnya di terminal leuwi panjang, lumayan jauh dari lembang. Enaknya sih naik kereta aja cuman kalau dari cilegon sy kurang tau nih..
      Dari bandung ke lembang kurang lebih 45 menit – 1 jam kalau ngga macet..

      Enaknya sih sewa mobil aja di bandungnya, jadi bisa bebas kemana aja. 3 hari cukup kok buat ngiterin tempat wisata di bandung mah. 1 hari bisa di bandung utara (lembang dan sekitarnya), 1 hari di bandung selatan, dan sisanya di kota bandung

  24. Annisa says

    Hi Admin,

    I am from Malaysia and planning to go to bandung end of this October. We will be staying at Bandung for 5D4N. We have few questions;

    1. Should we rent a car or not? Is it dangerous to drive at Bandung?

    2. How far Lembang and ciwidey from Central of Bandung?

    3. The most attraction place to visit and the entrance fee.

    Hope this will be okay and thank you.

    1. Admin says

      hi..
      1. It would be better if you rent a car with driver to go around bandung, easier to go to any place you want
      2. Quite far. Lembang and ciwidey area stay in the different side of Bandung area. You probably will need one day to explore Lembang area, and another one day to explore Ciwidey.
      3. Places to visit, you could see the info in our articles above. the entrance fee for foreigner is a bit different, around IDR 50.000 – IDR 150.000

  25. Didin says

    Ass.mualaikum.wr.wb
    Mas saya mau tanya dong info tentang wisata lembang yg lebih dekat dan 1 arah enaknya pilih yang mana dlu ya ?? tempat pilihan saya ada 3 yaiutu:
    1 the lodge maribaya.
    2 farm house
    3 floating market
    Rencana berangkat long weekend bwa kendaraan pribadi.terimaksih

    1. Admin says

      Kalau via rute utama (jln setiabudi – lembang) bakal ngelewatin farm house, persis di pinggir jalan raya di sebelah kanan ntar. Dari sana bisa ke floating market, tempatnya ada di pusat lembang. Setelah itu bisa muter lagi dikit baru ke the lodge maribaya

  26. Al says

    hello Admin
    saya berencana liburan dan stay di lembang 3D 2N, dari jakarta lewat kereta api 2 orang
    1. bagusnya apa sewa mobil atau bisa pakai online car/jek
    2. kalau angkutan umum, tempat wisata yang sejalur bisa rekomend ? apa ribet dan available sampai malam juga ?

    makasih infonya

    1. Admin says

      lebih enaknya sih sewa mobil kalau menurut saya mah..

      temapt wisata di lembang posisinya rada menyebar, kalau yg satu jalur dari arah bandung via jalan utama antara lain Bosscha (disambung ojek), farmhouse lembang (dipinggir jalan), sama floating market di pusat lembang. Sisanya harus naik angkutan lain atau ojek

  27. irma gusmaniar says

    mau tanya kalau dari jakarta ke bandung lembang naik kereta naik kereta turunnya di stasiun apa ya?
    terima kasih

    1. Admin says

      langsung di stasiun utama Bandung mba..

  28. Laily says

    Assalamualaikum

    Mau tanya saya berencana liburan ke bandung 2 hari 1 mlm. Tiba di stasiun bandung kira2 jm 9 kurang rencana’a mau ke the lodge maribaya, dusun banbu,framhouse dan pusat kota bandung. Kira2 rute’a kemana dlu y dan penginapan’a yg strategis dmn y?

    Terimakasih

    1. Admin says

      kyknya enakan menginap di penginapan/hotel seputaran Dago atau Cihampelas mba.
      tergantung rute yg di ambil. tapi kalau mau ke tempat ini kyknya lebih enak rute utama aja.. ntar lewatin farmhouse lembang. Di pertigaan parongpong belok kiri ke arah dusun bambu, baru balik arah lagi dan menuju ke the lodge maribaya

  29. driani sari says

    Assalamu’alaikum Kang, saya may liburan keluarga saat long weekend natal nanti. 3hari 3malam. Tujuan ke lembang, transtudio, shopping di kota dan kami pesawat kepulangan kami pukul 6 pagi. Kira2 Penginapan strategis di mana ya? Biar ke bandara gak kejauhan

    1. Admin says

      Wa’alaikum salam..Coba cek hotel di sekitaran Pasteur mba, tempatnya cukup strategis buat ke bandara, lembang, dan pusat kota bandung

  30. Ratna Susanty says

    Assalamualaikum mas, sya akhir nov ini mau ke lembang ,,enaknya pakai jalur apa ya kalau dr arah jkt? mau ke arah sersan bajuri wisata apa saja yg dekat dengan jl sersan bajuri rencana mau ke rumah sosis, farm house, floating market, de ranch kb begonia, jendela lam,dan maribaya hot spring.

  31. Ratna Susanty says

    Assalamualaikum mas, sy week end ini mau ke lembang ,,enaknya pakai jalur apa ya kalau dr arah jkt? mau ke arah sersan bajuri wisata apa saja yg dekat dengan jl sersan bajuri rencana mau ke rumah sosis, farm house, floating market, de ranch kb begonia, jendela lam,dan maribaya hot spring.

    1. Admin says

      Wa’alaikum salam mba.. kalau mau ke Sersan bajuri kyknya lebih mudah pakai rute utama aja via setiabudi. Jalan sersan bajuri itu belok kiri di pertigaan terminal ledeng, setelah UPI. Jadi ngga sejalur dgn semua tempat wisata yg mba tuju..

      yg searah sersan bajuri kyknya jendela alam, kampung gajah, kampung daun, terus ke parongpong. Di parongpong bisa ke dusun bambu, curug cimahi (pinggir jalan dan bagus, tapi tangganya banyak), terus ke arah lembang ke de ranch, kebun bunga begonia, maribaya, dan floating market. Farm house bisa saat jalan pulang, lokasinya ada di tengah2 antara bandung-lembang di jalan utama

  32. Erwan says

    Mas Sy mau liburan ke Lembang sdh booking htl di saung balibu, Tempat wisata yg dekat dgn htl ini apa aja mas,trs rute Dr Jakarta yg tdk curam dan sempit,rencananya 3-5 November mas,Sy bawa mobil.terima kasih

    1. Admin says

      Saung balibu tempatnya antara lembang – cikole kalau ngga salah ya. Yang deket dari sini bisa ke grafika cikole, Orchid forest cikole yg lagi rame skrg, tangkuban perahu. Sebetulnya ngga terlalu jauh juga sih tempat wisata di lembang lain seperti maribaya, dll. Apalagi kalau bawa kendaraan pribadi lebih enak.. ngga perlu waktu lama buat sampai ke tempat2 wisata lainnya.

      Rute nya bisa via rute utama jalan setiabudi – ledeng – lembang. Ntar lewat dulu ke farm house kl mau mampir. Atau bisa via setiabudi – ledeng – jln sersan bajuri – parongpong. Bisa lewat dulu ke kampung gajah, kampung daun, dusun bambu, curug cimahi, dll

  33. ulfiani says

    min mau tanya.. kalo dusun bambu sama the lorge maribaya jauhan mana ya ? saya dari serang banten .. tolong min kasih tau rute nya

    1. Admin says

      Kalau dari pusat Lembang sama aja kyknya mba, dua-duanya ada di ujung area lembang yg berlawanan.. tapi ngga jauh-jauh banget kok. Rata2 tempat wisata di lembang lokasinya ngga begitu berjauhan

  34. Desy says

    Hallo mas,
    Maaf klu sy banyak nanya..dan tlng ntar dijawab satu persatu ya biar ga penasaran dan kesasar he..he..
    Sy rencana mo liburan ke lembang dan pusat kota bandung..tgl 29 des – 1 jan.
    Sy naik kereta dan nyampenya sktr jam 3 sore.
    Rencana dr stasiun ke lembang dulu dan nginep 1 mlm..
    1.enaknya naik apa ke lembang ya?2.penginapan yg dekat dgn floating market,farm house,maribaya apa ya?
    3.klu bandung kotanya lebih enak nginep daerah dago atau braga atau mana?krn anak sy pingin yg dkt dari bandung indah plaza.
    Trmksh dan sy tggu balasannya.

    1. Admin says

      1. Ke lembang bisa pakai angkot jurusan st. hall – Bandung, lewat ke gerbang belakang stasiun rute nya. Angkotnya model mitsubishi L300 warna krem polet hitam. Cuma biasanya lama dan suka ngetem. Alternatifnya pakai taksi (pilih blue bird), atau gocar-uber-grabcar. Kalau mau pakai taksi online ngga bisa naik dari stasiun/sekitarnya, harus menjauh dulu biar aman.

      2. floating market, farmhouse, maribaya letaknya berjauhan. Kyknya sih lebih cocok nyari penginapan/hotel di area pusat lembang aja biar pas ditengah-tengah, dan dekat ke floating market. Ke Maribaya, the lodge dan sekitarnya bisa pakai angkot Lembang-Maribaya-Cibodas yg warna kuning dari pasar lembang. Kalau mau ke farmhouse bisa naik angkot lembang arah bandung, ntar lewat langsung ngga perlu nyeberang.

      3. Kalau mau deket ke mall BIP, enaknya menginap di sekitar dago-jalan riau aja mba..cukup dekat ke BIP kalau dari sekitaran sana. Cek ulang aja ntar lokasi hotelnya di google map.
      Kecuali kalau mau dekat ke mall ciwalk, bisa lgsg nyari di jalan cihampelas.

  35. Ara says

    Halo mas mohon bantuan infonya dan dijawab satu2 ya hehe. Rencana saya akan ke bandung tgl.29 des s/d tgl.2 jan. Dan sy naik pesawat kira2 smpai bandung jam 10.40 (klo gak delay). Hotel saya di daerah sukajadi. Mau tny:
    1. Klo dr bandara ke tangkuban perahu trs lsg ke farmhouse lembang dan floating market lembang naik apa ya enaknya? Dan jauh gak jaraknya? Krn sy dtg rame2 sama kel.
    2. Kalau dr sukajadi dan baru dtg sekitar jm 11 siang enaknya jln2 kmn dlu ya?
    3. Ada gak tmpt wisata yg bs dikunjungi jln kaki aja di sekitaran sukajadi?
    4. Sukajadi ke cihampelas bs ditempuh jln kaki nggak ya? Menghindari macet gt

    1. Admin says

      1. Kalau rame-rame kyknya lebih enak rental mobil+driver aja om. Jarak dari bandara sekitar 40 menit – 1 jam kurang sampai lembang kalau ngga macet. Tempat2 wisata yg mau dituju rada nyebar posisinya tapi bisa satu jalur, ngga harus muter-muter
      2. SUkajadi dekat dengan mall Paris Van java. Kalau mau ke tempat wisata kyknya jaraknay rada jauhan, bisa ke tempat wisata di parompong – lembang atau tempat2 di sekitaran Dago, jaraknya kurang lebih sama dari Sukajadi
      3. Setahu sy sih ngga ada om, paling Mall PVJ aja.
      4. Sukajadi – Cihampelas ngga lama, tapi kalau jalan kaki lumayan jauh.

  36. Leni says

    Wah om adminnya baik bgt nih. Kbetulan sy jg blm depan ada rencana k bandung tp bingung urutan prjalanannya klo dr subang gmn ya om?
    Mohon koreksi:
    Hari 1
    1. Tangkuban perahu
    2. Taman begonia
    3. D’ranch
    4. Maribaya lodge
    Hari 2
    1. Belum kepikiran minta bantuan om admin aja hehehhe
    2.
    3.
    4.
    Klo hrs sewa villa, baiknya daerah mana y om. Mksh bnyk sebelum dan sesudahnya om

    1. Admin says

      Kalau dari arah Subang ke Lembang, yg pertama di lewatin ntar area Ciater subang, terus tangkuban perahu, dan tempat2 di sekitar Cikole Lembang seperti Grafika Cikole, Orchid forrest, dll. Sebetulnya tempat-tempat wisata di Lembang memang menyebar lokasinya, tapi ngga terlalu berjauhan kok. Kalau pakai kendaraan pribadi satu hari juga bisa dapet semua.. Yang mba tulis di hari 1 semuanya satu arah, kecuali tangkuban perahu

      Villa buat menginap, kalau di Lembang kyknya bisa di area villa istana bunga di parongpong. Di dekat2 Bandung kota bisa cari di area dago atas/dago pakar.

      Hari kedua kalau mau bisa mengunjungi tempat2 di Ciwidey seperti kawah putih, glamping lakeside rancabali/situ patenggang, dan sekitarnya

  37. idahasan says

    Asslmlkm, permisi Kang mohon infonya..rencana saya mau ke Rainbow Garden floating market, Taman Begonia dan Farmhouse. Dari 3 destinasi itu adakah yg letaknya “ngumpet” Kang? Rencananya kalau tdk ada yg ngumpet saya mau naik angkot saja 😁
    Oya, untuk pemesanan gocar di daerah lembang apakah mudah?
    Terimakasih..

    1. Admin says

      Kyknya ngga ada yg ngumpet.. farmhouse ada di jalan utama bandung-lembang, floating market ada tengah kota lembang. Paling ke taman begonia aja naik angkot lembang-maribaya kl ga salah

      Belum pernah nyoba pesan taksi online di lembang nih om, jadi kurang tahu.. kyknya sih kalau di sekitaran pusat lembang nya ngga terlalu sulit

Leave A Reply

Your email address will not be published.