Info Tempat Wisata Di Indonesia

Pantai Carocok Painan, Wisata Air Recommended di SUMBAR

0 2,039

Pantai Carocok menjadi magnet wisata yang tak pernah sepi dikunjungi. Pantai yang membentang antara Painan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang ini tak pernah berhenti berbenah, menambah berbagai fasilitas untuk memanjakan para wisatawan.

Di kawasan pantai ini, pengunjung tidak hanya disuguhi dengan keindahan pantai yang memukau namun juga panorama bawah laut yang mempesona, ditambah cerita sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

pantai carocok painan
via wisatapainan.wordpress.com

Dan jika dikelola dengan lebih baik dan profesional, bukan tidak mungkin pantai ini menjadi tujuan utama wisatawan domestik dan internasional menyaingi Bali, Lombok maupun Papua.

Pantai Carocok merupakan destinasi wisata yang lengkap. Pantai ini menyediakan aneka macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua, dari penyuka aktivitas air hingga pecinta jalan-jalan darat, dari pecinta kegiatan menantang hingga pecinta kegiatan santai. Semua hal itu dapat anda lakukan di Pantai ini.

Banyak orang yang membandingkan Carocok dengan Pantai Sanur di Bali atau Pantai Semenanjung Kra Di Malaysia, hal itu tidaklah berlebihan karena pantai ini tidak kalah cantik dengan dua pantai terkenal itu.

Selain Pantai Carocok, kawasan wisata Pesisir Selatan juga dekat dengan beberapa objek wisata lain yang layak untuk dijelajahi seperti Pantai Kandang Jawi, Bukit Langkisau, Pulau Batu Kereta dan Pulau Cingkuak.

Sejarah Pantai Carocok

Pada zaman dahulu, Carocok hanyalah daerah pemukiman penduduk biasa, tidak ada yang menarik dari daerah ini. Hal ini dikarenakan kawasan Pantai Carocok hanya digunakan untuk kegiatan harian warganya, bahkan pantai ini disebut sebagai “kandang Jawi” (artinya “Kandang Sapi’) oleh masyarakat sekitar karena tempat ini sering digunakan untuk menambatkan sapi peliharaan warga.

Baru pada awal tahun 1980-an, kawasan pantai mulai banyak dikunjungi orang-orang khususnya yang berasal dari Painan dan sekitarnya.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Unik Dan Menarik

Panorama pantai yang tersaji indah, terutama di sore hari dimana pengunjung dapat memandangi matahari yang perlahan terbenam di ufuk barat, membuat keindahan tempat ini menyebar cepat melalui mulut ke mulut.

Sejak saat itu, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun intrernasional. Dan seiring berjalannya waktu, Pantai Carocok dibenahi dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung demi memberikan kenyamanan dan menambah nilai jualnya.

Selain Pantai Carocok, adapula legenda yang menyelubungi pulau sekitar nya yaitu Pulau Cingkuak dan Pulau Batu Kereta.

pulau cingkuak pantai carocok
pulau cingkuak via https://www.instagram.com/khabilqisthi/

Menurut cerita para sesepuh Painan, nama Batu Kereta diambil dari bentuk batu yang ada di ujung selata pulau itu yang meyerupai jejak roda sepeda (kereta). Diantara mereka ada yang mengatakan bahwa itu adalah jejak sepeda orang portugis.

Namun ada juga yang mengatakan kalau itu merupakan jejak sepeda meneer belanda yang singgah di Pulau Batu Kereta sebelum ke Painan. Tidak ada yang dapat memastikan kebenaran legenda-legenda tersebut, namun secara ilmiah jejak itu dijelaskan sebagai hasil dari hempasan ombak yang menggerus batu karang selama ratusan hingga ribuan tahun.

Lain Pulau Batu Kereta, lain pula Pulau Cingkuak. Pulau ini pernah menjadi bagian dari sejarah Minangkabau yang cukup terkenal.

Penjajah Belanda dan Portugis pernah menetap lama di Pulau ini, hal ini ditandai dengan adanya benteng bersejarah yang merupakan peninggalan VOC, perusahaan Hindia Belanda saat itu, yang pengelolaannya dilakukan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar.

Selain itu terdapat pula sebuah makam yang pada nisan nya tertulis Madame van Kempen, penghuni Pulau Cingkuak pada masa penjajahan Belanda.

Lokasi Pantai Carocok

Karena membentang antara Painan dan Kota Padang, secara administratif Pantai Carocok terletak di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kecamatan IV Jurai Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai ini berjarak 2 KM dari Pasar Painan. Dari Kota Padang, objek wisata ini berjarak sekitar 75 KM atau 2 jam perjalanan darat.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Manado Yang Penuh Pesona

Akses Transportasi ke Lokasi

Untuk mencapai Pantai Carocok, anda dapat menggunakan transportasi umum dari Pasar Painan yang mengarah langsung ke lokasi wisata.

Jika anda datang dari Kota Padang atau luar Sumatera Barat, anda dapat menggunakan pesawat menuju Bandara Internasional Minangkabau. Dari bandara, ada beberapa alternatif kendaraan yang dapat digunakan. Pertama, anda dapat menggunakan jasa taksi dari bandara langsung menuju lokasi dengan ongkos berkisar antara Rp. 250.000-300.000.

Pilihan kedua adalah dengan menyewa kendaraan (biasanya dihitung per hari). Sewa kendaraan termasuk supir biasanya Rp. 300.000 per hari, belum termasuk biaya bahan bakar sebesar Rp. 130.000. Jika anda datang bersama rombongan dan hendak mengunjungi tidak hanya Carocok, maka alternatif ini bisa dijadikan pilihan utama.

carocok beach
via https://www.instagram.com/wijayarga/

Opsi ketiga adalah bagi wisatawan dengan budget terbatas. Dari bandara, anda dapat menaiki bus Damri atau bus antar kota menuju Pasar Raya Padang denga ongkos sebesar Rp. 25.000. Kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan travel menuju Pantai Carocok Painan, ongkos yang dikeluarkan sekitar Rp. 25.000-30.000. Hemat bukan?

Alternatif lain menuju Pantai Carocok adalah dengan menggunakan jalur laut. Anda dapat menyewa kapal cepat melalui Pelabuhan Teluk Bayur hingga Pantai Carocok. Selain itu, mulai tahun 20174, Pemerintah menyediakan moda transportasi baru yaitu Kapal Wisata Bintang Mandeh.

Kapal ini berlayar dari Pelabuhan Muaro Padang, menyusuri pulau-pulau pesisir pantai selatan, wisata mangrove hingga ke lokasi.

Untuk menggunakan sarana transportasi ini, anda dikenakan biaya Rp. 300.000-350.000 per orang.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati indahnya panorama Pantai Carocok, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 5.000/orang.

Sangat murah bukan?

Fasilitas

Sebagai objek wisata yang ramai dikunjungi, pengelola Pantai Carocok menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Gazebo dan pendopo didirikan di beberapa titik yang disediakan sebagai tempat beristirahat. Terdapat pula Mushola, toilet serta lahan parkir yang luas.

Di sekitar kawasan pantai, berjajar toko-toko yang menjual souvenir khas Pantai Carocok dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Tulungagung Yang Eksotis

Ada pula beberapa rumah makan yang menjajakan kuliner khas Painan seperti Pepes Ikan Marang, Gulai Ikan Marang dan makanan khas lain yang menggoda selera makan anda.

Hotel/Penginapan Dekat Pantai Carocok

Untuk anda yang ingin berlama-lama menikmati keindahan Pantai Carocok serta menjelajahi lebih banyak objek wisata sekitarnya, ada beberapa hotel/penginapan yang dapat anda jadikan persinggahan melepas penat.

Berikut adalah beberapa hotel yang dapat anda jadikan pilihan:

  • Langkisau Resort Hotel & Restaurant, Jalan Baru Pantai Salido KM 0,8, Salido, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia, 25651
  • Guest House Cingkuak Island, Jl. Trikora No. 15 A Painan Selatan, Kec. IV Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia, 25612
  • Doria Homestay Pantai Carucok, Jalan Tentara Pelajar Pantai Curocok Painan, Pesisir Selatan, Indonesia
  • Penginapan Lima Saudara, Jalan Sudirman No. 06 Pasar Salido, Kec IV Jurai Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia
  • Rihan Hotel, Jalan. Jenderal Sudirman No.205, Salido, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia

Video

Silahkan juga lihat video dibawah ini untuk mendapatkan gambaran tempat wisata ini selengkapnya ya..

Wahana Pantai Carocok

Ketika anda berkunjung ke Pantai Carocok, anda tidak hanya disuguhi oleh keindahan alam pantai maupun pulau-pulau disekitar nya. Anda juga dapat bersenang-senang dengan menikmati beragam wisata yang disediakan pengelola Pantai.

Dengan dikenakan biaya tambahan, anda akan mendapatkan keceriaan lebih ketika mengunjungi Pantai Carocok.

wahana pantai carocok
via https://www.instagram.com/pila_92/

Beberapa wahana yang dapat anda nikmati yaitu:

  • Banana Boat (Rp. 25.000 per orang),
  • Donat Boat (Rp. 30.000 per orang),
  • Flying Boat,
  • Jetski (Rp. 100.000 per orang),
  • Flying Fox (Rp. 150.000 per orang)
  • serta snorkeling (Rp. 50.000 per orang, termasuk sewa alat dan pemandu).

Jadi tunggu apalagi, jika anda menginginkan liburan lengkap dan terjangkau Pantai Carocok dapat anda jadikan destinasi wisata yang cocok buat anda dan keluarga….

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.