Wisata Ke Pantai Pangandaran Yuk!

Pantai Pangandaran, pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer di jawa barat. Kebetulan beberapa waktu lalu touring menggunakan motor kesini.

Jujur aja saya bukan penggemar wisata pantai, ngga kuat panasnya! Mungkin karena sedari lahir sampai gede tinggal di daerah gunung kali ya. Tapi wilayah pantai pangandaran rada beda, udaranya ngga panas-panas amat..adem malahan. Mungkin karena masih musim hujan juga sih.

Sekilas Tentang Pangandaran

Ada beberapa alasan kenapa kita memilih liburan ke pantai pangandaran ;

  • Udah lama ngga datang kesini..terakhir sewaktu SMU
  • Tempatnya relatif dekat dari Bandung
  • Penasaran touring motor matic rada jauhan
  • Dadakan, kepikirannya langsung tempat ini ­čśÇ

Lagian pantai ini cukup unik lho.. Kita bisa nikmatin Sunrise dan Sunset dari satu wilayah yang sama. Rada jarang area liburan di pantai yang bisa gini. Hal ini karena adanya bentukan wilayah Pantainya yang menjorok ke laut, sehingga kita bisa nikmatin pantai dari sisi barat ataupun timur.

pantai pangandaran

Di pantai barat Pangandaran, kita bisa menikmati pantai yang landai dengan bentangan pasir yang luas. Pantai barat pangandaran juga jadi wilayah pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Di pantai timur Pangandaran, kondisinya sedikit berbeda. Pasir pantainya ngga luas, tapi airnya lebih tenang. Hal ini karena lokasinya yang berbentuk teluk. Disini kita bisa nikmatin suasana yang lebih tenang, daan banyak spot foto yang bagus juga lho.

Letak – Lokasi Pantai Pangandaran

Lokasi Pantai pangandaran berada di wilayah kabupaten Pangandaran, kabupaten yang terhitung baru hasil pemekaran dari kabupaten Ciamis. letaknya berbatasan dengan kabupaten cilacap (jawa tengah), Banjar, dan Tasikmalaya.

Rute Pantai Pangandaran

Rute pantai Pangandaran dari Bandung, ada beberapa alternatif jalan yang bisa kita pakai :

  • Jalur utama via Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran. jalur ini mudah buat di ikuti, banyak petunjuk jalanya kok.
  • Jalur alternatif Bandung – Tasikmalaya – Pantai Cipatujah – Pangandaran.
  • Rute alternatif jalur selatan jawa Barat; Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya – Pameungpeuk – Cipatujah – Pangandaran. Rute ini lebih sepi, kondisi jalannya juga sudah lumayan bagus.

Transportasi Ke Pangandaran

Transportasi ke Pangandaran sudah cukup banyak, jadi ngga perlu khawatir kehabisan. Kita bisa menggunakan Bis dari Jakarta (kp. rambutan) – pangandaran, Bandung – Pangandaran, ataupun dari kota lainnya.

Alternatif lainnya adalah dengan pesawat dari Jakarta atau Bandung ke bandara Nusawiru Pangandaran. Salah satu maskapai dengan rute ini adalah Susi Air.

Rute Jalur Selatan Jawa Barat

Ini merupakan rute yang saya dan istri ambil sewaktu touring kemarin. Memang jalurnya lebih memutar dan lebih jauh, tapi banyak spot indah di sepanjang jalan. kondisi┬ájalannya juga udah bagus, enak buat touring motor matic lah.. ­čśÇ

Selain itu, di jalur selatan ini kita bisa sekalian mengunjungi tempat wisata lain seperti Rancabuaya, Santolo, puncak guha, dan karang tawulan.. Rute jalur selatan menyusuri pantai selatan jawa barat dan jalannya sudah bagus banget sekarang. Hanya saja hati-hati saat mendekati jembatan-jembatan dijalur ini. Biasanya jalannya rada jelek di sekitar jembatan.

Dari Bandung untuk menuju rute jalur Selatan bisa melalui pangalengan atau Ciwidey. Kalau via Ciwidey, keluarnya nanti di pantai Cidaun. Jalan dari Pangalengan sampai Cisewu Garut cukup lebar dan udah hotmix. Cisewu sampai pantai Rancabuaya jalan bagus tapi belok-belok plus turun naik, dan rada kecil.

Rekan-rekan bisa lihat video Pangalengan-cisewu┬ádisini ya.. ­čśÇ

Setelah sampai di Rancabuaya, belok kiri dan ikuti terus jalur utama menuju Pantai santolo Garut. dari sana memutar sedikit ke arah Pameungpeuk. Setelah jembatan besar nanti ada pertigaan tinggal ambil jalur kanan. Ikuti terus jalur ini. Jangan khawatir nyasar, cukup banyak petunjuk arahnya kok. Cukup ikuti terus jalur utama, dan kalau bertemu pertigaan ikuti saja jalan besar arah ke sebelah kanan, termasuk nanti di pertigaan pantai Cipatujah.

Diperbatasan Tasik – pangandaran nanti anda bisa menemukan area pantai karang tawulan. Recommended buat dikunjungi lhoo..

Via jalur ini, kita nanti bakal bertemu dulu dengan Cukang Taneuh, atau lebih dikenal dengan Green canyon. Tempatnya tepat di sisi jalan ini kok jadi ga bakal kelewat.

Untuk pom bensin besar di jalur ini, ada di pameungpeuk dan di dekat pertigaan Cipatujah. Kalau pom bensin mini cukup banyak disepanjang jalan juga. Kebetulan saya menggunakan Nmax dan ngga perlu takut kalau mau nyari pertamax dijalan.

Buat penyuka touring ringan, jalur ini recommended banget; mulus, bagus, dan banyak spot indah buat istirahat.

Saya berangkat dari Bandung pagi sekitar jam 7, dan sampai di pangandaran sekitar jam 2 siang, banyak berhentinya sih. Setelah sampai di pangandaran langsung check in masuk hotel.



Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Harga tiket masuk pantai pangandaran cukup terjangkau. Saya hanya membayar kurang dari 20 ribu (motor+2 penumpang). Berikut ini daftar harga tiket masuk pangandaran dikutip dari mypangandaran.com

  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 3.000,-
  • Sepeda Motor Rp. 7.000,-
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 28.000,-
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 35.000,-
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 40.700,-
  • BUS Kecil Rp. 80.000,-
  • BUS Sedang Rp. 104.000,-
  • BUS Besar Rp.169.000,-

Hotel Di Pantai Pangandaran

Hotel di pantai Pangandaran cukup banyak pilihannya. Tergantung budget, kita bisa memilih hotel  dan penginapan mulai dari harga 200 ribuan.

Rata-rata hotel di area pantai timur berada di sisi pantai langsung, hanya dibatasi oleh jalan saja. Sedangkan di pantai barat di batasi oleh jalan dan jajaran warung-cafe buat hangout.

Kebetulan saya dan istri memilih hotel Sun in pangandaran (SIP). Cukup direkomendasikan hotelnya. Lokasinya berada di bottle neck area ini; Berada di sisi pantai timur tapi hanya cukup berjalan 50 meteran udah bisa ke pantai barat juga.

Silahkan lihat info harga dan diskon terbaru hotel SIP di link ini.

Tempat Wisata Di Pangandaran

Bicara tentang Pangandaran, ada banyak tempat wisata di pangandaran yang bisa kita kunjungi. Ngga cuma pantainya aja lho. Soal pantai pun ternyata banyak tujuannya. Hanya saja memang kebanyakan wisatawan datang ke area utama pantai di Pangandaran aja.

Ada dua area pantai utama disini ; pantai barat Pangandaran, dan pantai timur pangandaran.

Pantai Pananjung – Pantai Barat Pangandaran

Pantai pananjung – Pantai barat merupakan area pantai yang paling banyak dikunjungi. Bentukannya landai dengan pasir pantai yang luas. Di sepanjang pantai terdapat banyak tempat makan dan hangout..Cocok banget buat yang liburan bersama keluarga dan anak kecil.

pantai barat pangandaran

Pantai disini cukup luas juga, bisa puas buat jalan-jalan nikmatin. Di sore hari, kita bisa menikmati makanan dan minuman sambil melihat sunset pantai panganradan yang indah.

Pantai Timur Pangandaran

Di pantai timur pangandaran pasirnya sedikit, tapi lebih tenang dibandingkan pantai pananjung di sebelah barat.Meskipun demikian, tempatnya asyik lho.. banyak spot menarik disini. Ada banyak dermaga dan tanjung kecil yang menjorok ke laut, cocok buat nongkrong dan ngopi disini. Selain itu, banyak tempat makan ikan bakar juga.

pantai timur pangandaran 111 pantai timur pangandaran ujung pantai timur pangandaran view cagar alam pantai timur pangandaran

Tempat rekomendasi ; Di ujung jalan pantai timur ada tanjung kecil dan tempat makan/cafe kecil. Cocok banget buat nongkrong2 bareng teman disini.

Di pantai timur pangandaran, kita bisa menikmati sunrise. Bentukan pantai disini berupa teluk sehingga airnya lebih tenang. Terdapat banyak tambak ikan di tengah teluk. Di malam hari, lampu dari tambak-tambak ini unik juga lho, bagus terlihat dari sisi pantai.

nelayan memancing di pantai pangandaran

Cara mancing nelayan sini ­čśÇ

Taman Wisata Alam Pangandaran / Cagar Alam Pananjung

Area taman wisata alam pangandaran atau cagar alam Pananjung terletak diantara pantai timur dengan pantai barat Pangandaran. Disini kita bisa melihat berbagai satwa liar seperti rusa, monyet ekor panjang, lutung, dan banteng. Rusa-rusa disini cukup jinak, dan kalau malam sering terlihat bermain diluar wilayah cagar alam. Jadinya ngga heran kalau malam-malam kita melihat 2-4 ekor rusa di jalan raya.

rusa cagar alam pananjung

Di sini juga terdapat banyak gua alami ataupun gua buatan semasa jepang. Cagar alam ini cukup luas lho. Disarankan untuk mengeksplore lebih jauh untuk menggunakan jasa guide disini, biar sekalian dijelaskan lokasi-lokasinya.

Untuk menuju area cagar alam pananjung, gerbangnya mudah buat ditemukan kok. Alternatif lainnya adalah menggunakan jasa perahu. Dengan harga jasa 150 ribu (dua orang, kurang tahu kalau banyakan ya), kita bisa menggunakan perahu untuk mengitari cagar alam, berkunjung ke pantai pasir putih, batu layar, atapun snorkeling di dekat batu layar. Saat kita berkeliling di cagar alam, perahu akan menunggu sampai kita selesai.

pantai cagar alam pananjung

Bersama istri, selfie dulu :3

batu layar pantai pangandaran

batu layar di dekat sisi cagar alam

air terjun kecil pantai pangandaran

air terjun kecil di cagar alam pananjung

cagar alam pantai pangandaran

Kebetulan saat liburan ini, saya dan istri hanya berkeliling ke tiga tempat diatas aja. Lagi ngga mood buat muter-muter jauh ­čśÇ

Selain tiga tempat diatas, di wilayah Pangandaran juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Berikut ini beberapa tempat wisata di pangandaran dan sekitarnya. Infonya saya ambil dari google.

Green Canyon/ Cukang Taneuh

Lokasinya sekitar 30 KM dari area pantai Pangandaran, tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis.

cukang taneuh pangandaran

source: www.indonesia-tourism.com

Disini kita bisa menikmati petualangan di sungai cijulang, menyusuri lembah dan tebing sungai yang indah. Idealnya, tempat ini dikunjungi saat awal-awal musim kemarau. Jika musim hujan, arus sungai lumayan deras dan cenderung berwarna coklat airnya.

Citumang Pangandaran

Citumang berada kurang lebih 15 KM dari Pangandaran. Disini kita bisa menikmati body rafting di sungai yang jernih, suasana alam yang masih asri, dan juga hiking ringan.

body rafting di citumang pangandaran

image source: indonesia.travel

Dari pangandaran terdapat banyak guide yang siap langsung mengantar anda kesini. Alternatif lainnya adalah menggunakan jasa paket tour dan travel.

Pantai Batu Hiu

Lokasi pantai batu hiu kurang lebih 14 KM dari Pangandaran. Pantai disini berupa tebing-tebing karang, dimana kita bisa menikmati pemandangan lepas ke laut dari atasnya.

pantai batu hiu pangandaran

image: www.tripadvisor.co.id

Pantai ini idealnya dikunjungi saat pagi-sore hari.

Pantai Karang Nini

Pantai karang nini letaknya kurang lebih 10 KM dari Pangandaran. Jika melalui rute Bandung-Banjar, maka pantai karang nini bisa kita temukan sebelum pangandaran.

pantai karang nini

image: www.disparbud.jabarprov.go.id

Lokasi pantai karang nini cukup unik, berada di belakang hutan. Kombinasi hutan dan pantai ini akan memberikan sensasi tersendiri tentunya.

Selain lokasi populer diatas, masih terdapat berbagai lokasi lain disini yang cukup menarik untuk dikunjungi juga..

Video Pantai Pangandaran

Berikut video pantai pangandaran yang saya rekam..

masih dalam editan

Satu hari saja memang kurang cukup buat menikmati area wisata ini. Apalagi kalau kita ingin mengunjungi semua tempat wisata disini, sepertinya bakal butuh waktu 2-3 hari biar ngga cape.

So, buat anda yang berencana liburan nanti, wilayah pantai pangandaran bisa jadi tujuan asyik lho.

Semoga tulisan ini berguna, Selamat Berlibur!

Wisata Ke Pantai Pangandaran Yuk!
4.82 (96.36%) 11 votes

Related Posts

Add Comment