Info Tempat Wisata Di Indonesia

Keindahan Pantai Pangi Blitar Yang Masih Perawan

0 1,223

Blitar mungkin tidak besar, juga mungkin tidak begitu terkenal. Meskipun demikian, kota ini menyimpan banyak pesona tempat wisata, salah satunya pantai Pangi Blitar.

pantai pangi blitar
via https://www.instagram.com/irvanleite/

Blitar adalah satu kota kecil di Jawa Timur yang dikenal sebagai tempat peristirahatan Proklamator RI Ir. Soekarno. Kota ini merupakan kabupaten paling selatan Jawa Timur, tidak heran jika kota ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Dengan garis pantai yang panjang, banyak pula wisata pantai yang dapat dikunjungi. Selain pantai, Blitar juga mempunyai Gunung Kelud yang terkenal. Sebagai tempat kelahiran salah satu bapak Proklamator, tentu saja Blitar memiliki jejak sejarah.

Belum termasuk situs-situs sejarah yang tersisa di kota ini, Blitar punya banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Dari sekian panjang garis pantai, dari sekian banyak objek wisata pantai yang ramai dikunjungi, ada satu pantai yang mungkin masih baru dikenal namun menyimpan sejuta keindahan. Nama pantai itu adalah Pantai Pangi.

Sekilas Info

Pantai Pangi menyimpan keindahan yang mempesona. Pantai ini berada di cekungan kecil, dengan batu karang yang berdiri kokoh di sisi kiri dan kanan pantai.

tebing pangi beach
via https://lifestyle.okezone.com

Sebagai pantai yang berada daerah selatan jawa, tempat ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai lain di jalur selatan yaitu ombaknya yang besar. Namun karena bentuknya yang sedikit cekung dan diapit karang di kanan kiri, pantai ini bisa digunakan bermain air dan berenang (meski anda tetap harus tetap waspada).

Jarangnya pengunjung yang datang membuat pantai ini relatif sepi dan bersih. Kesan alami dan asri langsung terasa ketika anda tiba. Deburan ombak laut berkejaran silih berganti mencapai hamparan pasir putih di bibir pantai. Hamparan pasir putih terbentang indah di sepanjang bibir pantai.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Mengajak Anda Bertualang

Menambah cantik pantai ini adalah deretan pohon pinus yang tumbuh tidak jauh dari bibir pantai. Pohon-pohon pinus yang rimbun seolah menyediakan tempat bersantai dan berteduh dari teriknya sinar matahari sambil tetap menikmati keindahan suasana sekitarnya.

Kombinasi hijaunya pohon pinus dikombinasi dengan birunya laut memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung pantai ini.

Selain pantai dan deretan pohon pinus, Pantai Pangi memiliki sebuah keistimewaan lain yang jarang ditemukan di objek wisata lain. Keistimewaan itu adalah adanya muara sungai yang membentuk telaga payau.

Jika anda berjalan ke arah karang di sebelah kiri pantai, anda akan menemukan telaga ini.

telaga payau pangi
via https://www.instagram.com/bo_nie07/

Telaga yang cukup luas ini biasa digunakan untuk berenang dan membasuh diri setelah lelah bermain air di pantai. Air nya yang tenang, jernih dan menyegarkan membuat anda betah berendam di telaga. Telaga ini bertambah indah dengan adanya pohon-pohon bakau di sekeliling telaga. Batang nya yang menjulang tinggi ke langit dan akar yang menancap menembus permukaan air mencittakan pesona keindahan tersendiri.

Bagi anda pencinta kegiatan camping, Pantai Pangi bisa dijadikan pilihan. Di pantai ini terdapat area datar yang cukup luas untuk anda bersama rombongan mendirikan tenda, khususnya di kerimbunan pohon pinus.

Selain jarak nya yang aman dari pantai, pohon pinus juga membantu memberikan keteduhan. Adanya telaga pun memudahkan anda mendapatkan air bersih untuk kebutuhan camping.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Karawang Yang Cocok Untuk Liburan

Lokasi Pantai Pangi

Secara administratif Pantai Pangi terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Objek wisata ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Blitar, atau lebih kurang 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Lokasi Pantai Pangi berdekatan dengan Pantai Tambak rejo yeng telah lebih dulu dikenal, serta Goa Embultuk.

Bahkan dulu sempat ada jalan tembus dari Gua Embultuk menuju Pantai Pangi, namun akses itu sudah rusak dan tidak dapat digunakan.

suasana pantai pangi blitar
via https://www.instagram.com/bu_bud/

Rute Jalan Ke Pantai Pangi

Untuk mengunjungi Pantai Pangi, wisatawan dapat melalui jalur yang biasa digunakan untuk menuju Pantai Tambak Rejo. Dari Pusat Kota Blitar, perjalanan dimulai dengan mengarahkan kendaraan ke arah selatan di perempatan Kawi.

Ikuti terus jalan ini hingga anda tiba di Kecamatan Kademangan. Lanjutkan perjalanan ke arah selatan melalui Jalan Trisula. Ikuti terus jalan ini hingga anda menemukan perempatan Kantor Desa Tumpakkepuh, kemudian belok kanan. Maka anda akan tiba di pintu masuk Pantai Pangi.

Perjalanan menuju Pantai Pangi dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun kontur jalannya yang naik turun, pastikan kendaraan anda dalam keadaan laik jalan.

Setibanya di pintu masuk, anda masih harus berjalan kaki lebih kurang 100 meter melalui perkebunan penduduk dan jalan setapak melewati sungai. Namun perjalanan itu tidak terasa melelahkan karena pemandangan sekitar yang cukup indah serta suasana nya yang sejuk.

Belum ada transportasi umum menuju Pantai Pangi, jadi untuk mencapai pantai ini anda harus menyewa ojek atau angkot jika rombongan anda cukup besar.

rute ke pantai pangi
via https://www.instagram.com/rizqi9708/

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas

Untuk memasuki dan menikmati keindahan Pantai Pangi, pengunjung harus membayar tiket masuk. Namun tidak usah khawatir karena tiketnya tidak terlalu mahal.

Baca Juga :  Wisata Pantai Indrayanti Jogja, Tiket Masuk, Lokasi Dan Info Lengkap

Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk pantai : Rp. 8.000 per orang
  • Biaya parkir kendaraan roda 2 : Rp. 2.000 per kendaraan
  • Biaya parkir kendaraan roda 4 : Rp. 5.000 per kendaraan

Karena objek wisata Pantai Pangi tidak seramai pantai atau objek wisata lain, maka fasilitas yang tersedia pun masih terbatas. Namun beberapa fasilitas telah disediakan pihak pengelola untuk memudahkan pengunjung.

Fasilitas seperti mushola, toilet serta beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman dapat anda temukan di sekitar pantai. Walau untuk makanan dan minuman, sebaiknya anda membawa bekal sendiri. Tetap jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan pantai.

Btw, cek juga video dibawah ini ya, agar ada gambaran lokasi lebih jelas.

Penginapan Dekat Pantai Pangi

Sampai saat ini belum ada penginapan di dekat Pantai Pangi. Penginapan terdekat terletak di Kota Blitar yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan.

Beberapa penginapan lain yang dapat dijadikan pilihan ketika anda hendak mengunjungi Pantai Pangi atau melepas lelah setelah seharian bermain air pantai diantaranya:

  • Hotel Tugu Blitar, Jl. Merdeka No.173, Blitar
  • Grand Mansion Hotel Blitar, Jl. Melati No.90, Blitar
  • Patria Garden Hotel Blitar, Jl. Batanghari No.1, Dimoro, Sukorejo, Blitar
  • Patria Palace Hotel Blitar, Jl. Mastrip No.56, Kepanjenkidul, Blitar
  • Patria Plaza Hotel Blitar, Jl. Kartini No.10, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Blitar

Demikian info tentang Pantai Pangi yang Asri. Segera kemas barang anda dan nikmati ketenangan pantai pribadi anda.

Selamat berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.