Pantai Puncak Guha Garut

Salah satu pantai selatan di wilayah kabupaten Garut yang masih belum banyak terjamah adalah pantai Puncak Guha . Pantai ini mulai banyak dikunjungi setelah ter-ekspose dalam novel perahu kertas karya salah satu novelis indonesia , Dewi Lestari ( Dee ) .

Pantai ini terletak dekat sekali dengan pantai Rancabuaya , sehinga bisa anda jadikan satu paket perjalanan saat berkunjung kesana.

Lokasi Pantai Puncak Guha

Jika mendengar kata “pantai” , maka yang terbersit dalam pikiran adalah hamparan pasir landai yang dihiasi dengan ombak . Anda tidak akan menemukan hal ini di pantai Puncak Guha. Pantai ini merupakan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan lautan .

Tidak adanya pasir pantai yang landai ditutupi dengan pemandangan indah ke seputar wilayah pantai sekitarnya dari ketinggian.

pantai puncak guha - gerbang

pantai puncak guha - goa kelelawar

pantai puncak guha - saung

pantai puncak guha - tebing

pantai puncak guha

Tempat ini kami pikir lebih cocok untuk dikunjungi disaat pagi atau menjelang sore, sinar matahari dan alam sekitarnya memberikan pemandangan yang mempesona.

pantai puncak guha garut selatan

Selain pemandangan, disini juga terdapat Goa kelelawar yang salah satu lubang masuknya bisa anda lihat langsung .

Akomodasi

Tempat wisata ini masih berupa wisata rakyat yang belum dikelola oleh pemerintah. Anda tidak akan menemukan warung di sini, hanya dua gazebo tempat istirahat yang sayangnya sudah cukup rusak. Dengan tiket masuk Rp 5000 saja, anda sudah bisa masuk ke area ini.

Penginapan tidak terdapat di area ini, penginapan terdekat terletak di Pantai rancabuaya ( 2 KM) . Selain itu juga belum tersedia sarana umum seperti toilet dan mushala.

Jika anda mencari hotel melati di daerah dekat pantai puncak guha Garut, maka penginapan dan hotel di pantai rancabuaya bisa jadi pilihan.. jaraknya dekat hanya sekitar 2 KM dari lokasi.

Transportasi

Untuk menuju lokasi anda bisa menempuh jalur yang sama ke arah pantai Rancabuaya. Pantai ini terletak kurang lebih 2 kilometer dari Rancabuaya sehingga cukup mudah dijangkau. Lokasi ini hanya di tandai dengan gerbang sederhana di pinggi jalan, tapi cukup mudah untuk dicari .




Rute Menuju Puncak Guha antara lain dapat ditempuh melalui ;

  • Rute Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Puncak Guha . Jalur ini lebih disarankan karena sudah mulus . Kondisi jalan rusak / dalam perbaikan di beberapa tempat saja .
  • Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya . Pantai Puncak Guha terletak sekitar 2 kilometer sebelum Rancabuaya.

Selain itu juga banyak terdapat jalur alternatif, namun biasanya dengan kondisi jalan yang kurang bersahabat. Sebagai catatan, jalur dari pantai Santolo Pameungpeuk sampai ke rancabuaya saat artikel ini dibuat sedang dalam proses perbaikan sehingga banyak area jalan yang rusak dan cukup sulit di lalui.

Tambahan: sekarang jalan ini sudah bagus lho..

Peta lokasi pantai puncak guha / maps menuju Pantai Puncak Guha

 

Pantai Puncak Guha Garut
3 (60%) 5 votes

Related Posts

4 Comments

  1. gugun
    2 July, 2015
    • dani
      20 January, 2016
  2. dani
    20 January, 2016
  3. surya lesmana
    30 January, 2016

Add Comment