Wisata Pulau Kenawa – The Simple Beauty Of Kenawa Island

THE SIMPLE BEAUTY OF KENAWA – Yang Terbit di Langit Sumbawa.

Pulau Kenawa bukan lah Kanawa. Pulau Kenawa dan Kanawa memang sama-sama indah namun pulau-pulau ini adalah pulau yang berbeda lokasinya. Kebanyakan orang masih menyimpan kekeliruan bahwa Kenawa adalah Kanawa.

Postingan ini saya buat untuk meluruskan sekaligus mengenalkan keindahan kenawa yang tak banyak orang ketahui.

[toc]

Lokasi Pulau Kenawa

Sekitar 1 bulan lalu saya dan para strangers bertekad untuk mengunjungi Kenawa. Well, sebelum bercerita terlalu jauh, saya mau kasih tau tentang lokasi pulau Kenawa. Pulau Kenawa berlokasi di Sumbawa Barat, tidak jauh dari Pelabuhan Pototano. Yap, kalau dilihat di peta masih dekat dengan pulau Lombok alias tetanggan gitu deh. Nah, perlu perjuangan yang dahsyat buat sampai ke pulau Kenawa.

pulau-kenawa island pantai kenawa

Perjalanan kemarin adalah yang wow truly backpacking banget deh. Why? Karena kami tidak mulai dari BIL alias Bandara Lombok yang bertempat di Praya.

Saya dan strangers melakukan perjalanan ini by land alias via darat. Tau ga start nya dari mana? Dari Solo bahkan ada stranger saya yang dari Jakarta. Can you imagine?

Silahkan buka peta yaa dan lihat berapa lama kira-kira kami melakukan perjalanan dan mengarungi beberapa selat.

Singkat cerita setelah sampai di Lombok tepatnya di Mataram, kami bersiap untuk menyewa tenda dan segala perlengkapan camping. Maklum kami para pemula hehehe, jadi belum punya kelengkapan camping nih, voyagers! Setelah mendapatkan peralatan camping dan membawa segala perbekalan makan dan minum kami langsung berangkat ke Kenawa.

Akses Ke Pulau Kenawa

Akses untuk sampai ke pulau Kenawa adalah via pelabuhan Kayangan. Dari Mataram ke Pelabuhan Kayangan tentunya butuh waktu ber jam-jam voyagers! Lagi-lagi silahkan buka peta Lombok yak. Coba liat dari ujung Barat ke ujung Timur. Helaaaaw super sekali. Nah, ketika sampai di pelabuhan Kayangan yang dilakukan yaitu nitipin motor nih guys. 1 motor biayanya 10.000 rupiah/hari. Tapi kalau kamu mau keliling Sumbawa berarti kamu harus ikut nyebrangin motor sampai Pototano dengan biaya sekitar 54.000 rupiah/motor.

Penyeberangan dari pelabuhan Kayangan ke Kenawa ga langsung alias harus transit. Jadi, Penyebrangan dilakukan dari Pelabuhan Kayangan (kapal Ferry) ke Pelabuhan Pototano kurang lebih 1,5 jam. Sampai di Pelabuhan Pototano kami lanjut naik kapal warga yang sebelumnya sudah kami hubungi pemilik kapalnya.

pulau kenawa island - akses ke pulau kenawa

Penyebrangan dari pelabuhan Pototano ke pulau Kenawa hanya membutuhkan waktu 25-35 menit. Ah sebentar kook. Hahay, memang sebentar tapi sensasinya kadang membuat deg-degan. Kala itu, saya dan strangers menyebrang saat cuaca sudah mendung dan rintik hujan mulai membasahi bumi ditambah lagi bulan sudah menyambut (yes you’re right, it was night).

Awalnya memang ga yakin, karena seketika hujan sempat turun. Hujan waktu itu tidak deras namun cukup membuat saya ciut untuk melakukan penyebrangan dengan kapal warga a.k.a perahu nelayan gitu.

Bismilahirrohmanirrohim, setelah hujan sedikit reda dan ombak sedikit tenang kami melakukan penyebrangan.

Wisata Pulau Kenawa

Akhirnya kami sampai di pulau Kenawa, betapa senangnya kami dan tak sabar untuk meyambut pagi di pulau private ini.

wisata pulau kenawa island

Sampai di sana kami langsung mendirikan tenda dan mulai memasak. Masak apa yaa? Mie adalah jawaban paling tepat untuk para backpacker yang baru pertama kali camping hehehehe.

pulau kenawa island - backpacker ke pulau kenawa

Deburan ombak di tepi pantai waktu itu sangat kencang, angin mulai menggerayangi kaki-kaki kami, dan menggoyang tenda, sampai pada akhirnya tenda kami patah di pagi hari.

Oh ya mau mengingatkan sebelum asik-asikan di pulau ini, pastikan kalian minta dijemput sesuai dengan jam yang kalian tentukan keesokan harinya. Jangan hanya mengandalkan sms saja, karena sinyal sangat sulit didapat ketika di Kenawa.

Pagi hari adalah waktu yang paling kami nanti. Akan ada momen paling indah di atas puncak bukit Kenawa. Tanpa berlama-lama kami langsung naik ke puncak Bukit sebelum sinar emasnya pergi meninggalkan kami.

pulau kenawa island sunrise di kenawa

Ini lah kehangatan pagi yang kami dapatkan dari pelukkan yang diberikan sang surya. Keindahan yang cukup simple. Orang-orang mungkin akan berkata, akan ada yang lebih baik dari sun rises di Kenawa. Memang bukan sun rises nya yang kami ingin kan namun seberapa tangguh kami dapat menaklukan pulau ini, dengan singgah walaupun hanya sehari saja bersama orang-orang yang baru saja saling kenal.

pulau kenawa island

Menikmati keindahan yang cukup simple, namun membuat hati tak bisa move on. Alam memang selalu menyajikan yang terbaik. Keindahan pulau Kenawa tak berhenti sampai pada sunrises nya, hamparan rumput hijau yang mengelilinginya juga semakin menambahkan kecantikan pulau Kenawa, bahkan kecantikannya tak hilang walaupun diterpa musim kemarau.

pulau kenawa island - landscape

Tak hanya itu, keindahan pantai di pulau Kenawa mampu menyejukan hati, biru lautnya bahkan bisa mengusir hati yang sedang biru hahaha.

Tapi saya mau ingetin kalau di pulau Kenawa tidak tersedia sumber air bersih. Air bersih yang ada di pulau Kenawa dijual dalam bentuk gallon seharga 15.000 rupiah. So, sedia air bersih sebelum melakukan penyebrangan ke pulau cantik ini.

Biaya Ke Pulau Kenawa

Berikut ini kisaran perhitungan biaya ke pulau kenawa. Lihat keterangan dibawah ini ya biar lebih jelas.

SC = Share Cost alias patungan, angka menunjukan jumlah orang yang ikutan share cost
Contoh : SC-6 berarti harga yang dicantumkan udah patungan dengan 6 orang.

• Penyebrangan Pelabuhan Kayangan –Pelabuhan Pototano = Rp 20.000,-
  • Penyebrangan Pototano – Kenawa (PP) (SC-6) * = Rp 42.000,-
  • Penyebrangan Pototano – Kayangan (Balik ke Lombok) = Rp17.000,-
  • Sewa 2 Tenda, Nesting, Matras (SC-6) = Rp 17.500,-
  • Perbekalan makan = Rp 30.000,-
  • Parkir motor di Kayangan (SC-2) = Rp 5.000,-

TOTAL 131.500,-

*) Kapal ke pulau Kenawa per tahun 2016 Rp. 200.000,- (penyebrangan siang) / Rp. 250.000,-
(penyebrangan malam). Semakin banyak orangnya semakin murah.

Salam strangers, salam voyagers!

TRAVEL WRITER

rizka-rachmaniar

Rizka Rachmaniar

Mahasiswi Teknik Kimia yang punya muka judes(kadang bisa judes beneran kadang bisa baik dikit), suka pergi sendirian tapi juga suka kebersamaan. Salam strangers – salam voyagers!!