Pulau Pahawang, Surga Wisata Tersembunyi Di Lampung

Ingin liburan ke pantai sambil snorkeling? Pulau Pahawang Lampung bisa jadi pilihan nih. Tempat wisata di Lampung ini memang namanya belum begitu sering terdengar ya.

Tapi ternyata, sudah banyak yang memilih pulau Pahawang di Lampung sebagai destinasi wisata pantai.

Pulau pahawang
image: instagram.com/bakspeker/

Pulau di Lampung yang satu ini disebut-sebut juga sebagai surga tersembunyi, salah satu spot snorkeling yang indah dan masih belum begitu banyak di jamah orang. Nah disini kami tuliskan info seputar pulau Pahawang selengkap mungkin.

Pulau Pahawang Lampung

Apa saja sih daya tarik di pulau ini? Yang jadi daya tarik utamanya tentu snorkeling, berenang menikmati terumbu karang dan juga biota laut yang beragam di air yang jernih.

pulau pahawang lampung
image : instagram.com/risyosinanda/

Tapi ngga cuma itu, kita juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang memang indah. Buat yang ngga suka berenang atau snorkeling, masih tetap bisa menikmati pantai Pahawang, menikmati suasana khas pantai yang segar, sunrise dan sunset, ataupun melihat-lihat flora dan fauna khas hutan mangrove.

Area pulau pahawang sebetulnya terdiri dari dua pulau ;

Pulau Pahawang Besar

Merupakan pulau utama. Disini terdapat penduduk, penginapan dan juga fasilitas lainnya. Luas pulau ini kurang lebih 1000 hektar dan di huni oleh kurang lebih 1000 kepala keluarga.

Di Pahawang besar sudah terdapat fasiltias umum seperti puskesmas, dan juga sekolah. Biasanya pengunjung yang wisata ke pulau pahawang menginap di pulau pahawang besar.

Pulau Pahawang Kecil

Letak pulau Pahawang kecil tidak jauh dari Pahawang besar. Luasnya kurang lebih 13 hektar. Menurut informasi, pulau ini dikelola/dimiliki secara privat oleh warga negara asing yang dikenal penduduk dengan sebutan mr. Joe. Disini terdapat cottage. Tapi karena private jadinya tidak bisa bebas dikunjungi oleh wisatawan.

Area sekitar pulau Pahawang kecil juga jadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang snorkeling disini.

baca juga: Info tempat wisata di Bandung terkini

Wisata Pulau Pahawang Dan Sekitarnya

Menuju ke tempat wisata pulau Pahawang, ada beberapa area yang terkenal dan jadi tujuan utama para wisatawan. Tempat-tempat tersebut antara lain;

Pulau Kelagian Besar

pulau pahawang - pulau kelagian
image: instagram.com/dinnifaturahmi/

Pulau kelagian besar memiliki pasir pantai putih yang indah. Pulau ini tidak berpenghuni karena memang sering dijadikan tempat latihan oleh pasukan TNI AL.

Tapi, turis bisa berkunjung dan menikmati suasana sekitar pulau Kelagian Besar

Pulau Kelagian Kecil

pulau pahawang lampung - pulau kelagian kecil
image: www.indahnyaperjalanan.com

Pulau Kelagian Kecil sering jadi spot snorkeling pertama yang dikunjungi. Letaknya satu rute ke pulau Pahawang, jadi banyak operator tour yang menjadikan tempat ini sekaligus sebagai destinasi yang di kunjungi.

Luasnya kurang lebih 1 hektar saja. Pengunjung biasanya memang lebih memilih pulau Kelagian Kecil dibanding pulau Kelagian Besar, karena suasana alamnya yang menurut banyak orang lebih indah. Lebih kena suasana pantainya.

Wisata Taman Nemo

Pulau pahawang lampung - taman nemo
image: instagram.com/farensa20/

Di sekitar Pahawang Besar terdapat banyak spot snorkeling unik yang dikenal dengan taman nemo. Spot-spot snorkeling ini banyak jadi tujuan, karena disini kita bisa dengan mudah melihat ikan nemo di habitat alamnya.

Ikan nemo? maksudnya adalah ikan badut atau ikan giru. Di luar negeri dikenal dengan nama clown fish. Disebut ikan nemo disini mungkin karena terkenal menjadi tokoh utama di film animasi terkenal; Finding Nemo.

Di spot Taman nemo, kita bisa melihat ikan-ikan ini bebas berkeliaran di sekitar anemon laut yang menjadi tempat tinggalnya.

Tanjung Putus

pulau pahawang lampung - tanjung putus
image: www.khairulleon.com

Tanjung Putus merupakan jembatan alami yang unik yang menyambungkan pulau Pahawang kecil dengan pulau Tanjung Putus.

Disebut unik karena jembatan pasir alami ini hanya muncul di saat laut sedang surut. Jika pasang naik, maka jembatan alami ini akan tenggelam kembali. Unik bukan?

Sekitar Pulau Pahawang Besar Dan Pahawang Kecil

Nah, Pahawang besar jadi tujuan utama wisatawan disini. Selain itu buat yang menginap, pulau ini juga jadi tempat istirahat. Disini kita bisa menginap di penginapan ataupun wisma-wisma penduduk yang bisa di sewa.

Disini tidak cuma snorkeling, kita bisa juga menikmati suasana pantai di sekitar pulau di saat sunrise dan sunset, berjalan-jalan di pasir pantai, dan lain sebagainya. Pantai Pahawang merupakan salah satu pantai di Lampung yang direkomendasikan traveller.

Lihat : review wisata pantai Pangandaran

Alamat / Lokasi Pulau Pahawang

Alamat atau lokasi pulau Pahawang berada di area kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau ini bisa dijangkau kurang lebih 2 jam perjalanan dari bandar lampung.

Rute Ke Pulau Pahawang Lampung

Ada beberapa rute ke pulau Pahawang yang bisa digunakan. Mau backpacker ke pulau pahawang ? Berikut ini adalah rute ke pulau pahawang Lampung yang kami kutip dari facebook Pahawang island :

  1. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa (sekitar 2 jam). Naik angkot jurusan Rajabasa-Tanjung Karang (angkot warna biru, sekitar 30 menit tergantung kepadatan jalan) berhenti di Pasar Bawah Ramayana, naik lagi angkot jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot warna marun/ungu) berhenti di Gudang Garam lalu naik angkutan pick up menuju Dermaga Ketapang (sekitar 1 jam). Ongkos bus dari Bakauheni-Rajabasa 25.000 angkot 3000 perak n ongkos angkutan pick up sampai ketapang 8.000-10.000.
  2. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus menuju Bandar Lampung berhenti di Terminal Rajabasa lalu naik Bus Damri jurusan Rajabasa-Piyabung, minta kepada kondektur untuk menurunkan di Dermaga Ketapang, ongkosnya sekitar 10.000 perak tapi bus ini hanya beroperasi 1 kali satu hari sekitar jam 7 pagi jadi pastikan kalau mau naik damri pas waktunya dengan jadwal keberangkatan bus. Alternatif DAMRI bisa menggunakan kendaraan angkutan pick up ke dermaga Ketapang.
  3. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Bandar Lampung menuju Bunderan Gajah lurus ke arah Teluk Betung lalu kea rah Padang Cermin/Way Ratai. Ada penunjuk jalan yang bisa memandu supaya tidak tersesat. Jalur yang sama bisa ditempuh dari Terminal Rajabasa perkiraan waktu perjalanan sekitar 1 -1.5 jam.

Akan lebih mudah kalau kita menggunakan jasa tour dan travel. Sekarang banyak paket tour ke Pahawang yang ditawarkan dengan harga dan fasilitas beragam. Open trip juga banyak lho, bisa di lihat di website backpackerindonesia.com.

Jika menggunakan tour dan travel atau gabung open trip, pastikan cari dulu reviewnya ya. Cari tahu apakah operator travel/organizernya bagus atau tidak. Jangan sampai perjalanan liburan kita malah bikin bete gara-gara jasa tour yang digunakan jelek.

Peta Pulau Pahawang

Berikut peta pulau pahawang di lihat meggunakan google map. Letaknya tidak begitu jauh dari daratan utama.

Hotel – Penginapan Di Pulau Pahawang

Hotel dan penginapan di pulau Pahawang sudah cukup banyak. Sayangnya sejauh ini kami lihat belum bisa di booking dengan jasa online seperti Agoda atau pegipegi. Tapi masih bisa booking via telepon dengan payment di awal. Selain hotel dan penginapan, ada juga wisma penduduk yang bisa di sewa.

Berikut Daftar hotel dan penginapan di Pulau Pahawang yang infonya kami kumpulkan dari google.com ;

  • Bumi Pahawang. Nomor telepon: 0856-7744-444
  • Home Stay Pak Selamat. Nomor telepon: 0812-7144-6651
  • Home Stay Pahawang Indahnesia. Nomor telepon: 0821-7752-3035
  • Homestay Arifin. Nomor telepon: 0852-6857-9392
  • Penginapan Mitra bentala. Nomor telepon: 0819 5745 5551
  • Penginapan Pak arsali. Nomor telepon 0877 9795 5447

Untuk info harga, fasilitas dan sebagainya silahkan langsung saja hubungi nomor-nomor diatas ya. Nomor dan nama penginapan didapatkan dari google.com.

Catatan Tambahan

Perhatikan beberapa hal dibawah ini ya selama berkunjung ke sini;

  1. Gunakan sunblock, biar kulit ngga gosong.
  2. Siapkan lotion anti nyamuk. Biar tenang saat istirahat.
  3. Banyak minum, jangan sampai dehidrasi. Udara pantai yang panas+aktifitas bisa cepat membuat dehidrasi.
  4. Bawa baju ganti yang cukup dan perlengkapan+obat-obatan pribadi.

Semoga perjalanan wisata anda lancar dan berkesan ya. Jangan lupa untuk tuliskan pengalaman anda berkunjung ke sini di kolom komentar nanti ya…

Selamat berlibur!

Pulau Pahawang, Surga Wisata Tersembunyi Di Lampung
4.52 (90.48%) 21 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *