Info Tempat Wisata Di Indonesia

Sekilas Tentang Kota Bogor

Kota Bogor yaitu satu kota di Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terdapat 59 km samping selatan Jakarta, serta wilayahnya ada di tengah-tengah lokasi Kabupaten Bogor. Dulu luasnya 21, 56 km², tetapi saat ini sudah berkembang jadi 118, 50 km² serta jumlah penduduknya 1. 030. 720 jiwa (2014). Bogor di kenal dengan julukan kota hujan, lantaran mempunyai curah hujan yang begitu tinggi.

Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas beberapa 68 Kelurahan. Pada saat Kolonial Belanda, Bogor di kenal dengan nama Buitenzorg yang bermakna ” tanpa ada kekhawatiran ” atau ” aman tenteram “.

kota hujan

Hari jadi Kabupaten serta Kota Bogor diperingati tiap-tiap tanggal 3 Juni, lantaran tanggal 3 Juni 1482 adalah hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.

Bogor (bermakna ” enau “) sudah lama di kenal jadikan pusat pendidikan serta riset pertanian nasional. Di sinilah beragam instansi serta balai riset pertanian serta biologi berdiri mulai sejak era ke-19. Satu diantaranya yakni, Institut Pertanian Bogor, berdiri mulai sejak awal era ke-20.

Kota Bogor terdapat diantara 106°43’30”BT – 106°51’00”BT serta 30’30”LS – 6°41’00”LS dan memiliki ketinggian rata-rata minimum 190 mtr., optimal 350 mtr. dengan jarak dari ibu kota lebih kurang 60 km.

Kota Bogor terdapat pada ketinggian 190 hingga 330 m dari permukaan laut. Udaranya relatif sejuk dengan suhu hawa rata-rata tiap-tiap bulannya yaitu 26 °C serta kelembapan udaranya lebih kurang 70%. Suhu rata-rata paling rendah di Bogor yaitu 21, 8 °C, seringkali berlangsung pada Bln. Desember serta Januari. Arah mata angin di pengaruhi oleh angin muson. Bln. Mei hingga Maret di pengaruhi angin muson barat.

Kemiringan Kota Bogor sekitar pada 0–15% serta beberapa kecil daerahnya memiliki kemiringan pada 15–30%. Type tanah nyaris di semua lokasi yaitu latosol coklat kemerahan dengan kedalaman efisien tanah kian lebih 90 cm serta struktur tanah yang halus dan berbentuk agak sensitif pada erosi. Bogor terdapat pada kaki Gunung Salak serta Gunung Gede hingga begitu kaya hujan orografi. Angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air masuk ke pedalaman serta naik dengan cara mendadak di lokasi Bogor hingga uap air segera terkondensasi serta jadi hujan. Nyaris sehari-hari turun hujan di kota ini dalam satu tahun (70%) hingga dijuluki ” Kota Hujan “. Kekhasan iklim lokal ini digunakan oleh beberapa perencana kolonial Belanda dengan jadikan Bogor sebagai pusat riset botani serta pertanian, yang diteruskan sampai saat ini.

Banyak tempat wisata di kota ini yang terkenal. Salah satunya adalah The Jungle Bogor. Tempat ini merupakan wahana air populer di Bogor dan Ibukota Jakarta.