Info Tempat Wisata Di Indonesia

Seputar Lampung

Lampung merupakan satu propinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, dengan Ibukotanya terdapat di Bandar Lampung. Propinsi ini mempunyai 2 Kota serta 13 Kabupaten. Kota besar di provinsi ini yaitu Kota Bandar Lampung serta Kota Metro. Di samping utara bersebelahan dengan Bengkulu serta Sumatera Selatan.

Propinsi ini mempunyai Pelabuhan paling utama bernama Pelabuhan Panjang serta Pelabuhan Bakauheni dan pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, serta Kalianda di Teluk Lampung. Bandar Hawa paling utama yaitu ” Radin Inten II “, yakni nama baru dari ” Branti “, 28 Km dari Ibukota lewat jalan negara menuju Kotabumi, serta tiga Bandar Hawa perintis yakni : Bandar Hawa Pekon Serai di Krui, Pesisir Barat, Bandar Hawa Gatot Soebroto di Kabupaten Way Kanan serta Lapangan terbang AURI ada di Menggala yang bernama Astra Ksetra.

lampung

Dilihat dari Geografisnya Propinsi Lampung terdapat pada kedudukan : Timur – Barat ada pada : 103º 40′ – 105º 50′ Bujur Timur Utara – Selatan ada pada : 6º 45′ – 3º 45′ Lintang SelatanSedangkan di Teluk Semaka yaitu Kota Agung (Kabupaten Tanggamus), serta di Laut Jawa ada juga pelabuhan nelayan seperti Labuhan Maringgai serta Ketapang. Selain itu, Kota Menggala dapat juga dikunjungi kapal-kapal nelayan dengan menyusuri sungai Way Tulang Bawang, mengenai di Samudra Indonesia ada Pelabuhan Krui.

Banyak tempat wisata di Lampung yang terkenal. Salah satunya adalah pulau pahawang. Pulau pahawang terkenal sebagai destinasi wisata snorkeling di Indonesia.

Propinsi Lampung lahir pada tanggal 18 Maret 1964 dengan diputuskannya Ketentuan Pemerintah Nomor 3/1964 yang lalu jadi Undang-undang Nomor 14 th. 1964. Sebelumnya itu Propinsi Lampung adalah Karesidenan yang tergabung dengan Propinsi Sumatera Selatan.

Biarpun Propinsi Lampung sebelumnya tanggal 18 Maret 1964 itu dengan cara administratif masihlah adalah sisi dari Propinsi Sumatera Selatan, tetapi daerah ini jauh sebelumnya Indonesia merdeka memanglah sudah tunjukkan potensi yang begitu besar dan corak warna kebudayaan sendiri yang bisa menaikkan khasanah kebiasaan budaya di Nusantara yang terkasih ini. Oleh karenanya pada jaman VOC daerah Lampung tak lepas dari incaran penjajahan Belanda.