Info Kota Sabang

Sabang merupakan sebuah kabupaten yang terdiri dari pulau utama (Pulau Weh) dan beberapa pulau kecil lepas di ujung utara dari Sumatra. Kepulauan ini membentuk sebuah kota di dalam Daerah Istimewa Aceh, Indonesia.

Pusat administratif terletak di Pulau Weh, 17 km utara Banda Aceh. Wilayah Sabang meliputi daerah seluas 153.0 kilometer persegi dan 2010 sensus memiliki populasi sebesar 30,653 jiwa; perkiraan terbaru (untuk Januari 2014) adalah 32,271.

Pulau rubiahSabang ini juga dikenal sebagai kota paling utara dan Barat di Indonesia, terletak di 95,5 E, 6.0 N.

Sabang adalah nama kota di sebuah pulau Utara Banda Aceh di ujung utara dari Sumatra. Tegasnya, nama pulau ini adalah pulau Weh (Pulau Weh) dan Sabang adalah kota utama di pantai utara, tetapi nama-nama tersebut sering digunakan bergantian.

Di antara penduduk setempat tempat lebih sering disebut sebagai “Sabang” tetapi antara wisatawan lebih dikenal sebagai “Pulau Weh”. Pulau ini dikenal dengan tempat snorkelling dan menyelam yang indah.

Cara Menuju Ke Sabang

1. Dengan pesawat

Tiga penerbangan mingguan dari Medan ke Bandara Sabang, dengan maskapai Garuda Indonesia

2. Dengan perahu

Kapal cepat berangkat pukul 09.30 dan 16:00 dari Banda Aceh; 08.30 & 14:30 dari Sabang Pulau Weh. Untuk saat ini feri cepat yang disebut “Pulo Rondo” hanya berjalan sekali hari berangkat dari Ulee Lheue dermaga (Banda Aceh) jam 09.30 ke Balohan (Pulau Weh). Dari Balohan (Pulau Weh) pada pukul 16:00 sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Sepeda motor dan mobil tidak diperbolehkan di feri cepat tetapi sepeda dapat dikirim dengan biaya IDR 50,000.

Kapal Lambat berangkat dari Banda Aceh pada pukul 8:00 dan 14:00, lalu dari Pulau Weh pada pukul 08:00 dan 14:00. Kadang-kadang ada dua perjalanan dengan perjalanan tambahan di pukul 11.

Anda dapat mengangkut sepeda motor dan mobil ini dengan biaya yang murah.

Perjalanan dari pelabuhan Balohan ke Sabang kira-kira biaya IDR30, 000. Dari pelabuhan Balohan (harbour) untuk backpacker hangouts Gapang dan Iboih IDR50, 000 (negotiable) bersama transportasi (~ 1 hr drive) dan Semur Tiga Rp25, 000 di bersama transportasi (~ 20 menit berkendara). Dari Iboih untuk Semur Tiga bersama transportasi biaya Rp 100.000 (~ 1 hr drive). Harga untuk minibus (bersama transportasi) dari dan ke pelabuhan adalah tetap (juga jika ada hanya satu penumpang di dalam mobil).

Sebuah pilihan yang mungkin lebih murah adalah becak atau sepeda motor. Untuk transportasi ini Anda perlu untuk tawar-menawar. Anda juga dapat naik taksi dengan ongkos IDR150, 000. Silahkan tawar menawar, karena harga tidak diatur (meskipun driver mencoba untuk menunjukkan Anda menulis catatan dengan harga). Naik sepeda motor biaya sekitar Rp30, 000.

Atau Anda dapat menyewa sepeda motor di Iboih dan Gapang dan Semur Tiga (Rp 100.000 per hari). Selain itu sepeda yang Disewa di Iboih, Santai Sumur Tiga dan beberapa tempat seperti Kartika dan Holiday Hotel. Jika Anda ingin untuk siklus dari pelabuhan ke hotel Anda yang terbaik untuk menyewa sepeda di Banda Aceh dan mengambil dengan Anda di perahu.

Tidak ada banyak yang bisa dilihat di kota Sabang. Kepala langsung ke pantai Gapang atau Iboih (40-50 menit dari feri).

Alasan utama untuk menuju Pulau Weh adalah untuk pantai. Santai, berenang, snorkeling, Menyelam. Jangan khawatir tentang melakukan apa pun.

Kilometer Nol (kilometer 0), titik paling barat di Indonesia, berada di Pulau Weh. Anda dapat menyewa sepeda motor dari Iboih untuk sekitar IDR100, 000/hari, atau menyewa mobil dan panduan untuk membawa grup Anda.