13 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Menawan hati

Banyuwangi berasal dari kisah Putri Sri Tanjung yang menceburkan diri ke sungai untuk membuktikan kesetiaannya kepada Raden Banderang, suaminya. Kebenaran terbukti dengan perubahan air sungai menjadi harum.

Tentu kisah tersebut hanya fiktif belaka sebagai cerita rakyat yang melegenda turun-temurun. Fakta sejarahnya, Banyuwangi merupakan bagian dari Kerajaan Blambangan. Kini, Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten sekaligus kota di provinsi Jawa Timur yang letaknya di ujung timur pulau Jawa.

Kota yang dijuluki sebagai The Sunrise of Java ini menjadi transit bagi wisatawan yang hendak menyeberang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Meski sebagai kota transit, Banyuwangi memiliki potensi wisata yang tak kalah eksotis dengan Bali. Banyak tempat wisata di Banyuwangi yang menawan hati, sehingga selalu menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Di Banyuwangi

Mulai dari wisata pantai hingga pesona panorama pegunungan tersaji di kota ini. Pantas jika Anda memasukkan kota ini ke dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi, karena memang tempat wisata di Banyuwangi akan membuat Anda terpana. Berikut 13 tempat wisata di Banyuwangi yang menawan hati untuk disinggahi.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan danau kawah seluas 20 km dengan dinding kaldera setinggi 300 hingga 500 meter. Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Bahkan keindahannya telah dikenal luas hingga mancanegara.

Kawah Ijen tempat wisata di banyuwangi

image: www.indonesia.travel

Daya tarik dari kawah yang terletak di Gunung Ijen ini adalah api biru atau blue fire. Blue fire adalah fenomena alam yang terjadi akibat adanya aliran belerang di sekitar kawah. Untuk bisa menikmati keindahan fenomena alam ini, Anda harus mengunjungi tempat wisata ini pada malam hari. Meski mempesona, namun tempat wisata di Banyuwangi ini cukup berbahaya, karena suhunya mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman tinggi yang sanggup meleburkan segala sesuatu termasuk tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda harus tetap hati-hati.

2. Pantai Plengkung

Satu lagi tempat wisata di Banyuwangi yang keindahannya terkenal hingga mancanegara, Pantai Plengkung. Bagi Anda yang hobi berselancar tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata ini. Pantai Plengkung memiliki ombak besar membentuk tujuh gulungan dengan ketinggian mencapai 6 meter. Oleh sebab itu, pantai ini dijuluki sebagai The Seven Giant Waves Wonder.

Pantai Plengkung

image: loop.co.id

Daya tarik utama dari Pantai Plengkung adalah kegiatan selancarnya. Meski begitu, Anda juga bisa menikmati keindahan lain dari tempat wisata di Banyuwangi ini, seperti hutan tropis yang ada di sekitar pantai dan air terjun yang terdapat di dalam hutan. Suatu paket tempat wisata yang tak hanya memberikan kepuasan tetapi juga kesan mendalam.

3. Pantai Watu Dodol

Meski terletak di perbatasan antara Banyuwangi dengan Situbondo, namun Pantai Watu Dodol secara administratif termasuk dalam wilayah Banyuwangi, tepatnya Kecamatan Kalipuro. Dari Pelabuhan Ketapang, hanya berjarak sekitar 2 km saja.

Pantai Watu Dodol

image;www.pegipegi.com

Lokasi tempat wisata ini sangat mudah ditemukan karena terdapat tanda bongkahan batu besar di tengah jalan dan patung Gandrung yaitu penari khas Banyuwangi. Pantai Watu Dodol menawarkan pemandangan alam yang indah dilengkapi dengan deretan warung makan yang siap menggoyang lidah Anda.



4. Pantai Rajegwesi

Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata pantai, salah satunya Pantai Rajegwesi. Lokasinya berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini memiliki keunikan pada pasirnya yang berwarna kecokelatan, karena adanya endapan lumpur.

Pantai Rajegwesi

image;www.pegipegi.com

Tak seperti pantai lainnya, tempat wisata di Banyuwangi ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam yang memukau tetapi juga wisata sejarah. Di sini, Anda bisa menemukan bangunan bersejarah di masa penjajahan Jepang berupa bunker.

5. Pantai Pulau Merah

Tempat wisata di Banyuwangi ini menjadi salah satu tujuan peselancar, karena juga memiliki gulungan ombak yang cukup besar dengan ketinggian mencapai 2 meter.

Pantai Pulau Merah

image:travel.kompas.com

Lokasinya sangat indah dengan hamparan pasir putih yang menenangkan. Tak jauh dari pantai ini terdapat bukit yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan panorama alam pantai. Uniknya, jika dilihat dari bukit, pasir pantai tampak berwarna merah. Itulah sebabnya, tempat wisata di Banyuwangi ini diberi nama Pantai Pulau Merah.

6. Pantai Wedi Ireng

Lokasi Pantai Wedi Ireng berada tak jauh dari Pantai Pulau Merah, kurang lebih berjarak sekitar 5 km. Meski namanya Wedi Ireng yang berarti pasir hitam, namun pasir di pantai ini tidaklah hitam pekat. Jika diperhatikan secara seksama memang ada titik-titik hitam pada pasir di pantai ini.

Pantai Wedi Ireng

image: banyuwangitourism.com

Sebagai salah satu tempat wisata di Banyuwangi, Pantai Wedi Ireng memiliki karakter yang berbeda dengan Pantai Plengkung dan Pulau Merah. Di pantai ini, ombaknya tidak terlalu besar bahkan cenderung tenang. Oleh karenanya, pantai ini cocok untuk tujuan wisata keluarga, sebab aman untuk bermain anak-anak.

7. Teluk Hijau

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini tak hanya menarik dari namanya saja, tetapi juga panorama alam yang disuguhkannya. Teluk Hijau atau yang dikenal pula dengan sebutan Green Bay termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Teluk Hijau banyuwangi

image;www.banyuwangipost.com

Tempat wisata ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang dikelilingi hutan tropis. Tak hanya pemandangan alamnya saja yang bisa Anda nikmati di tempat wisata ini, tetapi Anda juga bisa berenang, memancing, snorkeling, dan bermain pasir. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi air terjun Bidadari setinggi 8 meter yang lokasinya tak jauh dari pantai.

8. Air Terjun Lider

Ingin menikmati wisata alam lainnya di Banyuwangi? Tak perlu khawatir, karena Banyuwangi masih memiliki tempat wisata mengagumkan yang tentunya akan menawan hati Anda. Air Terjun Lider salah satunya.

image: www.telusurindonesia.com

image: www.telusurindonesia.com

Berada di kawasan hutan lindung tepatnya di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Banyuwangi. Tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Raung ini menyuguhkan suasana sejuk yang menjadi ciri khas kawasan pegunungan. Dengan ketinggian sekitar 60 meter, pancaran air terjun ini tampak begitu memukau.

9. Air Terjun Kalibendo

Tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang tak kalah indahnya adalah Air Terjun Kalibendo. Lokasinya berada sekitar 20 km dari kota Banyuwangi dan terletak di dataran tinggi.

Air Terjun Kalibendo

image: www.tempatwisatamu.com

Tak heran jika tempat wisata ini selalu diselimuti udara yang sejuk dan menenangkan. Meski ketinggian air terjun ini hanya 10 meter, namun panorama alam yag disuguhkan tak kalah dengan tempat wisata air terjun yang ada di Banyuwangi lainnya.

10. Pemandian Taman Suruh

Berada di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, pemandian ini menjadi tempat wisata di Banyuwangi yang cukup populer. Menempati area seluas 3,5 hektar, tempat wisata ini terdiri dari kolam pemandian untuk anak-anak dan dewasa.

Pemandian Taman Suruh

image:tamansuruh.blogspot.com

Khusus untuk kolam anak-anak terdapat wahana permainan yang siap menemani anak-anak bermain dengan ceria. Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan ruang ganti, mushola, dan juga kafetaria. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kelaparan ketika puas bermain air di kolam pemandian.

11. Agrowisata Kali Klatak

Inilah tempat wisata di Banyuwangi yang berkonsep agrowisata. Lokasinya berada di lereng gunung yang ketinggiannya mencapai 450 meter. Kondisi geografis tersebut menjadikan tanah subur sehingga cocok untuk menanam beragam jenis tanaman.

Agrowisata Kali Klatak

image;www.telusurindonesia.com

Agrowisata Kali Klatak pun berkembang pesat dengan hasil kebun berupa karet, kopi, cokelatm kelapa, rempah-rempah, dan juga buah-buahan. Menilik sejarahnya, agrowisata Kali Klatak awalnya dimiliki oleh Belanda di bawah bendera perusahaan Mij Moorman & Co. Namun kini telah beralih ke pengusaha pribumi bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo.

12. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan terletak diantara pulau Jawa dan Bali, berjarak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

pulau tabuhan banyuwangi

image; ujungkeujung.blogspot.com

Dengan luas kurang lebih 5 hektar, Pulau Tabuhan menyuguhkan panorama alam yang eksotis. Air laut yang jernih dan ombak yang tenang menjadikan pulau ini sebagai tempat wisata di Banyuwangi yang aman untuk wisata keluarga. Di sini, Anda bisa menemukan coral dan biota laut lainnya.

13. Baluran National Park

Mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini, Anda akan merasa tengah berada di Afrika. Baluran menyuguhkan hamparan savana yang luas dengan aneka satwa liar.

Sebagai savana terluas di pulau Jawa, Baluran menjadi habitat satwa-satwa liar seperti rusa, merak, kerbau, elang dan juga lutung. Tak hanya satwa, Anda juga bisa menemukan pepohonan khas Baluran yang unik.

Tertarik untuk mengunjungi Banyuwangi guna menikmati panorama alam eksotis yang disuguhkan di setiap tempat wisatanya? Pastikan Anda mengunjungi semua tempat wisata nan menawan ini.

13 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Menawan hati
4.67 (93.33%) 3 votes

Related Posts

Add Comment