13 Tempat Wisata di Cirebon Yang Perlu Anda Kunjungi

Siapa yang tak mengenal Cirebon? Sejarah panjang yang dimiliki kota di pesisir pantai utara (pantura) pulau Jawa ini mengantarkannya sebagai salah satu kota tertua di Indonesia. Mulai dari kisah Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati yang menyebarkan ajaran agama Islam hingga lahirnya Kesultanan Cirebon sebagai kerajaan Islam yang dirajai oleh Pangeran Walangsungsang yang kemudian bergelar Cakrabuana.

Kini, Cirebon telah berkembang menjadi kota dengan aktivitas ekonomi yang tinggi. Tak heran jika kota yang dikenal sebagai Kota Udang juga Kota Wali ini menjadi andalan provinsi Jawa Barat setelah Bandung dan Bekasi. Dengan keunggulan letak geografis yang strategis, Cirebon menjadi simpul pergerakan transportasi antara provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah, bahkan menjadi jalur utama yang menghubungkan tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Oleh karenanya, pantas saja apabila Cirebon menjadi destinasi bisnis bagi para pelaku bisnis baik lokal maupun mancanegara. Tak hanya bisnis, kota ini juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang layak dikunjungi.

Bicara tentang tempat wisata di Cirebon, tahukah Anda jika kota ini ternyata menyimpan potensi wisata yang luar biasa? Keragaman tempat wisata tersuguh dan siap menemani masa liburan Anda, mulai dari wisata sejarah, ziarah, belanja, hutan, hingga waterland.

Tempat Wisata di Cirebon

Berikut 13 tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda dan keluarga.

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Inilah ikon tempat wisata di kota ini, Keraton Kasepuhan Cirebon. Sebagai tempat wisata bersejarah, Keraton Kasepuhan Cirebon menyuguhkan petilasan kejayaan kesultanan Cirebon pada masanya. Di objek wisata sini, terdapat museum sehingga wisatawan bisa napak tilas sejarah berdirinya kesultanan Cirebon dan juga perkembangan penyebaran ajaran agama Islam di Kota Wali ini.

keraton kasepuhan - tempat wisata di cirebon

Alamat keraton kasepuhan Cirebon adalah di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

Meski telah berabad-abad usianya, namun bangunan keraton yang dikelilingi tembok bata berona merah ini masih berdiri dengan kokoh dan megah. Begitu memasuki area keraton, wisatawan akan disuguhi bangunan utama keraton berwarna putih yang di dalamnya terdapat singgasana sultan beserta ruang peristirahatannya. Tak hanya sebagai tempat wisata penuh sejarah, Keraton Kasepuhan juga merupakan cagar budaya sehingga senantiasa terawat dan terjaga kebersihannya.

Selalu saja ada pengunjung yang bertandang ke tempat wisata yang satu ini. Puncak banyaknya pengunjung biasanya terjadi setiap tanggal 1 Syawal, karena pada tanggal tersebut dilakukan ritual pemandian kereta kencana Singa Barong yang konon merupakan milik Sunan Gunung Jati.

2. Keraton Kanoman Cirebon

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Menurut sejarahnya, keraton Kanoman Crebon dibangun karena terjadi perselisihan dalam menentukan pewaris Keraton Kasepuhan. Dalam perjalanan sejarahnya, Keraton Kanoman Cirebon kemudian difungsikan sebagai tempat kediaman wakil sultan.

photo keraton kanoman cirebon

Alamat keraton kanoman Cirebon adalah di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk.

Keraton Kanoman memiliki area yang cukup luas, yakni dibangun di atas tanah seluas 6 hektar. Di tempat wisata ini terdapat museum yang menyimpan pusaka dan benda-benda bersejarah koleksi sultan Cirebon, termasuk dua kereta kencana Paksi Naga Liman dan Jempana.

Lokasinya berada di Kampung Kanoman, tepatnya di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon. Letaknya tak jauh dari Keraton Kasepuhan, kurang lebih hanya berjarak 600 meter. Dengan jarak tersebut tentunya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Keraton Kasepuhan. Asyiknya lagi, di sepanjang jalan dari Keraton Kasepuhan ke Keraton Kanoman terdapat pasar tradisional yang menjual beragam suvenir khas Cirebon. Jadi, wisatawan bisa sekaligus membeli oleh-oleh yang diinginkan.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Keberadaan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi. Lokasinya berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Nah, selain bisa berwisata sejarah, pengunjung juga bisa sekaligus berwisata religi.

mesjid agung sang cipta rasa cirebon

Tak hanya menarik dari sisi arsitektur bangunan yang indah saja, tetapi masjid ini juga memiliki keunikan pada bangunannya. Pintu masuk di masjid agung ini sengaja didesain tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung harus menundukkan tubuhnya untuk bisa masuk.

Alamat mesjid agung sang cipta rasa adalah di Jalan Keraton Kasepuhan No. 43, Cirebon

Keunikan lain terdapat pada sumber air di dalam masjid yang konon sama dengan sumur air zam-zam di Mekah. Bahkan, air sumur di masjid agung ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit apabila diminum dan digunakan untuk membasuh muka atau berwudhu.

4. Makam Sunan Gunung Jati

Keberadaan Makam Sunan Gunung Jati menambah deretan tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi. Objek wisata yang satu ini merupakan tempat wisata ziarah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Letaknya tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Raya Sunan Gunung Jati.

Alamat makam sunan gunung jati : Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu, Cirebon

Sebagai tempat wisata ziarah, Makam Sunan Gunung Jati tersusun atas sembilan tingkat dengan arsitektur bangunan yang unik, perpaduan antara budaya Jawa, Arab, dan juga Cina.



5. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi berada di Jalan By Pass Brigjen Dharsono, Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Sunyaragi berasal dari bahasa Sansekerta sunya yang berarti sunyi dan ragi yang artinya raga. Selaras dengan penamaannya, Sunyaragi dulunya digunakan bertapa keluarga raja untuk mencari ketenangan.

foto Taman Sari Gua Sunyaragi

Alamat taman sari gua sunyaragi adalah di :  Jl By Pass Brigjen Dharsono, Cirebon, Indonesia

Dibangun di atas tanah seluas 1,5 hektar, Taman Sari Gua Sunyaragi terdiri dari dua bangunan utama, yaitu pesanggrahan dan gua. Pada bangunan pesanggrahan terdapat beberapa ruang yang berfungsi sebagai ruang tidur dan rias. Sementara pada bangunan gua memiliki keunikan tersendiri, di mana pada bagian luar tampak seperti candi, namun di bagian dalam berupa lorong-lorong yang menyerupai labirin. Objek wisata sekaligus cagar budaya ini menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang unik sehingga layak dikunjungi.

6. Sentra Batik Trusmi

Selain udang, Cirebon juga dikenal dengan motif batik mega mendungnya. Seperti kota-kota lain dengan ciri khasnya masing-masing, Cirebon juga memiliki kawasan wisata belanja yang unik, yaitu Sentra Batik Trusmi. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini dikenal sebagai kawasan belanja batik yang sangat populer, sehingga tak heran jika tak pernah sepi pengunjung.

sentra batik trusmi

Lokasinya di jalan utama pantura, tepatnya di Kecamatan Plered, Cirebon. Nah, untuk berburu batik khas Cirebon yang berkualitas dengan harga terjangkau, tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan.

7. Situ Sedong

Meski hanya waduk buatan, namun Situ Sedong merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang mampu menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung. Lokasinya berada di Kecamatan Sedong.

situ sedong cirebon

Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan yang cukup indah. Sayangnya, belum banyak akomodasi di objek wisata ini. Meski demikian, pengunjung bisa menikmati sunset yang terlihat indah dari tempat ini.

8. Wanawisata Ciwaringin

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini terletak di Desa Ciwaringin. Sebagai objek wisata hutan, Wanawisata Ciwaringin menyajikan panorama yang indah. Banyak pepohonan rindang yang menyejukkan dan tentu saja menyegarkan. Uniknya, di sini terdapat banyak pohon kayu putih.

wana wisata ciwaringin cirebon

sumber: http://cireboninternet.com/

Dalam kompleks yang sama juga tersaji Danau Ciranca yang siap memuaskan pengunjung yang memiliki hobi memancing. Tak hanya itu, bagi yang suka balap motor juga tersedia arena motor cross. Tempat wisata di Cirebon ini ramai pengunjung ketika hari Minggu dan masa liburan tiba.

9. Desa Wisata Cikalahang

Apa sih yang tidak ada di Cirebon? Mulai dari wisata sejarah, ziarah, belanja, hingga kuliner tersaji di kota ini. Salah satunya adalah Desa Wisata Cikalahang yang semakin menambah panjang daftar tempat wisata di Cirebon yang mesti dikunjungi.

Desa wisata cikalahang

sumber: blog.misteraladin.com

Lokasi desa wisata cikalahang berada di Kecamatan Dukupuntang. Di tempat wisata ini terdapat kolam-kolam ikan yang memang disediakan bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing. Pengunjung bisa menikmati ikan-ikan segar hasil pancingannya sendiri. Mengasyikkan bukan?

10. Banyu Panas Palimanan

Berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon, Banyu Panas Palimanan menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang patut untuk dikunjungi. Tak hanya menyuguhkan pemandangan memukau, tempat wisata ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

banyu panas palimanan

sumber: www.obyekwisata.info

Sebagai taman pemandian air panas alami yang mengandung belerang, tempat wisata ini ramai dikunjungi karena dipercaya airnya mampu menyembuhkan beragam penyakit kulit.

11. Ade Irma Suryani Waterland

Sebenarnya tempat wisata di Cirebon yang satu ini bukanlah tempat wisata baru, karena sudah ada sejak lama yang dikenal sebagai Trafiic Garden Cirebon. Ade Irma Suryani Waterland ini merupakan taman rekreasi paling besar dan paling banyak menarik minat pengunjung.

Ade irma suryani waterland

Pada pertengahan tahun 2015, diambil alih pengelolaannya dan berubah menjadi taman wisata berkonsep waterland dengan nama Ade Irma Suryani Waterland. Setidaknya terdapat 4 waterboom yang siap memanjakan pengunjung. Lokasinya yang dekat pantai juga dimanfaatkan dengan membangun 40 cottage yang siap memberikan kenyamanan. Tempat wisata ini terletak di Jalan Diponegoro, Cirebon.

12. Apita Waterboom

Satu lagi tempat wisata di Cirebon yang menawarkan konsep waterland, yaitu Apita Waterboom. Berlokasi di Jalan Kedawung Cirebon, Apira Waterboom menyuguhkan sarana rekreasi yang nyaman dan menyenangkan bagi keluarga.

Apita Waterboom cirebon

sumber: http://ngloeyoer.blogspot.co.id/

Dengan harga tiket yang terjangkau, tempat wisata ini menjadi salah satu pilihan banyak keluarga untuk mengisi waktu libur mereka.

13. Belawa

Belawa merupakan tempat wisata di Cirebon yang terletak di Desa Belawa, Kecamatan Sedong, Cirebon. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah habitat kura-kura bernama latin Aquatic Tortose Ortilla Norneensis. Untuk ke depannya, tempat wisata ini direncanakan sebagai area konservasi kura-kura.

Cirebon, kota di jalur pantura dengan tempat wisata yang mempesona. Sejarah yang panjang dan keunikan budaya kota ini terejawantahkan pada tempat-tempat wisata yang layak dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, ziarah, religi, belanja, kuliner, hingga hiburan yang pastinya memiliki dan mampu memberikan kesan tersendiri.

13 Tempat Wisata di Cirebon Yang Perlu Anda Kunjungi
4.17 (83.33%) 6 votes

Related Posts

2 Comments

  1. Taufiq Rahman
    8 August, 2016
    • admin
      8 August, 2016

Add Comment