Info Tempat Wisata Di Indonesia

13 Tempat Wisata Di Jepara Yang Eksotis

0 1,450

Jepara dikenal sebagai kota kelahiran Raden Ajeng Kartini, sosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi bagi kaum perempuan. Tak hanya itu, Jepara juga dikenal dengan pesona ukiran mebelnya. Dua hal yang menjadi daya tarik Jepara ini telah tersohor ke penjuru nusantara bahkan hingga mancanegara.

Jika dibedah lebih dalam, Jepara tak hanya memiliki keindahan pada ukirannya saja, tetapi juga panorama alamnya. Maka tak heran apalagi kabupaten di Jawa Tengah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan baik lokal, domestik, maupun asing. Ada banyak tempat-tempat wisata di Jepara yang menarik bahkan wajib untuk dikunjungi. Berikut 13 tempat wisata di Jepara yang eksotis.

1. Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa - tempat wisata di jepara
via : http://hidupsehatkangmaman.blogspot.com

Letaknya berada di sebelah barat laut kota Jepara, kurang lebih berjarak 83 km. Taman Nasional Karimun Jawa merupakan salah satu tempat wisata di Jepara yang terkenal memiliki keindahan alam yang begitu eksotis. Dengan area seluas 107.225 hektar, Karimun Jawa berfungsi sebagai cagar alam laut bertipe hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Laut Karimun Jawa menjadi ekosistem biota laut yang dilindungi.

Nah, di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut juga pemandangan alam sekitarnya yang menenangkan. Semakin seru karena di sini, Anda juga bisa menikmati beragam permainan air, seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, dan berjemur. Suatu paket wisata yang mengasyikkan tentunya. Tertarik untuk berkunjung?

2. Pulau Panjang

pulau panjang - taman nasional karimun jawa
via : pegipegi.com

Tempat wisata di Jepara lainnya yang tak kalah eksotis adalah Pulau Panjang. Daya tarik pulau ini terletak pada laut dangkal yang mengelilinginya, dasar terumbu karang, dan juga pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai.

Laut dangkal dengan air yang jernih dan tidak berarus menjadikan pulau ini cocok untuk kegiatan berenang, snorkeling, dan juga kano. Untuk menuju tempat liburan ini, Anda harus menumpang perahu motor dari dermaga Pantai Kartini dengan tarif yang sangat terjangkau.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Karawang Yang Cocok Untuk Liburan

3. Pulau Mandalika

Pulau Mandalika
via : https://forum.maxmanroe.com

Pulau Mandalika menjadi tempat wisata di Jepara yang memiliki keeksotisan tersendiri. Penduduk lokal menjadikannya sebagai tempat memancing favorit, karena memang di pulau ini banyak ditemukan beragam jenis ikan seperti kerapu, pari, sembilang, dan kakap putih.

Selain satwa laut, di sini juga terdapat tanaman endemik yang bernama nongko celeng. Keunikan dari tanaman ini adalah buahnya yang tumbuh di bagian akar.

4. Museum RA. Kartini

Museum RA. Kartini
via: http://www.nasirullahsitam.com

Siapa yang tidak kenal dengan pahlawan perempuan pejuang emansipasi wanita ini? Bahkan perjuangannya diapreasiasi melalui lagu Ibu Kita Kartini. Nah, untuk mengenang jasanya, Anda bisa mengunjungi museum RA. Kartini yang terletak di sebelah utara alun-alun kota Jepara.

Tak hanya memajang benda-benda sejarah perjuangan Kartini, di museum ini juga terdapat kerangka ikan raksasa yang dijuluki ‘Joko Tuo’ berukuran panjang 16 meter, lebar 2 meter, dan berat 6 ton.

5. Danau Blingoh

Danau Blingoh
via : https://www.brilio.net

Tempat wisata di Jepara yang satu ini memang belum populer dan dikenal publik. Bahkan sebenarnya juga belum memiliki nama ‘secara resmi’. Penamaan Danau Blingoh diambil dari desa di mana danau ini berada, yakni Dukuh Lembah Desa Blingoh Kecamatan Donorojo.

Danau ini terbentuk akibat genangan air pada lokasi bekas penambangan batu putih yang tidak diuruk. Meski demikian, pemandangan di sekitar danau ini tak kalah cantik dengan tempat wisata alam lainnya. Sayangnya, akses menuju tempat wisata ini masih belum memadai.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Manado Yang Penuh Pesona

6. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit
via: http://www.telusurindonesia.com

Panorama alam yang tersaji di tempat wisata di Jepara yang satu ini sungguh menakjubkan. Tak hanya eksotis tetapi memiliki pesona yang luar biasa. Air terjun Songgolangit namanya. Lokasinya berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang yang berjarak sekitar 30 km dari arah utara pusat kota Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter.

Satu hal yang menarik berkenaan dengan namanya Songgolangit yang artinya menyangga langit. Jika dilihat dari bawah, air terjun tampak sedang menyangga horizon langit. Itulah alasan penamaan Songgolangit. Kecantikan panorama air terjun ini dihiasi dengan banyaknya kupu-kupu yang berwarna-warni sehingga menambah daya tarik tempat wisata ini.

7. Pantai Bandengan (Tirto Samudro)

Pantai Bandengan
via: http://jateng.tribunnews.com

Jepara juga kaya akan tempat wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Bandengan yang dikenal pula dengan nama Pantai Tirto Samudro. Lokasinya berada tak jauh dari pusat kota Jepara yang kurang lebih berjarak 7 km. Oleh sebab itu, pantai ini senantiasa ramai pengunjung, terutama di akhir pekan. Pantai berpasir putih ini sangat nyaman untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Di sini, Anda bisa berkemah, bermain volley, juga sepeda santai. Tempat wisata di Jepara ini juga pernah digunakan sebagai ajang permainan motor cross juga festival layang-layang baik skala nasional, regional, bahkan internasional.

8. Pantai Kartini

Pantai Kartini
via : https://id.wikipedia.org

Nah, ini dia tempat wisata di Jepara yang paling populer. Pantai Kartini tak hanya menyajikan keindahan panorama pantai saja, tetapi juga beragam wahana permainan rakyat seperti komedi putar, mandi bola, perahu arus, aquarium kura-kura, dan lain sebagainya.

Tak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman, aman, dan juga murah meriah.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata di Padang Yang Menakjubkan

9. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur
via : https://yasiryafiat.wordpress.com

Ingin menikmati keindahan alam pantai secara gratis? Datanglah ke Pantai Teluk Awur yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Jepara. Di pantai ini, Anda bisa menikmati pantai dengan berenang atau hanya sekadar bermain air laut.

10. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk
via : https://id.wikipedia.org

Satu lagi tempat wisata di Jepara yang menyajikan pemandangan alam pantai yang eksotis, Pantai Pungkruk. Tak hanya panorama alam, pantai ini sekaligus menjadi tempat wisata kuliner. Anda dan keluarga atau orang terkasih bisa menikmati aneka sajian seafood di rumah-rumah makan yang berjajar di pinggir pantai. Bahkan, ada rumah makan yang menyediakan fasilitas gazebo di atas laut sebagai bagian dari layanan bagi pelanggan.

Keunikan lain, ada beberapa rumah makan yang meyediakan fasilitas karaoke sebagai hiburan. Tentu akan sangat mengesankan menikmati indahnya sunset sambil menyantap hidangan laut yang lezat.

11. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati
via : Yukpiknik.com

Pantai Ombak Mati menjadi salah satu tempat wisata di Jepara yang tak kalah eksotis untuk dikunjungi. Karena berada di kawasan Desa Bondo, Bangsri, Jepara, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Bondo.

Keunikan yang sekaligus menjadi daya tarik dari pantai ini adalah ombaknya yang sangat kecil, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada ombak. Oleh sebab itulah, pantai ini disebut dengan ombak mati.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata di Cirebon Yang Perlu Anda Kunjungi

12. Pantai Gua Manik

Pantai Gua Manik
via : https://id.wikipedia.org

Tempat wisata di Jepara lainnya yang menyuguhkan keindahan alam adalah Pantai Gua Manik. Sayang, tempat wisata yang potensial ini belum mendapat pengelolaan yang baik sehingga kurang populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun domestik.

Karena belum populer, tempat wisata ini cenderung masih sepi pengunjung. Namun hal itu justru lebih mengasyikkan, karena Anda bisa menikmati indahnya panorama pantai dengan tenang. Lokasinya berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo.

13. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan
via ; http://bujangmasjid.blogspot.co.id

Terletak di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan. Tak hanya sekadar tempat beribadah, Masjid Mantingan memiliki keunikan yang layak menjadi destinasi wisata religi. Masjid ini tergolong sebagai masjid kuno yang konon dibangun pada masa Kesultanan Demak.

Keunikan tampak pada bangunannya yang bergaya Tiongkok, bahkan bahan baku materialnya juga didatangkan dari Makao. Bagian lantai dan tangga dilapisi ubin buatan Tiongkok. Sementara dinding luar dan dalam dihiasi dengan piring tembikar berwarna biru. Pada dinding sebelah imam dan khatib berhias relief margasatwa dan penari. Sungguh menarik.

Cek hotel di jepara, Klik disini.

Pesona Jepara mana yang Anda nafikan? Eksotisme alam yang disuguhkan di setiap tempat wisatanya memiliki daya tarik bak magnet raksasa yang tak hanya menarik setiap mata yang memandang tetapi juga minat untuk berkunjung. Bagaimana dengan Anda?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.