Info Tempat Wisata Di Indonesia

13 Tempat Wisata Di Klaten Yang Memikat Hati

0 2,497

Liburan ke Klaten? Siapa takut? Kabupaten di provinsi Jawa Tengah ini diam-diam menyimpan sejuta pesona yang terepresentasi melalui tempat-tempat wisatanya. Klaten kaya akan candi, yang menandakan bahwa daerah ini merupakan bagian dari sejarah perkembangan agama Hindu dan Budha di tanah Jawa.

Selain itu, kabupaten yang berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di sisi barat dan selatannya ini juga kaya akan sumber-sumber mata air yang menyuguhkan panorama alam yang indah.

Klaten layak menjadi destinasi wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak tempat wisata di Klaten menarik yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburan di kabupaten ini.

Tempat Wisata Di Klaten

Berikut 13 tempat wisata di Klaten yang memikat banyak wisatawan untuk berkunjung.

1. Candi Prambanan

candi prambanan - tempat wisata di klaten
image: www.vebma.com

Inilah tempat wisata di Klaten yang paling populer. Kemasyhurannya tak hanya sampai ke pelosok negeri, bahkan hingga ke mancanegara. Arsitektur yang megah dengan teknik pembangunan yang masih misteri hingga saat ini menjadi daya tarik yang menarik minat wisatawan bagai magis untuk mengunjungi candi yang satu ini.

Uniknya lagi, kompleks Candi Prambanan terbagi menjadi dua, sebagian masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian lainnya masuk wilayah Klaten. Candi Prambanan dinobatkan sebagai salah satu candi termegah se-Asia Tenggara dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

2. Candi Merak

candi merak
image; youtube.com

Candi Prambanan bukan satu-satunya peninggalan sejarah di Klaten, karena masih ada candi lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Merak.

Meski tak setenar dan sebagus Candi Prambanan, namun tempat wisata di Klaten yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Lokasinya terletak di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Konon, nama merak diambil karena banyaknya burung merak yang berada di sekitar candi.

Baca Juga :  12 Tempat Wisata Populer di Yogya

3. Candi Lumbung

candi lumbung
image: instagram.com/bendottetapsemangat/

Candi Lumbung terletak di kawasan kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, tepatnya di sebelah Candi Bubrah. Area berdirinya candi Lumbung sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Klaten.

Nah, jika berkunjung ke Candi Prambanan, Anda juga bisa sekalian menikmati keunikan arsitektur Candi Lumbung.

4. Candi Sewu

candi sewu
image: www.instagram.com/bayuwwibowo/

Penamaan Candi Sewu merujuk pada jumlah candi yang ada dalam satu kompleks yang sama. Meski jika dihitung secara pasti jumlah tak sampai seribu, tetapi hanya 249 buah candi yang terdiri dari 1 candi utama, 8 candi pengapit, dan 240 candi perwara.

Tempat wisata di Klaten ini terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten.

5. Umbul Ponggok

umbul ponggok
image: www.instagram.com/liandrafh/

Anda hobi diving atau snorkeling? Nah, tempat wisata di Klaten ini bisa menjadi pilihan. Umbul Ponggok namanya, terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Tempat wisata ini menawarkan keindahan bawah air yang memungkinkan Anda untuk berenang dan menyelam bersama dengan ikan berwarna-warni.

Bagi yang belum mahir menyelam, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar di kolam seluas 6.000 m2 dengan kedalaman 1 hingga 3 meter ini. Umbul Ponggok menjadi salah satu tempat wisata favorit di Klaten.

Baca Juga :  23 Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Paling Populer

6. Mata Air Cokro Tulung

Mata Air Cokro Tulung
image: mytipmyadventures.blogspot.com

Belum puas bermain air di Klaten? Kunjungi Mata Air Cokro Tulung, yang terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Tempat wisata di Klaten ini menawarkan aneka wahana permainan ala waterboom yang pastinya menarik dan menyenangkan.

Air yang jernih dan terjaga kebersihannya menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam alami yang airnya berasal dari mata air murni.

7. Kali Pusur

Kali Pusur
image: www.instagram.com/kabarklaten/

Tak jauh dari tempat wisata Mata Air Cokro Tulung, Anda bisa menikmati wahana river boarding di Kali Pusur. Sungai ini memiliki arus yang tidak tentu, kadang deras, jeram, juga pelan.

Meski demikian river boarding akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Untuk melakukan kegiatan ini, jarak yang ditempuh sekitar 10 km yang melintasi Kecamatan Tulung dan Polanharjo.

8. Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo

Tempat wisata di Klaten lainnya yang menawarkan wisata air adalah Umbul Jolotundo. Airnya yang jernih sungguh menyenangkan untuk mandi atau hanya sekadar bermain air bersama dengan ikan-ikan kecil. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Jatinom yang berjarak 10 km sebelah utara kota Klaten.

Lihat daftar hotel di Klaten. Klik disini

9. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler
image: www.instagram.com/ariesieass/

Wisata air selanjutnya adalah Umbul Kapilaler yang terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Tempat wisata di Klaten ini belum dikelola secara komersial, karena untuk menikmati keindahan umbul yang dinaungi rerimbunan pohon beringin tidaklah dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga :  21 Tempat Wisata di Bandung Yang Asyik Buat Liburan

10. Galuh Tirtonirmolo

Galuh Tirtonirmolo
image: larisahomestay.com

Ini dia salah satu tempat wisata di Klaten yang menjadi favorit wisatawan baik dalam maupun luar kota, Galuh Tirtonirmolo. Lokasinya berada di Jalan Manisrenggo Km. 1 Tlogo Prambanan Klaten. Di sini Anda akan menemukan banyak kolam dengan kedalaman yang bervariasi, kebanyakan untuk anak-anak, namun ada pula kolam renang untuk dewasa.

Selain aneka kolam permainan air yang mengasyikkan, Galuh Tirtonirmolo juga menawarkan permainan lain seperti komedi putar, boom boom car, becak mini, mobil elektrik, kereta mini elektrik, flying fox, dan lain sebagainya. Semakin asyik karena harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata dan menikmati aneka wahana permainan sangatlah terjangkau. Tak heran jika Galuh Tirtonirmolo menjadi tempat wisata favorit dan menjadi destinasi wisata keluarga.

11. Makam Sunan Pandanaran

Makam Sunan Pandanaran
image: desawisatabayat.blogspot.co.id

Setelah puas menikmati wisata air di Klaten, tidak ada salahnya jika Anda lanjutkan perjalanan wisata Anda dengan mengunjungi makam Sunan Pandanaran untuk berwisata ziarah. Sunan Pandanaran Bayat dikenal dengan beberapa nama yaitu Sunan Bayat, Pangeran Mangkubumi, Susuhunan Tembayat, Sunan Pandanaran (II), juga Wahyu Widayat. Sunan Pandanaran merupakan salah satu tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa, namun tidak termasuk dalam jajaran Wali Songo.

Makam Sunan Pandanaran terletak di puncak gunung Jabalkat, tepatnya di Desa Paseban Bayat, Kecamatan Bayat, Klaten. Sebagai tempat wisata religi, makam Sunan Pandanaran tak pernah sepi peziarah.

12. Museum Gula Gondang Winangun

Museum Gula Gondang Winangun
image: wisatagondangklaten.blogspot.co.id

Ingin tahu peralatan pabrik gula tempo dulu? Datanglah ke Museum Gula Gondang Winangun, sebagai tempat wisata di Klaten yang menarik dan terbesar se-Asia Tenggara. Berada di dalam kompleks pabrik gula seluas 100 hektar. Di museum ini, Anda bisa menemukan foto-foto bersejarah, alat komunikasi kuno, replika alat pembuatan gula, lokomotif kereta tebu, dan lainnya.

Baca Juga :  12 Tempat Wisata di Garut Yang Wajib Dikunjungi

13. Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor

Lapar setelah menjelajahi pesona wisata di Klaten, mampirlah ke Warung Apung Rowo Jombor. Keunikan dari tempat wisata kuliner di Klaten ini adalah keberadaan warung makan yang terapung dengan sajian aneka makanan berbahan dasar ikan tawar. Tempat wisata ini berada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten.

Tak salah memasukkan Klaten sebagai destinasi wisata saat liburan, karena kabupaten sekaligus kota di provinsi Jawa Tengah ini memiliki pesona wisata yang mengagumkan sehingga sanggup memikat hati siapa pun yang melihatnya. Bagaimana dengan Anda?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.