12 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Harus Anda Kunjungi

Membedah kecantikan Kuningan tidak akan membuat Anda menyesal. Potensi tempat wisata di Kuningan menawarkan sensasi dan kesan tersendiri. Meski tak setenar Bandung sebagai destinasi wisata di Jawa Barat, namun pesona Kuningan tetap layak diperhitungkan.

Pernah ke Kuningan? Kabupaten di provinsi Jawa Barat ini menawarkan sejuta pesona wisata yang tak kalah cantik dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Di kabupaten yang bersebelahan dengan Kota Cirebon ini banyak dijumpai tempat wisata mulai dari wisata alam hingga sejarah.

Review Tempat Wisata Di Kuningan

Berikut 12 tempat wisata di Kuningan yang harus dikunjungi ketika Anda singgah di kabupaten ini.

1. Curug Ciputri

Wisata alam memang selalu mengasyikkan. Panorama alam yang indah dengan kesegaran udara juga hawa yang sejuk sanggup memberi efek relaks. Demikian pula yang ditawarkan oleh Curug Ciputri atau Putri yang berlokasi di kawasan bumi perkemahan Patulungan, tepatnya Kecamatan Cigugur, Kuningan.

tempat wisata di kuningan - Curug Ciputri kuningan

image: bumikuningan.blogdetik.com

Tempat wisata di Kuningan ini menyajikan pesona air terjun setinggi kurang lebih 20 meter. Airnya yang jernih dan segar berasal dari mata air di hutan Gunung Ciremai.

2. Curug Sidomba

Curug Sidomba menjadi tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan alam air terjun di pegunungan. Lokasinya berada di kawasan bumi perkemahan Sidomba, tepatnya di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana.

Curug Sidomba kuningan

image:www.kuningankab.go.id

Meski ketinggiannya hanya berkisar 3 meter, namun wisata air terjun yang terletak di kaki gunung Ciremai ini tak kalah cantik dengan wisata air terjun lainnya. Untuk mencapai tempat wisata ini diperlukan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kuningan.

3. Curug Bangkong

Satu lagi wisata alam air terjun yang ditawarkan Kuningan. Berlokasi di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Curug Bangkong menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi.

Curug Bangkong kuningan

image;www.youtube.com

Curug Bangkong memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang di sekitarnya telah dibangun tanggul sebagai pengaman dari ancaman abrasi sungai.



4. Waduk Darma

Waduk Darma menjadi tempat wisata di Kuningan yang juga menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara yang nyaman untuk dinikmati. Lokasinya tidak jauh dari Curug Bangkong, tepatnya di Jalan Raya Cirebon-Kuningan-Ciamis, Desa Jegara, Kecamatan Darma.

Waduk Darma kuningan

image:kuninganasri.com

Daya tarik yang ditawarkan tempat wisata ini tentu saja kecantikan alam di sekitar waduk yang memiliki luas area 425 hektar. Tak hanya sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang menenangkan, Waduk Darma juga bisa menjadi tempat tujuan camping.

5. Telaga Remis

Masih seputar panorama air, Kuningan juga memiliki Telaga Remis. Sebagai salah satu tempat wisata di Kuningan, Telaga Remis menyuguhkan keindahan alam yang asri dan udara yang sejuk.

Telaga Remis kuningan

image: budayacirebon.wordpress.com

Telaga remis cocok sekali untuk relaksasi dan menghilangkan segala kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Tempat wisata ini terletak di Desa Kaduela.

6. Gunung Ciremai

Ingat Gunung Ciremai, sudah pasti ingat Kuningan. Gunung Ciremai memang identik sebagai tempat wisata di Kuningan yang menjadi destinasi bagi para pecinta alam. Gunung dengan ketinggian 3.080 mdpl ini menjadi gunung yang tertinggi di Jawa Barat.

Gunung Ciremai kuningan

image:andromedocahyo.blogspot.com

Hamparan pemandangan alam yang begitu mempesona seolah menarik para petualang dari seluruh pelosok negeri untuk menaklukkan gunung ini. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit, kecantikan bunga edelweiss, kawah, dan lainnya.

7. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang merupakan tempat wisata di Kuningan yang menawarkan paket wisata yang menakjubkan. Di sini, Anda tidak hanya sekadar menikmati ngarai yang hijau, tetapi juga bumi perkemahan, sumber air panas, dan juga air terjun.

Lembah Cilengkrang kuningan

image: tngciremai.com

Lokasinya terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai.

8. The Mountain Recreation Park

Ini dia tempat wisata di Kuningan yang mengusung konsep waterboom. The Mountain Recreation Park menawarkan keasyikan permainan wahana air yang bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa.

The Mountain Recreation Park kuningan

image: infocirebon.com

Lokasinya berada di Kompleks Pesona Alam Kuningan Residence, Jalan Raya Cirendang-Cigugur. Tempat wisata ini cocok sekali sebagai destinasi wisata keluarga.

9. Taman Wisata Alam Linggarjati

Belum puas dengan wisata alam di Kuningan? Kunjungi Taman Wisata Alam Linggarjati. Lokasinya di Desa Linggarjati, tak jauh dari bumi perkemahan Sidomba. Taman seluas 11,5 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Taman Wisata Alam Linggarjati kuningan

image: id.wikipedia.org

Tak hanya panorama alam yang indah, Anda juga bisa menikmati kehidupan satwa yang dilestarikan secara bebas.

10. Cibulan

Nah, ini dia tempat wisata di Kuningan yang telah populer seantero negeri, Cibulan. Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati tiga kolam yakni Kolam Linggarjati, Darma Loka, dan Cigugur.

Cibulan kuningan

image;baltyra.com

Daya tarik yang telah melekat di tempat wisata ini adalah keberadaan ikan dewa yang dipercaya sebagai wujud reinkarnasi dari prajurit Prabu Siliwangi. Uniknya, spesies ikan ini tidak berkurang ataupun bertambah jumlahnya. Benarkah demikian? Yuk, datang dan buktikan sendiri.

11. Gedung Perundingan Linggarjati

Perundingan Linggarjati menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Nah, jika Anda penasaran dengan lokasi berlangsungnya perundingan bersejarah tersebut, datang saja ke Gedung Perundingan Linggarjati. Tempat bersejarah ini menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi guna mengenang masa-masa perjuangan dulu. Lokasinya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus.

Gedung Perundingan Linggarjati

Sebagai tempat bersejarah, bangunan dan perabotan yang ada tidak dilakukan perombakan, sehingga masih sama persis dengan fakta sejarahnya. Sebagai museum, bangunan ini dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi yang dipajang di dinding gedung. Sebagai informasi tambahan, tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dengan pembagian waktu 07.00-15.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu lebih lama yakni mulai 08.00-17.00 WIB.

12. Taman Purbakala Cipari

Tempat bersejarah lain di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Purbakala Cipari. Berada di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, tempat wisata di Kuningan ini dipercaya dulunya menjadi permukiman manusia purba masa neolitikum.

Taman Purbakala Cipari kuningan

image:andhikatsu.blogspot.com

Hal ini diperkuat dengan temuan benda-benda purbakala seperti peti kubur batu, gerabah, perkakas dapur, perunggu, dan bekas fondasi bangunan.

Pesona Kuningan mana yang Anda suka? Tentunya semua tempat wisata di Kuningan ini menarik dan menyajikan daya tarik yang berbeda. Oleh sebab itu, tak salah jika Anda menjadikannya sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi untuk mengisi masa liburan Anda dan keluarga.

12 Tempat Wisata Di Kuningan Yang Harus Anda Kunjungi
4.14 (82.86%) 7 votes

Related Posts

One Response

  1. dongker
    27 September, 2016

Add Comment