Info Tempat Wisata Di Indonesia

10 Tempat Wisata Di Manado Yang Penuh Pesona

0

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Manado? Ibu kota provinsi Sulawesi Utara? Itu sudah pasti. Bunaken? Tidak salah. Manado memang terkenal dengan Bunaken sebagai tempat wisata andalannya.

Namun, jika diselisik lebih dalam, kecantikan kota Manado tak sebatas pada Bunaken saja. Ada banyak tempat wisata di Manado yang menawarkan kecantikan alam luar biasa.

Penasaran? Berikut 10 tempat wisata di Manado yang penuh pesona.

1. Taman Laut Bunaken

taman laut bunaken - tempat wisata di manado

Siapa yang tak tahu tempat wisata yang satu ini. Jika pun belum pernah berkunjung, setidaknya Anda pasti pernah mendengar keelokannya. Tak hanya sampai penjuru nusantara, kecantikan Taman Laut Bunaken telah tersohor hingga ke mancanegara. Bahkan, tempat wisata ini menjadi salah satu wisata bawah laut terbaik di dunia. Tak heran karena tempat wisata ini memang kaya akan biota laut, mulai dari terumbuh karang hingga ikan-ikan berwarna-warni yang semakin mempercantik penorama laut Bunaken.

Sebagai ikon wisata kota Manado, Taman Laut Bunaken menawarkan pesona wisata yang seolah tiada duanya. Untuk menikmati keindahan alam bawah laut, Anda bisa menyelam, snorkeling, dan fotografi air. Di sini terdapat 39 titik penyelaman. Tak bisa berenang apalagi menyelam? Tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menikmati ‘keajaiban’ bawah laut dengan kapal selam yang didesain khusus dengan dinding kaca transparan. Siap bertualang menikmati alam bawah laut?

2. Pantai Malalayang

pantai malalayang manado
image : manadonyaman.wordpress.com

Letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Manado, hanya berjarak kurang lebih 4 km saja. Di tempat wisata ini, Anda bisa menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang tak kalah cantiknya dengan Bunaken.

Ombaknya yang tidak terlalu besar dengan hamparan pasir hitam, tempat wisata di Manado ini asyik untuk bermain atau sekadar duduk-duduk menikmati panorama pantai ditemani sajian kuliner khas tanah Minahasa yaitu pisang goreng plus sambal dabu-dabu.

3. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas
image : instagram.com/thaliatumanduk/

Ingin menikmati pesona alam dengan udara yang sejuk? Air terjun Kima Atas bisa menjadi pilihan. Lokasinya berada di Kelurahan Kima Atas yang berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata di Manado ini menawarkan keindahan air terjun tiga tingkat dengan aliran air yang tidak terlalu deras sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berenang.

Bagi yang tidak ingin berbasah-basah ria, bisa juga menikmati keindahan alam sekitar air terjun dan udara yang sejuk sambil ditemani kuliner yang dijajakan di tempat wisata ini.

4. Danau Tondano

danau tondano
image : instagram.com/andreopa/

Tempat wisata di Manado lainnya yang tak kalah mempesona adalah Danau Tondano. Danau vulkanik ini memiliki luas 4.000 hektar yang di tengah-tengahnya terdapat pulau kecil. Untuk menikmati keindahan panorama di sekeliling danau, Anda bisa naik perahu motor berkapasitas 10 orang.

Setelah puas berkeliling danau, Anda bisa mencoba wisata kuliner yang disajikan di sekitar danau berupa aneka olahan ikan betutu yang menjadi ikan khas Danau Tondano.

5. Bukit Kasih

bukit kasih manado
image: pegipegi.com

Manado dikenal dengan semboyan “Torang Samua Basudara” yang berarti kita semua bersaudara tak hanya sekadar semboyan semata, tetapi direalisasikan dalam kehidupan sosial bermasyarakat secara nyata. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Bukit Kasih yang menjadi simbol kerukunan umat beragama di tanah Minahasa ini. Di tempat ini, terdapat rumah ibadah dari lima agama. Keunikan ini menjadi daya tarik Bukit Kasih sebagai salah satu tempat wisata di Manado.

Letaknya berada di Desa Kanonang yang berjarak sekitar 55 km dari pusat kota Manado. Saat masuk ke tempat wisata ini, Anda akan disambut dengan monumen berbentuk segi lima setinggi 22 meter yang dikenal dengan Tugu Toleransi. Uniknya, di setiap sudut terdapat simbol dari kelima agama.

6. Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa
image : infopedia.co.id

Tempat wisata di Manado lainnya yang juga penuh pesona adalah Taman Wisata Tandurusa. Letaknya di Kecamatan Aertembaga, jika diakses dari kota Manado membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Tempat wisata ini seperti pusat konservasi satwa khas Manado seperti babi rusa, monyet hitam, aneka burung, dan tarsius.

Nah, yang disebut terakhir ini yang paling menarik, karena satwa ini dijadikan sebagai ikon Sulawesi Utara. Tarsius mirip monyet, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil, tetapi tangan dan kakinya lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Ciri khas dari satwa ini terletak pada matanya yang besar bulat dengan ukuran hampir setengah dari wajahnya.

7. Kawasan Boulevard

kawasan boulevard manado
image : www.indonesia-tourism.com

Awalnya, kawasan Boulevard hanya sebagai tempat ‘nongkrong’ dan berjualan para pedagang kaki lima. Namun, pemkot Manado melihat adanya potensi wisata yang bisa dikembangkan dari kawasan yang terletak di sepanjang Jalan Pierre Tendean ini. Selanjutnya kawasan ini dijadikan sebagai landmark kota Manado.

Benar saja, kawasan Boulevard kemudian menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang tak kalah mempesona. Setiap sore, kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan lokal untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Setelah matahari tergelincir hingga menjadi malam, kawasan ini pun tetap ramai menjadi pusat wisata kuliner di Manado.

8. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon manado
image : www.lihat.co.id

Berada di kaki Gunung Lokon, Kota Bunga Tomohon menawarkan pesona wisata yang tak kalah asyik untuk dinikmati. Terletak di kota Tomohon yang berjarak kurang lebih 22 km dari kota Manado.

Tempat wisata ini menjadi kawasan budidaya aneka jenis bunga yang cantik berwarna-warni. Uniknya, setiap tahun antara bulan Juni – Agustus, di tempat ini diselenggarakan festival bunga hias. Menarik bukan?

9. Arung Jeram Sawangan

Arung Jeram Sawangan

Ingin berwisata yang memacu adrenalin? Sungai Sawangan bisa menjadi pilihan. Apa istimewanya sungai ini? Arusnya yang cukup deras menjadikan sungai ini asyik untuk berarung jeram.

Di sini, Anda bisa memacu adrenalin kurang lebih 2 jam dengan menyusuri sungai sepanjang 9 km.

10. Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara
image : TripAdvisor.co.id

Lelah dengan wisata air dan ingin mencari tempat wisata yang bisa untuk bersantai sambil menambah ilmu juga wawasan sejarah serta budaya? Berkunjunglah ke Museum Negeri Sulawesi Utara. Di sini, Anda bisa mengetahui dan mengenal budaya suku Minahasa secara lebih mendalam. Miniatur rumah adat, pakaian adat, dan benda-benda peninggalan sejarah di daerah ini tersaji dengan rapi di dalam museum.

[alert-success]Baca: Daftar Hotel Di Manado Lengkap[/alert-success]

Setelah mengetahui pesona wisata Manado, Anda pasti tidak ingin melewatkan satu pun ketika bertandang ke kota ini. Puaskan hobi travelling Anda dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di tanah Minahasa ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.