13 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Mengajak Anda Bertualang

Berikut ini adalah review tempat wisata di Pacitan, sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Memang tak banyak yang menjadikan Pacitan sebagai destinasi wisata favorit seperti Bali, Yogyakarta, dan lainnya. Namun, jangan dulu memandang daerah yang dijuluki kota 1001 goa ini dengan sebelah mata.

Bagai kisah Ande Ande Lumut, Pacitan memiliki kecantikan yang tersembunyi. Ketika kecantikan itu tersibak, pastilah akan mempesona jutaan mata. Topografi Pacitan mirip dengan Gunung Kidul, Yogyakarta, yakni didominasi oleh pegunungan karst atau kapur.

Oleh karenanya, daerah ini juga dikenal tandus. Meski demikian, potensi wisata yang terpendam di dalamnya sungguh luar biasa.

Review Tempat Wisata di Pacitan

Berikut 13 tempat wisata di Pacitan yang menggoda selera bertualang Anda.

1. Pantai Klayar

Tempat wisata di Pacitan ini tepatnya terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Tak seperti dengan wisata pantai lainnya, Pantai Klayar menyuguhkan kecantikan alam yang berbeda. Banyak daya tarik yang disuguhkan di pantai ini, namun yang paling menarik adalah keberadaan batu karang yang menyerupai Sphinx di Mesir. Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat seruling laut. Tentu tidaklah berwujud seruling sebenarnya, tetapi berupa batu karang besar yang bercelah. Ketika ombak menghempas mengenai batu karang tersebut akan terpancar air dan menimbulkan bunyi seperti seruling.

tempat wisata di pacitan - Pantai klayar pacitan

source image :tripadvisor.com

Sayangnya ombak di pantai ini sangatlah ganas, sehingga pengunjung tidak diperkenankan untuk ‘nyebur’ ke laut. Tak perlu khawatir, karena dengan menikmati panorama pantai yang cantik diiringi dengan seruling laut nan merdu tak akan membuat Anda menyesal.

2. Pantai Teleng Ria

Jika dibandingkan dengan Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang lebih bersahabat. Tak heran jika tempat wisata di Pacitan yang terletak di Jl. WR. Supratman, Kelurahan Sidoharjo ini menjadi salah satu yang difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga.

Pantai Teleng Ria

source image: wikimapia.org

Pasir putih yang menghampar dapat menjadi arena bermain anak-anak dan duduk-duduk bersantai. Semakin menarik karena di tempat wisata ini telah dilengkapi dengan akomodasi berupa penginapan dan juga area camping.

3. Pantai Watu Karung

Inilah ‘Hawainya’ Pacitan. Gulungan ombak besar yang dimiliki, menjadikan Pantai Watu Karung sebagai salah satu tempat surfing berkelas dunia yang ada di Indonesia. Tempat wisata di Pacitan ini tepatnya terletak di daerah Pringkukung.

Pantai Watu Karung

image:pegipegi.com

Untuk mencapai pantai ini memang dibutuhkan usaha yang besar karena aksesnya cukup sulit. Meski demikian hamparan pasir putih dengan pemandangan pulau karang dan air laut yang kehijauan sudah pasti akan membayar jerih payah Anda untuk mencapai tempat wisata ini.

4. Pantai Srau

Pantai Srau memang belum banyak terekspos, sehingga kecantikannya masih alami. Tempat wisata di Pacitan ini tepatnya berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Keunikan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini adalah keberadaan 3 zona dalam satu garis pantai yang sama, tetapi memiliki karakter yang berbeda.

Pantai Srau pacitan

image ; www.triptrus.com

Di zona pertama dapat ditemui pantai berpasir putih yang halus. Pada zona kedua, pasir pantai cenderung lebih kasar dan dibentengi dengan batu karang. Sementara di zona yang ketiga, tidak terdapat hamparan pasir tetapi hanya berupa batu karang yang berjejer. Sungguh sangat menarik bukan?

5. Pantai Banyu Tibo

Masih segaris dengan Pantai Klayar, namun Pantai Banyu Tibo memiliki karakter yang berbeda. Pantai Banyu Tibo cenderung lebih aman bagi pengunjung untuk berenang atau sekadar basah-basahan bermain ombak di tepian. Ya, tempat wisata di Pacitan ini berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo.

pantai banyu tibo

image: kkpnews.kkp.go.id

Daya tarik utama dari Pantai Banyu Tibo adalah keberadaan air terjun kecil yang terletak di bibir pantai. Keindahan air terjun air tawar yang tumpah ke laut dan bercampur dengan air laut menjadi keunikan tersendiri. Sayangnya, pantai ini tidak terlalu luas, sehingga ketika air laut pasang, maka tempat wisata ini kurang menarik untuk dinikmati. Nah, agar tidak kecewa berkunjunglah saat air laut sedang surut yakni pada pagi atau sore hari.

6. Goa Gong

Julukan kota 1001 goa bagi Pacitan memang benar adanya. Di daerah ini terdapat banyak goa yang tidak ditemui di daerah-daerah lainnya. Goa Gong merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Pacitan. Letaknya di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo. Banyak hal menarik yang disuguhkan tempat wisata ini. Satu yang paling menarik adalah keberadaan batu unik yang apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti gong (alat musik Jawa). Itulah alasan penamaan goa ini.

Goa Gong

image: ketahui.com

Goa Gong juga menawarkan keindahan stalaktit yang menyembul di dinding dan langit-langit goa. Di dalam goa terdapat Sendang Bidadari dengan airnya yang jernih menambah daya tarik tempat wisata ini. Tak perlu takut terpeleset atau membawa lampu senter, karena goa ini telah dilengkapi dengan fasilitas jalan setapak dengan pagar pembatas dan juga penerangan yang temaram. Jadi, tak ada lagi alasan untuk enggan mengunjungi tempat wisata yang satu ini.



7. Goa Tabuhan

Meski ukurannya tak sebesar Goa Gong, namun Goa Tabuhan memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata di Pacitan ini terletak di Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung. Awalnya Goa Tabuhan dikenal dengan nama Goa Tapan, karena konon goa ini digunakan untuk bertapa. Jadi, jangan heran jika nuansa di goa ini agak magis.

Goa Tabuhan

image: backpackology.me

Namun kemudian namanya diubah menjadi Goa Tabuhan karena keunikan yang terdapat di dalamnya. Seperti wisata goa lainnya, Goa Tabuhan menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit di setiap sisinya. Hanya yang berbeda, stalaktit di goa ini jika ditabuh akan mengeluarkan bunyi serupa gamelan. Oleh sebab itulah, penamaan goa diubah menjadi Tabuhan. Uniknya lagi, warga setempat membentuk kelompok gamelan yang memainkan stalaktit goa sebagai pengiring tembang Jawa yang dinyanyikan untuk menghibur pengunjung.

8. Goa Luweng Jaran

Bagi Anda yang suka bertualang pasti akan menyukai tempat wisata di Pacitan yang satu ini. Meski tak sepopuler Goa Gong dan Tabuhan, namun Goa Luweng Jaran menawarkan sensasi tersendiri, yakni bertualang ke perut bumi. Berani?

goa luweng jaran

image:mapagama.ukm.ugm.ac.id

Konon, Goa Luweng Jaran memiliki lorong sepanjang 48 km dan terhubung dengan goa lainnya. Di sepanjang goa, Anda bisa menikmati kecantikan ornamen-ornamen alam yang terbentuk secara natural. Bagaimana, tertantang untuk menyusuri goa ini?

9. Goa Song Terus

Tak hanya menawarkan keindahan ornamen goa, Goa Song Terus juga menyuguhkan tapak tilas manusia purba. Ya, tempat wisata di Pacitan yang terletak di Desa Mendolo Lor, Kecamatan Punung ini diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba. Keyakinan tersebut diperkuat dengan temuan kerangka manusia purba yang diperkirakan telah berusia 10 ribu tahun pada 1999.

Goa Song Terus

image;travel.kompas.com

Di kompleks yang sama terdapat Goa Song Keplek yang juga menjadi hunian bagi para manusia purba. Di goa ini ditemukan artefak berupa gurdi, lancipan, limas, dan peralatan lainnya. Maka tak heran jika tempat ini menjadi tujuan pada arkeolog untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Meski memiliki nilai sejarah tinggi, namun Goa Song Terus dan Song Keplek tidak ditutup untuk umum, bahkan dijadikan sebagai tempat wisata yang menggoda untuk dikunjungi.

10. Sungai Maron

Tak hanya ombak laksana Hawai, Pacitan juga punya panorama alam sebagaimana Green Canyon, Sungai Maron namanya. Terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Sungai Maron menjadi tempat wisata di Pacitan yang tak kalah seru dan menarik untuk dikunjungi. Kecantikan alam yang tercipta dari pepohonan hijau di sisi kanan dan kiri sungai sungguh menyuguhkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Sungai Maron pacitan

image: setiawan4belaz.blogspot.com

Keindahan alam yang tersaji pada sungai sepanjang 4,5 km ini dapat dinikmati dengan menyewa perahu guna menyusurinya. Tak perlu takut dengan ular juga buaya, karena Anda tak akan menemukannya di sungai ini. Keunikan lain yang ditawarkan adalah penyelenggaraan lomba dayung sebagai acara tahunan menjadi daya tarik tersendiri bagi sungai ini.

11. Pemandian Tirto Husodo

Lelah menyibak kecantikan alam Pacitan, Anda bisa berendam air hangat di Pemandian Tirto Husodo. Lokasinya berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari yang jaraknya kurang lebih 15 km sebelah utara pusat kota Pacitan.

Pemandian Tirto Husodo pacitan

Setidaknya terdapat 4 kolam pemandian yang tersedia di tempat wisata di Pacitan ini, terdiri dari 2 kolam dewasa, kolam anak-anak, dan kolam air panas.

12. Monumen Jenderal Sudirman

Setelah puas dengan wisata alam, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Pacitan. Salah satunya adalah Monumen Jenderal Sudirman. Berada di Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, monumen pahlawan besar ini berdiri dengan gagahnya.

Monumen Jenderal Sudirman pacitan

Selain bisa napak tilas perjuangan sang pahlawan nasional, Anda juga bisa berfoto-foto dan menikmati hamparan tanah lapang di sekitarnya.

13. Nasi Tiwul Bu Gandos

Lapar setelah berkeliling kota Pacitan? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa berwisata kuliner dengan mengunjungi Nasi Tiwul Bu Gandos. Tempat wisata di Pacitan ini menyuguhkan sajian khas berupa tiwul dengan urap kenikir dan sayur.

Nasi Tiwul Bu Gandos

image;www.tripadvisor.com

Bagi yang belum mengenal tiwul, tiwul merupakan makanan yang berbahan dasar singkong. Tiwul juga sering difungsikan sebagai pengganti nasi. Anda bisa menemukan tempat ini di Jalan Solo – Pacitan Km. 5.

Bagaimana, puas mengeksplorasi aneka wisata di Pacitan? Nah, sekarang waktunya bagi Anda untuk menunjukkan aksi dengan langsung mengunjungi tempat-tempat wisata di Pacitan yang menawan hati dan menggugah selera berwisata.

13 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Mengajak Anda Bertualang
4.43 (88.57%) 7 votes

Related Posts

One Response

  1. tony
    21 May, 2016

Add Comment