13 Tempat Wisata di Palembang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Dalam artikel ini kami bahas seputar tempat wisata di Palembang. Seperti yg kita tahu, dunia mengakui bahwa Indonesia tak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga kaya akan pesona wisata. Dari sekian banyak provinsi yang tersebar di berbagai pulaunya, hampir semuanya memiliki tempat wisata yang eksotis sehingga menarik untuk dikunjungi, baik hanya sekadar bersantai dan melepas penat maupun fotografi.

Salah satunya adalah Palembang. Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini ternyata memiliki daya tarik tempat wisata yang luar biasa.

Tempat wisata di Palembang

Berikut 13 tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Jembatan Ampera

Inilah jembatan kebanggaan masyarakat Palembang. Jembatan Ampera bahkan menjadi ikon wisata dari kota yang terkenal dengan makanan pempek ini. Pembangunan jembatan membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun yang dimulai pada tahun 1962. Jembatan megah nan indah ini menghubungkan dua daerah yang dipisahkan oleh Sungai Musi, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

jembatan ampera - tempat wisata di palembang

Tak seperti jembatan pada umumnya, Jembatan Ampera memiliki pesona tersendiri. Selain bangunannya yang apik, ‘wajah’ jembatan ini akan semakin tampak rupawan ketika malam menjelang. Tebaran lampu yang berjajar di sepanjang jembatan semakin menambah daya tarik Jembatan Ampera sebagai tempat wisata di Palembang. Keindahan Jembatan Ampera di malam hari sering kali diabadikan oleh para wisatawan. Adanya pasar suvenir dan makanan di jarak 50 meter dari jembatan semakin menambah keasyikan menikmati suasana malam dan pemandangan jembatan yang eksotis ini.

2. Sungai Musi

Siapa yang tidak tahu Sungai Musi? Sungai terpanjang di pulau Sumatera ini juga menjadi andalan tempat wisata di Palembang. Mau tahu berapa panjangnya? Sungai Musi memiliki panjang 750 km yang membelah kota Palembang.

wisata sungai musi

Tak hanya dimanfaatkan untuk sektor ekonomi saja, Sungai Musi juga dikembangkan sebagai objek wisata dengan pesona tersendiri. Panorama sungai yang tenang menarik minat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini tak hanya perahu jelajah untuk mengarungi sungai, tetapi juga kafe juga restoran yang berjajar di tepian sungai.

3. Pulau Kemaro

Satu lagi tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Kemaro. Pulau ini berada di tengah Sungai Musi, yang jaraknya kurang lebih sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Sebagai destinasi wisata, Pulau Kemaro menawarkan pemandangan yang indah dan juga tempat-tempat ziarah yang menawan.

wisata Pulau kemaro palembang

Di sini terdapat pagoda 9 lantai, klenteng Dewi Kuam Im (Soei Goeat Kiong), makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, juga beberapa patung dewa-dewi dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan perahu tradisional yang bisa disewa dari Jembatan Ampera.

4. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Darussalam. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan untuk menangkal serangan dari Belanda di masa perang melawan penjajahan dulu.

Benteng Kuto Besak palembang (1)

Hingga saat ini, bangunan benteng masih berdiri kokoh dan terawat juga terjaga kebersihannya. Lokasinya tidak jauh dari Sungai Musi. Sebagai tempat bersejarah, tak heran jika Benteng Kuto Besak ini menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

5. Masjid Agung Sultan Badaruddin

Masjid Agung Sultan Badaruddin merupakan bukti sekaligus peninggalan sejarah penyebaran ajaran agama Islam di tanah Palembang. Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar yang ada di Palembang. Dengan memadukan sentuhan arsitektur Indonesia, Eropa, dan juga Cina, Masjid Agung Sultan Badaruddin menyuguhkan keindahan tempat ibadah yang memukau.

Masjid Agung Sultan Badaruddin palembang (1)

Maka tak heran apabila masjid ini menjadi tujuan wisata budaya sekaligus religi. Tak hanya sekadar untuk beribadah, tempat wisata di Palembang yang satu ini juga menawarkan keindahan ornamen bangunan yang memanjakan mata. Setelah puas beribadah dan menikmati keindahan masjid ini, pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Palembang di pasar yang terletak tak jauh dari masjid.

6. Masjid Cheng Ho Palembang

Dari namanya Anda pasti sudah bisa menduga asal-usul dari masjid yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Palembang ini. Dilihat dari bangunannya, masjid ini tampak seperti klenteng. Tak perlu heran, karena memang masjid ini bernuansa ornamen Tionghoa.

Masjid Cheng Ho Palembang (2)

Sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata, tidak ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung. Meski demikian, pengunjung tetap diminta untuk menjaga ketenangan di sekitar lokasi masjid.



7. Wisata Bukit Siguntang

Bukit Siguntang dengan pesona alamnya yang menarik semakin menambah daftar tempat wisata di Palembang yang patut disinggahi. Lokasinya berada di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Konon, bukit dengan ketinggian mencapai 29-30 meter ini digunakan sebagai tempat beribadah dan bertapa keluarga kerajaan untuk menenangkan pikiran.

Bukit Siguntang palembang

Meski zaman telah berubah dengan teknologi yang semakin canggih, namun masyarakat setempat masih menganggap sakral bukit ini. Tempat wisata ini digunakan sebagai tempat berziarah ke makam para bangsawan yang dianggap sebagai orang yang berjasa atas berdirinya Kota Palembang.

8. Air Terjun Lematang Indah

Air terjun Lematang Indah merupakan tempat wisata di Palembang yang menyuguhkan panorama alam nan indah. Terletak di Kota Pagar Alam, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 40 meter ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat lokal juga wisatawan yang singgah di kota ini.

Air Terjun Lematang Indah (1)

Selama perjalanan menuju lokasi wisata ini, Anda tak akan bosan melihat pemandangan alam yang tersaji di sepanjang jalan. Puncaknya, tentu saja Anda tidak akan menyesal begitu sampai di tempat wisata alam ini.

9. Air Terjun Bidadari

Tempat wisata di Palembang lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah air terjun Bidadari. Lokasinya terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang yang berjarak kurang lebih 8 km dari Kota Lahat, Palembang. Sebagai objek wisata alam, air terjun Bidadari menyuguhkan pemandangan yang elok dan tentunya tak hanya menyegarkan mata yang memandang tetapi juga hati dan pikiran.

source: panduanwisata.id

Asyiknya, di lokasi wisata ini juga terdapat 3 air terjun yang juga menyita perhatian, yaitu air terjun Bujang Gadis, Sumbing, dan Naga. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, sekali dayung tiga pulau terlampaui, di mana Anda bisa menikmati keindahan alam dan air terjun tak hanya satu tetapi 4 sekaligus.

10. Air Terjun Maung

Ini dia tempat wisata di Palembang yang menjadi favorit dan diandalkan dalam setiap promosi wisata, air terjun atau Curup Maung. Tahukah Anda bahwa tempat wisata ini sempat menjadi trending topic di internet karena keindahan alamnya yang tak terbantahkan. Berada di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat, Curup Maung dapat ditempuh baik dengan motor maupun mobil.

air terjun maung palembang (1)

Namun, untuk menuju ke lokasi wisatanya, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1 jam. Cukup menjelajah karena harus melalui hutan dan kebun kopi yang agak curam. Meski demikian, lelah yang dirasa selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam Curup Maung yang memang mempesona.

11. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Punti Kayu merupakan satu-satunya tempat wisata di Palembang yang menawarkan panorama hutan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Palembang, hanya berjarak kurang lebih 7 km.

Taman Hutan wisata Punti Kayu

Sebagai tempat wisata, hutan Punti Kayu memiliki luas area sekitar 50 hektar yang dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kebun binatang dan penangkaran buaya, kolam renang, perahu, atraksi gajah, taman bermain, dan menunggang kuda. Hutan Punti Kayu merupakan hutan pinus terbesar di Indonesia, sehingga selalu dijaga kelestariannya.

12. Gunung Dempo

Sebagai gunung tertinggi di provinsi Sumatera Selatan, Gunung Dempo memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat wisata di Palembang. Suguhan panorama alam dengan hamparan rumput yang hijau sangat asri dan menenangkan.

Gunung Dempo palembang (1)

Tempat wisata ini dapat diakses dengan kendaraan pribadi dan juga umum.

13. Taman Kambang Iwak

Satu lagi tempat wisata di Palembang yang patut dikunjungi, yaitu Taman Kambang Iwak. Dari historinya, taman ini merupakan peninggalan sejarah sejak masa penjajahan Belanda dulu. Taman ini dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar taman.

Taman Kambang Iwak

Kini, Taman Kambang Iwak menjadi tempat wisata yang disukai terutama oleh masyarakat Palembang. Keberadaan kolam sepanjang 800 meter di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu juga terdapat beragam fasilitas mulai dari arena bermain hingga restoran yang semakin menambah keasyikan menikmati tempat wisata ini.

Palembang telah mampu menjadikan makanan khasnya yaitu pempek digemari oleh masyarakat di seantero negeri. Hal ini tentu bisa menjadi poin plus untuk mengenalkan tempat-tempat wisata di Palembang yang menyimpan seribu pesona kepada seluruh masyarakat tak hanya dalam batasan lokal maupun nasional, tetapi juga internasional.

13 Tempat Wisata di Palembang Yang Menarik Untuk Dikunjungi
5 (100%) 2 votes

2 Comments

  1. my explore
    8 August, 2016
  2. Mario
    21 November, 2016

Add Comment