13 Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Paling Populer

Dalam ulasan ini kami review kumpulan tempat wisata di Purwakarta lengkap. Terdapat surga di setiap pelosok Indonesia. Tak ada yang menyangkal bahwa Indonesia dikaruniai tanah yang subur dan keindahan alam yang eksotis di setiap jengkal wilayahnya, tak terkecuali di Purwakarta. Secara administrasi, Purwakarta merupakan kabupaten sekaligus kota yang termasuk dalam wilayah provinsi Jawa Barat.

Tempat Wisata Di Purwakarta

Banyak tempat wisata menarik yang ditawarkan kota yang dilintasi oleh tol Purbaleunyi ini, mulai dari yang alami hingga buatan. Apapun itu, tempat-tempat wisata di Purwakarta menyuguhkan penorama indah yang memukau setiap mata yang memandang.

Berikut 13 tempat wisata di Purwakarta yang populer dengan tingkat kunjungan wisatawan yang senantiasa tinggi sepanjang tahun.

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1957. Awalnya waduk ini difungsikan sebagai irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan baku air minum. Seiring dengan berjalannya waktu, Waduk Jatiluhur berkembang menjadi tempat wisata di Purwakarta karena memiliki panorama yang indah sehingga dijadikan sebagai potensi wisata yang mampu mendatangkan wisatawan.

waduk jatiluhur

source image: https://avidflaneurist.wordpress.com/2014/10/16/sejahtera-dengan-air-memanfaatkan-potensi-waduk-jatiluhur/

Benar saja, Waduk Jatiluhur sanggup menarik minat wisatawan lokal maupun domestik bahkan mancanegara untuk berkunjung. Selanjutnya tempat wisata yang merupakan muara sungai Citarum berukuran 8,3 ribu hektar ini dilengkapi dengan beragam fasilitas dan akomodasi yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Misalnya saja beragam sarana rekreasi dan olahraga air, seperti selancar angin, dayung, ski air, berenang, memancing, berperahu mengelilingi waduk, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan waktu wisatawan dalam menikmati keindahan dan fasilitas di tempat wisata ini, banyak investor menawarkan bungalow yang bisa disewa pengunjung untuk beristirahat melepas lelah.



2. Waduk Cirata

Terletak di Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Waduk Cirata menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang populer dan murah meriah. Waduk Cirata berfungsi sebagai sumber air bagi masyarakat di tiga kabupaten yakni Cianjur, Bandung, dan Purwakarta.

waduk cirata

source image:http://www.nastopo.com/wisata/obyek-wisata-waduk-cirata-purwakarta/

Selain itu, waduk ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan tentunya tempat wisata yang terjangkau masyarakat luas.

3. Jatiluhur Waterworld

Belum puas menjelajahi Purwakarta? Cobalah kunjungi Jatiluhur Waterworld yang lokasinya berada di kawasan Waduk Jatiluhur. Taman air ini menjadi tempat wisata di Purwakarta yang populer dan difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga. Ada banyak wahana yang bisa Anda mainkan bersama keluarga, seperti seluncuran air, ember tumpah, flying fox, bungge trampolin, dan masih banyak yang lainnya.

jatiluhur waterworld

Tempat wisata ini berjarak 120 km dari Jakarta, jika diakses dari kota Bandung jaraknya sekitar 70 km. Untuk mencapainya dapat melalui jalan tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi).

4. Giri Tirta Kahuripan

Tempat wisata di Purwakarta yang populer lainnya adalah Giri Tirta Kahuripan. Letaknya di daerah pegunungan sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan hawa yang sejuk dan segar. Suasana yang tercipta di tempat wisata ini begitu romantis sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama pasangan atau bulan madu.

giri tirta kahuripan - tempat wisata di purwakarta

source image:http://andromedocahyo.blogspot.co.id/2015/06/jalan-jalan-ke-giri-tirta-kahuripan.html

Namun, tempat wisata ini juga seru untuk liburan keluarga. Lokasinya berada di Desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Sebagai tempat wisata, Giri Tirta Kahuripan telah dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang dapat membuat wisatawan puas dan nyaman. Di sini tersedia aneka wahana bermain yang pastinya seru seperti sepeda air, lapangan futsal, ATV, skypool, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan istirahat wisatawan, telah tersedia penginapan baik villa maupun cottage dengan pemandangan pegunungan yang indah menenangkan.

5. Goa Jepang dan Belanda

Anda pernah mendengar Goa Jepang dan Belanda? Tak sekadar cerita fiktif belaka, kedua goa tersebut memang ada sebagai bagian dari peninggalan sejarah masa penjajahan Jepang dan Belanda di Purwakarta. Tak heran jika keduanya menjadi tempat wisata di Purwakarta yang populer.

goa jepang purwakarta
Menurut sejarahnya Goa Jepang dibangun pada tahun 1942. Pembangunannya dilakukan secara romusha atau kerja paksa. Goa ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata dan mesiu sekaligus juga tempat radio komunikasi tentara Jepang. Berjarak kurang lebih 800 meter dari Goa Jepang terdapat Goa Belanda. Goa ini dibangun setahun lebih awal dari Goa Jepang, yakni tahun 1941. Fungsi dari goa ini sebagai terowongan penghubung PLTA Bengkok, namun kemudian berubah menjadi pusat stasiun radio komunikasi militer Hindia Belanda.

Kini, kedua goa ini menjadi tempat wisata sejarah yang populer di Purwakarta karena menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Pastikan Anda juga mengunjunginya jika bertandang ke Puwakarta.

6. Curug Cipurut

Keindahan panorama alam terhampar di Curug Cipurut, salah satu tempat wisata di Purwakarta yang pantang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di kaki gunung Burangrang, atau berjarak 30 km dari kota Purwakarta. Tempat wisata air terjun ini menawarkan 3 curug, satu yang paling tinggi memiliki ketinggian 25 meter, sedangkan 2 lainnya lebih landai.

curug cipurut

source image:news.liputan6.com

Tempat wisata ini mudah diakses baik dengan angkutan desa maupun kendaraan pribadi. Keindahan alam yang disuguhkan di tempat wisata ini sangat pas untuk kegiatan camping, bertualang, juga fotografi.

7. Situ Wanayasa

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan. Letaknya yang tak jauh dari Curug Cipurut, menjadikan Situ Wanayasa sebagai tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan.

situ wanayasa

source image: blogs.unpad.ac.id

Danau seluas 7 hektar ini tak hanya menawarkan keindahan alam yang menenangkan tetapi juga beragam permainan seru yang siap menemani wisatawan bermain seperti kapal bebek kayuh, sepeda air, memancing, dan lainnya. Di tempat wisata ini, terdapat makam RA. Suriawinata yang dipercaya sebagai pendiri Purwakarta, tepatnya di pulau kecil yang berada di tengah danau.

8. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman air mancur Sri Baduga Situ Buleud merupakan tempat wisata di Purwakarta lainnya yang pantang untuk dilewatkan. Danau seluas 4 hektar ini memiliki daya tarik karena memiliki air mancur yang mirip air mancur di Singapura, Taman Sri Baduga.

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

source image: jabar.tribunnews.com

Tak hanya itu, keelokan tempat wisata ini juga ditunjukkan dengan adanya light effect dan api di atas air dengan gerakan bervariasi sesuai dengan hentakan irama musik yang dimainkan. Pemandangan light effect ini disuguhkan setiap hari Sabtu pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

9. Sumber Air Panas Ciracas

Satu lagi tempat wisata di Purwakarta yang populer, yakni sumber air panas Ciracas. Lokasinya berada sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Di sini terdapat 12 titik sumber air panas, namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat. Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

10. Sentra Keramik Plered

Purwakarta dikenal sebagai daerah penghasil keramik berkualitas, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Nah, sentra keramik Plered menjadi tempat wisata di Purwakarta yang juga populer dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi.

sentra keramik plered purwakarta

Letaknya di Desa Arjun, Kecamatan Plered, yang berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta. Daya tarik tempat wisata ini tentu saja produk-produk kerajinan dari keramik seperti gerabah, porselain, dan terakota.

11. Desa Sajuta Batu

Desa Sejuta Baru lokasinya berada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru. Tempat wisata di Purwakarta ini menjadi destinasi wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

desa sajuta batu purwakarta

source image: http://www.cidahu.com/2015/11/227/desa-wisata-sajuta-batu-purwakarta-surga-para-pecinta-adrenalin/

Tak hanya panoramanya saja yang ditawarkan tempat wisata ini tetapi juga beragam pengalaman seperti jelajah desa, memancing, panjat tebing di Gunung Parang, camping, dan juga olahraga offroad. Keindahan alam di Desa Sejuta Batu juga menarik para pasangan muda untuk melakukan foto pre-wedding di tempat wisata ini.

12. Wisata Kuliner Sate Maranggi

Sate Maranggi dikenal sebagai kuliner khas Purwakarta. Asyiknya, untuk para pelancong disediakan tempat wisata di Purwakarta yang menikmati sajian khas ini.

sate maranggi purwakarta

source image: http://www.telusurindonesia.com/sate-maranggi-sate-legendaris-yang-enaknya-luar-biasa.html

Letaknya berada di Cibungur, tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Purwakarta.

13. Gedung Karesidenan

Tak hanya wisata alam dan kuliner saja yang tersaji di Purwakarta, tetapi juga sejarah. Sebagai bagian dari NKRI tentu Purwakarta juga turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peninggalan sejarah di kota ini, yaitu Gedung Negara dan Gedung Karesidenan.

gedung karesidenan purwakarta

Gedung Negara dibangun pada masa kolonial Belanda tepatnya tahun 1854. Meski tergolong tua, namun gedung ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Bahkan saat ini dimanfaatkan sebagai Kantor Bupati Purwakarta yang letaknya berada di Jalan Gandanegara No. 25 Purwakarta. Sementara Gedung Karesidenan digunakan sebagai Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta yang lokasinya berada di Jl. KK Singawinata.

Liburan memang tidak akan ada matinya. Nah, temukan keseruan di setiap liburanmu bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Purwakarta.

13 Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Paling Populer
4.57 (91.43%) 7 votes

Related Posts

3 Comments

  1. lahiya
    5 April, 2016
  2. danu
    7 November, 2016
    • danu
      7 November, 2016

Add Comment