Pesona 13 Tempat Wisata Di Sukabumi untuk Liburan

Tempat wisata di Sukabumi – Secara administrasi, Sukabumi merupakan salah satu kota sekaligus kabupaten di provinsi Jawa Barat. Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di sisi timur, Kabupaten Bogor di sisi utara, Kabupaten Lebak di sisi barat, dan Samudra Hindia di sisi selatan. Kota sekaligus kabupaten ini berjarak kurang lebih 100 km dari Bandung dan 120 km dari Jakarta.

Tahukah Anda jika Sukabumi ternyata menyimpan pesona wisata yang menakjubkan? Mulai dari tempat wisata pegunungan hingga pantai dapat dijumpai di wilayah ini. Bukan hanya sekadar tempat wisata dadakan atau tiban yang hanya menyuguhkan keramaian tanpa objek yang jelas. Hampir semua tempat wisata di Sukabumi menyajikan keindahan panorama yang memanjakan mata.

Tempat Wisata di Sukabumi

Berikut pesona 13 tempat wisata di Sukabumi yang harus diketahui oleh anda:

1. Situ Sukarame

Situ Sukarame merupakan danau alami yang terletak di kaki Gunung Salak. Lokasinya berada di Kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini memiliki panorama alam yang begitu indah.

situ sukarame - tempat wisata di sukabumi

source: hilmanseptiawan.wordpress.com

Dengan dikelilingi hutan heterogen yang ditumbuhi pohon pinus dan damar juga terdapat hamparan kebun teh yang menjadikan pemandangannya semakin eksotis. Udara yang sejuk dan segar semakin menambah menarik tempat wisata ini.

2. Situ Gunung

Jika Situ Sukarame terdapat di kaki Gunung Salak, maka Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango. Sebagai danau alami, Situ Gunung juga menyajikan keindahan alam yang memukau. Tempat wisata di Sukabumi ini salah satu tempat wisata yang paling populer dan favorit di kalangan fotografer Indonesia.

situ gunung sukabumi

source:thesaintdevil.deviantart.com

Maklum saja, karena panorama alam yang tersaji memang patut diacungi jempol. Tak hanya memanjakan mata, Situ Gunung juga memberikan kesejukan dan kesegaran alami yang pas untuk refreshing dan menghilangkan penat dari segala rutinitas pekerjaan. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Kadu Dampit, yang berjarak kurang lebih 16 km dari Kota Sukabumi.

3. Kawah Ratu Gunung Salak

Dari namanya jelas bahwa tempat wisata di Sukabumi ini berhubungan dengan vulkanis. Benar saja, Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Memang, tempat wisata ini kurang cocok sebagai destinasi wisata keluarga, karena cukup berisiko apalagi bagi anak-anak. Meski demikian, bukan berarti keindahan Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak ini menjadi sia-sia.

kawah ratu gunung salak

Tempat wisata di Sukabumi ini menjadi objek wisata favorit bagi para pecinta alam yang senang mendaki gunung. Untuk bisa menikmati keindahan kawah ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup pelik, di mana harus melewati jalan setapak yang terjal dan berliku kurang lebih selama 3 jam. Namun, segala rintangan yang ditempuh selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan kawah saat berhasil mencapainya.

4. Curug Sawer Sukabumi

Destinasi tempat wisata di Sukabumi yang menarik lainnya adalah Curug Sawer sukabumi. Air terjun tunggal dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini terletak di kawasan wisata Situ Gunung.

curug sawer sukabumi

source: jelajahsukabumi.com

Tak hanya bisa menikmati air pegunungan yang jernih dan menyegarkan, pengunjung juga bisa memuaskan mata dengan memandang panorama air terjun yang asri.



5. Taman Rekreasi Selabintana

Tak ingin jauh-jauh dari pusat Kota Sukabumi? Anda bisa mengunjungi Taman Rekreasi Selabintana. Tempat wisata di Sukabumi ini terletak di bagian utara Kota Sukabumi yang berjarak sekitar 7 km dari pusat kota. Objek yang disuguhkan tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya. Di sini terdapat hamparan rumput hijau yang luas dan bersih begitu indah dan menyejukkan.

taman rekreasi selabintana

source: www.hotelselabintana.com

Tempat wisata ini menjadi favorit banyak keluarga untuk mengisi liburan akhir pekan bahkan ketika libur panjang. Areal taman yang luas memungkinkan untuk bersantai sambil rebahan di rumput menikmati suasana yang tenang dan asri.

Asyiknya, di Taman Rekreasi Selabintana ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang makin menambah kepuasan pengunjung. Sebut saja kolam renang, playground, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, area parkir yang aman dan luas, mushola, toilet, permainan ATV, flying fox, dan lainnya.

6. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki pesona luar biasa. Tempat wisata ini menyuguhkan paket keindahan alam yang mempesona. Mengapa disebut paket? Geopark Ciletuh menawarkan panorama pegunungan, pantai, bukit, air terjun, dan juga bebatuan purba yang sungguh memikat mata dan hati.

source: http://siloka.com/surga-itu-bernama-cileutuh-geopark-1.html

source: http://siloka.com/surga-itu-bernama-cileutuh-geopark-1.html

Berada di Kecamatan Ciemas, tempat wisata ini dapat ditempuh sekitar 5 jam dari pusat Kota Sukabumi.
Selain paket panorama alam yang lengkap, tempat wisata di Sukabumi ini juga memiliki keunikan terkait dengan beradaan air terjunnya. Ya, di sini tak hanya satu air terjun yang bisa dinikmati keindahannya, tetapi ada 4 yaitu Curug Cimarinjung, Cikanteh, Ngelay, dan Puncak Manik.

7. Wanawisata Cipelang

Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Wanawisata Cipelang. Letaknya berada di desa Gunung Pangrango. Hutan seluas 3 hektar ini menyuguhkan panorama alam yang menarik untuk dieksplorasi.

wanawisata cipelang

Sebagai wisata hutan, pengelolaan Wanawisata Cipelang berada di bawah RPH Bacang BKPH Gede Sukabumi.

8. Kampung Ciptagelar

Saat ini banyak desa atau perkampungan unik di berbagai daerah yang diangkat sebagai objek wisata. Di Sukabumi pun ada, yaitu Kampung Ciptagelar. Sebenarnya tempat wisata di Sukabumi ini bukanlah objek wisata baru. Keunikan budaya yang berlangsung turun-temurun menjadikan kampung ini sebagai destinasi wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi.

kampung adat ciptagelar

source: http://kalangkangmencrang.blogspot.co.id/2015/07/wisata-kampung-adat-ciptagelar.html

Terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Kampung Ciptagelar telah menjaga dan melestarikan budaya setempat selama kurang lebih 650 tahun. Sayangnya, tempat wisata di Sukabumi yang satu ini cukup sulit diakses.

9. Goa Buniayu

Sukabumi tak hanya menyimpan potensi wisata alam pegunungan saja, tetapi juga perut bumi. Adalah Goa Buniayu sebagai tempat wisata di Sukabumi yang patut ditaklukkan. Tak seperti taman rekreasi, Goa Buniayu kurang sesuai dengan destinasi wisata keluarga, karena memang medannya cukup rumit dan tentunya bukan playground yang aman untuk anak-anak. Tempat wisata ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta petualangan.

goa buniayu sukabumi

source:http://lemon-moment.blogspot.co.id/2014/06/sepenggal-kisah-dari-buniayu-part-i.html

Goa Buniayu menyuguhkan lorong yang terjal dengan fosil-fosil koral laut pada dindingnya. Untuk menyusuri goa ini, dibutuhkan stamina fisik yang kuat karena sekali lagi medannya cukup sulit, yang bukan berupa jalan lurus saja, tetapi harus melalui danau lumpur. Selain itu, pengunjung juga harus sigap dan berhati-hati dalam memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lainnya. Berpetualang di tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Agar lebih aman, disarankan menggunakan jasa pemandu yang lebih menguasai medan di dalam goa.

10. Sungai Citarik

Jangan meremehkan sungai yang satu ini. Sungai Citarik merupakan tempat wisata dengan pesona yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya. Meski demikian, Sungai Citarik memiliki keunikan tersendiri. Andalan dari tempat wisata ini adalah arus sungai yang cukup deras sehingga bisa digunakan untuk arung jeram.

sungai citarik sukabumi

source:http://damarapri.blogspot.co.id/2012/03/rafting-di-sungai-citarik-arus-liar.html

Selain itu, terdapat pula fasilitas lain yang tak kalah menarik seperti flying fox, team building, paint ball, dan lain sebagainya. Sungai Citarik biasanya digunakan untuk kegiatan outbound perusahaan, karena segala jenis fasilitas yang tersedia bersifat membangun kerja sama tim.

11. Sungai Cicatih

Serupa tapi tak sama. Ungkapan ini pas untuk menggambarkan Sungai Cicatih dengan Citarik. Sebagai salah satu tempat wisata di Sukabumi, Sungai Cicatih juga menawarkan pesona alam yang mendebarkan. Fasilitas andalan dari tempat wisata ini juga arung jeram. Namun perlu diketahui bahwa karakter dari Sungai Cicatih dengan Citarik sangatlah berbeda.

sungai cicatih sukabumi

source:http://denimulyanasasmita.blogspot.co.id/2014/04/sungai-cicatih-sukabumi-arung-jeram.html

Sungai Cicatih ‘lebih garang’ karena arusnya lebih deras, ukuran sungai lebih lebar, dan jalur permainan arung jeram lebih panjang, sehingga lebih menantang.

12. Pantai Cimaja

Siapa bilang surfing hanya bisa dilakukan di Bali? Di Sukabumi juga bisa. Pantai Cimaja merupakan tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam pantai dengan sajian ombak pantai selatan yang terkenal ‘keganasannya’.

pantai cimaja sukabumi

source:http://matabelo-ngakak.blogspot.co.id/2015/08/indahnya-pantai-cimaja-di-sukabumi.html

Meski demikian, ombak di Pantai Cimaja ini cukup bersahabat. Para pecinta surfing pastilah sudah mengenal tempat wisata yang satu ini.

13. Pantai Cibangban

Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah mempesona adalah Pantai Cibangban. Namun, pantai ini memiliki karakter yang berbeda dengan Pantai Cimaja. Ombak di Pantai Cibangban tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain bagi anak-anak. Selain bermain ombak, pengunjung pantai ini juga bisa bermain pasir.

pantai cibangban sukabumi

Sukabumi terbukti memiliki pesona alam yang mengagumkan. Hal ini direpresentasikan oleh tempat-tempat wisata di kawasan ini yang sebagian besar menyuguhkan panorama alam yang indah dan asri. Sangat disayangkan jika tempat-tempat wisata di Sukabumi ini tidak masuk dalam daftar destinasi wisata Anda.

Pesona 13 Tempat Wisata Di Sukabumi untuk Liburan
4.5 (90%) 4 votes

Related Posts

One Response

  1. genda
    11 May, 2016

Add Comment