Info Tempat Wisata Di Indonesia

10 Tempat Wisata Di Tulungagung Yang Eksotis

1 190

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Dari Surabaya, kabupaten ini berjarak sekitar 154 km ke arah barat daya. Tulungagung dikenal sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia. Namun, siapa sangka jika kabupaten ini juga menyimpan potensi wisata yang menakjubkan.

Letaknya yang berada d tepian Samudera Hindia memberi keuntungan tersendiri bagi pariwisata Tulungagung. Ya, kabupaten ini kaya akan wisata pantai yang eksotis. Sayangnya, banyak tempat wisata di Tulungagung yang belum dikelola secara komersil, maka jangan heran jika pariwisata di kabupaten ini masih minim fasilitas. Meski demikian, keindahan panorama alam yang disajikan tetaplah menawan sehingga layak untuk menjadi destinasi wisata.

Berikut 10 tempat wisata di Tulungagung yang memiliki keeksotisan sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

1. Pantai Popoh

Pantai Popoh - tempat wisata di tulungagung
via https://www.instagram.com/ireeneliem/

Pantai Popoh menjadi destinasi wisata paling favorit di Tulungagung. Letaknya berada di Kecamatan Besuki yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung. Pantai Popoh berada di kawasan teluk sehingga ombaknya tidaklah seganas umumnya pantai selatan.

Tak hanya menyajikan hamparan pasir yang indah, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan tebing-tebing karang yang berdiri kokoh tinggi menjulang. Di sini, Anda bisa bermain ombak dan juga menyewa perahu nelayan untuk menyusuri kawasan teluk.

2. Pantai Coro

pantai coro
via https://www.instagram.com/lilik_roudlotul07/

Tempat wisata di Tulungagung yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Popoh karena terletak pada kecamatan yang sama.

Meski tak begitu luas, namun hamparan pasir putih di pantai ini senantiasa siap menyambut para wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Salatiga Yang Mengundang Pesona

3. Pantai Molang

Pantai Molang
via https://www.instagram.com/bulan.septina/

Pantai Molang menjadi destinasi wisata lain di Tulungagung yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga atau orang-orang tercinta lainnya. Berada di Kecamatan Pucanglaban, lokasi pantai tergolong cukup strategis karena terletak di perbatasan Blitar dan Tulungagung, sehingga mudah diakses.

Keindahan alam yang ditawarkan tempat wisata ini tentu saja hamparan pasir putih yang selalu tampak indah dipandang mata dan juga deburan ombak yang selalu menggoda untuk bermain. Berkunjung ke tempat wisata ini pastilah tidak akan menyesal.

4. Pantai Sine

Pantai Sine
via http://www.kacamatawisata.com

Pantai Sine yang berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung ini dikenal pula dengan nama Pantai Matahari Terbit. Pantai berpasir putih agak kecoklatan ini memiliki ombak yang cukup besar.

Meski begitu, aktivitas bermain ombak masih dimungkinkan asal di bagian tepian saja. Tak hanya bisa menyaksikan panorama alam pantai yang indah, Anda juga bisa melihat aktivitas nelayan saat melaut.

5. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang
via http://www.tulungagungtourism.com

Pantai yang satu ini sebenarnya juga eksotis dan menarik, namun tidak semua orang bisa menikmati keindahannya dan tidak pas untuk tempat liburan keluarga, terlebih anak-anak. Mengapa? Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Pathok Gebang, medan yang harus dilalui menuju pantai cukup sulit. Pengunjung harus menaiki bukit dan menyusuri hutan dengan berjalan kaki yang waktu tempuhnya kurang lebih 40 menit.

Keunikan yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah tebing karang yang cukup besar dengan deburan ombak yang cukup tinggi. Nah, bagi Anda yang suka petualangan dan tantangan yang memacu adrenalin, bisa menghabiskan waktu liburan Anda di sini.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Unik Dan Menarik

6. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
via https://www.instagram.com/bella_anandra/

Pantai Ngalur menjadi tempat wisata di Tulungagung yang juga menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung.

Sebenarnya berwisata ke Pantai Ngalur bisa sekalian mengunjungi Pantai Sanggar yang memang jaraknya berdekatan, hanya dibatasi oleh bukit saja.

7. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
via https://www.instagram.com/muhammad_mahbubi/

Pantai dengan hamparan pasir itu sudah biasa. Namun, pantai dengan sebaran batu-batu karang tentunya cukup unik dan menarik untuk dikunjungi. Pantai Lumbung yang berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini kaya akan batu karang yang terserak di bibir pantai.

Anda bisa menikmati indahnya suara deburan ombak dan suasana pantai dengan duduk-duduk santai di batuan karang. Pastilah mengasyikkan.

8. Pantai Klatak

Pantai Klatak
via https://www.instagram.com/khoirvl/

Satu lagi tempat wisata di Tulungagung yang menawarkan keeksotisan panorama pantai, yaitu Pantai Klatak. Namun di sini Anda tidak akan menemukan pasir putih yang menghampar di tepi pantai, tetapi pasir yang berwarna lebih gelap.

Lokasinya terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Di sini, Anda bisa berenang, memancing, bermain ombak, atau sekadar duduk-duduk santai menikmati angin pantai yang berhembus sepoi-sepoi.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Jepara Yang Eksotis

9. Candi Dadi

Candi Dadi
via http://mochammadfaizun.blogspot.co.id

Tak hanya wisata pantai yang dimiliki Tulungagung, tetapi juga wisata budaya berupa Candi Dadi. Candi ini merupakan peninggalan sejarah budaya yang mencerminkan peradaban di Tulungagung.

Bangunan candi terbuat dari batuan andesit yang terdiri atas batur dan kaki candi. Meski tak semegah Candi Borobudur di Magelang, namun candi ini menawarkan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Klik disini untuk info hotel di Tulungagung

10. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
via http://www.sindopos.com

Tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pengalaman ‘my trip my advanture’ bagi Anda. Air terjun Lawean menjadi tempat wisata di Tulungagung yang cukup populer di kalangan para pecinta alam. Akses menuju lokasi yang cukup sulit menjadikan tempat wisata ini tidak cocok untuk liburan keluarga, utamanya anak-anak.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Karawang Yang Cocok Untuk Liburan

Untuk mencapai lokasi, Anda harus melalui area perbukitan dengan menyeberangi setidaknya 9 sungai. Wow, tentu saja dibutuhkan stamina yang kuat untuk bisa mencapainya. Namun, setiap langkah dan rasa lelah yang dirasakan akan terbayar begitu Anda sampai ke lokasi. Keindahan panorama alam air terjun dengan ketinggian tak lebih dari 100 meter ini akan ‘menyihir’ Anda untuk berlama-lama menikmatinya.

Setiap tempat wisata pastilah memberi kesan tersendiri. Setelah membedah potensi wisata di Tulungagung, tempat wisata mana yang paling Anda suka?

You might also like
1 Comment
  1. Berita Forex says

    Kuta is the best island in the world….

Leave A Reply

Your email address will not be published.