Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Tips mendapatkan tiket pesawat murah – Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia telah semakin giat berwisata. Wisata telah menjadi salah satu gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia. Kapanpun ada waktu libur mereka akan langsung bepergian ke tempat wisata tujuan. Bahkan tidak sedikit yang merencanakannya berbulan-bulan sebelumnya.

Bagaimana mereka bisa terus menerus bepergian? Bukannya biaya berpergian sangat tinggi? Apa rahasianya? Simple really, mereka mengetahui bagaimana cara mendapat tiket pesawat murah.

Dulu rasanya sedikit sulit untuk selalu bepergian menggunakan pesawat. Pesawat terkesan hanya diperuntukan bagi mereka yang kaya raya. Mahalnya biaya tiket pesawat yang bisa mencapai 50% dari seluruh budjet perjalanan membuat jarang sekali orang yang berasal dari kalangan menengah bepergian menggunakan pesawat.

tiket pesawat murah

 

Hingga beberapa tahun belakangan hal ini tidak terlalu menjadi kendala bagi masyarakat Indonesia dengan adanya Low Cost Courier (LCC), pesawat dengan biaya murah. Namun kembali lagi ke budjet, benarkah budjet perjalanan Anda akan tersedot 50 persennya hanya untuk biaya pesawat? Mari kita buktikan dan hitung bersama.

Anggaplah Anda hendak berlibur bersama keluarga ke Pulau Dewata. Anda dan keluarga yang berjumlah 3 orang hendak menghabiskan waktu liburan Anda yang selama 4 hari 3 malam di pulau tersebut. Dengan asumsi Anda bertempat tinggal di Jakarta, tiket Jakarta Bali kita asumsikan saja senilai Rp. 500.000/ orang atau 2 juta rupiah untuk sekali jalan, maka Anda akan membutuhkan sekitar 4 juta rupiah untuk biaya pesawat pulang pergi. Angka tersebut belum termasuk pajak bandara yang biasanya sebesar Rp. 40.000 per orang.

Tentunya Anda membutuhkan tempat menginap selama di Pulau Dewata Bali, oleh karena itu kita tidak boleh melupakan mengenai biaya penginapan. Bila Anda menginap di hotel, kita asumsikan Anda mengambil 2 buah kamar untuk ditempati dengan kisaran harga kamar sekitar Rp. 350.000 per malam, sudah termasuk sarapan pagi. Maka pengeluaran harian Anda untuk penginapan adalah Rp. 700.000, dikalikan 3 malam maka total pengeluaran untuk hotel adalah Rp. 2.100.000.

Ditambah asumsi pengeluaran lain selama disana seperti biaya makan,kendaraaan selama disana, oleh-oleh dan lain-lain yang sekitar 3 juta, maka bisa kita rincikan biaya perjalanan Anda sebagai berikut:

  • Tiket pesawat PP Rp. 4.000.000
  • Hotel Rp. 2.100.000
  • Baya Lain-lain Rp. 3.000.000
  • Total Rp. 9.100.000

Terlihat dari simulasi diatas bahwa tiket pesawat memang menyedot hampir 50% dari total pengeluaran Anda. Oleh karena itu untuk mengurangi besarnya biaya pesawat anda perlu tahu cara-cara dan tips mendapatkan tiket pesawat yang murah agar Anda tetep bisa berlibur tanpa khawatir mengenai biaya perjalanan.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah:

Pesan jauh hari sebelumnya

Salah satu cara yang paing umum untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah adalah dengan memesannya jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan Anda. Memesan tiket 1 hari sebelum keberangkatan tidak akan membuat Anda mendapatkan tiket pesawat murah yang Anda idamkan. Maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket apabila sudah dekat dengan tanggal keberangkatan.

Sabar memeriksa harga tiket

Perubahan harga tiket pesawat relatif cepat, harga tiket berubah dalam hitungan jam. Oleh karena itu Anda harus rajin-rajin mengecek dengan sabar untuk harga tiket pesawat yang Anda inginkan. Memang terkesan lama tapi itulah hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan tiket murah yang diinginkan.

Transit atau tidak?

Apabila Anda bepergian dengan tidak diburu waktu atau dalam keadaan santai, maka waktu transit yang lama tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Penerbangan murah cenderung memiliki waktu transit yang lebih lama, bisa diatas 2 jam. Misalkan Anda ingin pergi dari Jakarta ke Seoul, selain mencari penerbangan langsung Jakarta-Seoul, carilah juga penerbangan yang tidak langsung, misalnya Jakarta-Singapore baru kemudian Singapore-Seoul.

Bisa jadi Anda akan mendapatkan tiket yang lebih murah dan selama menunggu Anda bisa berwisata di dalam bandara. Kini banyak bandara yang mempercantik diri agar para penumpang transit tidak merasa bosan menghabiskan waktu mereka di bandara, bandara Changi Singapore adalah salah satu contohnya.

Keberadaan bandara

Apabila Anda berdomisili di tempat yang memiliki lebih dari satu bandara, maka Anda memiliki pilihan tempat keberangkatan. Tetapi bila hanya ada 1 bandara, maka cobalah tengok keberangkatan dari kota terdekat dengan tempat Anda,bisa jadi harga tiketnya lebih murah. Misalnya, harga keberangkatan dari Jakarta lebih mahal dari harga keberangkatan dari Bandung,maka Anda bisa memilih berangkat dari Bandung menuju tempat wisata tujuan.

Lihat hari dan waktu keberangkatan

Tiket pesawat akan lebih mahal pada waktu-waktu tertentu, hal ini sangat wajar mengingat bila banyaknya permintaan maka harga pasti akan naik pula. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah pilihlah hari dan waktu penerbangan yang kurang popular. Mengingat harga tiket pesawat lebih mahal pada saat weekend atau musim liburan, maka pilihlah waktu liburan selain waktu-waktu tersebut. Pesanlah tiket pesawat untuk hari-hari yang tidak begitu ramai, misalnya pada pertengahan minggu.

Tidak hanya hari keberangkatan yang harus Anda petimbangkan ketika hendak membeli tiket pesawat murah, waktu keberangkatan pun menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Akan lebih murah berangkat pada jam-jam yang tidak lazim diambil orang lain, misalnya pada pagi hari sekali atau pun tengah malam.

Misalnya, Anda akan mendapatkan tiket pesawat murah pada hari Minggu pagi, karena kebanyakan orang akan masih menikmati waktu liburan mereka dan biasanya mereka akan mengambil keberangkatan malam hari untuk kembali ke tempat tinggal mereka. Jadi kemanapun Anda bepergian, pilihlah waktu keberangkatan dan kepulangan yang jarang digunakan oleh orang lain agar Anda mendapatkan harga tiket pesawat sesuai yang Anda inginkan.

Lihat Maskapai Lain

Di Indonesia telah banyak bermunculan maskapai-maskapai penerbangan baru yang menawarkan tiket murah, jadi Anda tidak akan tebatas hanya pada satu maskapai penerbangan. Beberapa maskapai milik luar negeri seperti Jet Star, Air Asia, Mandala Tiger Air dan maskapai milik lokal seperti Lion Air dan Citilink akan mengantarkan Anda ketempat tujuan dengan harga tiket yang tidak begitu mahal.

Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda dan jangan malas untuk membandingkan harga dari bebrapa maskapi untuk mendapatkan harga terbaik.

Cek promosi online

Rajin- rajinlah mengecek situs maskapai penerbangan untuk mengetahui promo yang sedang ditawarkan. Bila Anda tertarik dengan promo tersebut, pesan dan belilah tiket secara online, karena biasanya akan lebih murah dibandingkan Anda membeli tiket ketika berada di bandara.

Daftarkan Email Anda ke Berbagai Maskapai Penerbangan

Mendaftarkan email kepada beberapa maskapai penerbangan memberikan beberapa keuntungan, salah satunya Anda tidak akan perlu sering-sering mengecek promo dari maskapai-maskapai tersebut karena merekalah yang akan memberitahukan Anda lewat email mengenai promo tersebut. Anda akan up to date mengenai promo terbaru tanpa harus membuka website maskapai-maskapai tersebut satu per satu.

Bagasi,Tempat Duduk, Asuransi dan Makanan

Maskapai penerbangan LCC biasanya akan mengenakan biaya tambahan untuk bagasi, pemilihan tempat duduk, asuransi dan pemesanan makanan. Bila Anda ingin harga tiket Anda tetap murah, tidak perlu mengambil tawaran-tawaran tersebut.

Promo Media Sosial

Kini hampir setiap orang aktif di social media. Bila Anda termasuk salah satu diantara mereka yang sangat menyukai social media seperti Facebook dan Twitter, maka like atau follow maskapai yang sering membuat promo tiket pesawat murah agar Anda selalu up to date dengan semua promo yang ditawarkan maskapai tersebut.

Tanggal keberangkatan

Tiket pesawat akan melonjak harganya pada saat high season. Yang dimaksud dengan high season adalah waktu-waktu dimana hampir semua orang memerlukan tiket pesawat untuk bepergian seperti pada saat liburan sekolah, libur Lebaran, libur Natal dan tahun baru.

Harga tiket pasti akan naik dan promo tiket murah ditiadakan. Pilihlah waktu keberangkatan yang fleksibel jikalau tidak ada promo pada tanggal keberangkatan yang Anda inginkan. Alih-alih menetapkan tanggal keberangkatan berdasarkan keinginan Anda,ada baiknya waktu keberangkatan ditetapkan berdasarkan tanggal tiket promo, dengan demikian dapat dipastikan Anda akan mendapat harga tiket murah.

Pembayaran Internet Banking dan Kartu Kredit

Pembayaran tiket pesawat dapat dilakukan dengan beberapa cara. Karena tidak semua maskapai menerima pembayaran lewat atm, maka ada baikny Anda menyiapkan Internet Banking untuk pembayaran Anda atau gunakan kartu kredit untuk membayarnya. Cara terakhir ini yang paling lazim digunakan banyak orang.

Situs Tiket Murah

Terdapat beberapa situs pencari tiket murah diluaran sana. Situs-situs ini menghemat waktu Anda dalam mencari tiket murah karena Anda tinggal memasukkan tanggal keberangkatan atau kepulangan dan situs tersebut akan memuculkan harga tiket murah dari beberapa maskapai penerbangan berdasarkan info yang Anda masukan.

Tiket Satu Kali Jalan dan Tiket Pulang Pergi

Ketika membeli tiket, Anda akan diberikan pilihan antara tiket satu jalan dan tiket pulang pergi. Ada kalanya tiket pulang pergi memang lebih murah dari tiket satu kali jalan, tapi kadang kala tidak demikian.

Ketika tiket pulang pergi Anda menjadi lebih mahal, maka pilihkan tiket satu kali jalan untuk keberangkatan dan carilah dari maskapai lain untuk tiket kepulangan Anda. Bisa jadi Anda akan mendpatkan harga yang jauh lebih murah.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tiket

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mebeli tiket pesawat, antara lainnya bila Anda hendak bepergian keluar negeri, pastikan Anda telah memiliki surat-surat penting yang diperlukan seperti Paspor sebelum memesan tiket.

Bila Anda belum memiliki Paspor ketika hendak memesan tiket, ada baiknya pembelian tiket ditunda sampai paspor Anda jadi. Jangan sampai tiket yang Anda beli hangus karena paspor Anda belum siap. Apabila Anda berencana bepergian bersama seorang teman atau lebih, tentukan teman perjalanan Anda sebelum membeli tiket.

Jangan baru mencari teman perjalanan ketika Anda melihat promo, maka besar kemungkinan waktu Anda akan habis mencari teman perjalanan dan melewatkan promo yang tersedia. Jika semua hal yang dibutuhkan telah siap, jangan menunda-nunda membeli tiket promosi. Jangan sampai menyesal kemudian karena menunda membeli promo tiket karena berbagai alasan.

Demikian beberapa cara dan tips untuk mendapatkan tiket murah. Selamat berburu tiket murah

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
5 (100%) 2 votes

Related Posts

Add Comment