6 Tips Pesan Hotel Lebih Murah

Ingin pesan hotel lebih murah? Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa pesan hotel dengan harga lebih murah lho.

Biaya tempat menginap atau hotel merupakan salah satu pengeluaran terbesar saat liburan. Itu sebabnya, jika bisa menginap di bagian ini lumayan lho kerasanya nanti. Paling ngga anggaran buat belanja oleh-oleh nambah lah ya..

Sebetulnya tips untuk mendapatkan harga hotel lebih murah di bawah ini bukan hal yang baru. Tapi, seringkali kita lupa..

pesan hotel lebih murah

1. Pesan Hotel Secara Online

Pesan hotel online melalui web layanan pemesanan hotel online seperti pegipegi, traveloka, dan lain-lain bisa lumayan menghemat lho.

Kenapa? Karena biasanya mereka memberikan diskon ataupun reward. Tidak jarang, selisih harga antara hotel dengan layanan ini lumayan jauh. Mereka bisa memberikan diskon karena ada deal khusus dgn hotel.

Misal; di web hotel 101 Bandung (http://the101hotels.com/en/hotel/bandungdago/) harga kamar mulai dari Rp 485.000/malam. Sedangkan jika booking via pegipegi harga kamar disini adalah mulai dari Rp 413.000/malam. Lumayan kan bedanya?

2. Jangan Pesan Mendadak di Weekend\Libur Panjang

Pemesanan mendadak seringkali tidak mendapatkan diskon. Apalagi di akhir pekan/libur, yang ada kita ngga kebagian kamar. Ribet bukan?

Usahakan untuk memesan beberapa waktu sebelumnya. Layanan pemesanan online juga seringkali memiliki jatah jumlah kamar terbatas buat hotel tertentu, sehingga kita bisa kehabisan saat mau booking di high season.

Rencanakan liburan anda sebisa mungkin sebelumnya. Memesan jauh hari sebelumnya bisa lumayan menghemat anggaran liburan.

3. Menginap Lebih Dari 1 Malam? Tanyakan Diskon Tambahan

Jika anda sudah memilih hotel dan berencana untuk menginap disana lebih dari 1-2 malam, coba tanyakan ke resepsionis, customer service, atw manager hotel untuk diskon tambahan. Ada kalanya hotel memberikan promosi khusus diskon tambahan, terutama jika bukan weekend.

Contohnya seperti di hotel Sun In Pangandaran. Saat saya menginap 2 malam disini, ditawari gratis 1 malam jika menginap 3 malam disini. Lumayan bukan?

Jangan malu buat bertanya, toh memang buat kepentingan kita juga bukan?

4. Pilih Hotel Sesuai Kebutuhan

Ini sebetulnya tergantung keinginan sih. Jika rencana liburan kita akan sering/seharian diluar hotel, ada baiknya memilih hotel yang lebih murah asalkan bersih dan nyaman.

Sayang juga kalau menginap di hotel mahal tapi dari pagi sampai malam kita menjelajah diluar.

Jika fungsi hotel sekedar buat tidur aja, kita bisa memilih hotel yang lebih murah tapi tetap masih nyaman.

5. Pilih Daerah yg Sedikit Jauh Dari Pusat Wisata

Biasanya hotel di daerah pusat wisata berharga lebih mahal. Seringkali jika kita mau mencari 1-2 km dari pusat wisata, harganya lebih murah. Selisihnya kadang lumayan lho..

Ada juga hotel dipinggiran yang berharga sama dengan hotel di pusat wisat. Tapi, fasilitas dan hotelnya jauh lebih baik.

Misalnya seperti di jogja. Hotel di daerah Malioboro seharga 300 ribuan seringkali fasilitasnya standar aja. Jika kita mau mencari sedikit jauh, misal di daerah wijilan, kita bisa dapat hotel dengan fasilitas dan suasana lebih baik dengan harga yg sama. Misalnya seperti Hotel Ndalem Maharani.

Tapi sebelumnya, pastikan dulu ada transportasi yang mudah dari hotel ke tempattujuan anda. Atau minimalnya bisa berjalan kaki dengn nyaman menuju tempat wisata.

6. Memilih Kostan Untuk Menginap

Di beberapa tempat wisata terdapat kostan yang bisa disewa harian, mingguan, atw bulanan. Bukan hanya kostan biasa, ada juga kostan ekslusif yg bisa disewa seperti itu.

Seringkali mereka menyewakan juga pada turis, terutama saat libur panjang.

Soal harga, seringkali jatuhnya lebih murah. Dengan harga 500 ribu sampai dengan 1 juta anda bisa mendapatkan tempat menginap yang enak untuk 1 bulan. Puas buat liburan. Bayar 1 bulan dipakai 1 minggu juga tentunya ngga masalah ya.

Untuk soal kostan ini ada baiknya ditanyakan terlebih dulu pada pengelola kostan. Anda bisa mencari kostan model seperti ini dengan googling di internet, cukup banyak kok.

Semoga tips ini bisa berguna ya, atau mungkin anda punya tips lain? silahkan tuliskan di komentar ?

Selamat Berlibur!

6 Tips Pesan Hotel Lebih Murah
5 (100%) 2 votes

Related Posts

Add Comment