Info Tempat Wisata Di Indonesia

Review Wisata Cipanas Garut Lengkap

0 6,246

Kawasan Wisata Cipanas Garut, tempat ini memang jadi salah satu tempat wisata unggulan di Garut. Letaknya dekat dengan pusat kota, dan juga gampang dijangkau.

Ada apa saja sih di tempat wisata Cipanas ini? silahkan baca info selengkapnya dibawah ini ya.

cipanas garut
image: sky-adventure.com

Lokasi Cipanas Garut

Lokasi Cipanas Garut strategis sekali. Dari pusat kota Garut hanya sekitar 6 KM saja. Sedangkan dari kota Bandung, letaknya kurang lebih 50 KM.

Dari jalan utama Bandung – Garut tidak jauh dari gerbang masuk kota Garut, nanti anda akan menemukan pertigaan jalan besar di sebelah kanan. Letak pertigaan ini tidak jauh dari rumah makan cibiuk. Anda Tinggal ikuti saja jalan ini dan nanti akan langsung masuk ke kawasan Cipanas.

Di sekitar sini terdapat banyak hotel. Mulai dari kelas resort sampai dengan hotel melati. Jadi untuk tempat menginap ngga perlu bingung, pilihannya cukup banyak.

Baca Juga :  Karacak Valley Garut, Tempat Wisata Baru Di Kota Intan

Transportasi Umum

Jika menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan angkutan umum dari Bandung ke Garut terlebih dulu. Anda bisa naik Bis dari terminal leuwi panjang ataupun terminal cicaheum Bandung. Bisa juga menggunakan angkutan umum Elf, tapi lebih sempit dan kurang nyaman. Alternatif lainnya adalah naik bis jurusan jakarta/bekasi – Garut di Cileunyi, tepat setelah gerbang tol Cileunyi

Silahkan turun di bundaran Tarogong (bundaran pertama nanti dikota Garut), lalu naik angkutan kota jurusan Garut-cipanas.

Peta Cipanas

Berikut ini peta Cipanas Garut yang kami ambil dari google map.

Pemandian Cipanas Garut

Bisa dikatakan, objek utama wisata disini adalah kawasan pemandian Cipanas Garut. Perlu di ingat, jika kita menyebut Cipanas itu merujuk ke satu kawasan/daerah. Jadi bukan berupa satu tempat wisata dengan satu tiket gerbang masuk.

Daya tarik utama kawasan ini adalah air panas alami yang langsung bersumber dari gunung Guntur, salah satu gunung api aktif yang terletak dekat sekali dengan Cipanas.

Air panas alami inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa tempat wisata disini menjadi kolam renang air panas, waterboom, ataupun kamar rendam. Jadi nanti saat berkunjung kesini, anda perlu memutuskan untuk berkunjung kemana.

Di kawasan Cipanas ini terdapat beberapa tempat yang bisa anda kunjungi. Masing-masing memiliki fasilitas dan keunikan sendiri. Jadi nanti pas anda berkunjung ngga bingung lagi, mau berkunjung kemana terlebih dulu.

Baca Juga :  Wisata Kawah Kamojang Garut

Harga Tiket Masuk Cipanas Garut

Harga tiket masuk Cipanas Garut sebetulnya tidak ada. Yang ada adalah tiket masuk ke masing-masing tempat di dalam kawasan ini saja.

Tidak ada gerbang sentral disini, jadi kita bisa bebas keluat masuk tanpa harus bayar tiket.

Waterboom Garut Cipanas

Salah satu tujuan pengunjung kesini adalah bermain air di waterboom yang ada di kawasan ini (waterboom garut cipanas).

Nah untuk fasilitas waterboom itu sendiri, terdapat dibanyak lokasi. Biasanya setiap tempat disini memiliki fasilitas waterboom untuk tempat bermain air anak-anak dan keluarga.

Salah satu waterboom yang cukup populer adalah waterboom sabda alam yang berada didalam area resort sabda alam Cipanas.

Danau Dariza Hotel dan Resort

cipanas garut danau dariza

Danau Dariza tempatnya cukup unik. Disini terdapat resort untuk menginap yang mengelilingi danau buatan, waterboom, restoran, dan berbagai fasilitas lain. Cocok banget buat menginap keluarga.

Semuanya dilengkapi dengan fasilitas yang komplit.

Baca Juga :  Curug Sang Hyang Taraje Garut, Keren Banget!

Resort Kampung Sumber Alam Garut

kampung sumber alam cipanas garut
image: dewi kusumawardhani, google maps

Resort Kampung Sumber Alam cukup terkenal juga di Cipanas. Lokasinya tepat berada di jantung Cipanas. Unit resort disini berkonsep pedesaan. Suasana malam hari disini indah dan adem banget dengan permainan cahaya yang romantis.

Di kawasan resort ini terdapat berbagai fasilitas yang juga bisa dinikmati umum seperti kolam renang air panas, kamar rendam air panas, restoran, dan juga cafe.

Sabda Alam Garut

sabda alam cipanas garut

Hotel dan resort Sabda Alam Garut juga merupakan salah satu tempat yang dikenal. taman air atau waterboom disini menjadi serbuan utama pengunjung.

Fasilitas lainnya juga tersedia seperti tempat menginap, kamar rendam, restoran, dan lain sebagainya.

Hotel Tirta Gangga Garut

tirtagangga cipanas garut

Hotel Tirta Gangga bisa dikatakan salah satu hotel lama di kawasan ini. Hotel ini bisa jadi pilihan menginap anda juga.

Selain hotel, disini juga terdapat fasilitas kolam renang air panas, pancuran terapi air panas, resotran, dan lain-lain.

Pemandian Ciengang Garut

Pemandian air panas yang satu ini konon memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kulit dan lainnya. Pemandian Ciengang memiliki suhu air yang lebih tinggi dibanding pemandian air panas lainnya di kawasan ini.

Fasilitas disini tidak selengkap yang lain, tapi pengunjung yang datang memang lebih bertujuan mencari manfaat kesehatannya.

Baca Juga :  Jaket Kulit Garut, Produk Incaran Wisatawan di Garut

Objek Menarik Lain

Selain bermain dan berendam air panas, anda juga bisa menikmati hal lain. Lokasi Cipanas Garut tepat berada di kaki gunung guntur, gunung api muda yang masih aktif di Jawa Barat. Dari Cipanas, gunung ni langsung terlihat jelas dengan ciri khasnya; Gundul tanpa pepohonan yang tumbuh.

Gunung ini cukup populer. Banyak pecinta alam yang mendaki gunung Guntur karena treknya cukup mudah, dan memiliki pemandangan yang luarbiasa indah dari puncaknya.

gunung guntur cipanas garut
image: instagram.com/khaerudinm/

Di kaki gunung guntur juga terdapat air terjun / curug citiis. Dulu air terjun ini banyak juga dikunjungi wisatawan lokal, meskipun untuk ke lokasi harus sedikit mendaki terlebih dulu. Sayangnya sekarang kondisi kaki gunung lumayan rusak karena penggalian pasir yang tidak terkontrol.

Dari Cipanas juga anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang tidak begitu jauh seperti Darajat, Kamojang, talaga bodas, dan juga situ bagendit. Anda bisa menginap di Cipanas dan mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan cukup mudah. Baca juga artikel tempat liburan link tempat wisata di Garut.

So, tertarik buat berkunjung ke Cipanas Garut? jangan lupa posting pengalaman anda di kolom komentar ya..Selamat berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.