Wisata Gunung Munara Bogor

Gunung Munara Bogor merupakan salah satu tujuan wisata alternatif yang mulai banyak dikenal pengunjung, khususnya pengunjung dari daerah Bogor, Jakarta, dan sekitarnya.Gunung munara terletak di desa kampung Sawah, kecamatan Rumpin, kabupaten Bogor. Tempat wisata alternatif ini cocok untuk anda yang ingin hiking ringan dengan lokasi yang tidak jauh dari Jakarta ataupun Bogor.

Sebetulnya gunung munara rumpin bogor ini lebih cocok untuk disebut bukit, karena memang tidak terlalu tinggi posisinya. Meskipun demikian pengunjung akan tetap dapat menikmati sensasi hiking naik gunung ringan dengan pemandangan yang cukup indah. Hanya dibutuhkan kurang lebih 1 jam untuk naik ke puncaknya.

wisata gunung munara rumpin bogor
sumber: setapakkecil.com

Situs Gunung Munara

Selain mendaki gunung/bukit, di tempat ini juga terdapat berbagai petilasan dan goa. Diantaranya goa Sukarno, konon diceritakan bahwa Bung Karno pernah menggunakan goa tersebut untuk bersemedi. Tempat lainnya seperti batu tapak si kabayan, batu menara azan, dan juga goa batu belah.

gunung munara rumpin bogor
sumber: jalanpendaki.com

Lokasi Gunung Munara

Tempat wisata ini terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Untuk menuju lokasi, yang cukup mudah adalah dengan menuju pasar parung terlebih dahulu, lalu ikuti jalan di belakang pasar parung menuju lokasi.

Rute menuju lokasi ( dikutip dari pesonaindononesia.blogspot.com )

Dari arah Jakarta :

Lebak Bulus lurus – Ciputat lurus – Gaplek lurus – Bojogsari lurus – Parung lalu belok kanan ke – Ciseeng – Rumpin – Basecamp situs Munung Munara.

Dari arah Depok :

Margonda lampu merah sebelum terminal belok kanan ke – Arif Rahman Hakim lampu merah belok kiri ke – Nusantara ketemu lampu merah belok kanan ke – Jl Raya Sawangan luruuuus terus lewat perempatan dtc – lurus ketemu pertigaan Parung Bingung ambil arah kiri ke Bojong Sari lurus terus ikutin jalan Raya Sawangan hingga ketemu lampu merah pertigaan Bojong Sari / Mc Donald belok kiri – lurusss terus ketemu Pasar Parung belok kanan – Ciseeng – Rumpin – Kampung Sawah – Situs Gunung Munara

(Dari teminal Depok sampai Pasar Parung bisa mengikuti angkot biru 03).

wisata Gunung munara bogor

Gunung munara bogor-gerbang masuk
sumber: hellobogor.com
Gunung munara bogor
sumber: jalanpendaki.com

Parkir untuk kendaraan adalah Rp 5000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Disarankan untuk menuju lokasi ini dipagi hari, agar perjalanan anda lebih adem dan nyaman. Jangan lupa siapkan juga minuman dan camilan ringan secukupnya.

Bagi anda berada di DKI jakarta dan sekitarnya yang ingin mencoba wisata alternatif naik gunung yang cukup ringan, lokasi wisata gunung munara cukup layak untuk anda coba.

Wisata Gunung Munara Bogor
3.69 (73.85%) 13 votes

19 Comments

Leave a Reply
  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata gunung munara.Benar benar sangat bermamfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata

  2. dibawah gunung munara ada sungai yg indah bisa mandi setelah dari atas gunung biar pulangnya segeer dan ilang bau acem hehehe, apalagi skrng lagi musim duren, murah dan mantap durennya,

  3. Kalo naik kereta dari stasiun bekasi gimana? Bisa gak? Cuma sampe stasiun bogor ya? Trus masih jauh ya? ?

  4. Mau tahu dong sejarah goa godawang trus explore wisata wisata yg ada di bogor jawa barat khusus yah parug panjang

  5. Dari stasiun bekasi turun di bogor naik angkot dulu mba turun di pasar apa yaa namanya lupa terus charter ajaa sampe gunung munara abisnya agak jauh kalo sampe pangkalan aja harus nyeea ojek lagi. Cahrter angkot bisa sampe parkiran dan langsung mulai perjalanan. Tapi pulangnya agak susah jangan terlalu sore karena jarang angkot

  6. klo pake mobil ati2 punglinya lumayan. sungainya kotor, trek blm tertata. perkampungannya juga kotor. kami ke sana bln lalu, ktemu hampir smua pengunjung ngeluh pungli tapi malas adu otot ama org kampung yg kampungan.

  7. Good post! I read your blog often and you always post excellent content. I posted this article on Facebook and my followers like it. Thanks for writing this!

  8. Hati hati punglinya bener bener menggila..
    Kalo naik bawa uang yang banyak..

    Parkir bayar
    Di bawah bayar
    Di tengah bayar
    Naik dikit bayar se iklasnya tapi maksa
    Naik lagi bayar lagi
    Di tengah tengah bayar lagi
    Bayar dan bayar

    Sistemnya blm tertata seperti pegunungan di jawa timur.. Kecewa saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *