Wisata Gunung Papandayan Garut

Wisata Gunung Papandayan Garut merupakan salah satu wisata alam favorit di kabupaten Garut. Kompleks wisata papandayan menawarkan keindahan alami berupa area kawah bekas letusan gunung api yang luas, area hutan mati bekas letusan, dan juga padang edelweiss tegal alun yang luas sekali. Ketinggian gunung papandayan kurang lebih 2665 Meter dpl, dan termasuk kategori mudah untuk pendakian atau sekedar hiking.

Lokasi Gunung Papandayan

jalur pendakian gunung papandayan

Gunung Papandayan terletak di kecamatan Cisurupan Garut, dan tidak begitu jauh dari pusat kota garut. Topografinya termasuk kawasan curam, berbukit dan disertai dengan tebing terjal. Disekitar kawasan masih hijau dan bagus. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan suasana dan udara yang segar disini.

Transportasi

Untuk menuju lokasi, anda cukup menuju kearah Cisurupan garut, searah dengan rute menuju pantai santolo. Di kecamatan Cisurupan (kurang lebih 30 Km dari garut kota) anda akan menemukan jalan menuju papandayan yang terletak tepat di pinggir Mesjid Agung Cisurupan.

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota jurusan cisurupan (warna putih-biru) dari terminal Garut, dan berhenti di alun-alun Cisurupan. Dari sana bisa menggunakan ojek untuk menuju ke lokasi. Jika rombongan, anda bisa langsung menyewa angkutan kota untuk langsung menuju lokasi.

Akses jalan ke lokasi juga sudah bagus, dan mudah dicapai. Anda bisa langsung parkir di area parkir utama yang cukup luas.

Peta lokasi gunung papandayan

Berikut peta lokasi gunung papandayan dari google map

Wisata

Di tempat ini, anda bisa menikmati area kawah yang luas (kurang lebih 10 ha) dengan pemandangan yang indah banget. Area kawah yang gersang dan putih, dibingkai dengan kawasan hutan hijau yang indah serta udara yang segar.

gunung papandayan garut

Selain itu juga terdapat tempat-tempat unik seperti kolam bekas letusan yang berada persis di pinggir kawah, kawasan hutan mati yang merupakan area hutan yang mati karena letusan terdahulu, dan juga area perkemahan seperti pondok saladah.

Selain itu juga terdapat padang edelweiss tegal alun yang merupakan salah satu padang edelweiss luas di Indonesia. Disini anda bisa melihat pemandangan yang cukup unik; bentangan edelweiss yang luas sekali.

Padang edelwiess tegal alun Papandayan

Bagi anda yang ingin mencoba naik gunung, jalur pendakian gunung papandayan tergolong mudah untuk pemula. tidak terlalu banyak tanjakan yang ekstrem dengan medan yang sulit. Bahkan kami pun yang sudah lama sekali tidak naik gunung, masih bisa hiking mengitari area kawah papandayan sampai dengan area padang edelweiss tegal alun dalam satu hari saja.

ketinggian gunung papandayan

letak gunung papandayan-kolam bekas letusan

mendaki gunung papandayan - bekas villa Belanda

pemandangan gunung papandayan

wisata gunung papandayan

 

Disini, anda bisa mengelilingi kawasan sendiri ataupun dengan menggunakan guide. Kebetulan kami saat itu menggunakan guide (kang doel – 087838391009) karena ingin melewati jalur lain yang yang kadang hanya diketahui oleh guide saja. Btw, untuk guide ini sy hanya sekedar berbagi info saja yah, ngga ada affiliasi apa-apa. kebetulan kemarin asik bgt guide nya jadi sekalian sy share aja.

Video youtube hiking gunung papandayan

Nah bagi anda yang suka dengan wisata alam, hiking di pegunungan, atau camping ringan, gunung Papandayan bisa jadi salah satu pilihan anda saat liburan nanti 😀



Wisata Gunung Papandayan Garut
4.2 (84%) 5 votes

Related Posts

2 Comments

  1. Djawa
    21 November, 2015
  2. erliana nariswari
    13 July, 2016

Add Comment