Wisata Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang merupakan salah satu wisata alam alternatif di Garut. Letaknya berada tepat di perbatasan Garut-Kabupaten Bandung dan ada didalam area geothermal PLTU Kamojang. Tidak mengherankan karena memang area ini memiliki sumber upa panas bumi alami yang dijadikan sumber pembangkit listrik oleh PLTU kamojang.

Lokasi Kawah Kamojang Garut

Terletak tepat didalam area geothermal PLTU kamojang Garut. Berada di perbatasan dengan kecamatan Ibun, kabupaten Bandung.

Untuk menuju lokasi, ada dua rute yang bisa digunakan.

1. Rute Bandung-Majalaya-Ibun-Kamojang.

Jalan dijalur ini cukup rusak dibeberapa area. Selain itu cukup sempit, dan di beberapa kilometer terakhir merupakan kombinasi jalan rusak dibeberapa tempat, tanjakan panjang, tikungan tajam. Tanjakan terakhir jelang memasuki area kamojang dikenal dengan nama tanjakan Monteng, karena memang panjang dan curam diakhiri dengan tikungan tajam.

Pastikan kendaraan anda sehat jika melewati jalur ini. Tidak direkomendasikan untuk jenis kendaraan yang rendah seperti sedan.

2. Rute Garut-Samarang-Kamojang

Jalur ini lebih direkomendasikan karena cukup bagus dan tidak terdapat area jalan yang berbahaya. Selain itu, sepanjang jalan cukup hijau dengan pemandangan alam.

Rute ini cukup mudah untuk di ikuti. Cukup menuju ke arah Samarang dari kota Garut, lalu belok kanan di pertigaan menuju kamojang –  kampung sampireun. Rute ini memang satu jalur dengan tempat wisata lain yang terkenal di garut, yaitu kampung sampireun dan kebun mawar situhapa.

Jadi, dengan melalui rute ini rekan-rekan bisa menikmati beberapa tempat wisata di Garut sekaligus.



Wisata Kawah Kamojang Garut

Di area wisata kawah kamojang Garut, rekan-rekan bisa menikmati beberapa kawah yang cukup unik. Selain itu juga suasana sekitarnya masih alami dan segar.

Biasanya, wisatawan yang datang mengunjungi beberapa area seperti kawah manuk . Kawah ini terletak tepat di pinggir jalan dan bisa langsung rekan lihat saat berkunjung kesini.

kawah kamojang garut

kawah kamojang

Lokasi kawah ini berada sebelum gerbang masuk ke kawasan Kamojang Garut. Rekan-rekan ngga perlu membayar tiket masuk untuk melihat kawah ini.

Hati-hati untuk tidak masuk ke dalam area kawahnya ya. Meskipun sering terlihat kering, lumpur dibawahnya masih lumayan bisa menjebak kaki dan panas juga.

Selain itu, juga terdapat kawah kereta api. Disebut demikian karena kawah ini mengeluarkan suara siulan mirip suara kereta api, yang berasal dari tekanan uap panas bumi

 

kawah kereta api kamojang

source: https://instagram.com/cadileka/

Dulu iseng nyobain ini.. Ternyata ngga segampang yg dibayangkan, malah diketawain si abah :v

A video posted by irvan (@kucingkuelder) on


Selain di kawah kereta api, rekan-rekan pun bisa mandi uap di kawah hujan. Uap disini konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

kawah hujan kamojang garut

source: tempo.co

kawah kamojang garut bandung

diluar area wisata kawah

Ada juga penangkaran elang yang terletak sebelum masuk area geothermal kamojang.

Jika melalui rute Garut rekan-rekan bisa sekalian berkunjung ke kampung sampireun, salah satu objek wisata dan tempat bermalam yang terkenal di Garut. Tempat lainnya yang bisa dikunjungi adalah kebun mawar situhapa, yang terletak tidak jauh dari kampung sampireun.

Objek wisata lain yang berdekatan dengan area kawah kamojang adalah area wisata darajat. Untuk menuju kompleks wisata darajat, rekan-rekan harus memutar balik dulu ke arah Samarang dan lanjut belok kanan di pertigaan samarang-kamojang.

Selain kampung sampireun dan kebun mawar situhapa, juga terdapat Kamojang Green Hotel & Resort, salah satu pilihan tempat menginap di Garut yang terbilang masih baru tapi sudah cukup dikenal sebagai resort tujuan wisata di Garut.

Kamojang Green Hotel & Resort

Info hotel-hotel tempat menginap di Garut bisa rekan-rekan lihat dibawah ini;

So, jika rekan-rekan berlibur ke Garut, kawah kamojang dan sekitarnya bisa jadi tujuan wisata alternatif untuk liburan anda di Garut.

Wisata Kawah Kamojang Garut
5 (100%) 4 votes

Related Posts

Add Comment