Info Tempat Wisata Di Indonesia

Wisata Kawah Kamojang Garut

2 7,105

Kawah Kamojang merupakan salah satu tempat wisata alam alternatif di Garut. Letaknya berada tepat di perbatasan Garut-Kabupaten Bandung dan ada di dalam area geothermal PLTU Kamojang.

Tidak mengherankan karena memang area ini memiliki sumber uap panas bumi alami yang dijadikan sumber pembangkit listrik oleh PLTU kamojang.

Disini juga ada wisata kawah yang bisa dikunjungi. Kalau rekan-rekan berkunjung ke kampung sampireun atau ke kebun mawar situhapa, bisa sekalian mengunjungi tempat ini. Ngga terlalu jauh kok..

Lokasi Kawah Kamojang Garut

Terletak tepat didalam area geothermal PLTU kamojang Garut. Berada di perbatasan dengan kecamatan Ibun, kabupaten Bandung.

Untuk menuju lokasi, ada dua rute yang bisa digunakan.

1. Rute Bandung-Majalaya-Ibun-Kamojang.

Jalan dijalur ini cukup rusak dibeberapa area. Selain itu cukup sempit, dan di beberapa kilometer terakhir merupakan kombinasi jalan rusak dibeberapa tempat, tanjakan panjang, tikungan tajam. Tanjakan terakhir jelang memasuki area kamojang dikenal dengan nama tanjakan Monteng, karena memang panjang dan curam diakhiri dengan tikungan tajam.

Pastikan kendaraan anda sehat jika melewati jalur ini. Tidak direkomendasikan untuk jenis kendaraan yang rendah seperti sedan.

Baca Juga :  Curug Sang Hyang Taraje Garut, Keren Banget!

Update terbaru:

Sekarang ngga perlu lagi melewati tanjakan monteng untuk menuju kawah kamojang. Sudah ada jalan baru yang memotong dan langsung masuk ke area geothermal. Jadinya sekarang rute ini udah ngga ada jalan jeleknya, kalau nanjaknya sih masih sama 😀

Ntar juga di rute baru kita bakal melewati kamojang hill bridge, jembatan kuning Kamojang yang suka dipakai tempat istirahat pengunjung.

kamojang hill bridge - jembatan kuning kamojang
kamojang hill bridge – jembatan kuning kamojang

2. Rute Garut-Samarang-Kamojang

Jalur ini direkomendasikan kalau anda berangkat dari arah Garut. Sepanjang jalan cukup hijau dengan pemandangan alam.

Rute ini cukup mudah untuk di ikuti. Cukup menuju ke arah Samarang dari kota Garut, lalu belok kanan di pertigaan menuju kamojang –  kampung sampireun. Rute ini memang satu jalur dengan tempat wisata lain yang terkenal di garut, yaitu kampung sampireun dan kebun mawar situhapa.

Jadi, dengan melalui rute ini rekan-rekan bisa menikmati beberapa tempat wisata di Garut sekaligus.

Wisata Kawah Kamojang Garut

Di area wisata kawah kamojang Garut, rekan-rekan bisa menikmati beberapa kawah yang cukup unik. Disebut unik karena emang beda dengan kawah pada umumnya.

Biasanya yang disebut kawah itu adalah bekas letusan gunung. Sedangkan disini, kawahnya berupa bekas pengeburan uap bumi, dan juga semacam keluaran uap panas bumi.

Jadi ngga ada bentuk kawah gunung pada umumnya. Meski demikian, tempatnya lumayan asik lho, suasana sekitarnya masih alami dan segar.

Baca Juga :  Jaket Kulit Garut, Produk Incaran Wisatawan di Garut

Kawah Manuk

Biasanya, wisatawan yang datang mengunjungi beberapa area seperti kawah manuk .

Kawah ini terletak tepat di pinggir jalan dan bisa langsung rekan lihat saat berkunjung kesini.

kawah manuk - kawah kamojang garut

kawah kamojang garut

Lokasi kawah ini berada sebelum gerbang masuk ke kawasan Kamojang Garut. Rekan-rekan ngga perlu membayar tiket masuk untuk melihat kawah ini.

Hati-hati untuk tidak masuk ke dalam area kawahnya ya. Meskipun sering terlihat kering, lumpur dibawahnya masih lumayan bisa menjebak kaki dan panas juga.

Kawah Kereta Api

Di lokasi utama, ada dua kawah yang bisa kita lihat. Yang pertama adalah kawah kereta api. Disebut demikian karena kawah ini mengeluarkan suara siulan mirip suara kereta api, yang berasal dari tekanan uap panas bumi.

kawah kereta api - kawah kamojang

Kawah kereta api sebetulnya bekas penggalian uap panas bumi pertama yang dibuat di zaman Belanda. Sampai sekarang, sumur bor ini masih mengeluarkan uap panas bumi dengan suara super kencang.

Biasanya suka ada kakek ini yang jagain. Kita bisa menyimpan semacam bola kesana dan akan terbang keatas. Bisa juga nyobain menyimpan pipa ke sisi sumur sampai keluar suara siulan nyaring.. ngga mudah lho..

Dulu iseng nyobain ini.. Ternyata ngga segampang yg dibayangkan, malah diketawain si abah :v

A video posted by irvan (@kucingkuelder) on

Jangan lupa buat ngasih tips ke si Abah ya.. berbgai rezeki 🙂

Baca Juga :  Karacak Valley Garut, Tempat Wisata Baru Di Kota Intan

Kawah Hujan

Selain di kawah kereta api, rekan-rekan pun bisa mandi uap di kawah hujan. Uap disini konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.. katanya.. 😀

kawah hujan - kawah kamojang

Disini, uap panas bumi keluar dari tanah dengan jumlah banyak. Cocoklah buat sauna alami..

Video Wisata Kawah Kamojang

Biar lebih jelas, tonton aja video kawah kamojang dibawah ini ya. Di video, rute yang digunakan adalah rute Majalaya – Kamojang.

Fasilitas Di Lokasi

Fasilitas yang ada di lokasi cukup lengkap. Mungkin karena ada di area pengelolaan pertamina, jadi banyak mendapatkan bantuan. Suasananya juga rapi, dan bersih.

Fasilitas yang ada;

  • Warung ada beberapa dan cukup lengkap.
  • Tempat parkir luas.
  • Toilet di parkiran dan di dekat kawah hujan
  • Tempat sampah lumayan banyak
  • Banyak gazebo dan tempat duduk
  • Kamar buat mandi air panas, murah cuma Rp 4000 sepuasnya. Tapi minim fasilitas.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawah Kamojang cukup murah. Cuman kebetulan kemarin ngga dikasih tiket karena terlalu sore datengnya. Daan lupa foto daftar harga tiket yang ada di gerbang masuk.

Saat saya kesana, tiket untuk dua ornag dan 1 motor Rp 19.000 saja. Parkir didalam Rp 2000, dan kalau mau berendam di kamar yang tersedia bayar Rp 4000.

kawah kamojang perbatasan garut bandung
selfie dulu .. :p

Jika melalui rute Garut rekan-rekan bisa sekalian berkunjung ke Kampung sampireun, salah satu objek wisata dan resort tempat bermalam yang terkenal di Garut.

Tempat lainnya yang bisa dikunjungi adalah Kebun Mawar Situhapa, dan Kamojang Green Resort yang terletak tidak jauh dari kampung sampireun. Kamojang Green Hotel & Resort adalah salah satu pilihan tempat menginap di Garut yang terbilang masih baru tapi sudah cukup dikenal sebagai resort tujuan wisata di Garut.

Objek wisata lain yang berdekatan dengan area kawah kamojang adalah area wisata darajat.

Untuk menuju kompleks wisata darajat, rekan-rekan harus memutar balik dulu ke arah Samarang dan lanjut belok kanan di pertigaan samarang-kamojang.

Baca Juga :  3 Pemandian Air Panas Di Garut Yang Bikin Betah

Info hotel-hotel tempat menginap di Garut bisa rekan-rekan lihat dibawah ini;

So, jika rekan-rekan berlibur ke Garut, kawah kamojang dan sekitarnya bisa jadi tujuan wisata alternatif yang lumayan asyik..

Selamat berlibur!

Review Kawah Kamojang Garut
77%
Awesome
  • Kenyamanan/Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses Lokasi
You might also like
2 Comments
  1. tatang mustafa says

    jalan ini tembus kemana admin? bisa ke tasik?

    1. Irvan says

      bisa om, ini bisa jadi rute alternatif kalau mau ke Garut dari Bandung, atau dari arah garut ke bandung..

      kalau waktu mudik rute utama garut-bandung biasanya macet total, rute ini biasanya kosong

Leave A Reply

Your email address will not be published.