Info Tempat Wisata Di Indonesia

Wisata Maribaya Bandung Yang Semakin Cantik

90 18,908

Tempat wisata Maribaya Bandung sekarang sudah bersolek cantik lho. Sedari dulu, Maribaya Lembang dikenal sebagai salah satu tempat wisata di daerah Bandung utara. Hanya saja identik dengan tempat yang kumuh, kotor, dan suka dipakai ‘pacaran’.

Sekarang setelah direnovasi cukup lama, kawasan ini berganti management dan berubah nama menjadi Maribaya Resort Bandung. Tampilan dan fasilitasnya berubah jauh 180 derajat lho, sekarang lebih nyaman dan indah. Silahkan simak review kami tentang salah satu tempat wisata di Bandung utara ini.

Kawasan Wisata Maribaya Lembang

Area wisata Maribaya Lembang sudah lama dikenal di Bandung, puluhan tahun lho umurnya. Tempat ini bisa dikatakan salah satu tempat legendaris di Bandung, tujuan jalan-jalan favorit orang tua dulu. Di sini kita bisa menikmati air terjun, berendam air panas, dan menikmati hutan hijau karena memang letaknya berbatasan dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Kawasan ini di renovasi cukup lama. Akhirnya sekitar bulan Juli 2015 kembali dibuka untuk umum, dengan konsep yang berbeda. Sekarang lokasi wisata Maribaya Bandung dikenal dengan nama Maribaya Resort, atau Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Jika anda dulu pernah kemari sebelum direnovasi, siap-siap untuk pangling deh 😀

Baca Juga :  Tebing Keraton Bandung

Lokasi / Jalan ke Maribaya Bandung

Alamat dari Maribaya Resort adalah di jalan Maribaya no 105/202 Lembang, Bandung 40391. No tlp 022) 827 82228 / 0812 9373 5423 / 0822 1415 3019.

Letaknya kurang lebih 6 KM dari pasar Lembang, atau kurang lebih 14 KM dari pusat kota (Gedung Sate). Letaknya memang tidak begitu jauh dari kota, namun suasananya cukup kontras; hijau, dan segar. Ada beberapa alternatif jalan ke Maribaya yang bisa anda gunakan (asumsi anda beragkat dari Dago Bandung) ;

  1. Melalui rute Dago – jalan setiabudi (UPI/Ledeng) – Lembang – Maribaya. Jalannya bagus dan lebar, hanya saja lumayan memutar jauh.
  2. Melalui rute Dago – Dago atas – belok kiri di pertigaan setelah terminal dago ke arah Dago Giri – Lembang – Maribaya. Jalannya cukup bagus tapi sempit. Jalan ini melewati juga cafe-cafe terkenal seperti Lawangwangi, Cafe Salse, rumah miring, dll. Perhatian; harap berhati-hati dan gunakan kendaraan yang sehat, karena banyak tanjakan tajam dengan jalan yang sempit.
  3. Melalui rute Dago – Ciumbuleuit – Punclut – Lembang – Maribaya. Melewati area wisata Punclut. Jalannya sempit, cukup rusak (ciumbuleuit-punclut), Banyak tanjakan panjang.
  4. Rute alternatif Dago – Taman Hutan Raya Juanda – Hiking menembus hutan raya juanda ke Maribaya. Jalannya bagus, dan jalur hikingnya juga enak. Anda sekalian menikmati taman hutan raya Juanda. Hanya saja harus siap bolak-balik berjalan 😀

[alert-success]Menginap di Lembang? lihat list hotelnya disini[/alert-success]

Peta Maribaya

Berikut ini adalah peta Maribaya Bandung, diambil dari google map.

Harga Tiket Masuk Maribaya

Harga tiket masuk Maribaya saat ini menurut kami termasuk mahal. Entry Fee nya adalah Rp 35.000/orang. Selain itu, untuk menikmati sarana-sarana didalamnya kita pun harus merogoh kocek yang cukup lumayan.

Pastikan rekan-rekan sudah tahu dan mengerti tentang hal ini sebelum datang ya..

Harga tiket masuk maribaya

Jam Operasi

Saat artikel ini dibuat, area wisata maribaya hanya buka pada hari Jum’at – Sabtu – Minggu. Buka mulai dari pukul 8.00 pagi sampai dengan pukul 8 malam

Area Wisata di Maribaya

Didalam kompleks wisata maribaya resort, terdapat beberapa area utama yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Penataan ruang dan lokasi cukup bagus dan terlihat asri. Selain itu banyak terdapat spot-spot bagus untuk berfoto ataupun beristirahat. Area-area dalam lokasi antara lain;

Air terjun Maribaya

Kawasan ini dilewati oleh dua buah sungai; sungai cigulung dan cikawari. Di lokasi juga terdapat 3 air terjun; air terjun/curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

Di curug Cikawari, anda bisa turun dan bermain air.

curug maribaya - curug cikawari
curug maribaya – curug cikawari

Anda tidak bisa bermain air di curug cigulung karena cukup dalam. Tetapi anda bisa menikmati suasananya dari Twig Cafe yang berada persis di sisi curug Cigulung.

Baca Juga :  Wisata Kawah Putih Bandung
Curug maribaya - curug cigulung
Curug maribaya – curug cigulung

Saat googling mungkin anda akan menemukan informasi yang menuliskan gambar dibawah ini sebagai curug maribaya. Gambar dibawah bukanlah curug maribaya, melainkan curug omas.

curug omas bandung
curug omas, bukan curug maribaya

Lokasi curug omas memang dekat dengan maribaya, namun berbeda lokasi. Curug omas berada didalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda, bukan di kawasan maribaya. Anda pun harus membeli tiket lagi untuk masuk ke kawasan hutan raya Juanda.

Satu hal yang disayangkan, sungai yang mengalir dilokasi terutama sungai Cigulung masih rada kotor. Terdapat banyak sampah yang berkumpul terbawa arus sungai dari atas.

Pilihan hotel di Cihampelas Bandung

Sky Bridge Tapak Halimun

Sky bridge tapak halimun merupakan platform berupa jalan/jembatan yang berada di sebelah kiri area. Dari sini kita bisa melihat sebagian besar area maribaya resort. Tempat ini juga jadi salah satu spot favorit untuk berfoto ria.

Sky bridge maribaya bandung

maribaya bandung
bareng mantan pacar :3
Baca Juga :  Dusun Bambu Lembang Di Bandung, Review Dan Harga Tiket Masuk

Ampitheatre Bale Pinton

Area ini cocok untuk acara seperti pernikahan, family outing, gathering perusahaan, dll. Bisa menampung 200 orang. Kita bisa menyewa area ini untuk kegiatan-kegiatan dengan banyak peserta.

Kolam Rendam Air Panas

Kolam rendam air panas alami disini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Banyak juga digunakan sebagai pengobatan. Ada beberapa jenis kolam rendam air panas yang disediakan;

  • Deluxe Pool. Harga tiket masuknya Rp 75.000/orang
  • VIP Pool. Harga tiket masuknya Rp 150.000/orang, termasuk handuk, bandrek, dan ikan bakar.
  • Foot Spa/kolam rendam kaki. Tiket masuknya Rp 30.000/orang
  • Kamar berendam private Tirta Raga. Harga promosi Rp.90.000/orang

Kolam Talaga Giri

Merupakan kolam pancing dan tangkap ikan. Kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain disini, namun tarifnya cukup lumayan juga;

Talaga giri maribaya bandung

Kolam pancing ; Rp 20.000/30 menit

Kolam tangkap ikan ; Rp 15.000/15 menit.

Tempat Makan

Ada beberapa area yang bisa anda gunakan untuk beristirahat sambil menikmati makanan, ataupun sekedar ngemil mengisi perut.

Twig Cafe

Terletak persis di pinggir curug Cigulung. Disini anda bisa mengisi perut sambil menikmati suara dan pemandangan air terjun cigulung. Tempatnya cukup bagus.

Food Court Langlang Buana

Berada dibagian depan, diluar gerbang kompleks. Disini terdapat berbagai makanan dan minuman yang bisa anda nikmati. Jika hanya ingin menikmati makanan disini, anda tidak perlu masuk/membeli tiket masuk lokasi.

Lihat gallery foto maribaya resort lengkap >> di link ini. <<

Baca Juga :  Review Farmhouse Lembang di Bandung, Harga Tiket Masuk, Peta Dan Fasilitas

Sarana Pendukung

Sarana pendukung di Maribaya Bandung cukup lengkap, antara lain;

  • Terdapat dua area parkir yang cukup luas. Jika rombongan dengan Bis, bisa parkir di area parkir seberang dan pengunjung bisa dijemput dengan mobil khusus ke lokasi.
  • Mushala yang cukup bagus.
  • Toliet cukup banyak tersedia. Toilet didalam lokasi gratis untuk digunakan. Sedangkan toilet diluar gerbang harus bayar Rp 2000.
  • Bangku untuk istirahat juga banyak terdapat di sekitar lokasi. Cocok untuk istirahat ataupun sekedar berfoto-foto.

Resort Maribaya Bandung menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan di Bandung. Selain dari harganya yang terbilang mahal, lokasi dan suasananya cukup asyik untuk berlibur bersama keluarga.

Selamat berlibur!

Daftar hotel murah di Bandung, klik disini

You might also like
90 Comments
  1. Marsia says

    Ijinkan saya berbagi cerita mengenai pengalaman kami hari ini di Air Terjun Maribaya. Hal ini saya sampaikan untuk menjadi pelajaran bagi para traveller dan pengunjung.
    Setelah browsing dan melihat gambar Air Terjun Maribaya, hari ini kami memutuskan untuk berkunjung ke Air Terjun Maribaya.

    Ternyata pemandangannya tidak seindah gambar di dunia maya (yah namanya jg maya ?). Jalur berjalan tidak terawat, sampah bertebaran dan air pun kotor. Salah satu hal yang menjadi perhatian kami adalah faktor keamanan. Sebelah kanan kami adalah dinding tanah rawan longsor dan motor yang lalu lalang di jalur pejalan kaki. Dengan keadaan seperti ini sebenarnya kurang layak untuk direkomendasikan sebagai tempat wisata.
    Hal ini bagi kami tidak menjadi masalah, namun yang menjadi masalah adalah penipuan tersembunyi yang dilakukan kepada kami.

    Kami (5 orang dgn 1 mobil) tiba di pos depan dan membayar 225.000 untuk biaya masuk.
    Di halaman parkir kami disambut seorang pria kecil berbaju flanel hijau dgn topi hitam, dan mengatakan bahwa dia adalah Tour Guide kami untuk berjalan kaki ke air terjun. Kami pun mulai berjalan.

    Setelah berjalan sekitar 15 menit, sang Tour Guide mengatakan bahwa biaya Tour Guide terpisah dgn biaya masuk. Sepertinya hal ini dilakukan secara sengaja oleh Tour Guide. Biaya Tour Guide sebesar 250.000, biaya Tour Guide lebih mahal dari biaya masuk
    Kami terkejut dgn hal ini. Karena sudah berjalan cukup jauh dan tidak mungkin membatalkan, maka kami menawar harga dan sepakat di angka 200.000
    Saat perjalanan usai dan kembali tiba di halaman parkir, kami menyerahkan biaya 200.000 tadi ke sang Tour Guide. Tanpa tedeng aling2, sang Tour Guide meminta tambahan biaya 100.000 dengan alasan berjalan kaki lebih dari 1 jam. Kami luar biasa terkejut karena hal ini tidak disampaikan di awal.

    Di wilayah Maribaya ini banyak lokasi yang bisa dikunjungi, mulai dari Air Terjun, Goa Belanda, sampai dengan tebing Keraton. Perjalanan ke Air Terjun adalah 1.5km dan ke Goa Belanda adalah 4.3km.
    Berjalan kaki pulang pergi ke tempat ini sudah pasti memakan waktu lebih dari 1 jam. Berdasarkan ucapan sang Tour Guide tadi, maka jika menggunakan Tour Guide tamu akan diminta untuk membayar tambahan 100rb per jam.

    Saya adalah penduduk asli Bandung. Sangat disayangkan objek wisata seperti ini dengan biaya masuk yg cukup besar, tidak terpelihara dengan baik serta dijaga oleh oknum yang berusaha mengambil keuntungan maksimal dari pengunjung.
    Bagaimana objek wisata kita bisa berkembang ditangan kualitas manusia yang seperti ini.

    Semoga pengalaman kami bisa menjadi pembelajaran bagi para pengunjung, pengelola dan para pihak terkait.

    1. nativeindo says

      waduh.. turut prihatin untuk pengalamannya mba 🙂
      kebetulan saat sy datang kondisi Maribaya masih baru dibuka dan bukan weekend, jadi masih bersih dan enak dilihat.

      Untuk yg tour guide, kemungkinan itu dari oknum diluar pengelola kyknya, soalnya sy ngga ditawarin tour guide atau apapun. Penawaran resmi harusnya datang di loket semua bukan dari lokasi lain. Sudah bukan rahasia lagi kalau tempat wisata di jawa barat itu banyak bgt oknum penipu.

      Mungkin bisa jadi info juga, buat ke tebing keraton mending langsung ke lokasinya saja via jalan utama kesana. Dari maribaya atau dari thr juanda pasti dipungut biaya besar oleh ojek/guide yg kurang jelas. Air terjun dan goa belanda/goa jepang bisa diakses langsung dari gerbang taman hutan raya juanda baik dari gerbang dago atau gerbang lembang dekat maribaya..

      menurut sy untuk berkeliling lokasi ini ngga perlu guide atau sejenisnya akrena jalan yang jelas. Biasanya guide yg nawarin itu tidak resmi.

      Untuk itu mungkin buat pembaca lain pengalaman mba ini bisa dijadikan pelajaran..Usahakan selalu konfirmasi lgsg dengan pengelola soal pungutan besar yg ga jelas semacam guide seperti ini.

      btw mba, tulisannya sy copy dimasukin ke posting ya biar jadi catatan juga buat pembaca lain, dan mungkin pengelola kalau kebetulan baca artikel ini.. terima kasih infonya

    2. jali says

      Mendingan naik motor mba kalo kesana dulu saya cuma berdua habis 24rb parkir motor 5rb

      1. jica says

        Kalau dari ceritanya katanya itu bukan maribaya resort / curug maribaya @marsia. Soalnya ceritanya sama kaya saya. Sy pernah ditipu oknum ojek. Itu tempatnya ditaman hutan raya ir hj juanda (setelah sy telusuri lg). Ditaman ir.hj.juanda rutenya ada curug omas (ini bukan daerah maribaya), goa belanda, tebing keraton, penakaran rusa. Memang dstu tempatnya kotor, tdk terawat, banyak oknum jahat (apalagi ojek yg pasang harga berkali lipat dr biasanya), tempatnya jg NOT RECOMMED bgt. Emg banyak bgt blogger ga bisa bedain maribaya n. Taman hutan raya, sy jg tahunya gara2 pengalaman. So, itu bukan maribaya. Jd jgn sampai salah tempat ke taman hutan raya juanda.

  2. idhien says

    Harga ticket maribaya berapa ya yg jelas?
    Θî internet saya buka ada 35.000. Dan ada 10.000… Yg benar yg mana yah?? Rencana saya 1 bus tgl 05 mei 2016.. Saya menghubungi pihak maribaya gak ada respons.

    1. nativeindo says

      terakhir saya kesana harganya seperti yang di foto diatas mas/mba, Rp 35.000/orang..
      harga Rp 10.000 kemungkinan itu harga lama sebelum maribaya di renovasi dan dikelola oleh pengelola yang sekarang..

    2. Nursepti says

      Bagaimana mba/mas?? Sudah berangkat ke maribaya?? Rencana kami akan berangkat 1 bus tanggal 21 mei 2016. Mohon informasinya.

    3. tanjung says

      tiket masuk 35 rb, parkir 5000 motor, mobil mkin 10.000 , mandi 40 ribu sampai 150 rb… permainan lain bayar lagi mulai 15 000…. siap siap aja bawa duit min 1/2 juta. klu dulu dg 100.000 cukup.

    4. tanjung says

      tiket masuk 35 rb, parkir 5000 motor, mobil mkin 10.000 , mandi 40 ribu sampai 150 rb… permainan lain bayar lagi mulai 15 000…. siap siap aja bawa duit min 1/2 juta . klu dulu dg 100.000 cukup.

  3. Donald says

    Broo Klw Mobil Bus Bsa Langsung Parkir Ke Tempat Wisata Ga, ??? Tolong Info Nya Butuh Buat Liburan Lbaran

    1. nativeindo says

      Bus bisa masuk gan, parkiran ada dua tempat jadi lumayan lega..
      Btw coba cek komen sebelumnya ya, hati-hati dengan penipuan jasa guide..

      Ngga perlu guide buat masuk/muterin maribaya mah..

  4. Benny says

    Klo bukan weekend gk buka yach tempatnya..?

  5. herman says

    Mau tanya tanya biaya klo buat preweed brp ya.terimakasih

    1. admin says

      kurang tahu gan kalau buat prewed di maribaya resort, mungkin bisa langsung dikontak aja langsung :
      Email address : [email protected]
      Phone. (022) 8278 2228
      Mobile 0812 9373 5423
      WA 0822 1415 3019

      kontak di kutip dari web maribaya-resort.com

  6. hermanto says

    buset mahal amat ya…terakhir gue kesana thn 2010 harga masih 6rb..
    lebaran tahun ini H 2 mo berangkat lagi kesana rombongan pake 1 bus..kira2 bakal gimana???? ????

  7. Oethink075 says

    Waduh Sabtu Besok 5 agustus 2016 Saya Mau ke maribaya …
    Gimana Kalo ada Pungutan liar Bawa duit pas Pasan..
    Haduuuuuhhh haduuuhhh jadi takut rencan untuk main besok ke maribaya…

    1. admin says

      Pungutan liar biasanya sama oknum dari luar area maribaya sih gan, dari luar..dia seolah2 pegawai dan bilang wajib pakai guide dll..padahal ngga sama sekali. Biasanya beroperasi diluar maribaya/di parkiran..di dalam mah ngga ada.

      Jadi kalau diparkiran ada yg nawarin ini itu cuekin aja, langsung ke loket pembayaran buat semua info dll..

  8. suwondo says

    klo tidak ada yg mengelola alias Liar atau TIDAK PROFESIONAL , yaa sudah gak usah didatengi lagi ….
    Ini agar bisa dijadikan pelajaran kpd semua tempat2 Rekreasi , agar biasa bekerja dgn Profesional , terkoordinasi antara Pemda , Pengelola , Polisi .

    Klo gak bisa Profesional tutup saja ,biar sepi ga ada yg dateng…adilkan..

  9. RANTINA says

    haduh ko komenan ny mlah bkin takut mau dteng k wisata itu y..soal ny saya ma rombongan pekerja di pt rencana mau ke Maribaya tgl 11 Desember 2016 sekitar 4 mbil bis lok biaya ny gx jlas gitu bisa rugi bnyk dong..tlong info ny lgi ya yang udah k sana.

    1. admin says

      Ngga kok om, aman-aman aja..cmn hati2 aja kalau ada yg nawarin ini itu dgn harga tinggi diluar lokasi takutnya oknum luar yg manfaatin . Langsung ke kantornya/loket tiketnya aja kalau butuh ini-itu biar aman dan resmi

      1. Tony says

        Anda ngomong “hati2 aja” …. itu menandakan situasi yg TDK AMAN untuk orang luar.
        Ini tempat wisata apa kampung orang sih… masa ada “pemain” di dalam lokasi wisata. Tangkap dong kalau memang ini ada pengelolanya. Nih saya kasih contoh ya.. Anda pergi ke The Jungle trus ke Jungle Land trus ke Jungle Park, Kebun Raya, Kebun Cibodas, Kota Bunga (semua di bogor) DIJAMIN TIDAK ADA orang di dalam lokasi minta-minta uang selain tiket resmi. Gitu dongggg….
        Situasi ini merugikan pihak pengelola tahu gak ..? karena blog ini dibaca banyak orang dan mereka bisa batal ke sini. Atau jgn2 ini “para pemain” di piara sama oknum org dalam jadi mereka setoran ke Oknum.
        Manajemen baru harus tahu masalah ini, apalagi baru sedang ganti manajemen, bisa2 sepi nih tempat.

  10. ahmad saepudin says

    info nya dongg buat ke maribaya .saya berangkat tgl 4 september .. mohon info nya dong gan yg udah pernah kesana

  11. Riri says

    wah ngeri juga ada oknum yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. saya juga ada rencana kesana tgl 4 september, jadi kalau ada guide yang tiba-tiba deketin, dicuekin aja nih min? terus kalau guide nya itu tetap ngikutin gimana? apa bilang dari awal kalau ngga butuh guide aja gitu? mohon masukannya ya

    1. admin says

      di cuekin aja, kalau ada perlu ini itu mending langsung ke loket tiket atw petugas resmi yg ada aja…

      Area Maribaya kecil kok, ngga perlu pakai guide. Kecuali kalau mau sekalian ke taman hutan raya juanda, itu juga bisa dijelajahi tanpa guide secara jelas rutenya 😀

      1. Tony says

        Iya dicuekin aja bagi yang sudah baca blog ini….. bagi yg gak baca..??
        Apa mereka tau bahwa nanti ditengah jalan dimintai uang sebagai tour guide, iya kalo rombongan cowo… pembberani.. bisa diajak ribut. Kan mereka minta nya sengaja setelah berjalan jauh baru ngomong minta duit, itukan Pemalakan Terselubung. , kalau cewe semua… sdh pasti kena palak. Itu artinya tempat ini TIDAK FRIENDLY.

        1. Irvan says

          lah si om ini kok marah-marah ke saya? 😀 Sy mah nulisin info aja ngga ada hubungan apa-apa sama pengelola

          punten ah

  12. hilmi says

    Jadi takut ke maribaya

  13. Wina says

    Waduuuh saya juga mau ke maribaya tgl 5 Sept jadi takut soalnya kan bukan asli bandung, karna biasanya oknum seperti itu suka maksa dan meyakinkan seolah2 petugas resmi.

    1. admin says

      tegas aja mba, kalau ngga cuekin aja.. Biasanya oknum gini beraksi di luar area, kalau di dalam mah ngga ada

      1. Wina says

        Ka mau tanya dong info untuk maribaya ga di tutup kan?
        Soalnya denger2 itu ditutup karna longsor, benarkah??
        Besok mau ke maribaya ka.

        1. admin says

          kurang tahu nih mba..ngga denger ada kabar di tutup sih..
          tapi biar lebh yakin bisa hubungi kontaknya langsung aja disini

          Mobile. 081293735423 /
          Whatsapp. 082214153019

          nomor kontak di ambil dari web resmi maribaya resort

  14. Cipta says

    Maribaya ada penginapan nya mas?

    1. Irvan says

      kalau ga salah sekarang ada, tapi model glamping gitu bukan penginapan biasa.. bisa di cek langsung di webite maribaya-resort. com 🙂

  15. Fitri says

    Kak, minta info nih kalo bulan Januari 2017 enaknya ambil tanggal berapa yaa ??
    Sekiranya yg gak macet dan suasana disana lg sepi atau lg gak begitu rame lah biar bisa puas nikmatin alam nya.
    Rencana kami mau 2 hari aja disana, kami dari Jakarta.
    Mohon info nya yaa kak.

    Terimakasih.

    1. Irvan says

      Ini maksudnya sepi di maribaya, atau sepi di daerah bandung dan sekitarnya mba?
      Bulan Januari biasanya lumayan sepi kalau udah lewat tahun baru atw seminggu setelahnya..
      Tapi kadang seminggu setelah tahun baru masih lumayan ramai juga, banyak yg liburan ambil cuti setelah tahun baru biar lebih sepi..

      tahun baru 2017 jatuhnya di hari minggu kan ya, kemungkinan minggu depannya udah lumayan sepi..

  16. MY Explore says

    bagus ni informasinya, jadi lebih tahu tentang keadaan di maribaya,,bisa antisipasi sebelumnya

  17. gita says

    kak, air terjun nnya bebas biaya kan ya.. sya niatna 1 rombongan mau ke sana tanggal 1 januari 2017.. trus foto yg di duniamaya asli kan seperti keadaan di sana.. makasih

    1. Irvan says

      air terjunnya di dalam area, jadi tetap bayar biaya masuk sih.. kalau dulu pas sy kesana ngga ada bayaran apa2 buat main di air terjun. Tapi yg bisa diturunin cmn air terjun/curug cikawari aja..

      Buat foto y di artikel ini Insya allah sesuai lokasi (kalau blm ada perubahan), kebetulan sy ambil sendiri foto yg disini mah 😀

      1. suhedi says

        Kalau bayar parkir bis berapa Ya?

  18. regard Al bantani says

    Ges di bantai we nu palak liar mh.bawaken bedog skalian lah..ini tempat wisata bkan y bikin nyaman malh bikin girang.bs2 gering awak nu aya.sy jd pgen tau ksna.

  19. dewi says

    10 desember 2016 ini kami akan berangkat ke maribaya bersama ibu2 tmn2 anak kami. mudah2an dilancarkan. trims atas koment2nya .

  20. Moch says

    Maaf mau tanya, sekarang hanya buka jumat sabtu minggu saja kah? Atau weekdays juga sudah buka?

    1. Irvan says

      sekarang sudah buka tiap hari om

  21. Rizky kurniawan says

    Saudara2 semua saya mau ke tebing kraton akhir tahun ini apakah benar berita yg di atas???? Saya dari jakarta ga tau tentang bandung bahkan sya hanya melihat di google aja tentang tebing kraton..ada yg bisa bantu nunjukin ke saya arahannya..dan cerita di atas apakah benar speerti itu…total biaya berapa bagi yg tau..makasih

    1. Irvan says

      maksudnya berita yg mana ya om?
      Kalau mau ke tebing keraton jangan dari dalam maribaya atau taman hutan raya juanda, mending langsung saja kendaraannya di arahkan ke tebing keraton..
      http://www.nativeindonesia.com/tebing-keraton-bandung/

      Kalau dari dalam tahura, ojek yg nganter bakal minta harga yg mahal bgt biasanya.

  22. Septi says

    Punten.. mau nanya kang. Di dalem maribaya kita bisa bawa mobil apa harus jalan kaki kalo mau ke curug atau ke tebing kraton nya?

    1. Irvan says

      Di dalam maribaya, areanya ngga terlalu besar kok.. jalan kaki aja ngga capek. Kalau mau ngiterin hutan raya juanda baru lumayan cape..

      maksudnya ke curug yang mana ya mba? kalau ke curug didalam maribaya ngga usah bayar lagi, nah kalau ke curug omas bayar lagi karena memang adanya di dalam area hutan raya juanda bukan maribaya, meskipun pinggir2an tempatnya..

      Kalau mau ke tebing keraton, mendingan kendaraan lgsg diarahkan ke gerbang tebing keraton aja. Bisa sih dari dalam hutan raya pakai ojek (banyak yg nawarin), tapi harganya digetok mahal. Kalau dari gerbang tebing keraton cukup bayar tiket masuk aja (harga sama dgn tiket masuk tahura) + jalan dikit lgsg sampai

      1. hartini says

        Mas… klo yg ada ayunan diatas itu adanya di area maribaya kah? Tepatnya dmna nyabya.. tx infonya

  23. lisa says

    Mas kalo lordge maribaya itu termasuk kedalam wisata yg air terjun dimaribaya bukan?

    1. Irvan says

      ngga mba, the lodge beda tempat..beberapa kilo setelah maribaya lokasinya

  24. Rizal says

    min mau tanya, buat besok maribaya prekdisi mimin gimana ya kondisi mya ? Ramai ? Sama akses dari bawah ke atas ada jam oprasional buka tutup gak yak ?

    1. Irvan says

      Kemungkinan besar sih bakal ramai om, kalau lihat tahun-tahun sebelumnya..musim libur+dekat tahun baruan.

      Akses dari bawah ke lembang kemungkinan bakal lumayan padat, terutama sebelum Farm house Lembang.. Mungkin bisa pakai alternatif via jalan sersan bajuri – parongpong – lembang, atau dari Ciwaruga – parongpong – Lembang.

      Kalau dari kota bisa juga via Dago atas – punclut – Lembang, atau dago atas- dago giri – lembang.. cuman dua rute ini jalannya ada track yg nanjak bgt

    2. Mahdupi says

      Asslkm kang.. Sy tgl 22 april 2017 dan 17 mei 2017 mau ke maribaya.. Ada diskon ga buat 1 bus.. Dan 2 bus. Parkir bus brp ya..

  25. ida says

    tdnya mo ke maribaya jd takut klo gitu mah…gak jadi saja klo gt mah

  26. Edy says

    Hari ini saya sekeluarga mau ke Maribaya, mau tau spt apa…? Membuktikan komen2 agan2 sekalian

  27. IsnainiHM says

    Utk awal tahun 2017 udh ada perubahan harga belum yaa? Mau kesana setelah UAS.

    Sekalian share harga-harga area wisata terbaru ya, buat yg tau 😉 ??

  28. Bontel Meong says

    min kalo ke the lodge sama ke Curug Maribaya tiket masuknya beda ngga?

    1. Irvan says

      beda lokasi om.. the lodge masih terus beberapa KM dari maribaya

  29. putra says

    Pengalaman seru liburan ke maribaya bareng teman rame” seru banget pokonya akhir pekan menarik

  30. Rangga says

    Eaduhhh….gawat ath jadinya saya sieun” tadinya mau main pertengahan Bln pebruari 2017 sama karyawan saya, jadinya di pikirkan kembali untuk jalan2 ke Maribaya.

    1. Irvan says

      kelakuan oknum saja kok om, Insya allah skrg mah aman.. di dalam mah aman ngga ada oknumna

  31. Fathur says

    rencana tgl11 mau kesana dgn rombongan bus, kira-kira bisa masuk tidak dgn akses jalannya?

  32. kepin suhendar says

    gan dah tiap hari yach gan bukanya sekarang atau tetep jumat-sabtu-minggu???

    1. Irvan says

      tiap hari buka gan sekarang mah

  33. ikbal says

    ai harga masuk sareung parkir na baraha mang ?

    1. Irvan says

      anu harga skrg kurang tau um, terakhir ka tkp udah rada lama yeuh.. qqq
      ntar Insya allah di update pas udah ka lokasi deui

      1. Eka Permata Adi says

        Om admin kalau saya cari penginapan di luar lokasi ada rekomendasi nya ngga om.
        Trus foto yg bisa di atas pohon itu benar ngga di sana. Terimakasih banyak om admin

  34. sidqi fauzi says

    kalau seluruh fasilitas yang ada di maribaya di kunjungi,kira2 menghabiskan uang berapa?

    1. Irvan says

      Sy lupa ngga foto pricelistnya, tapi kalau semuanya kemungkinan lumayan nguras kantong juga

  35. arsy annisa says

    Itu kalo mau naik ayunab dan sepda yang digantung bayar lg ya ? Berapa ?

    1. Irvan says

      ayunan sama sepeda kalau ngga salah itu di the lodge mba, bukan di maribaya resort..
      dari maribaya resort masih terus lanjut ke arah cibodas Lembang

  36. arsy annisa says

    Itu kalo mau naik ayunan dan sepda yang digantung bayar lg ya ? Berapa ?

  37. Kries says

    Permisi mba atau mas, saya ingin bertanya untuk menuju resort maribaya menggunakan grabcar bisa atau tidak ? Dan jika bisa, apakah jika menggunakan grabcar akan terhindar dari guide (oknum yang tidak jelas).
    Mohon respondnya dan terima kasih.

    1. Irvan says

      bisa aja mas/mba.. rekan sy pernah pakai uber dan aman-aman aja.
      Kalau bisa jgn terlalu keliatan pakai uber/grabcar aja gt, seolah2 saudara, atau rentalan mobil aja

  38. Kang ashep says

    Kalo yang bawa rombongan…usahakan suevey dulu panitianya..biar langsung melihat..jadi tidak kata ….katanya katanya..

  39. TBM.H.Ikrar Arifin, Scom says

    Jangan-jangan Pengelola ada main dengan oknum (tukang palak), kan lumayan buat tambahan. Buktinya udah banyak yang komplin, Pengelola ngga bertindak apa-apa.
    Aya naon euy ???

  40. Muhamad Husein F says

    Gan jalanan yang lewat lembang bener2 bagus apa masih ada yang rusak?? Ohh iya patokan nya yg jelas itu kalau lewat lembang apa aja ya ?? Makasih gan… Respon ya 🙂

    1. Irvan says

      Ke lembang via rute mana om? kalau rute biasa bagus kok. Via rute dago giri terakhir kesana sudah diperbaiki juga…

      patokannya kalau lewat lembang; dari bundaran setelah mesjid agung di pusat lembang, terus lurus dan ikuti terus jalan utama sampai ketemu perempatan besar. Dari sana belok kiri, nanti Maribaya resort ada di sebelah kanan jalan, gede gerbangnya ga bakal kelewat kok..

  41. gibran says

    Tadinya saya mau bernostalgia setelah bertahun-tahun gak kesana lagi. Tapi, setelah nyimak dan agak kurang bersahabatnya situasi dan kondisi saat ini, ah..mendingan cari tempat lain aja deh, kita kan mau refresing kok malah jadi bete dengan perlakuan tidak profesional pengelola….

    1. Acha says

      Saya juga rencana pengin ke sana karena rekomendasi dari tmn..
      Tapi baca koment” di atas agak jd mikir lagi..
      sepertinya ini tulisan harus banyak dishare biar banyak yg baca dan sampai ke pengelola..

  42. MuhammadIwbal says

    Mau tanya tentang Jalan akses menuju tempat wisata itu. Kalo dari Jakrta ke maribaya naik kerata kira 2 Bisa atau engga min? Dan apakah stasiun keretanya jauh dari tempat wisata ? .Terimakasih mohon jawaban nya yaa min 🙂

  43. Medsant says

    Nama nya juga maribaya = marabahaya
    Ngak usah kesitu lah banyak comment yg membuat tdk menyenangkan tapi management maribaya sengaja mendiamkan jangan2 bagian dari mafia pariwisata maribaya. Salam

    1. Mahdupi says

      Asslkm kang.. Sy tgl 22 april 2017 dan 17 mei 2017 mau ke maribaya.. Ada diskon ga buat 1 bus.. Dan 2 bus. Parkir bus brp ya..

  44. Mulyadi says

    Assalamualaikum kang maaf mau tanya untuk libur lebaran sekarang(2017)harga tiket dan semuanya masih sama atau udah ada perubahan kang?? Jarak dari parkiran bus ke tempat wisata deket ga kang?

    Hatuurnuhun… wassalamualaikum…

  45. dera says

    rencana besok mau ke marbay, kira2 harga tiket bus brapa ya?

  46. Helwi says

    A irvan mau tanya dong resort sama the lodge beda nya apa?

  47. Kurnia says

    Sekarang maribaya aman atau tidak dan tempat nya bagus buat jalan kaki, tempat nya bagus seperti yang di gambar atas dan oknum2 gak jelas itu masih ada apa gak min ?

  48. Yan says

    Baca mba marsia yg diatas, saya merasa nyesek banget yah. Benar2 kena tipu. Dan rute yg diambil dia sebenarnya bukan maribaya (kalo baca deskripsinya ) yg ada goa belanda,jepang, penangkaran rusa dll . itu area Tahura Djuanda. Mungkin Karena curug omas itu biang keladinya yg suka di sebut curug maribaya. Saya pengunjung rutin Tahura minimal sebulan sekali sekedar buat olah raga. Tiket resmi itu 18ribu kalo bawa motor . rinciannya tiket masuk 10k, asuransi 3k,motor 5k. Untuk menyusuri Tahura, TIDAK PETRLU PAKE GUIDE , sekarang petunjuk spot2 udah jelas terpampang dlm plang. Sudah nyaman dilalui. Ada sedikit kerusakan tp bukan kendala besar . ojek emng menggangu , tapi jd juru selamat bagi yg tidak kuat. Ojek nya cukup sopan kok, gak egois terhadap pejalan kaki. Dan sekarang Tahura itu cukup bersih lho. Tiap pagi saya lewat ke gua jepang itu, udah sangat bersih disana tdk ada daun2 sedikipun udah disapu bersih. Spot terakhir di curug omas itu, karena tempat tujuan ahir byk yg istirahat suka ada sampah jg, tapi percaya deh bukan kategori sampah yg numpuk kok. Alisa satu dua saja. Kalo sampah di aliran sungai mau gimana lg, itu bawaan Dari atas. Sekedar tip, kalo hiking sampe curug omas, mending istirahat di tanjakan terakhir ada 4 warung bisa pesen gorengan,pisang bakar,dll. Kalo mau makan nasi merah ikan goreng, pilih warung yg paling ujung sekali. Ikan goreng nya sedaaap. Kalo jajan ato makan di area curug omas, udah mahal itu 🙂

    Maribaya yg baru tiket2nya masih segituan sesuai dgn admin posting . sudah sangat mahal , dulu saya kalo hiking Tahura suka lanjut maribaya HS ini masih 10k. Sangat disayangkan , jalan tembus ke maribaya area curug omas itu sudah di tutup . Padahal enak sekali kalo lewat jalur ini tidak nanjak.

    Yg nanya jarak statsiun KA ke maribaya , kategori dekat gak akan nyampe 1 jam , enak nya daerah sini tidak semacet lembang kalo weekend

  49. Aldi says

    Mas saya mau nanya

    Rencana saya mau ke maribaya akhir bulan september ini…kalau saya kesana naik motor dari buah batu kira kira kejauhan gk yah ?

    1. Admin says

      ngga terlalu sih om, buah batu masih di daerah pusat kota,, ke lembang/maribaya ngga terlalu n lebih cepat biasanya kalau pakai motor

Leave A Reply

Your email address will not be published.