Info Tempat Wisata Di Indonesia

Wisata Pulau Karimun Jawa

7 377

Wisata karimun jawa – Pulau Karimun jawa merupakan kepulauan di tengah laut jawa yang termasuk ke dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun jawa secara keseluruhan terdiri dari 27 pulau dan hanya 5 pulau diantaranya yang berpenghuni. Kepulauan Kerimun jawa menawarkan wisata bahari dan alam yang indah dan menawan untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Nama Karimunjawa sendiri berasal dari dari sebuah cerita rakyat sekitar. Konon dulu Sunan Muria membuang anaknya yang nakal yang bernama Syekh Amir Hasar ke pulau yang kremun-kremun dalam bahasa Jawa, yang artinya samar-samar.

Karena tampak kremun-kremun maka pulau ini dinamakan pulau Karimun dan kini pulau tersebut akrab dikenal dengan nama Karimunjawa.

karimun jawa
source:botsosani.wordpress.com

Pulau yang dijadikan Taman Nasional pada bulan Maret 2001 ini merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai dan ratusan spesies fauna laut yang lebih dari 200 jenis diantaranya merupakan jenis ikan hias. Kepulauan ini juga merupakan rumah bagi beberapa hewan langka seperti Elang Laut Dada Putih, penyu sisik dan penyu hijau.

Keistimewaan lainnya dari kepulauan ini adalah tumbuhan Dewandaru yang hanya terdapat di kepulauan ini dan tidak ada di tempat lain. Anda tidak dianjurkan untuk memetik dan membawa pulang tumbuhan ini bila berkunjung ke Karimunjawa karena menurut cerita rakyat sekitar bila Anda melakukannya maka kapal yang Anda tumpangi akan tenggelam.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Salatiga Yang Mengundang Pesona

Kepulauan yang mayoritas memiliki pasir putih halus ini memang menyimpan keindahan alam yang selalu menarik minat para wisatawan.

Lokasi Karimun Jawa

Kepulauan Karimunjawa terletak sekitar 83 kilometer utara kota Jepara. Kepulauan ini dapat dicapai dengan menggunakan kapal baik dari Semarang maupun Jepara. Ada dua pilihan kapal untuk mencapai kepulauan ini, kapal cepat dan kapal ekonomi.

Kapal cepat biasanya hanya berangkat seminggu sekali dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, biasanya setiap Sabtu dan kembali setiap hari Minggu siang dengan lama perjalanan 2-3 jam. Kapal ekonomi biasanya berangkat setiap dua hari sekali dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara dengan lama perjalanan sekitar 6 jam.

Pelayaran selalu tergantung dari cuaca dan ombak laut Jawa. Bila cuaca dan ombak tidak mendukung, maka pihak perhubungan dapat menunda atau membatalkan pelayaran menuju kepulauan ini.

pulau karimun jawa
source:google image

Selain menggunakan kapal, kepulauan Karimunjawa dapat juga dicapai dengan menggunakan pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju bandara Dewa Daru di pulau Kemujan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Diantara kedua pilihan transportasi tadi, kapal merupakan pilihan yang lebih populer dikalangan wisatawan.
Kepulauan Karimunjawa memang sangat indah, dengan airnya yang jernih dan pantai-pantai pasir putihnya saja sudah cukup menarik minat wisatawan.

Ditambah dengan berlimpahnya spesies hewan laut dan beberapa hewan langka yang dapat dilihat di kepulauan ini, maka bertambahlah daya tarik kepulauan ini. Dengan keindahan bahari dan alam yang ditawarkan Karimunjawa, kepulauan ini memiliki beberapa julukan seperti Pulau Liburan, Paradise of Java dan Caribbean van Java.

Baca Juga :  Candi Borobudur, Sejarah Dan Daya Tarik Wisata Yang Eksotis

Aktivitas Wisata Karimun Jawa

Kebanyakan orang berkunjung ke Karimunjawa untuk menikmati keindahan pantai, laut dan baharinya. Pengunjung biasanya sering menghabiskan waktunya berscuba diving, snorkeling, berenang, memancing, bermain pasir dan menikmati keindahan sunset.

Namun di kepulauan ini juga terdapat wisata tracking hutan mangrove di desa Kemojan yang cukup ramai dikunjungi.

karimun jawa - pantai barakuda

Penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar juga menyedot minat besar wisatawan pengunjung kepulauan ini. Beberapa pariwisata lain di kepulauan ini adalah Legon Lele, Pantai Batu Karang Pengantin, Pulau Barakuda, Pulau Nirwana, Karimunjawa Culinary Centre, Alun-alun Karimunjawa, Pantai Ujung Gelam, hutan bakau dan masih banyak lagi.

karimun jawa - penangkaran ikan hiu
source:adventurebandung.com

Meskipun telah memiliki daya tarik yang cukup tinggi, namun pulau ini tidak berhenti berbenah diri untuk menarik pengunjung lebih banyak. Berikut beberapa hal yang rencananya akan dikembangkan atau dibangun dikepulauan Krimunjawa:

  • Pembenahan Alun-alun Karimunjawa agar rapih dan tidak di penuhi PKL.
  • Pembangunan sentra kuliner di dekat Alun-alun Karimunjawa untuk memfasilitasi PKL yang sebelumnya berjualan di alun-alun.
  • Pembangunan Karimunjava Zoo
  • Pembangunan perkampungan adat dengan rumah adat khas Jepara
  • Pembangunan stadion mini untuk kegiatan olahraga
  • Menyediakan kapal selam agar para pengunjung yang tidak bisa scuba diving, snorkeling dan berenang tetap dapat menikmati keindahan bawah laut Karimjawa
  • Pembangunan kabel listrik bawah laut dank able fiber optik untuk akses internet di Karimunjawa
Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Jepara Yang Eksotis

Dengan suasana terpencil dan asri yang dimiliki pulau ini, tidak heran memang jika banyak orang menjadikan tempat ini sebagai tempat pelarian dan bersantai dari segala kesibukan dan kepenatan kehidupan sehari-hari mereka.

Come, visit and enjoy the captivating Karimunjava 😉

Review Pulau Karimun Jawa
80%
Awesome
  • Kenyamanan/Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses Lokasi
You might also like
7 Comments
  1. wisata Karimun Jawa says

    Keramahan penduduknya, biru langitnya, dan gradasi air laut Karimunjawa sanggup buat kamu merasa terjebak dalam keindahan. makasih sudah berkunjung di Pulau Karimunjawa
    salam ^_^

  2. Agus Salam says

    kira2 butuh biaya berapa yaa untuk bisa pergi kesana??

    1. M. Mansyuru Adin says

      Beri Tahu mas!

  3. muhammad miqdad says

    sungguh mempesona…. jawa tengah poenya nih…. jadi pengen kesana…

  4. evan says

    eksotis banget ya karimun jawa itu

  5. Karjaw Tour and Travel says

    maaf admin mau nambahin: Kapal express bahari 2c rute kendal dengan tujuan Karimunjawa berkapasitas 351 penumpang, terbagi atas dua kelas, yakni Kelas Non VIP dan VIP, masing-masing dibanderol dengan tarif Rp230 ribu non VIP dan bertarif Rp260 ribu untuk kelas VIP, Untuk Kelas VIP hanya tersedia 50 kursi penumpang saja.

  6. Ahmad Fatah says

    artikel menarik kawan, saya udah like bintang 5 pokok.e ^_^

Leave A Reply

Your email address will not be published.