Wisata Puncak Darajat Garut

Puncak Darajat Garut – Objek wisata garut yang saat ini sedang naik daun adalah kawasan wisata Darajat Garut. Tempat wisata ini cukup banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan banyak dijadikan tujuan wisata dan liburan di kabupaten Garut.

Letak area wisata Darajat berada di dataran tinggi, dan masih cukup asri. Anda akan dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian, sekaligus berendam air panas alami disini. Salah satu tempt wisata di area ini yang banyak dikenal adalah Puncak Darajat Garut.

Perlu di ingat jika Darajat merupakan nama kawasan wisata ini, sedangkan Puncak Darajat merupakan nama dari salah satu kolam renang dan pemandian air panas yang tersedia di daerah ini.

Kawasan Darajat Garut

Kawasan Darajat Garut dikenal sebagai salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Jawa barat. Saat ini, pengelolaan kawasan ini berada dibawah salah satu anak perusahaan Chevron Texaco, Amoseas Indonesia Inc. Hasil listriknya cukup besar, dan digunakan untuk memenuhi permintaan energi listrik di Jawa-Bali.

Salah satu hasil panas bumi disini adalah banyaknya sumber air panas alami. Hal ini kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu daya tarik wisata wilayah Darajat Garut. Kolam air panas alami disini cukup bersih dan langsung dari sumbernya. Ketinggian rata-rata daerah ini adalah 1920 dpl, konturnya berbukit-bukit dan banyak dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan.

Saat ini banyak bermunculan tempat wisata taman bermain air panas, tempat berendam ataupun villa/penginapan. Udaranya yang segar, dan berada di perbukitan dengan pemandangan yang lepas menjadi daya tarik lainnya dari tempat ini.

Hal Yang Bisa Dilakukan

Di kawasan Darajat Garut, anda bisa berendam dan berenang air panas di berbagai tempat disana. Salah satunya adalah di Puncak Darajat. Konsepnya kebanyakan berupa taman air yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Disamping itu, lokasi area ini berada di ketinggian. Bagi anda yang datang saat pagi-sore hari, akan disuguhi dengan pemandangan alam garut yang khas; Jajaran pegunungan tinggi di berbagai sisi dengan dataran kota Garut ditengahnya. Bagi anda yang menginap, suguhan sunrise di area ini layak buat ditunggu.

puncak darajat garut

sy mah penyuka kabut, langsung seneng kalau nemu..





Lokasi kawasan darajat terletak tidak jauh dari tempat wisata lainnya di daerah sini seperti Kampung Sampireun dan juga Kebun Mawar Situ Hapa. Jika waktu luang anda banyak, bisa sekalian berkunjung ke tempat-tempat ini.

Alamat Puncak Darajat Garut

Puncak Darajat merupakan salah satu tempat di area darajat yang paling banyak dikenal oleh wisatawan. Selain tempat ini, terdapat juga tempat lain seperti  Awit sinar darajat, dan lain-lain. Lokasi Puncak Darajat Garut terletak tidak begitu jauh dari pusat kota. Kawasan ini berada di wilayah kecamatan Pasir Wangi, kurang lebih 25 Km dari pusat kota Garut. Menuju lokasi wisata ini cukup mudah kok.. Berkut ini alamat puncak darajat Garut.

Jika anda dari arah Bandung, setelah sampai di bundaran Tarogong Garut, silahkan ambil jalan ke sebelah kanan. Kira-kira 100 meter dari bundaran tarogong terdapat pertigaan dan ambil arah ke kiri. Lalu ambil jalan ke kanan di pertigaan selanjutnya. Area wisata Darajat terletak satu arah dengan Kampung sampireun, jadi akan mudah ditemukan. Papan petunjuk arah pun sudah tersedia sehingga akan memudahkan anda.

Anda cukup ikuti jalan tersebut, dan di pertigaan Panunjuk Samarang, kira-kira 1 KM setelah pertigaan menuju Kampung sampireun, silahkan ambil jalan ke arah kanan (jalan Raya Pasirwangi). Cukup ikuti jalan tersebut, kawasan wisata darajat terletak di ujung dari jalan tersebut.

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa naik angkutan kota warna putih hijau jurusan Samarang-Garut, dari terminal guntur, dan berhenti di pertigaan Panunjuk. Dari sana disambung dengan angkutan pedesaan warna kuning yang menuju sariwangi. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan Ojek dari pertigaan Panunjuk menuju ke lokasi.

Peta / Puncak Darajat Map

Peta lokasi Puncak darajat garut dari google map


Berikut ini beberapa foto lokasi wisata puncak darajat Garut .

Puncak darajat - Kolam air panas pertama

Puncak darajat garut - kolam air panas dua

puncak darajat garut - kolam air panas

puncak darajat garut - kolam paling bawah

Wisata yang ditawarkan di area ini adalah berupa wisata panorama, wisata alam, dan wisata air panas. Anda bisa menikmati air panas alami di ketinggian.

Video Puncak Darajat Garut

Berikut ini video puncak darajat garut yang kami buat saat berkunjung ke lokasi.

Asyik juga lho berendam air panas alami diudara segar pegunungan, plus ditemani kabut 😀 . Saat hari cerah, anda bisa melihat pemandangan lepas dari area ini ke pegunungan disekitarnya.

Harga Tiket Masuk Puncak Darajat Garut

Harga tiket masuk Puncak Darajat Garut saat ini adalah ;

  • Hari biasa Rp 22.000
  • Hari libur Rp 25.000

Akomodasi

Di sekitar area ini terdapat banyak rumah makan, dan juga penginapan darajat pass garut, serta penginapan/hotel lain lain dengan harga cukup terjangkau. Untuk urusan makan juga tidak perlu takut, banyak terdapat tempat makan murah meriah, ataupun tempat untuk sekedar menikmati secangkir kopi dengan harga murah.

Lokasi ini cukup layak jadi tujuan wisata anda nanti jika mengunjungi kota Garut.

Selamat Berlibur!

Wisata Puncak Darajat Garut
4.4 (88%) 20 votes

Related Posts

2 Comments

  1. Rijal maulana
    12 December, 2015
  2. dudi
    29 March, 2016

Add Comment