Aek Sijorni, Air Yang Selalu Melimpah dan Jernih Sepanjang Tahun

Jika kamu sedang berada di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, singgahlah ke sebuah tempat wisata air yang memberikan kamu sensasi liburan yang berbeda.

Namanya ialah Aek Sijorni yang berarti Air Jernih, karena memang air yang dialirkan sangat jernih sekali. Aek Sijorni Merupakan tempat wisata air yang menggabungkan antara air terjun yang sangat cantik dengan kolam pemandian atau waterpark.

Air terjun Aek Sijorni sangat indah dan memiliki bentuk yang tak biasa, serta aliran airnya yang cukup deras terus mengalir sehingga menimbulkan suara yang menenangkan.

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di lokasi wisata Aek Sijorni, dan menjadikan lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung apalagi jika weekend tiba.

Aek Sijorni merupakan kebanggaan warga Tapanuli Selatan, selain memiliki bentuk yang berundak-undak, air yang dialirkannya pun selalu bersih tak terhalang oleh cuaca apapun.

Perpaduan Yang Cantik
Perpaduan Yang Cantik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Aneka wisata Sumatera Utara

Berikut ulasan lengkap mengenai lokasi wisata Aek Sijorni:

Trekking Menuju Aek Sijorni

Untuk menuju Aek Sijorni kamu harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki terlebih dahulu, sebelum tiba di lokasi. Ketika kamu sudah memarkirkan kendaraan yang dibawa, kamu harus melewati jembatan gantung yang akan sedikit bergoyang ketika kamu lewati.

Namun jembatan gantung tersebut aman untuk kamu lalui. Setelah itu kamu harus menaiki beberapa tangga serta jalanan yang menanjak. Kondisi jalan tak terlalu sulit untuk dilalui, di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani oleh pohon kelapa dan pepohonan lainnya.

Butuh perjuangan yang cukup menguras tenaga untuk sampai ke Aek sijorni, kamu akan berjalan sekitar lebih dari 100 meter untuk menuju lokasi. Namun keindahan alam yang tersaji di sepanjang perjalanan membuatmu semakin bersemangat untuk terus meneruskan perjalanan.

Rasa lelah yang sedari tadi menggelayut dalam diri hilang sudah ketika melihat keindahan air tejun Aek Sijorni, serta deburan airnya mampu menenangkan jiwa dan raga. Ditambah dengan beberapa pohon kelapa yang hadir menghiasinya menambah rasa takjub dalam diri.

Keseruan Bermain Air Bersama
Keseruan Bermain Air Bersama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi dan Rute Menuju Aek Sijorni

Lokasi Aek Sijorni berada di Jl. Trans Sumatera Bukittinggi-Padang Sidempuan, Kelurahan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara.

Rute menuju Aek Sijorni jika kamu berangkat dari Padang Sidempuan, membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 30 km.

Sedangkan jika kamu bergerak dari pusat kota Medan akan memakan waktu perjalanan lebih lama lagi, yakni sekitar 12 jam perjalanan. Namun jalurnya mudah dilalui oleh berbagai macam kendaraan, baik motor, mobil, maupun bis.

Jam Buka Aek Sijorni

Jam operasional Aek Sijorni dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.45, waktu terbaik untuk mengunjungi Aek Sijorni ialah ketika pagi hari dimana udara pagi yang masih sangat sejuk. Jika kamu menginginkan suasana yang lebih tenang, datanglah ketika hari-hari biasa.

Tiket Aek Sijorni

Tiket masuk Aek Sijorni cukup murah yakni:

  • Anak-anak cukup membayar sekitar Rp.10.000,-
  • Dewasa membayar tiket sebesar Rp. 20.000,-

Banyak yang mengeluhkan mengenai retribusi liar yang terjadi di sepanjang perjalanan menuju lokasi Aek Sijorni, hal tersebut haruslah menjadi pusat perhatian untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang.

Fasilitas Aek Sijorni

Fasilitas yang ada di Aek Sijorni terdiri dari:

  • Area parkir
  • Mushola
  • Kamar ganti
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Gazebo atau saung-saung tempat beristirahat
  • Beberapa warung makanan dan minuman
  • Area bermain

Daya Tarik Aek Sijorni

Daya tarik Aek Sijorni sendiri sehingga selalu ramai dikunjungi ialah:

1. Air Terjun Bertingkat Yang Sangat Cantik

Air Terjun Aek Sijorni
Air Terjun Aek Sijorni. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Indahnya HUtan Joyoboyo Kediri

Air Terjun Aek Sijorni memiliki bentuk yang sangat unik, dimana airnya mengalir melalui bebatuan cadas yang berundak-undak tak karuan namun sangat cantik sekali.

Kamu dapat bermain-main air di setiap undakan air terjun yang ada, merasakan segarnya air yang mengalir membasahi tubuhmu. Rasakanlah deburan airnya menyentuh tubuhmu dengan lembut.

Menikmati Air Terjun Aek Sijorni
Menikmati Air Terjun Aek Sijorni. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Aek Sijorni berdiri dengan ketinggian sekitar 10 meter, kondisi airnya mengalir dengan derasnya dan berwarna putih bersih. Ditambah dengan hiasan beberapa pohon kelapa yang hadir di sekitar air terjun.

Terdapat sebuah jembatan sederhana di tengah air terjun yang berdekatan dengan pohon besar, untuk kamu yang ingin menjelajah air terjun ke sisi yang lainnya.

Nikmatilah anugerah Tuhan yang diberikan untuk Tapanuli Selatan ini, alam yang dihadirkan sungguh sangat mengagumkan. Kamu tak akan pernah berhenti bersyukur dan terus mengaguminya.

Airnya Yang Putih Bersih
Airnya Yang Putih Bersih. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Kolam Renang

Menggabungkan antara air terjun dengan waterpark atau kolam renang merupakan ide yang sangat briliant. Para pengunjung dapat memilih untuk bermain air di air terjun atau di kolam renang.

Beberapa Kolam Pemandian Yang Ada
Beberapa Kolam Pemandian Yang Ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi kolamnya pun ada yang berdampingan dengan air terjun, dan airnya berasal dari sumber yang sama. Limpahan Air Terjun Aek Sijorni dialirkan ke beberapa kolam yang ada.

Kolam renangnya disediakan dengan berbagai kedalaman, ada yang memiliki kedalaman kurang dari satu meter ada pula yang lebih dari 1 meter. Anak-anak dijamin akan sangat senang jika kamu membawa mereka ke Aek Sijorni.

3. Wahana Lainnya

Selain bermain air, pengelola Aek Sijorni juga menyediakan wahana permainan lainnya yang terletak di area depan. Terdapat wahana kereta api mainan untuk anak-anak bermain, tak jauh dari lokasi tersebut anak-anak dapat melihat ikan-ikan yang berenang di sepanjang aliran air.

Keseruan Anak Anak Bermain Air
Keseruan Anak Anak Bermain Air. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

Simak juga: Curug Dadali Ciganjur yang melebar 50 meter

Tips Wisata Mengunjungi Aek Sijorni

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Aek Sijorni, yakni:

  • Selalu perhatikan kondisi cuaca sebelum berangkat, karena kamu akan bermain di tempat terbuka.
  • Siapkan fisik kamu untuk melakukan trekking menanjak menuju lokasi Aek Sijorni.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk melakukan perjalanan menanjak dan menurun.
  • Bawalah barang sesuai dengan kebutuhan.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Jaga selalu kebersihan area Aek Sijorni.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Simak juga: Florawisata san terra dengan 100 jenis bunga

Objek Wisata Dekat Aek Sijorni

Selain Aek Sijorni, ternyata Tapanuli Selatan masih menyimpan kekayaan alam lainnya yang harus kamu kunjungi. Yakni diantaranya:

1. Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-Lima berada di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Tapanuli Selatan. Untuk menuju Air Terjun Silima-Lima kamu harus melalui anak tangga yang sangat banyak. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan diapit oleh Gunung Lubuk Raya dan Gunung Sibual-Buali. Sehingga alam yang dihadirkan sangat indah sekali.

2. Air Terjun Sisundung Parsalakan

Air Terjun Sisundung Parsalakan memiliki dua buah air terjun yang mengalir menuju kolam penampungan yang sama. Airnya mengalir diantara bebatuan yang berwarna hitam. Air yang dialirkan sangat jernih dan bersih, lokasi air terjun tersebut berada di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan.

Kembali ke alam merupakan pilihan yang tepat untuk melepaskan penat dalam diri, meskipun terkadang perlu perjuangan untuk dapat menujunya. Namun keindahan alam yang akan didapatkan selalu menambah semangat dan mematahkan rasa penat.


Leave a Comment