Aek Sijornih, Air Yang Selalu Melimpah dan Jernih Sepanjang Tahun

Aek Sijornih berarti Air Jernih. Objek Wisata ini memiliki daya tarik utama berupa Air Terjun bertingkat dengan debit air melimpah dan jernih. Sumber airnya berasal dari mata air perbukitan. Konon katanya airnya tetap jernih meski hujan sedang turun deras. Pula, debit airnya tetap deras meski musim kemarau.

Aek Sijornih berarti Air Jernih. Objek Wisata ini memiliki daya tarik utama berupa Air Terjun bertingkat dengan debit air melimpah dan jernih.
Aek Sijornih. Image via: @ardiansihombing

Terdapat banyak pohon kelapa yang menghiasi air terjun dengan ketinggian 10 meter ini. Hal ini membuat lokasi satu ini semakin unik dan ciamik. Ketiaka berkunjung ke tempat ini pengunjung akan dihadapakan pada jembatan gantung untuk menuju ke Aek Sijornih.

Dengan keamanan yang terjamin wisatwan tak perlu merasa khawatir ketika melintasi jembatan ini. Selain itu terdapat pula souvenir-souvenir can tik serta makanan khas yang dapat pengunjung beli disepanjang jalan menuju air terjun.

Kabar terbaru, telah dibangun water park di sekitar Aek Sijorni, yang tak kalah cantik dengan air terjunnya sendiri. Jadi kamu bisa memilih, mau menikmati water park atau air terjun Aek Sijorni, tapi tentu saja dengan biaya yang berbeda.

Berendam di Aek Sijornih Menyejukkan badan dan jiwa
Menyejukkan badan dan jiwa. Image via: @rizkaahasibuan

Simak juga: Aneka wisata Sumatera Utara

Lokasi Aek Sijornih

Aek Sijornih adalah tempat wisata alam yang berada di Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan Sumatra Utara.

Lokasi wisata ini  Letaknya berada di arah selatan dari ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer, dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih setengah jam dari kota Padangsidimpuan.

Bagi pengunjung yang hendak datang dari pusat kota Medan membutuhkan setidaknya waktu selama 12 jam perjalanan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dengan menaiki bus mini atau bus lintas timus sumatera.

Jam Buka Aek Sijornih

Ark Sijornih yang berair jernih ini terbuka sepanjang minggu, dari Senin sampai Minggu.  Tidak ada pembatasan jam kunjungan Jadi air terjun bertingkat ini bisa dianggap buka 24 jam.

Pondok peristirahatan di tepi kolam air Aek Sijornih
Istirahat sehabis berendam. Image via: @dian.dandia28

Tiket Aek Sijornih

Untuk bisa menikmati keindahan Aek Sijornih ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15.000.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Fasilitas Aek Sijornih

Pengelola Aek Sijornih sudah menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap bagi para wisatawan. Area parkir, tiolet, musholla kamar ganti tersedia dilokasi ini. Selain itu wisatawan juga akan mendapati kios atau warung yang menjajakan makanan serta pondok-pondok untuk istirahat.

Daya Tarik Aek Sijornih

  1. Air terjun Bertingkat

Air Terjun Aek Sijornih adalah air terjun bertingkat atau berundak, dimana setiap tingkatan terdapat kolam buatan yang juga bisa kamu jadikan sebagai tempat relaksasi bersama kerabat
Air terjun bertingkat. Image via: sindonews.com

Simak juga: Indahnya HUtan Joyoboyo Kediri

Air Terjun Aek Sijornih adalah air terjun bertingkat atau berundak, dimana setiap tingkatan terdapat kolam buatan yang juga bisa kamu jadikan sebagai tempat relaksasi bersama kerabat.

Keindahan lain dari tempat wisata ini adalah pepohonan kelapa yang tumbuh disekitar air terjun. Bahkan ada sebuah pohon besar yang tumbuh tepat di tengah – tengah badan air terjun ini.

Selain air terjun indah, di tempat wisata Aek Sijornih juga terdapat kolam renang yang air nya bersumber dari air terjun air terjun indah ini. Kolamnya terdiri dari dua bagian, satu untuk anak – anak dengan kedalaman dibawah 1 meter, dan satu lagi untuk dewasa dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

  1. Tertata Rapi

Aek Sijornih telah Tertata rapi
Tertata rapi. Image via: akurat.co

Pengelola sangat memperhatikan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Aek Sijornih. Selain memperhatikan kenyamanan pengunjung, pengelola juga memperhatikan aspek kelestarian alamnya. Tak ayal jika renovasi pun dilakukan untuk mewujudkannya.

Untuk aktivitas wisata airnya pengelola telah menyiapkan dua kolam, yakni untuk anak-anak dengan kedalaman kurang dari satu meter serta kolam dewasa yang lebih dalam. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga dapat bersantai dibawah pohon kelapa yang rindang di area air terjun ini.

Cantik untuk berfoto.

Cantik untuk berfoto. Image via: @silfa_yanaSimak juga: Curug Dadali Ciganjur yang melebar 50 meter

Tips Mengunjungi Aek Sijornih

Untuk memaksimalkan pengalaman berwisata di air terjun, tanpa diganggu oleh kesulitan kesulitan kecil, namun merepotkan. Wisatawan hendaknya menyiapkan baju ganti yang berbahan ringan, sehingga ketika terkena air tidak berat. Selain itu jika Lokasi wisata terletank di dataran tinggi hendaknya membawa jaket agar tak kedinginan.

Jalan Setapak menuju air terjun biasanya lembap dan licin karena ditumbuhi lumut. Oleh karena itu kenakanlah sandal atau sepatu anti selip. Karena wisata alam ini merupakan aktivitas fisik maka hendaklah membawa air mineral secukupnya sebagi jaga-jaga karena tidak semua tempat wisata alam terdapat warung/kedai yang berdekatan.

Pilihan Kolam di aek sejornih menyesuaikan dengan usia, dewasa atau aanak

Pilihan Kolam. Image via: pariwisatasumut.netSelanjutnya, drybag, benda ini berfungsi sebagai tempat penyimpana barang elektronik yang rentan rusak bila terkena air. Dengan alat ini wisatawan tak perlu khawatir gadget kesayangannya rusak.

Keindahan lain dari tempat wisata ini adalah pepohonan kelapa yang tumbuh disekitar air terjun. Bahkan ada sebuah pohon besar yang tumbuh tepat di tengah – tengah badan air terjun ini.
Pohon di tengah air terjun. Image via: wisataid.com

Simak juga: Florawisata san terra dengan 100 jenis bunga

Objek Wisata Dekat Aek Sijornih

Walau masih relatif akurang populer sebagai daerah tujuan wisata, namun Tapanuli selatan ternyata memiliki banyak objek objek wisata yang pantas untuk diperhitungkan, khususnya di kalangan pencinta Air Terjun.

Di Kecamatan Marancar terdapat Air terjun Silima-lima. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung diajak trekking kira-kira sejauh 2 kilometer dengan turunan dan tanjakan yang lumayan melelahkan. Air terjun Silima-lima memiliki ketinggian lebih dari 80 meter. Sungguh indah dipandang mata. Tidak hanya itu, tempat ini juga cukup eksotis dengan pemandangan hijau pohon di sekelilingnya.

Di kecamatan Angkola Barat, terdapat juga air terjun, Namanya  Air Terjun Sisundung Parsalakan. Hal menarik dari air terjun ini adalah memiliki dua air terjun sekaligus alias air terjun kembar. Aliran air terjunnya bermuara pada kolam yang sama, dengan kesegaran air yang cocok untuk melepas penat. Tak jarang para pengunjung bermain air, berenang, mandi dan kegiatan lain semacamnya.

Itulah sedikit dari keindahan yang bsia kami gambarkan dari Aek Sijornih Tapanuli Selatan. Apabila Anda berkunjung ke kabupaten ini dijamin dapat membuat liburan Anda lebih berkesan.

Baca juga:

Leave a Comment