Air Terjun Ciupang di Pesawaran Lampung, Uniknya Aliran Air Terjun Yang Masih Alami

Kabupaten Pesawaran merupakan bagian dari Provinsi Lampung, yang memiliki kekayaan akan sumber daya alam berupa pertanian, perkebunan dan kehutanan.

Maka tak heran jika di Kabupaten Pesawaran ada sebuah wisata air terjun yang selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang datang dari berbagai wilayah.

Air Terjun Ciupang berada di lokasi yang tak jauh dari pemukiman warga, serta masih memiliki panorama alam yang sangat asri dan alami. Aliran air terjunnya berbeda dengan aliran air terjun pada umumnya.

Untuk kamu yang sedang berada di Lampung, atau akan ke Lampung sebaiknya kamu mengunjungi Air Terjun Ciupang ini. Keindahan alam akan kamu dapatkan saat berada disana.

Berikut saya ulas lebih jauh mengenai Air Terjun Ciupang, check this out!

Jalur Menuju Air Terjun Ciupang

Untuk menuju Air Terjun Ciupang kamu harus menggunakan kendaraan roda dua, karena semakin mendekati perkampungan dimana Air Terjun Ciupang berada akan semakin kecil.

Masih bisa dilalui kendaraan roda empat namun akan susah jika bertemu dengan mobil lain dari arah yang berlawanan. Jalannya pun sudah bagus dan beraspal hanya beberapa bagian saja yang masih berupa tanah.

Air Terjun Ciupang sendiri terletak di tengah perkampungan warga, untuk sampai lokasi kamu harus menyusuri jalanan di tengah rumah-rumah warga. Akan ada petunjuk jalan untuk menuju lokasi.

Jalur yang dilalui tidak terlalu susah, hanya beberapa menit berjalan kamu sudah berada di area Air Terjun Ciupang. Namun untuk sampai menuju Air Terjun Ciupangnya langsung, kamu masih harus menaiki beberapa anak tangga yang terbuat dari batu yang berjajar tak beraturan.

Tangga Menuju Air Terjun Ciupang
Tangga Menuju Air Terjun Ciupang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tangga tersebut cukup curam , dan agak licin. Jadi, kamu harus sangat berhati-hati menaikinya. Setelah itu kamu akan menyusuri jalan setapak ditengah rindangnya pepohonan.

Tak berapa lama kemudian sampailah kamu didepan aliran Air Terjun Ciupang. Perjalanan yang kamu lalui tidak terlalu berat dan melelahkan. Ya, cukuplah untuk membakar beberapa kalori saja.

Pesona Keindahan Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang memiliki aliran air yang berbeda dengan curug pada umumnya. Jika biasanya sebuah air terjun langsung terjun ke bawah  seperti sebuah pancuran, lain halnya dengan Air Terjun Ciupang ini.

Air Terjun Ciupang
Air Terjun Ciupang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya mengalir melewati bebatuan tebing terlebih dahulu, sehingga terlihat seperti berundak-undak dan menghasilkan bunyi air yang berbeda. Debit airnya pun tidak terlalu deras.

Air Terjun Ciupang memiliki tinggi sekitar 15 meter, dan mengalir diantara tebing-tebing yang sangat tinggi. Selanjutnya aliran airnya terus mengalir kebawah sehingga memunculkan air terjun yang kecil dengan ketinggian sekitar 5 meter saja.

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dikelilingi oleh pepohonan yang masih sangat asri dan udaranya yang sejuk. Di bawah Air Terjun Ciupang terdapat sebuah kolam yang tidak terlalu dalam yang dapat kamu gunakan untuk bermain-main air.

Karena kolamnya tidak terlalu dalam, hanya sekitar paha orang dewasa. Di sekitarnya juga terdapat beberapa bebatuan yang bisa kamu gunakan untuk berfoto, atau hanya sekedar duduk-duduk manja. Namun kamu harus hati-hati karena ada bebatuan yang berlumut sehingga dipastikan akan licin.

Aliran air terjunnya dapat menyegarkan raga, selain juga cukup bersih. Kamu dapat merasakan hantaman aliran Air Terjun Ciupang dengan berada tepat dibawah jatuhnya air.

Ragam wisata Air Terjun Ciupang

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan di area Air Terjun Ciupang diantaranya:

1. Bermain Air

Bermain air merupakan kegiatan yang sangat seru saat kamu mengunjungi area wisata air seperti ini. Menikmati segarnya air terjun yang alami, ditengah suasana pemandangan yang masih asri.

Kolam Alami Air Terjun Ciupang
Kolam Alami Air Terjun Ciupang. GoogleMasp. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di area Air Terjun Ciupang ini, kamu dapat melakukan kegiatan ini di dua lokasi. Lokasi pertama ialah langsung bermain dibawah curahan air terjun Ciupang secara langsung. Lokasi kedua ialah bermain air di kolam penampungan air terjun yang kedua yang letaknya ada di bawah.

Bermain Air Terjun Ciupang
Bermain Air Terjun Ciupang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Berfoto

Keindahan Air Terjun Ciupang harus kamu abadikan dalam sebuah foto atau video. kamu bisa mengambilnya dengan berdiri di sebuah batu yang letaknya tak jauh dari aliran Air Terjun Ciupang.

Mengabadikan Keindahan Air Terjun Ciupang
Mengabadikan Keindahan Air Terjun Ciupang. Sumber: brisik.id

Atau kamu bisa mengambil gambar di sebuah gardu pandang yang terletak di bawah, sehingga keseluruhan Air Terjun Ciupang dapat tertangkap.

Gardu Pandang Air Terjun Ciupang
Gardu Pandang Air Terjun Ciupang. GooglaMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Ciupang

Lokasi Air Terjun Ciupang berada di tengah perkampungan warga Dusun Purwajaya, tepatnya berada di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Rute Menuju Air Terjun Ciupang

Jika kamu bergerak dari Kota Bandar Lampung, kamu akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam lamanya. Itu jika kamu mengendarai kendaraan roda dua.

Rute yang harus kamu tuju dari Kota Bandar Lampung, ialah lajukan kendaraanmu menuju arah Kabupaten Pesawaran. Disepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan serta melintasi beberapa pantai, mulai dari Pantai Sari Ringgung, Mutun, Klara, hingga pantai–pantai lainnya.

Teruslah berada di Jalan Way Ratai, sampai kamu tiba di Pasar Umbul Kluih. Tak jauh dari sana terdapat sebuah pertigaan. Lalu belok ke kiri kemudian lanjutkan perjalanan hingga tiba di Desa Purwa Jaya.

Tiket Masuk dan Parkir Menuju Air Terjun Ciupang

  • Tiket masuk                      : Rp. 5.000,- per orangnya
  • Tiket parkir motor            : Rp. 2.000,- per unitnya
  • Tiket parkir mobil             : Rp. 10.000 per unitnya

Jam Operasional Air Terjun Ciupang

Jam operasional Air Terjun Ciupang dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Kamu bisa datang kapan aja, namun sebaiknya kamu mengunjungi Air Terjun Ciupang ini ketika matahari masih bersinar.

Fasilitas Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, jadi fasilitas yang ada pun belum terlalu lengkap. Fasilitas yang sudah tersedia seperti:

  • Kamar mandi umum
  • Area parkir
  • Gardu pandang

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang ingin mengunjungi Air Terjun Ciupang, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca tidak sedang mendung apalagi turun hujan.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan roda dua.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman secukupnya.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti atau peralatan lainnya.
  • Berhati-hatilah saat menapaki bebatuan yang ada disekitar air terjun.
  • Tetap jaga kebersihan dan kealamian area Air terjun Ciupang.
  • Jangan melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Air terjun Ciupang.

Penutup

Peran serta masyarakat dalam menjaga dan melestarikan Air Terjun Ciupang ini patut diacungi jempol. Keperdulian terhadap alam disekitar merupakan hal yang harus kita tiru.

Jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita. Pepatah itu selalu saya ulang di setiap artikel saya, karena memang jika bukan kita yang menjaga siapa lagi.

Kamu harus mencoba mengunjungi Air Terjun Ciupang, menikmati jernihnya air dan tenangnya suasana. Berada di tengah pepohonan yang masih asri ditemani deburan air terjun, merupakan cara yang tepat untuk memulihkan jiwa dan raga.

Jika kamu hendak mengunjungi Air Terjun Ciupang, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment