Air Terjun Girimanik, Update Terbaru Saat Situasi Pandemi Covid-19

Air Terjun Girimanik merupakan tempat wisata Wonogiri yang terletak di kawasan hutan lindung, yang memberikan nuansa asri, serta panorama alam yang memanjakan mata.

Pesona keindahan alamnya sudah mampu terlihat saat pertamakali memasuki kawasan Wanawisata Girimanik. Jalanan yang sudah baik, membentang lurus membelah sebuah perkebunan, serta ditemani panorama alam pegunungan.

Sebelum sampai di lokasi utama Air Terjun Girimanik, para pengunjung akan tiba terlebih dulu di sebuah tempat yang dipenuhi spot kekinian, di bawah rindangnya pohon-pohon pinus.

Area tersebut menjadi spot untuk melepas lelah, atau persiapan perbekalan bagi mereka yang ingin ke Air Terjun Girimanik. Oh iya, saat ini jalannya sudah cukup baik untuk dilalui.

air terjun yang masih asri
air terjun yang masih asri. google maps. sumber: agungc prasetyo

Simak juga: tempat wisata di Jogya

Namun, para pengunjung harus menahan diri untuk sementara waktu jika ingin ke Air Terjun Girimanik. Lagi-lagi situasi pandemi covid-19 memberikan imbas yang signifikan kepada setiap tempat wisata.

Termasuk ke objek wisata Air Terjun Girimanik. Dampak yang bisa terlihat adalah peremajaan fasilitas serta wahana untuk menunjang kenyamanan wisatawan menjadi kurang optimal.

Bahkan, pengunjung harus selalu update jika ingin ke Air Terjun Girimanik. Apakah dalam kondisi buka, atau tutup. Karena jika dalam keadaan tutup diakibatkan kebijakan pencegahan penularan covid-19, dan pengunjung tetap nekad ke sana, maka pihak pengelola akan bertindak tegas terhadap pengunjung yang datang.

Namun tidak ada salahnya jika saat ini kita membahas apa saja yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Girimanik tersebut. Sebagai refernsi awal bagi anda yang belum pernah ke sana, tentu saja saat situasi pandemi mereda.

Sejarah, Legenda, Dan Misteri Air Terjun Girimanik

Inilah yang unik dari tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia, layaknya dua sisi mata uang, selalu terkandung nilai sejarah, legenda, maupun misteri.

Begitupun di Air Terjun Girimanik terdapat sisi lain berupa misteri, dan legenda yang menarik untuk dibicarakan. Misteri di Air Terjun Girimanik terkait dengan cerita anak-anak Sang Hyang Tunggal.

Nama anak-anak Sang Hyang Tunggal tersebut adalah:

  • Batara Manikmaya
  • Batara Tejomaya
  • Batara Ismaya

Hingga pada saat mereka cukup usia, akhirnya 3 saudara tersebut turun ke bumi untuk melakukan pertapaan di sebuah gunung yang memiliki 3 air terjun.

Perlu diketahui bahwa Air Terjun Girimanik memiliki 3 air terjun. Dan ke 3 air terjun tersebut diberi nama sesuai dengan nama anak-anak Sang Hyang Tunggal.

trekking menuju air terjun girimanik
trekking menuju air terjun girimanik. google maps. sumber: Agoes_Arie 1608

Simak juga: Hebohnya Wahana di Ocarina Batam

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Girimanik

Lokasi Air Terjun Girimanik terletak di Wana Wisata Girimanik. Alamat Air Terjun Girimanik berada di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Girimanik

Akses jalan menuju Air Terjun Girimanik sudah bisa dilalui oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil. Dan jalanannya juga sudah bagus, berupa rabat beton, dan dipenuhi dengan panorama alam yang indah selama di perjalanan.

Namun, jika ingin lebih memangkas jarak untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Girimanik, ada baiknya menggunakan motor. Meskipun saat pulang terasa ngeri-ngeri sedap. Pastikan kondisi ban motor, dan rem dalam kondisi yang bagus.

Jaraka dari pusat Kabupaten Wonogiri ke Air Terjun Girimanik sekitar 45 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

jalur menuju air terjun girimanik
jalur menuju air terjun girimanik. google maps. sumber: maryanto maryanto

Harga Tiket Masuk Air Terjun Girimanik

Tiket masuk Air Terjun Girimanik Rp. 5.000 per orang.

Jam Buka Air Terjun Girimanik

Jam operasional Air Terjun Girimanik dari pukul 08.00 – 17.00.

Air Terjun Girimanik buka setiap hari, kecuali saat situasi pandemi yang mengharuskan semua tempat wisata ditutup.

Fasilitas Di Air Terjun Girimanik

berfoto di gardu pandang
berfoto di gardu pandang. google maps. sumber: Budi Sibro

Simak juga: Pesona Menara Siger

Fasilitas di kawasan wisata Air Terjun Girimanik tergolong sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Seperti :

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kantin
  • Spot selfie seperti rumah pohon

Penginapan Di Air Terjun Girimanik

Tidak ada penginapan di Air Terjun Girimanik. Namun beberapa pengunjung yang datang suka melakukan kegiatan camping di kawasan Air Terjun Girimanik, atau Wana Wisata Girimanik.

Daya Tarik Air Terjun Girimanik

segarnya air yang mengalir
segarnya air yang mengalir. google maps. sumber: Adam Albar R

1. 3 Air Terjun Elok

Air Terjun Girimanik memiliki 3 air terjun dalam satu kawasan. Tentu saja, ke 3 air terjun tersebut sangat berbeda karakteristiknya. Beda nama, beda tempat, beda juga sisi keindahannya.

Perlu diketahui, bahwa ke 3 air terjun yang ada di kawasan Air Terjun Girimanik memiliki air yang sangat jernih. Dan inilah nama-nama air terjun tersebut:

  • Air Terjun Tejomoyo

Air Terjun Tejomoyo merupakan Air Terjun Girimanik yang lokasinya berada paling jauh. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan debit air yang turun sangat deras.

salah satu air terjun girimanik
salah satu air terjun girimanik. google maps. sumber: angga rotama

Simak juga: Pesona Masa Laludi  Istana Siak

  • Air Terjun Manikmoyo

Air Terjun Manikmoyo merupakan Air Terjun Girimanik yang lokasinya tidak terlalu jauh, dan sebagai lokasi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Air Terjun Manikmoyo memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Dan air yang turun tidak menjadi terlalu besar, karena terpecah terlebih dahulu oleh semacam undakan batuan.

  • Air Terjun Condromoyo

Air Terjun Condromoyo merupakan Air Terjun Girimanik yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter, namun debit air yang turun tidak terlalu besar.

2. Area Pohon Pinus Yang Nyaman

kawasan hutan pinus
kawasan hutan pinus. google maps. sumber: Agoes Raharjo

Simak juga: Keseruan main Air di Galaxy Waterpark

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Girimanik adalah sebuah lokasi yang dilalui oleh para pengunjung. Sebuah kawasan yang dipenuhi oleh pohon pinus, dan di sana terdapat kantin, tempat duduk yang nyaman, serta rumah pohon yang bisa dijadikan sebagai spot selfie.

Panorama alam sekitarnya sangat indah, apalagi saat musim hujan kawasan tersebut akan berselimutkan kabut, dengan udara yang sangat sejuk.


Leave a Comment