Keindahan, Dan Sejarah Air Terjun Janji, Sebuah Keindahan Harmoni Alam Dengan Manusia

Keindahan Sumatera Utara bukan hanya tentang keindahan danau vulcanik yang legendaris saja, Danau Toba. Ternyata banyak sekali destinasi wisata alam yang recommended untuk dikunjungi.

Salah – satunya, sebuah air terjun di dekat lokasi Danau Toba yang sangat indah dan syarat akan sebuah nilai luhur dan niai – nilai sejarah. Nama lokasinya adalah Air Terjun Janji.

Penasaran dengan sejarah, dan keindahan lokasi, harga tiket, rute wisata Air Terjun Janji? Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya.

Air Terjun Janji
Air Terjun Janji. Sumber : travelspromo.com

Sejarah Air Terjun Janji

Terdapat sejarah tentang Air Terjun Janji yang mengandung sebuah nilai luhur yang patut diambil hikmahnya oleh generasi selanjutnya.

Nama lengkap Air Terjun Janji adalah Air Terjun Sampureun Janji, terkait erat dengan sejarah raja – raja Batak yang ada di Sumatera Utara.

Air Terjun Janji lahir dari sebuah janji bersama dari tiga raja Batak, yaitu : Raja Marbun, Raja Sinambela, dan Raja Manullang. Ke tiga raja tersebut dipertemukan oleh Raja Sisingamangaraja.

Terdapat dua buah janji besar antar para raja – rajanya, yaitu :

  • Tidak akan bertikai antar kelompok, sehingga apabila janji tersebut dilanggar, maka seketika air terjun menjadi surut.
  • Tempat janji para raja sebelum mereka berangkat pergi untuk berperang.

Air Terjun Janji dipercaya juga bagi orang – orang yang bersumpah janji di lokasi tersebut, maka janjinya akan dapat tertunaikan.

Air terjun Janji Sebuah Sejarah Janji Para Raja
Air terjun Janji Sebuah Sejarah Janji Para Raja. Sumber : jayakartanews.com

Jalur Dan Pesona Keindahan Air Terjun Janji

Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dengan kondisi air yang jernih, udara yang sangat sejuk, serta pemandangan Danau Toba yang tampak indah, adalah suguhan saat berwisata ke Air Terjun Janji.

Hamparan keindahan sudah dimulai saat para pengunjung memarkinkan kendaraan di lokasi parkiran. Jarak dari lokasi parkiran hanya 30 meter saja dengan kondisi jalan yang sedikit menanjak.

Selamat Datang Di Air Terjun Janji
Selamat Datang Di Air Terjun Janji. Sumber : akurat.co

Pemandangan pertama adalah patung ikan setinggi dua meter, denga kolam ikan yang berada tidak jauh dari lokasi patung.

Selanjutnya adalah menyusuri jalur yang sudah tertata baik dan bagus, disertai berbagai macam tanaman di sampingnya. Seolah sedang menyusuri sebuah taman.

Patung Ikan Keindahan Pertama Di Air Terjun Janji
Patung Ikan Keindahan Pertama Di Air Terjun Janji. Sumber : travelspromo.com

Saat melewati sebuah jembatan yang cocok juga sebagai spot selfie, mka para pengunjung akan melihat bebatuan serta beberapa pohon jeruk Bali, sebagai pertanda lokasi utama sudah di depan mata.

Setelah sampai di bebatuan tersebut, lihatlah sebuah keindahan alam yang begitu elok yaitu Air Terjun Janji. Airnya mengucur deras dari atas, dan aliran airnya menuju Danau Toba.

Pemandangan Danau Toba Di Air Terjun Janji
Pemandangan Danau Toba Di Air Terjun Janji. Sumber : travelspromo.com

Ragam Wisata Di Lokasi Air Terjun Janji

Terdapat beberapa ragam aktivitas yang bisa dilakukan para pengunjung saat berada di lokasi Air Terjun Janji. Diantaranya :

1. Menikmati Keindahan Alam

Menikmati keindahan alam sekitar Air Terjun Janji adalah penglaman yang tak terlupakan. Dimana semua kepenatan hidup untuk sesaat dapat terlupakan.

Danau vulcanik yang legendaris yang dikenal oleh dunia, yaitu Danau Toba dapat terlihat indah di lokasi Air Terjun Janji.

Melihat Danau Toba dari ketinggian, tentu saja merupakan sajian yang sangat berbeda dengan melihat Danau Toba saat berada di bawah.

Udara yang sejuk, suara air, hujaunya pepohonan, serta percikan air dari air terjun menambah ketenangan dan kedamaian saat berada di lokasi tersebut.

Keindahan Alam Air Terjun Janji
Keindahan Alam Air Terjun Janji. Sumber : correcto.id

Satu hal lagi, area Air Terjun Janji sangat bersih jauh dari sampah. Hal ini menunjukan sebuah pengelolaan yang baik, serta sebuah cerminan manusia yang mampu berharmoni dengan alam.

Jadi bagi para pengunjung, hormati, serta tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan berwisatalah dengan menjunjung tinggi nilai kesopanan.

2. Hunting Foto

Seperti diulas sebelumnya, keindahan di lokasi wisata Air Terjun Janji sudah dimulai saat dari lokasi parkiran. Semua pemandangannya sangat layak untuk dipublikasikan di media sosial anda.

Satu hal lagi, terdapat satu spot yang selalu menjadi incaran bagi para fotografer. Tepat di nahu kanan terdapat sebuah tebing dengan tangga alami untuk memudahkan para pengunjung naik ke atas.

Setelah sampai di atas, para pengunjung dapat melihat sebuah kolam kecil dengan hamparan pesona keindahan alam sekitar .

Jadi jangan sampai lupa untuk membawa kamera ke lokasi wisata Air Terjun Janji, dan abadikan momen kebahagiaan anda di sana.

Hunting Foto Di Air Terjun Janji
Hunting Foto Di Air Terjun Janji. Sumber : wisato.id

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Janji

Lokasi dan alamat Air Terjun Janji berada di Desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kebupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Janji

Rute untuk menuju Air Terjun Janji jika pemberangkatan pertama dari Dolok Sanggul Ibukota Kabupaten Humbahas :

  • Muara Taput – Bakara – Tipang.
  • Dolok Sanggul – Bakara.
  • Jarak Dolok Sanggul ke lokasi Air Terjun Janji  sekitar 18,9 kilometer.
  • Waktu tempuh dari Dolok Sanggul ke Lokasi Air Terjun Janji sekitar 45 menit.

Rute untuk menuju Air Terjun Janji jika pemberangkatan pertama dari Bandara Kualanamu Medan :

  • Masuk menuju jalan tol Medan
  • Menuju Pematang Siantar
  • Kemudian lanjutkan menuju Jalan Lintas Tengah Sumatera
  • Selanjutnya masuk ke Jalan Raya Muara
  • Lanjutkan menuju Jalan Lintas Sumatera – Tapian Nauli
  • Setelah itu, Masuk ke Jalan Dolok Sanggul
  • Masuk ke Jalan Bakkara
  • Dan terakhir berhenti di Marbun Toroan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Janji

Harga tiket masuk Air Terjun Janji tidak dikenakan biaya, alias gratis. Hal tersebut dikarenakan amanat para sesepuh dulu.

Jam Operasional Air Terjun Janji

Jam operasional Air Terjun Janji buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu tetap buka.

Penginapan Di Air Terjun Janji

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Janji. Namun sekitar 10 kilometer dari lokasi Air Terjun Janji, kalian sudah bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang terjangkau.

Rata-rata harga penginapan di sana di bawah Rp. 300.000 per malam nya. Perbedaan harga ditentukan oleh jenis penginapan dan fasilitas yang disajikan,

Tips Wisata Menuju Air Terjun Janji

Bagi kalian yang mempunyai rencana menghabiskan waktu liburan di lokasi Air Terjun Janji, maka inilah tips wisatanya :

  • Baiknya kalian berkunjung ke lokasi Air Terjun Janji pada saat cuaca cerah. Karena jika saat hujan tiba, maka debit air serta arusnya akan semakin kuat.
  • Memakai alas kaki yang tidak akan licin saat berdiri di bebatuan dan menaiki tangga atau berjalan di jalur menuju lokasi Air Terjun Janji.
  • Selalu menghormati budaya, serta adat istiadat masyarakat setempat.
  • Selalu mengutamakan aspek kenyamanan dan keselamatan dalam berwisata.
  • Patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.
  • Jangan merusak ingkungan sekitar, serta jangan membuang sampah sembarangan.

Penutup

Air Terjun Janji merupakan sebuah cerminan manusia yang mampu berharmoni dengan alam sekitarnya, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para leluhur.

Semoga generasi selanjutnya, termasuk para pengunjung dapat mengambil sebuah hikmah positif saat berlibur ke lokasi wisata Air Terjun Janji.

Bukan hanya sebatas kegembiraan saat berlibur saja, namun Air Terjun Janji memberikan sebuah cermin tentang janji umat manusia.

Selamat berlibur….

Baca juga:

Leave a Comment