Air Terjun Kali Pancur Getasan, Wisata Alam Semarang Di Lereng Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo, adalah gunung api yang berbentuk kerucut yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun gunung tersebut berstaatus gunung api, tetapi tercatat sampai hari ini Gunung Telomoyo belum pernah meletus.

Gunung Telomoyo mempunyai keindahan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dan pesona keindahannya sampai ke lereng gunung, atau punggungan Gunung Telomoyo.

Air Terjun Kali Pancur, sebuah air terjun yang menawan yang berlokasi di punggungan Gunung Telomoyo yang menjadi bagian dari Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan.

Air Terjun Kali Pancur sering menjadi destinasi wisata yang selalu dipenui oleh para pengunjung, terutama saat liburan tiba.

Lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur menjadi lokasi favorit kaum milenial,selain karena pesona keindaahannya, di sana juga terdapat spot yang sangat kekinian dengan latar alam sekitar yang menawan.

Trekking Menuju Air Terjun Kali Pancur Getasan

Objek wisata Air Terjun Kali Pancur belum cocok sebagai destinasi wisata bagi bagi anak-anak. Karena trekking menuju lokasi utama lumayan jauh, dan di beberapa titik yang rawan belum terdapat pagar pembatas.

Mungkin saja anak-anak akan senang saat menuju ke lokasi utama Air Terjun Kali Pancur. Namun yang akan menjadi kesulitan saat mereka pulang.

Trekking dari lokasi tiket pembayaran sampai ke lokasi Air Terjun Kali Pancur didominsai dengan turunan, meskipun di beberapa titik terdapat tanjakan, serta jalur yang datar.

Jalur perjalananya tidak terlalu sempit, serta sebagian sudah tertata secara baik. View di sepanjang jalan adalah panorama alam pegunungan, serta hutan, dan lembah.

Sebelum sampai di lokasi Air Terjun Kali Pancur Getasan, traveler akan melalui spot pemandian yang dikeramatkan. Airnya sangat jernih, lokasi kolam pemandian berada di bangunan semi tertutup. Dan airnya sangat jernih.

Selain itu, di tengah perjalanan terdapat spot untuk meredakan lelah. Spot tersebut sangat enak juga untuk menikmati panorama alam sekitar, dengan udara yang sejuk.

Bukan hanya itu saja, terdapat satu spot favorit kaum milenial. Spot foto yang menjulur ke jurang, sehingga menghadirkan latar alam dari ketinggian deng view yang sangat eksotis.

Di dekat spot foto tersebut juga terdapat semacam menara pandang, atau rumah pohon yang sangat cocok untuk kebutuhan konten para traveler.

Gardu Pandang
Gardu Pandang. Sumber: www.wisatainfo.com

Kunjungan terbaik ke lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur pada musim penghujan, karena air terjunnya akan terlihat cantik saat turun ke bawah.

Trekking Menuju Air Terjun Kali Pancur
Trekking Menuju Air Terjun Kali Pancur. Sumber: sengpaku.blogspot.com

Karena jika di musim kemarau, air yang turun akan sedikit. Ada plus dan minusnya sih, jika di musim hujan beresiko di jalur trekkingnya, jika di musim kemarau view Air Terjun Kali Pancur kurang optimal.

Mari kita lanjutkan perjalanan! Meskipun belum sapai di lokasi utama Air Terjun Kali Pancur, namun view Air Terjun Kali Pancur sudah bisa terlihat. Aliran air yang mengalir juga bisa terdengar di sepanjang perjalanan.

Kondisi jalur untuk sampai di lokasi utama semakin menurun, dan pijakan kaki masih berupa tanah. Namun jalurnya cukup lebar, sehingga cukup leluasa dilalui oleh para pejalan kaki.

Hingga pada akhirnya traveler akan sampai pada sebuah air terjun yang sangat tinggi, dan berada pada tebing bebatuan yang kokoh.

Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur. Sumber: m.kaskus.co.id

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Kali Pancur Getasan Jawa Tengah.

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Kali Pancur

Terdapat beberapa daya tarik di lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur yang mampu memikat pengunjung untuk datang ke lokasi tersebut. Diantaranya :

1. Pesona Air Terjun

Air Terjun Kali Pancur memiliki ketinggiaan 100 meter. Arus air yang turun sangat dipengaruhi oleh musim. Saat musim hujan, maka arus air yang turun akan sangat deras, dan menjadi panorama eksotis yang wajib diabadikan oleh kamera anda.

Landscape Air Terjun Kali Pancur
Landscape Air Terjun Kali Pancur. Sumber: ksmtour.com

Air yang turun tidak langsung menuju kolam utama, airnya terlebih dahulu mengguyur bebatuaan yang sedikit menonjol pada tebing batu. Konsekuensi logisnya, kondisi kolamnyapun tidak terlalu dalam.

Perpaduan tebing batu yang kokoh, serta panorama Air Terjun Kali Pancur, menyajikan sebuah keindahan alam yang mampu mengobati rasa lelah perjalanan anda.

2. Pesona Spot Penunjang

Bukan hanya Air Terjun Kali Pancur saja yang mampu menghadirkan kenikmatan wisata saat berada di sana. Rupanya spot lain pun mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Bermain Air Terjun Kali Pancur
Bermain Air Terjun Kali Pancur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi spotnya yang berada di hutan, maka menyajikan sebuah latar yang dipenuhi dengan keindahan yang layak diposting di media sosial kalian.

Adapun spot wisata lainya, selain Air Terjun Kali Pancur adalah sebagai berikut :

  • Pemandian Keramat
  • Spot Selfie
  • Gazebo

3. Pesona Keindahan Alam Sekitar

Pesona keindahan Gunung Telomoyo memberikan aura keindahan hingga sampai ke lerengnya, yaitu kawasan tempat lokasi Air Terjun Kali Pancur berada.

Berfoto Bersama Air Terjun Kali Pancur
Berfoto Bersama Air Terjun Kali Pancur. Sumber: review.bukalapak.com

Udara yang sejuk, pepohonan yang rindang, view pegunungan, serta kehadiran beberapa bunga yang indah semakin memberikan kesempurnaan wisata di Air Terjun Kali Pancur.

Sebagai catatan tambahan, sisakan tenaga anda. Karena perlu tenaga ekstra untuk sampai kembali di area parkir.

Siapkan Tenaga Untuk Kembali Pulang
Siapkan Tenaga Untuk Kembali Pulang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kali Pancur

Lokasi Air Terjun Kali Pancur terletak di lereng Gunung Telomoyo. Alamat Air Terjun Kali Pancur beraada di Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Kali Pancur

Rute untuk sampai di lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur jika menggunakan kendaraan umum bisa melalui jalan Kopeng Salaatiga.

Tujuan pertama menuju Desa Wates yang berada di Kecamatan Getasan. Selanjutnya perjalanan harus menggunakan jasa ojek, dan perjalanan yang ditempuh sekitar 3 kilometer.

Setelah sampai di lokasi wisata, maka lanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki hingga tiba di lokasi Air Terjun Kali Pancur.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kali Pancur

Harga tiket masuk Air Terjun Kali Pancur Rp. 5.000 per orang.

Jam Operasional Air Terjun Kali Pancur

Jam operasional Air Terjun Kali Pancur buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur.

Tips Wisata

  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam kondisi prima
  • Sediakan perbekalan, karena di lokasi utama tidak ada penjual makanan
  • Gunakan alas kaki yang tepat untuk berjalan di atas tanah dan bebatuan
  • Jika berkunjung dimusim hujan, maka harus ekstra hati-hati
  • Patuhi protokol kesehatan
  • Patuhi protokol keamanan
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain
  • Jangan merusak lingkungan alam

Penutup

Itulah info lengkap tentang Air Terjun Kali Pancur Getasan Semarang. Semoga mampu menjadi referensi dasar bagi anda yang mempunyai rencana untuk berkunjung ke sana.

Selalu utamakan aspek kenyamanan dan kemanan dalam berwisata. Karena alam mempunyai karakter yang sulit untuk ditebak.

Nikmati sajian wisata yang ada tanpa melanggar batasan. Selamat berlibur !

Baca juga:

Leave a Comment