Air Terjun Kanto Lampo, Keindahan Alam Lainnya Di Bali Selain Pantai

Pulau Dewata Bali memang tak pernah henti-hentinya menawarkan kita keindahan alam yang menakjubkan, setelah indahnya Pantai Kute yang terkenal hingga seantero dunia masih ada tempat wisata air di Bali yang indah selain pantai.

Yakni Air Terjun Kanto Lampo yang memberikan suasana sejuk, asri dan menyegarkan dengan diiringi suara deburan air terjun yang menenangkan.

Air Terjun Kanto Lampo atau Kanto Lampo Waterfall merupakan sebuah air terjun yang berada di dataran rendah sehingga akses untuk menuju lokasi tak terlalu susah.

Bentuk air terjunnya yang berundak-undak membuatnya semakin istimewa. Pemberian nama Kanto Lampo didasari oleh kehadiran pohon yang tumbuh di sekitar sungai.

Buah tersebut selalu berubah warna, maksudnya ketika masih awal tumbuh berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning, ketika sudah matang buahnya akan berubah menjadi merah.

Air Terjun Kanto Lampo terbentuk diakibatkan luapan air di dalam tanah yang tersumbat, air tanah tersebut digunakan untuk saluran irigasi.

Selain itu, lokasi air terjun ini dianggap suci oleh komunitas adat, karena dianggap tempat suci atau beji untuk Mendak Toya Ning (Mencari Air Suci) untuk upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.

Juga terdapat sebuah goa di sebrang sungai yang konon kataya digunakan pasukan Belanda sebagai tempat rahasia dalam menyusun strategi.

Membiarkan Jatuh Airnya Mengenai Tubuhmu
Membiarkan Jatuh Airnya Mengenai Tubuhmu. Sumber: www.irhamfaridh.com

Simak juga: 39 lokasi wisata ter-Hitz di Bali

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo atau Waterfall Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali.

Rute Menuju Air Terjun Kanto Lampo

Rute menuju Kanto Lampo Waterfall jika kamu bergerak dari Denpasar akan menempuh jarak sekitar 30 km, dan berjarak 1 km dari Taman Kota Gianyar.

Untuk kamu yang berasal dari luar kota, kamu dapat menyewa kendaraan berupa mobil maupun motor untuk menuju ke Air Terjun Kanto Lampo ini.

Lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, jalannya pun beraspal dan sangat mulus.

Jam Buka Air Terjun Kanto Lampo

Jam operasional Air Terjun Kanto Lampo atau Kanto Lampo Waterfall dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.30

Trekking Menuju Air Terjun Kanto Lampo
Trekking Menuju Air Terjun Kanto Lampo. Sumber: fashiondaily.id

Simak juga: Ribuan kuntuk bunga di kutabawa flower Garden

Tiket Air Terjun Kanto Lampo

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Kanto Lampo yakni dengan membayar sebesar Rp. 20.000 per orangnya.

Fasilitas Air Terjun Kanto Lampo

Fasilitas umum yang tersedia di area Air Terjun Kanto Lampo yakni:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet atau Kamar mandi
  • Ruang ganti pakaian yang terpisah antara perempuan dan laki-laki
  • Terdapat sebuah cafe di tengah perjalanan menuju Air Tejun Kanto Lampo

Daya Tarik Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo atau Kanto Lampo Waterfall merupakan air terjun terbaik yang ada di Bali, karena memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Keindahan Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo
Air Terjun Kanto Lampo. Sumber: blog.airpaz.com

Air Terjun Kanto Lampo atau Kanto Lampo Waterfall merupakan air terjun berundak yang mengalirkan air dari ketinggian sekitar 15 meter. Karena berundak inilah mengakibatkan air yang dijatuhkan tak terlalu menimbulkan arus yang deras.

Airnya jatuh melalui tebing batu hitam dengan hiasan tumbuhan hijau di sekitarnya, sehingga membuat suasana terlihat sangat asri dan sejuk.

Air Terjun Kanto Lampo tidak seperti air terjun biasanya yang lurus jatuh ke bawah, air yang dialirkannya menyebar ke samping dengan cukup deras sehingga seperti tirai putih diantara tebing hitam.

2. Bermain Sejuknya Air Kanto Lampo Waterfall

Tangga Yang Akan Membawamu Menuju Air Terjun Kanto Lampo
Tangga Yang Akan Membawamu Menuju Air Terjun Kanto Lampo. Sumber: enaknyadisini.wordpress.com

Ketika mengunjungi tempat wisata air seperti ini, kita harus melakukan ragam wisata seru seperti berenang atau bermain air merasakan kesegaran air yang dialirkan Air Terjun Kanto Lampo.

Terdapat sebuah kolam yang tak terlalu besar namun mengasyikkan untuk berenang bagi anak-anak. Kamu juga bisa bermain air di sekitar aliran sungai Air Terjun Kanto Lampo.

Dengan duduk-duduk di atas bebatuan kamu dapat merasakan segarnya air yang sangat jernih serta bersih. Kamu juga dapat duduk-duduk di bawah aliran Air Terjun Kanto Lampo, dan membiarkan jatuhnya air mengenai tubuhmu.

Kolam di sekitar Air Terjun Kanto Lampo tak terlalu dalam juga tak begitu lebar, sehingga kamu hanya dapat mandi di kolam tersebut tanpa bisa berenang.

3. Menikmati Keindahan Alam

Dihiasi Alam Yang Asri
Dihiasi Alam Yang Asri. Sumber: dolandolen.com

Simak juga: Negeri atas Awan Pango Pango

Ketika langkah kamu mulai menginjakkan kaki di kawasan Air Terjun Kanto Lampo, kamu akan langsung disambut oleh kehadiran pohon hijau yang sangat asri.

Terdapat beberapa tempat duduk serta spot-spot foto yang cantik di sekitar area pintu masuk. Untuk menuju air terjunnya kamu harus menuruni beberapa anak tangga di tengah rimbunnya pepohonan.

Tangganya cukup curam untuk dilalui, jadi jika membawa serta anak-anak harus selalu dibimbing. Alam Air Terjun Kanto Lampo banyak dihiasi pohon-pohon yang tinggi menjulang serta akar pohon yang dapat kita lihat menggantung dan merambat di dinding tebing.

Alam yang sangat asri dan menenangkan, tempat yang tepat untuk mengistirahatkan jiwa dan raga dari segala rutinitas yang menggila dan kembali pada alam yang indah luar biasa.

4. Hunting Spot Foto

Spot Foto Favorit
Spot Foto Favorit. Sumber: travel.kompas.com

Simak juga: Si cantik imut Pantai Nguyahan

Berburu spot foto yang menarik merupakan kegiatan lain yang harus kamu lakukan ketika berada di Air Terjun Kanto Lampo. Keindahan alamnya wajib kamu abadikan dalam sebuah foto maupun video.

Kamu dapat berfoto ketika sedang berada di tengah guyuran air terjunnya, atau bisa juga berfoto dengan latar Air Terjun Kanto Lampo itu sendiri.

Tak boleh ketinggalan untuk berfoto di area depan dekat pintu masuk menuju Air Terjun Kanto Lampo, disana terdapat spot foto yang berupa sekumpulan bunga yang berbentuk lambang cinta.

Tips Wisata

Tips wisata berikut saya coba bagikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Air Terjun Kanto Lampo:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, supaya memudahkanmu saat menuruni anak tangga.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti atau peralatan lainnya jika berniat bermain air.
  • Jaga selalu anak-anak ketika bermain air.
  • Hormatilah aturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Kanto Lampo.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Air Terjun Kanto Lampo.
  • Hindari untuk mengunjungi ketika sedang hujan, supaya bisa lebih lama bermain air di Air Terjun Kanto Lampo.
Berada Lebih Dekat Dengan Air Terjun Kanto Lampo
Berada Lebih Dekat Dengan Air Terjun Kanto Lampo. Sumber: enaknyadisini.wordpress.com

Simak juga: Pemandian raja kuno, Bah Damanik

Penutup

Pulau Dewata Bali memang memiliki alam yang sungguh sangat menakjubkan, ternyata bukan hanya pantai saja yang indah air terjunnya pun memiliki pesonanya tersendiri.

Kunjungilah Air Terjun Kanto Lampo ketika kamu berada di Bali, air terjun yang indah dan mudah untuk dijangkau sehingga kamu dapat membawa serta anak-anak.


Tinggalkan komentar