Air Terjun Mursala, Review Legenda, Sejarah, Hingga Film King Kong

Pulau Mursala, sebuah pulau eksotis yang ada di Sumatera Utara. Ternyata memiliki berjuta potensi yang sudah sampai di mata dan telinga dunia internasional.

Berkat pembuatan film King Kong yang populer di tahun 2005, lokasi Pulau Mursala kian dikenal oleh wisatawan mancanegara. Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, ternyata pulau tersebut memiliki daya pikat lainnya.

Yaitu Air Terjun Mursala, sebuah air terjun yang berada di samping laut lepas di Pulau Mursala. Airnya mengalir langsung ke lautan yang ada di depannya.

Air Terjun Mursala
Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jika biasanya lokasi air terjun harus dicapai dengan melakukan trekking, maka untuk Air Terjun Mursala harus ditempuh dengan mengguakan speed boat atau kapal.

Bagi yang belum tahu, maka inilah review lengkap Air Terjun Mursala yang recommended untuk dikunjungi.

Rute Menuju Air Terjun Mursala

Tidak ada aktivitas trekking untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Mursala. Dan untuk sampai di lokasi Air Terjun Mursala, maka para wisatawan harus menggunakan jasa penyewaan speed boat, atau kapal.

Perjalanan bisa dimulai dari Pelabuhan Sibolga, namun pastikan perjalanan menuju Pulau Mursala saat cuaca sedang cerah. Dan ada baiknya datang ke lokasi tersebut beserta rombongan, untuk meringankan biaya sewa kapal atau speed boat.

Perjalanan dari pelabuhan Sibolga menuju lokasi Air Terjun Mursala memang cukup jauh. Namun hal tersebut tidak akan terasa, karena di dalam kapal tersebut tersaji hiburan yang dapat menambah kecerian selama di perjalanan.

Armada Menuju Air Terjun Mursala
Armada Menuju Air Terjun Mursala. Sumber : sengpaku.blogspot.com

Ada stage kecil di dalam kapal, stage tersebut menjadi tempat pertunjukan dari band lokal versi acoustikan. Para pengunjung juga bisa ikut bernyanyi di atas kapal tersebut.

View yang tersaji sangat luar biasa indah, rangkaian pulau-pulau kecil, dan kondisi air laut yang sangat jernih. Secara keseluruhan pemandangan dari pelabuhan sampai ke lokasi utama sangat menakjubkan.

View Di Perjalanan
View Di Perjalanan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hingga pada akhirnya lokasi utama Air Terjun Mursala mulai terlihat. Sebuah air terjun yang cukup tinggi, aliran airnya mengalir melalui tebing serta langsung ke lautan.

Karena letak Air Terjun Mursala seperti itu, maka menikmati keindahan Air Terjun Mursala dapat dilakukan juga di atas kapal.

View Air Terjun Mursala
View Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan saat sampai di lokasi Air Terjun Mursala, bagi traveler yang pernah nonton film King Kong, akan tersadar bahwa lokasi pembuatan film tersebut bukan di luar negeri, tetapi di negeri kita sendiri, Indonesia.

Anomali Air Terjun Mursala

Pulau Mursala, beserta keindahan Air Terjun Mursala sangat memikat mata para wisatawan bahkan sampai ke mancanegara. Namun terdapat anomali dari keindahan tersebut.

Keindahan Air Terjun Mursala
Keindahan Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bagi beberapa masyarakat di daerah Sibolga, Pulau Mursala merupakan pulau yang angker. Sehingga anomali yang terjadi, masyarakat terdekat enggan berkunjung ke pulau tersebut.

Jumlah masyarakat yang ada di Pulau Mursala sangat sedikit sekali, penyebabnya dikarenakan dahulu terdapat wabah penyakit Malaria yang menyebabkan banyaknya warga di Pulau Mursala yang meninggal dunia.

Di lokasi tersebut, terdapat makam warga korban dari wabah penyakit malaria tersebut. Wabah tersebut menjadi faktor utama warganya pidah dari Pulau Mursala.

Mungkin saja, karena fenomena wabah tersebut, maka kesan yang didapatkan bagi beberapa masyarakat Sibolga, pulau tersebut menjadi angker.

Dan kini, pesona keindahan yang semakin terekspos karena trend media sosial, menjadikan nilai angkernya semakin berkurang.

Keindahan Air Terjun Mursala Memikat Mata Para Wisatawan
Keindahan Air Terjun Mursala Memikat Mata Para Wisatawan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sejarah Penamaan Air Terjun Mursala

Sejarah Air Terjun Mursala terkait dengan penamaanya dimulai sejak abad ke VII, dimana saat itu sering terjadi arus perdagangan yang dilakukan oleh bangsa Arab ke Pantai Barus.

Sebelum masuk ke Barus, bangsa Arab tersebut selalu mekakukan ibadah sholat di pulau besar yang ada di ujung yang kini disebut dengan Pulau Mursala.

Kata Mur adalah nama sebutan lain dari orang Arab, dan kata Sala yang berarti Sholat. Histori itulah yang menjadi cikal bakal pulau tersebut dinamakan Pulau Mursala.

Sejarah Di Air Terjun Mursala
Sejarah Di Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Legenda Air Terjun Mursala

Senantiasa terdapat legenda yang berkembang di sebuah objek wisata, begitupun dengan Air Terjun Mursala. Cerita tersebut menjadi sisi lain dari keindahan Air Terjun dan Pulau Mursala.

Legenda di Air Terjun Mursala terkait cerita seorang putri yang sangat cantik, yang bernama Putri Runduk permaisuri Raja Jayadana.

Kecantikan putri tersebut memikat hati seorang raja dari Sudan yang bernama Raja Janggi. Raja tersebut sangat ingin memiliki Putri Runduk, bahkan mengejarnya hingga sampai ke lokasi Pulau Mursala.

Karena sang putri terus – terusan dikejar, maka sang putripun mersa putus asa. Kemudian dia melompat ke lautan lepas, kemudian hilang tanpa jejak.

Pengawal sang putri merasa sedih atas tragedi tersebut, dan menagis tiada henti. Dan air mata dari para pengawal inilah yang kemudian menjadi Air Terjun Mursala.

Legenda Air Terjun Mursala
Legenda Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Mursala, menjadi air terjun kesedihan para pengawal setia Putri Runduk.

Pesona Keindahan Air Terjun Mursala

Pesona keindahan Air Terjun Mursala terletak pada lokasinya yang berada di samping lautan. Airnya mengalir lansung ke lautan lepas.

Kondisi airnya sangat jernih, serta memiliki arus air turun yang cukup deras. Hal ini disebabkan oleh sungai yang berda di atasnya.

Ketinggian Air Terjun Mursala
Ketinggian Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Mursala memiliki ketinggian sekitar 30 meter, namun posisi tebingnya tidak terlalu tegak, dan agak sedikit miring. Sehingga ketinggian tersebut tidak terlalu memberikan percikan yang kuat.

Kolam Air Terjun Mursala merupakan lautan, jadi bagi yang ingin melakukian aktivitas berenang hanya bagi yang sudah ahli saja ya.

Ragam Wisata Di Air Terjun Mursala
Ragam Wisata Di Air Terjun Mursala. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Mursala

Lokasi Air Terjun Mursala terletak di Pulau Mursala atau Pulau Musala. Alamat Air Terjun Mursala berada di Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara – Indonesia.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Mursala

Harga tiket masuk Air Terjun Mursala gratis / free. Namun pengunjung harus mengeluarkan biaya untuk sewa speed boat atau kapal.

Harga sewa speed boat atau kapal mulai dari Rp. 1.7 juta, tergantung fasilitas dari armada tersebut. oleh karena itu disarankan untuk pergi bersama rombongan, supaya biaya menjadi ringan.

Jam Operasional Air Terjun Mursala

Jam operasional Air Terjun Mursala buka selama 24 jam, dari hari senin sampai dengan hari Minggu. Dan berkunjulang di saat cuaca sedang cerah, jangan di puncak musim hujan.

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Mursala.

Penutup

Pulau Mursala beserta Air Terjun Mursala sebagai lokasi pembuatan film King Kong menjadi sebuah penegasan bahwa potensi alam yang ada di Indonesia sangat layak untuk ditunjukan ke macanegara.

Oleh karena itu, banggalah menjadi Indonesia. Kebanggan menjadi Indonesia salah-satunya dengan cara tidak membuang sampah dimana saja, serta tidak merusak ekosistem yang ada.

Selamat berlibur, dan selalu patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan aspek keamanan dalam berwisata ya…

Baca juga:

Leave a Comment