Air Terjun Nglirip, Pemandangan Indahnya Bikin Mata Terkesima!

Air terjun menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Di Indonesia sendiri, destinasi wisata air terjun sudah tersebar luas di berbagai penjuru.Salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Nglirip.Air terjun ini berada di Kabupaten Tuban Jawa Timur.


Air Terjun ini menyimpan pesona yang luar biasa. Terlepas dari itu, banyak hal mistis dan mitos yang tersebar di masyarakat tentang air terjun yang eksotis ini.

Air terjun ngilirip.
Air terjun ngilirip. Image via: @airterjunnglirip

Lokasi Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip terletak di Desa Mulyo Agung tepatnya di Dusun Jojogan Kecamatan Singgahan. Jarak antara desa ini dari pusat kota Tuban sekitar 37 Km dari arah Barat Daya. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban ini pun sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum.

Air Terjun Nglirip ini akrab sekali disebut dengan Grajagan Nglirip. Objek wisata yang satu ini memang menjadi primadona yang sangat eksotis di Bumi Ronggolawe tersebut. Kondisi dari air terjun yang satu ini masih sangat alami dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya sangat lebat dan besar.

Air Terjun Nglirip ini bisa memanjakan mata setiap orang yang memandangnya. Tidak hanya itu saja, di dekat air terjun juga terdapat banyak kedai serta warung yang menjual makanan. Anda bisa menikmati ragam menu yang ditawarkan sambil beristirahat di bawah rindangnya pepohonan. Anda yang memiliki keberanian untuk merasakan derasnya air terjun juga bisa menuju ke bagian bawah untuk menikmati kesegaran dari Air Terjun Nglirip.

Namun, ini membutuhkan kehati-hatian yang luar biasa karena jalannya menurun dan bebatuannya pun sangat terjal. Apalagi jika musim hujan tiba.Anda hanya disarankan untuk menikmati keindahan dari Air Terjun Nglirip melalui shelter saja.

Shelter pengamatan.
Shelter pengamatan. Image via: @abhiyaksasusanto

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan Anda. Sebab, lokasi di sekitar Air Terjun Nglirip merupakan tanah lempung yang sangat licin ketika terkena air. Apalagi jika air yang berasal dari air terjun meluap. Kondisi untuk mendekati air terjun ini disaat hujan sangat tidak disarankan karena sangat berbahaya.

Simak juga: keindahan Curug Cilember

Jalan/ rute Menuju Air Terjun Nglirip

Rute untuk menuju Air Terjun Nglirip sebenarnya sangat mudah. Anda bisa menuju lokasi ini melalui jalur Pantura Tuban-Semarang menuju arah Barat. Kemudian, Anda harus menuju arah Montong. Lanjutkan hingga menuju kecamatan Singgaha dan disana Anda akan menuju hutan Krawak. Anda kemudianakan melihat papan penunjuk arah dengan tujuan Air Terjun Nglirip.

Lokasi dari Air Terjun Nglirip tidak berada jauh dari lokasi tersebut. Anda bisa menuju tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil dengan jenis colt. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menuju Singgahan melalui Pabrik Semen Indonesia.

Jika Anda memutuskan untuk menuju Air Terjun Nglirip menggunakan kendaraan umum, Anda Bisa menggunakan dua rute.

1. Tuban – Kecamatan Singgahan- Wisata Air Terjun Nglirip

Anda harus mencari angkutan umum dari terminal Tuban menuju Kabupaten Bojonegoro. Lanjutkan ke arah kecamatan Jatirogo dan turun di pertigaan warung Anjlok di dusun Jojogan. Dari situ, Anda bisa beralan menuju Air Terjun Nglirip yang lokasinya cukup dekat kurang dari 1 km.

2. Tuban – Kecamatan Montong – Wisata Air Terjun Nglirip.

Anda bisa menaiki angkutan umum dari Terminal Tuban dengan tujuan Montong. Lanjutkan perjalanan menuju Jojogan. Dengan melalui jalur ini, Anda bisa langsung melihat pesona keindahan Air Terjun Nglirip karena lokasinya memang diantara kecamatan Montong dan Desa Jojogan.

Menikmati air terjun.
Menikmati air terjun. Image via: explorewisata.com

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip

Pesona wisata Air Terjun Nglirip dapat Anda nikmati secara gratis alias tidak membayar sedikitpun. Anda hanya perlu mempersiapkan uang untuk membayar transportasi ataupun untuk membeli makanan di tempat ini. Namun jika Anda pergi di hari Minggu atau di hari libur Anda akan dikenakan Harga Tiket Masuk sebesar 5.000 rupiah. Murah bukan?

Jika Anda membawa kendaraan roda dua, Anda bisa membayar biaya parkir Rp 2.000,00 sedangkan untuk kendaraan roda 4 Anda harus membayar parkir Rp 3.000,00. Anda bisa menuju Air Terjun Nglirip pada pergantian musim kemarau dan hujan.Mengapa demikian? Jika Anda berkunjung pada musim kemarau, air terjunnya tidak akan begitu deras. Sedangkan jika Anda datang pada musim hujan, air terjun akan terlihat keruh.

Spot foto
Spot foto tebing. Image via: @siskansa_

Jam Buka Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip buka setiap hari dan Anda bisa mengunjunginya dari pagi hingga sore hari.  Jangan berkunjung pada malam hari karena suasananya cukup gelap dan Anda tidak akan bisa menikmati keindahan dari Air terjun ini.

Datanglah di pagi hari sekitar pukul 8 sehingga Anda bisa menikmati kesegaran dari Air Terjun Nglirip.

Mitos/ Asal-usul Air Terjun Nglirip

Mitos dari Air Terjun Nglirip tidak terlepas dari  Legenda Putri Nglirip. Keberadaan dari air terjun yang menyerupai batu-batu besar dan membentuk putri yang cantik jelita seolah-olah sedang membatik ini menarik perhatian bagi banyak orang. Konon, terdapat seorang putri cantik yang sedang memainkan air di bawah air terjun dengan putri-putri pengawalnya yang lain.

spot dasar tebing
Spot foto di bawah tebing. Image via: @nurulfitriyaa

Putri Ghaib tersebutlah yang dikenal sebagai Putri Nglirip yang dipercaya oleh warga setempat sebagai penghuni dari air terjun tersebut. Terlepas dari semua itu, Air Terjun Nglirip memang memiliki pesona aura misteri yang bisa dirasakan. Disana juga terdapat makam seorang mulia bernama Syech Jabbar atau Mbah Jabbar

Itulah mengapa pengunjung yang datang ke Air Terjun Nglirip diharapkan untuk menjaga tata-krama baik dalam ucapan maupun perbuatan. Seringkali pengunjung yang datang kerasukan karena melanggar dari pantangan-pantangan yang dianjurkan. Jadi sebaiknya kita ikuti saja adat istiadat setempat ya.

Daya Tarik Lainnya

Setiap tempat wisata tentu memiliki daya tarik sendiri-sendiri.Begitu pula dengan Air Terjun Nglirip yang menjadi salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi di Tuban, Jawa Timur. Eksotisme dari air terjun ini bisa langsung dinikmati oleh siapa saja yang mengunjunginya.

Berikut beberapa daya tarik dari tempat wisata yang sangat mengesankan ini.

Pemandangan alam yang hijau

Alam hijau
Pemandangan alam yang hijau. Image via: youtube.com

Salah satu daya tarik yang luar biasa dari Air Terjun Nglirip adalah pemandangannya yang hijau mempesona. Anda akan melihat pemandangan yang alami di sekeliling Anda. Tidak hanya itu, Anda bisa menikmati kesegaran dan sejuknya udara yang ada di sekitar Anda.

Nikmatilah udara yang bebas polusi di tempat tersebut.

Airnya yang berwarna Biru Tosca

biru tosca
Air biru. Image via: indah-haya.blogspot.com

Anda bisa melihat uniknya warna Air Terjun Nglirip pada musim kemarau. Warnanya akan menjadi biru tosca dan terlihat begitu cantik dan unik. Itulah mengapa tempat wisata ini memiliki pengunjung dalam jumlah yang cukup banyak.

Bentuknya yang unik

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Air Terjun Nglirip ini memiliki bentuk seperti seorang putri yang seolah-olah sedang membatik.Bentuk yang unik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun ini. Bentuknya lain daripada air terjun lainnya.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi wisata alam Air Terjun Nglirip di Tuban ini?Datanglah bersama sahabat atau keluarga dan nikmatilah eksotisme yang luar biasa dari alam Tuban yang mempesona. Jangan lupa, abadikan setiap moment berharga Anda di tempat ini.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment