Air Terjun Nglirip, Wisata Tuban Di Antara Pesona, Dan Pantangan

Air Terjun Nglirip merupakan wisata Tuban yang terkenal dengan pesona keindahan kolam airnya yang menyajikan warna hijau tosca, membuat kagum setiap mata yang memandang.

Air Terjun Nglirip memiliki nama lengkap Air Terjun Putri Nglirip. Dari tahun ke tahun, pembenahan dilakukan oleh pihak pengelola, dan masyarakat, demi menyuguhkan kenyamanan, dan keamanan bagi pengunjung yang datang.

cantiknya air terjun nglirip
cantiknya air terjun nglirip. google maps. sumber: royhan rifqi

Simak juga: keindahan Curug Cilember

Sebelum kita lanjutkan pembahasannya, perlu penulis sampaikan terkait situasi tempat wisata khususnya yang ada di Jawa, dan Bali, sangat terdampak oleh kebijakkan PPKM.

Dampak yang jelas biasanya terlihat dari penutupan sementara. Kalaupun buka, hal tersebut sangat tergantung status daerahnya terkait penularan virus Covid-19.

Yang ke dua, kalaupun buka, maka jumlah pengunjung dibatasi, atau pengurangan jam operasional, serta kewajiban bagi para pengunjung untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Sekarang, kita lanjutkan review tentang Air Terjun Nglirip, Tuban, Jawa Timur yang sudah kami siapkan untuk anda, sekaligus sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Tuban, saat akhir pekan, dan liburan tiba.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Nglirip

Lokasi Air Terjun Putri Nglirip terletak di Dusun Jojogan. Adapun alamat Air Terjun Nglirip berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

alamnya masih terjaga
alamnya masih terjaga. google maps. sumber: Abdul Ghofur

Rute Menuju Air Terjun Nglirip

Rute menuju Air Terjun Nglirip sangatlah mudah, bahkan saat ini penataan jalannya sudah sampai ke lokasi utama. Akses jalan menuju Air Terjun Nglirip bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Nglirip saat ini pun sudah baik. Adapun jarak dari Tuban ke Air Terjun Nglirip sekitar 24 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Trekking Menuju Air Terjun Nglirip

Seperti biasa, perjalanan menuju lokasi utama objek wisata air terjun selalu identik dengan trekking, atau berjalan kaki di alam terbuka. Begitupun dengan Air Terjun Putri Nglirip, Tuban, Jawa Timur.

Kondisi saat ini, trekking menuju lokasi utama Air Terjun Nglirip dari area parkiran sudah tertata sangat baik. Jalurnya sudah berbentuk tangga tembok, serta di sampingnya terdapat pagar pembatas.

Selain itu, di sepanjang jalur trekking sudah dihiasi dengan warna-warni, serta sentuhan kreasi, yang menjadikan perjalanan menuju lokasi utama bisa sambil selfie.

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber: Loizonerr Namikulo

Jarak Air Terjun Nglirip dari area parkiran tidak terlalu jauh. Bahkan objek wisata Air Terjun Nglirip bisa dijadikan juga sebagai destinasi wisata keluarga di Tuban.

Meskipun begitu, sikap kehati-hatian harus selalu diutamakan, terutama bagi anda yang membawa anak kecil. Lebih baik hindari berada di kolam utama Air Terjun Nglirip.

Pada tahun 2015, Air Terjun Nglirip Tuban memakan korban. Hal tersebut dikarenakan pengunjung mengabaikan aspek keamanan dalam berwisata.

Pantangan Di Air Terjun Nglirip

Hampir sama dengan objek wisata lain pada umumnya. Di Air Terjun Nglirip terdapat pantangan, atau larangan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung.

Adapun larangan di Air Terjun Nglirip adalah sebagai berikut:

  • Pengunjung dilarang keras berpacaran, atau memadu kasih,
  • Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan,
  • Pengunjung dilarang merusak alam sekitar.

Larangan, atau pantangan tersebut terkait erat dengan mitos, atau legenda yang berkembang tentang Air Terjun Nglirip, Tuban, Jawa Timur.

spot foto lainnya
spot foto lainnya. google maps. sumber: Wignya 71

Legenda, atau mitos yang berkembang terkait erat dengan sang putri cantik yang selalu datang untuk mengambil air ke Air Terjun Nglirip.

Putri tersebut akan merasa tergangu jika di lokasi utama Air Terjun Nglirip terdapat orang yang berpacaran. Biasanya mereka akan putus setelah 40 hari.

Begitulah objek wisata di Indonesia, selalu berdiri diantara pesona keindahan, pantangan, dan balutan misteri, legenda, sejarah, maupun mitos.

Sejatinya, para pengunjung harus menghormati setiap nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat sekitar. Dan yang paling penting selalu utamakan keselamatan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip

  • Tiket masuk Air Terjun Nglirip Rp. 5.000 untuk dewasa.
  • Tiket masuk Air Terjun Putri Nglirip Rp. 3.000 untuk anak-anak.

Jam Buka Air Terjun Nglirip

  • Air Terjun Nglirip buka dari pukul 06.00 – 17.00.
  • Air Terjun Nglirip buka setiap hari selama seminggu.
kolam di sekitar air terjun
kolam di sekitar air terjun. google maps. sumber: Cii Raden

Fasilitas Di Air Terjun Nglirip

Fasilitas wisata di Air Terjun Nglirip sudah sangat lengkap untuk memanjakan para wisatawan yang datang. Di antaranya:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Spot selfie,
  • Kantin,
  • Lesehan, atau saung, gazebo,

Daya Tarik Air Terjun Nglirip

1. Air Terjun, Dan Kolam Utama

air terjun nglirip
air terjun nglirip. google maps. sumber: Widdy Hartati

Daya tarik yang pertama tentu saja Air Terjun Nglirip. Air Terjun Nglirip memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan lebar sekitar 20 meter.

Yang paling memukau dari Air Terjun Nglirip adalah kondisi air, serta kolam utamanya yang jarang dimiliki oleh air terjun pada umumnya.

Warna air kolamnya menyajikan warna hijau tosca, dan area kolam utamanya juga sangat lebar. Sehingga warna tersebut menyajikan keindahan bagi mata yang memandang.

Debit air yang turun dari Air Terjun Nglirip sangat dipengaruhi oleh musim. Hal tersebut dikarenakan sumber mata airnya dari aliran sungai yang ada di atasnya.

Bagi pengunjung yang ingin bermain air, lebih baik mandi di titik setelah kolam utama. Masih banyak titik yang nyaman di aliran air dari kolam utama. Kolam utama Air Terjun Nglirip sangat dalam.

2. Spot Selfie, Dan Pesona Alam Sekitar

salah satu spot untuk berfoto
salah satu spot untuk berfoto. google maps. sumber: Cii Raden

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Nglirip adalah pesona alam sekitarnya yang didominasi oleh hijaunya pepohonan yang memberikan nuansa keteduhan.

Selain itu, di lokasi utama Air Terjun Nglirip didominasi juga oleh bebatuan. Para pengunjung disarankan untuk menggunakan alas kaki yang tepat, supaya tidak licin.

Selanjutnya, terdapat spot selfie yang menyajikan latar alam yang eksotis, termasuk latar Air Terjun Nglirip. Para pengunjung diharapkan bijak selalu mengutamakan keselamatan, dibandingkan dengan mengutamakan konten.


Tinggalkan komentar