Air Terjun Nokan Nayan, Kemegahan Alam Di Tanah Seribu Sungai

Kalimantan Barat, adalah sebuah provinsi yang juluki sebagai provinsi “Seribu Sungai”. Bukan tanpa alasan, julukan tersebut dikarenakan di Kalimantan terdapat ratusan sungai besar, dan kecil.

Bahkan beberapa sungai besar yang ada di Kalimantan Barat menjadi akses jalur utama menuju pemukiman penduduk yang berada di daearah pedalaman.

Teryata di sisi lain, sungai – sungai tersebut mampu menghadirkan kemegahan alam berupa air terjun. Namanya adalah Air Terjun Nokan Nayan.

Air Terjun Nokan Nayan
Air Terjun Nokan Nayan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan, serta kemegahan Air Terjun Nokan Nayan bukan hanya saja memikat mata wisatawan nasional saja, namun air terjun tersebut mampu mengundang para wisatawan mancanegara.

Bagi traveler yang suka dengan petualangan menuju lokasi air terjun, tentu saja nama Air Terjun Nokan Nayan sudah tidak asing lagi.

Bahkan Air Terjun Nokan Nayan menjadi sebuah prestise bagi mereka yang sudah menginjakan kaki di kawasan air terjun tersebut.

Kemegahan Alam Di Provinsi Seribu Sungai
Kemegahan Alam Di Provinsi Seribu Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Perlu diingat, bahwa setiap tema dan lokasi objek wisata memiliki prestise tersendiri, meskipun secara tidak langsung. Apapun itu, baik wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga, dan wisata lainnya.

Sebagai contoh, Gunung Semeru menjadi salah – satu prestise tertinggi bagi mereka yang pernah menginjakan kakinya di gunung tersebut.

Begitupun dengan wisata air terjun. Lokasi utama Air Terjun Nokan Nayan yang berada di pedalaman hutan menjadi sebuah prestise yang selalu dibanggakan bagi mereka yang pernah mengunjunginya.

Alasan Nokan Nayan Memiliki Prestise Tinggi Di Wisata Air Terjun

Secara umum, prestise yang melekat pada sebuah objek wisata alam, dan bagi para penjelajah dikarenakan sebuah alasan besar, yaitu tentang sebuah penaklukan.

Begitupun dengan kondisi Air Terjun Nokan Nayan. Kunjungan menuju lokasi utama hanya bagi mereka yang mempunyai nyali besar, dan sudah terbiasa dengan dunia penjelajahan, dan petualangan.

Selain itu juga, traveler harus paham dengan protokol kemanan, dan keselamatan saat berada di alam terbuka. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa tantangan yang harus dilewati, yaitu:

1. Akses Jalur

Akses jalan menuju Air Terjun Nokan Nayan didominasi dengan perjalanan jalur sungai. Sungainya memiliki arus air yang kuat, dan dalam.

Untuk memangkas waktu tempuh, ada baiknya di beberapa jalur menggunakan jasa speedboat. Meskipun selaras dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Perjalanan Menyusuri Sungai
Perjalanan Menyusuri Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun di beberapa lokasi, traveler harus menggunakan perahu kecil. Bagi mereka yang pertamakali bertualang, tentu saja akan merasa khawatir.

Namun bagi mereka yang sudah terbiasa, perjalanan menuju Air Terjun Nokan Nayan menjadi sebuah keseruan yang sulit untuk dilukiskan.

Bukan hanya saja menyusuri jalur sungai, tetapi ada juga trekking yang harus dilakukan oleh para traveler. Trekkingnya melalui lembah Sungai Jongonoi, ditambah jalur trekking yang masih alami, di kawasan hutan belantara.

Trekking Menuju Air Terjun Nokan Nayan
Trekking Menuju Air Terjun Nokan Nayan. Sumber : www.youtube.com

2. Lokasi Utama

Tantangan tidak hanya berhenti di jalur perjalanan saja. Namun di lokasi utamapun terdapat tantangan yang harus ditaklukan, yaitu saat wisatawan ingin naik ke puncak Air Terjun Nokan Nayan.

Terdapat aliran sungai yang harus disebrangi. Dan saat musim hujan tiba, maka penyebrangan tersebut akan sangat berbahaya.

View Di Atas Air Terjun
View Di Atas Air Terjun. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Nokan Nayan berbeda dengan air terjun kebanyakan. Jika puncak air terjun adalah spot tersulit untuk dijajal. Maka Air Terjun Nokan Nayan sebaliknya.

Kolam utamannya sampai saat ini adalah hal yang sangat sulit untuk ditembus. Bahkan sangat berbahaya untuk bisa sampai di kolam utamanya.

Kolam Utama Air Terjun Nokan Nayan Sulit Ditembus
Kolam Utama Air Terjun Nokan Nayan Sulit Ditembus. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebagai catatan tambahan, redaksi kata “tantangan” yang dimaksud bukan berarti harus mengabaikan aspek keselamatan dan keamanan. Bahkan hal tersebut menjadi yang utama.

Dan sebelum mendekati lokasi utama Air Terjun Nokan Nayan, para wisatawan harus meminta izin terlebih dahulu kepada ketua adat setempat.

Sejarah Penamaan Air Terjun Nokan Nayan

Sejarah penamaan Air Terjun Nokan Nayan diambil dari nama sungai yang membentuk Air Terjun Nokan Nayan. Nama sungai tersebut adalah Sungai Lonayan.

Dalam bahasa keseharian masyarakat Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah, yaitu bahasa Ot Danum, kata Nohkan bermakna air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Nokan Nayan

Air Terjun Nokan Nayan mempunyai predikat sebagai salah – satu air terjun teringgi yang ada di Indonesia. Ketinggiannya diperkirakan lebih dari 180 meter.

Air Terjun Nokan Nayan Salah-Satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia
Air Terjun Nokan Nayan Salah-Satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia. Sumber : indonesiatraveler.id

Selain itu, perdikat sebagai salah – satu air terjun terbesar yang ada di Indonesia. Yang perlu anda ketahu, bahwa di lokasi utamanya terdapat dua air terjun.

Air terjun yang satunya lagi bernama Air Terjun Jongonoi. Penamaan air terjun tersebut merujuk kepada nama Sungai Jongonoi, yang membentuk Air Terjun Jongonoi.

Dua Air Terjun, Dua Sungai
Dua Air Terjun, Dua Sungai. Sumber : www.inews.id

Ketinggiannya hampir sama dengan Air Terjun Nokan Nayan. Dan kedua air terjun tersebut memiliki arus air yang sagat deras sekali.

Dua air terjun, dua sungai besar, kemudian bertemu pada satu lembah yang sama. Kemudian membentuk sebuah kemegahan alam yang mampu memikat mata siapapun yang memandangnya.

Itulah daya tarik utama dari Air Terjun Nokan Nayan. Dua air terjun yang bertemu dalam satu lembah, di hutan pedalaman tanah seribu sungai.

Nama Lain Air Terjun Nokan Nayan

Nama lain dari Air Terjun Nokan Nayan adalah :

  • Air Terjun Nohkan Lonayan
  • Air Terjun Lohkan Lonanyan
  • Nokan Nayan Waterfall
  • Nohkan Lonayan Waterfall

Mitos, Misteri Air Terjun Nokan Nayan

Dibalik sebuah keindahan objek wisata, selalu saja terdapat sisi mitos dan misteri. Begitupun dengan Air Terjun Nokan Nayan memiliki nilai mitos, dan misteri.

Mitos Air Terjun Nokan Nayan dipercaya sebagai kampung dari para makhluk halus, atau tempat berkumpulnya para makhluk halus.

Mitos, Misteri, Air Terjun Nokan Nayan
Mitos, Misteri, Air Terjun Nokan Nayan. Sumber : www.idntimes.com

Selain itu, di lokasi tersebut juga selalu ada ritual dari adat tertentu. Ritual tersebut adalah sebuah nilai luhur yang diyakini oleh masyarakat setempat.

Dengan demikian, maka para pengunjung harus mengormati keyakinan, serta adat istiadat masyarakat setempat. Dan jangan sampai melanggar pantangan yang telah ditentukan.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Nokan Nayan

Lokasi Air Terjun Nokan Nayan terletak di pedalaman hutan Kalimantan. Alamat Air Terjun Nokan Nayan berada di Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Rute Menuju Air Terjun Nokan Nayan

Rute menuju Air Terjun Nokan Nayan jika perjalanan pertama dimulai dari Kabupaten Sintang, maka arah tujuan pertama menuju daerah Nanga Pinoh.

Lanjutkan perjalanan menuju Kemangai, kemudian menuju Dusun Ukai. Setelah itu, trekking menuju Desa Nanga Menantak.

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu menuju Desa Deme.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nokan Nayan

Harga tiket masuk Air Terjun Nokan Nayan gratis. Namun para pengunjung harus membayar jasa angkutan berupa perahu, atau speedboat, serta jasa penunjuk arah.

Jam Operasional Air Terjun Nokan Nayan

Tidak diketahui persis jam berapa Air Terjun Nokan Nayan buka, dan tutupnya. Namun sangat dilarang keras kunjungan, dan pulang saat di malam hari, karena faktor keselamatan.

Penginapan

Penginapan di Air Terjun Nokan Nayan bisa di rumah warga. Tetap hormati budaya, adat istiadat, serta keyakinan masyarakat setempat.

Penutup

Demikian info lengkap Air Terjun Nokan Nayan. Jaga kelestarian alam kita, salah-satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena “sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment