Air Terjun Nyarai, Keindahan Alam Lubuk Alung Padang Pariaman

Air Terjun Nyarai merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat. Tepatnya berada di Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung.

Air terjun setinggi 8 meter ini terletak di kawasan Hutan Gamaran, Salibutan Lubuk Alung yang merupakan bagian dari Cagar Alam Nasional Bukit Barisan. Keindahan alam dan air terjunnya sudah banyak dinikmati para wisatawan.

Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai. Sumber: ksmtour.com

Banyak hal yang dapat kamu lakukan saat mengunjungi Air Terjun Nyarai ini, dan kamu akan menemukan banyak keajaiban disini. Penasaran? Simak yuk, ulasan lebih jauh tentang Air Terjun Nyarai ini, check this out!

Ragam wisata Air Terjun Nyarai

Banyak sekali ragam wisata atau kegiatan yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi wana wisata Air Terjun Nyarai, diantaranya:

1. Trekking

Untuk dapat menuju Air Terjun Nyarai, kamu harus berjalan sejauh 5,1 kilometer dengan memasuki hutan yang masih rindang dan menyusuri sungai yang cukup deras airnya. Namun keindahan alam yang disajikan membuat rasa lelah tidak terlalu berasa.

Jalan setapak yang dilalui cukup berat, tanjakan, turunan dan jalanan yang berbatu akan kamu lalui. Namun,untuk kamu yang tidak kuat berjalan jauh, kamu bisa mengunjungi Ngunngun Bawah yang lokasinya hanya 36 meter dari posko paling depan.

Treking Menuju Air Terjun Nyarai
Treking Menuju Air Terjun Nyarai. Sumber: maharaniadilla.wordpress.com

Trekking yang kamu lalui memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam, tergantung pada kemampuan kamu. Terdapat beberapa posko yang dapat dijadikan tempat istirahat.

2. Air Terjun Nyarai

Sesampainya di Air Terjun Nyarai, kamu akan melupakan semua lelah dan penatnya perjalanan. Keindahan yang dihadirkan sungguh luar biasa, dan masih sangat alami. Air Terjun Nyarai mempunyai tinggi sekitar 8 meter.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan bebatuan yang sangat besar. Jika kamu perhatikan, air yang turun dari Air Terjun Nyarai ini seperti dibendung oleh dua batu besar sebelum akhirnya masuk ke dalam kolam.

Menikmati Keindahan Air Terjun Nyarai
Menikmati Keindahan Air Terjun Nyarai. Sumber: kumparan.com

Air kolamnya sangat jernih dan bersih berwarna kehijauan, sehingga sejuk dipandang. Untuk kamu yang akan bermain air atau berenang di kolamnya harap hati-hati karena terdapat pusaran air, yang akan sangat berbahaya jika kamu mendekatinya.

Kamu bisa melakukan aksi lompatan dari atas batu yang berada di sekita kolam, selain itu di atas kolam menggelantung ayunan akar pohon yang bisa dijadikan permainan alam yang menarik. Kamu dapat merasakan kebebasan yang hakiki, dan jauh dari kesibukan kota yang membuat penat.

Melompat dari Atas Batu
Melompat dari Atas Batu. Sumber: correcto.id

3. Rafting dan Arung Jeram

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ialah Rafting dan Arung Jeram di Batang Anai. Menyusuri Batang Anai dengan cara yang berbeda dan dapat memacu adrenalin kamu.

Menyusuri Batang Anai
Menyusuri Batang Anai. Sumber: nasional.republika.co.id

4. Camping Ground

Pihak pengelola Air Terjun Nyarai juga menyediakan area untuk kamu yang akan berkemah di kawasan Hutan Gamaran Salibutan. Menikmati keheningan malam di tengah hutan, ditemani suara-suara alam dan sejuknya udara.

Camping Di Area Air Terjun Nyarai
Camping Di Area Air Terjun Nyarai. Sumber: barrabaa.com

5. Spot Selfie

Keindahan alam yang dihadirkan sayang sekali jika tidak diabadikan.

Spot Foto Terbaik
Spot Foto Terbaik. Sumber: rentalmobilpadang.co.id

Sejarah Berkembangnya Tempat Wisata Air Terjun Nyarai

Awal berkembangnya wana wisata Air Terjun Nyarai, ialah berkat seorang pemuda yang bernama Ritno Kurniawan. Beliau merupakan lulusan sebuah universitas ternama di Yogyakarta yakni UGM (Universitas Gajah Mada) dan mengambil jurusan pertanian.

Pada tahun 2011 beliau kembali ke kampung halamannya Lubuk Alung, dan bertekad untuk mengembangkan potensi keindahan alam yang dimiliki kampungnya. Meskipun mendapatkan banyak tekanan dari berbagai pihak terutama sang ibu, namun tekad Ritno sudah bulat.

Beliau mulai melancarkan aksinya dengan menemui beberapa tokoh yang ada di Lubuk Alung, selama bertahun-tahun beliau berjuang untuk meyakinkan sang ibu dan warga Lubuk Alung.

Memang tidak sedikit yang meragukan bahkan menentangnya, namun dengan keyakinan dan kejujuran hati ingin mengembangkan potensi alam yang dimiliki. Akhirnya pada tahun 2013 beliau dibantu beberapa warga mulai mengelola Air Terjun Nyarai.

Di awal keberadaanya Air Terjun Nyarai hanya mempunyai 20an pemandu wisata, dengan tidak membebankan biaya apapun kepada para pengunjung alias gratis.

Dan ternyata konsep tersebut berhasil sehingga makin lama pengunjung yang datang pun semakin banyak, maka mulai diberlakukanlah sistem paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Kini pengunjung Air Terjun Nyarai semakin bertambah setiap harinya, para warga sekitar pun tidak lagi bekerja sebagai pembalak liar. Jika keyakinan sudah bulat maka lakukanlah!

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Nyarai

Lokasi dan alamat Air Terjun Nyarai berada di Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat 25581

Rute Menuju Air Terjun Nyarai

Rute menuju Air Terjun Nyarai sangat mudah karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Jika kamu berangkat dari Kota Padang kamu hanya akan menempuh jarak sejauh 20 kilometer dengan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Saat tiba di posko wisata, kamu harus mengisi buku tamu. Setelah itu menentukan akan mengambil paket wisata yang mana. Setiap paket wisat wajib didampingi oleh seorang pemandu.

Setelah itu pemandu akan membawa kamu memulai perjalan menuju Air Terjun Nyarai, jarak yang akan ditempuh sekitar 5 km dengan memakan waktu selama 2-3 jam tergantung ketahanan fisik kamu.

Dari mulai keberangkatan kamu akan menemukan jalanan setapak di tengah hutan yang masih liar. Pemandu wisata akan mendampingi kamu agar tidak tersesat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di sepanjang perjalanan.

Setelah menumpuh perjalanan di hutan liar, kamu harus menyeberangi sungai yang dangkal namun aliran airnya terkadang cukup deras. Setelah menyeberangi sungai, jarak menuju Air Terjun Nyarai sudah semakin dekat.

Tiket Masuk Air Terjun Nyarai

Banyak ragam tiket yang ditawarkan saat kamu berada di Posko Nyarai, diantaranya:

  • Trekking Air Terjun Nyarai sebesar Rp. 20.000,-/orang
  • Camping Nyarai Rp. 40.000,-/orang
  • Spear Fishing Rp. 50.000,-/orang
  • Bird Watching Rp. 100.000,-/orang
  • Mancing Mania Rp. 50.000,-/orang

Semua paket wisata di atas wajib didampingi oleh seorang pemandu wisata.

Fasilitas Air Terjun Nyarai

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Nyarai seperti :

  • Ketersediaan toilet hanya ada di setiap posko
  • Warung-warung makanan sudah tersedia
  • Area parkir sudah tersedia di depan
  • Pemandu wisata yang sudah terlatih

Jam Operasional Air Terjun Nyarai

Jam operasional Air Terjun Nyarai yaitu dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Penginapan

Di sekitar lokasi Air Terjun Nyarai memang belum terdapat penginapan, namun jika kamu ingin bermalam di Padang Pariaman ada beberapa penginapan yang bisa jadi bahan referensi kamu, diantaranya:

  • SPOT ON 2556 Lubuk Nyarai Homestay Syariah, lokasinya berada sejauh 8,5 kilometer dari Air Terjun Nyarai dengan kisaran harga Rp. 130.502,- per malamnya.
  • Penginapan Eby, dari Air Terjun Nyarai berada sejauh 131,1 kilometer dengan harga yang ditawarkan Rp. 148.468,- per malamnya.
  • OYO 2202 Delima Guest House Syariah, berada sejauh 15,3 kilometer dari Air Terjun Nyarai dengan kisaran harga Rp. 141.338,- per malamnya.

Tips Wisata

Ada beberapa tips wisata yang dapat menjadi panduan kamu, jika kamu berencana mengunjungi Air Terjun Nyarai ini. Yakni:

  • Pastikan kondisi kamu sedang dalam keadaan prima.
  • Bawalah barang secukupnya, supaya tidak menambah beban kamu saat trekking menuju Air Terjun Nyarai.
  • Periksa keadaan cuaca, jangan sampai kamu berkunjung dalam keadaan mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dipakai perjalanan jauh dan berbatu.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup, untuk bekal di perjalanan.
  • Setelah sampai lokasi Air Terjun Nyarai, istirahatkan sejenak badanmu. Jangan langsung melakukan aktivitas berenang atau melompat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Nyarai.
  • Ikutilah setiap petunjuk yang disampaikan oleh pemandu wisata kamu.

Penutup

Jika kita mempunyai keyakinan akan satu hal, dan kita fikir itu merupakan hal yang benar maka ikutilah. Air Terjun Nyarai bergerak lebih baik, karena dimulai oleh keyakinan seseorang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki kampung halaman nya.

Keindahan alam yang sudah Tuhan anugerahkan memang sudah sepatutnya kita jaga dan kembangkan semaksimal mungkin, dengan tetap mempertahankan keindahannya.

Selamat menjelajahi keindahan alam Air Terjun Nyarai. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Nyarai, ya!

Baca juga:

Leave a Comment