Air Terjun Sigura Gura, Panorama Alam Air Terjun Tertinggi

Air Terjun Sigura Gura merupakan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia, ketinggiannya mencapai 250 meter. Namun beberapa waktu terakhir ini ada yang mencoba mengukur ketinggian air terjunnya dengan menggunakan drone.

Dan hasilnya ialah ternyata Air Terjun Sigura Gura memiliki ketinggian mencapai 310 meter. Air Terjun Sigura Gura sendiri berada di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

air terjun sigura gura
air terjun sigura gura. google maps. sumber: Indra Satria

Simak juga: Bukit Indah di Medan

Dengan memiliki ketinggian yang seperti itu, wajar jika Air Terjun Sigura Gura selalu ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan ketinggiannya.

Air Terjun yang satu ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Ponot, dan disekitarnya masih ada 2 air terjun lagi yakni Air Terjun Sialogo dan Air Terjun Siharimo.

Air Terjun Sigura Gura sendiri selalu ramai dikunjungi wisatawan apalagi jika akhir pekan, banyak yang menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman komunitas sambil menikmati keindahan air terjun tertinggi di Indonesia ini.

Lokasi Air Terjun Sigura Gura

Lokasi Air Terjun Sigura Gura atau Air Terjun Ponot ini berada di Dusun Sigura Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Rute Menuju Air Terjun Sigura Gura

Rute menuju Air Terjun Sigura Gura kamu harus melewati Jalan Sigura Gura yang sangat terkenal dengan jalur yang cukup menegangkan.

Karena kondisi jalan yang tak begitu lebar, dengan keadaan yang cukup menanjak dan berkelok-kelok serta keberadaan jurang di salah satu sisi jalan.

Meskipun begitu pemandangan di sepanjang jalan sangat mengagumkan, karena masih rindangnya pepohonan di kiri dan kanan jalan.

Jika kamu berangkat dari pusat kota Medan, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 250 km. Kemudian kamu akan melewati sebuah jembatan yang dibawahnya mengalir Sungai Asahan yang cukup deras.

Setelah melewati jembatan tersebut, maka Air Terjun Ponot atau Air Terjun Sigura Gura sebentar lagi. Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus trekking sedikit untuk mendekati air terjun.

Trekking yang dilewati tak begitu jauh, hanya saja kamu harus melewati bebatuan yang cukup besar-besar sehingga pastikan kamu memakai alas kaki yang tidak licin.

Jam Buka Air Terjun Sigura Gura

Jam operasional Air Terjun Sigura Gura dibuka setiap hari dan selama 24 jam non stop. Namun, mengingat kondisi jalan yang belum dilengkapi lampu penerangan yang memadai, sebaiknya hindari datang atau pulang terlalu sore.

Tiket Air Terjun Sigura Gura

Tiket masuk Air Terjun Sigura Gura atau Air Terjun Ponot ini dengan membayar sebesar Rp. 10.000 per orang.

aliran airnya cukup deras dan bersih
aliran airnya cukup deras dan bersih. google maps. sumber: DHENIS RI

SImak juga: Bukit Wairinding

Fasilitas Air Terjun Sigura Gura

Fasilitas umum yang ada di sekitar Air Terjun Sigura Gura diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Warung makan dan minum sederhana
  • Saung atau Gazebo tempat beristirahat

Ragam Wisata Seru Di Air Terjun Sigura Gura

1. Menikmati Air Terjun Tertinggi

Saking tingginya, Air Terjun Sigura Gura sudah terlihat dari lokasi parkir. Airnya yang bersih dan berwarna putih terlihat dengan jelas diantara tebing batu yang berwarna lebih gelap.

Selain itu debit air yang dialirkannya sangat deras, hingga cipratannya dapat mengenai badan kamu. Air yang dialirkan Air Terjun Sigura Gura berasal dari Sungai Asahan, yang mana sungai ini berhulu di Danau Toba.

Kawasan di sekitar Air Terjun Ponot ini masih sangat asri, hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya pepohonan rindang menghiasi sekitar air terjun.

Suasana alam yang tenang dan udara yang sejuk dapat kamu nikmati ketika mengunjungi Air Terjun Sigura Gura, kamu dapat duduk diatas sebuah batu dan menghadap ke arah air terjun lalu membiarkan airnya menyentuh badanmu, sungguh sangat menenangkan.

Air Terjun Sigura Gura terdiri dari dua tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, banyak pengunjung yang hanya menghabsikan waktu untuk menikmati segarnya air di tingkatan yang paling bawah.

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: elsa rina

Namun jangan berharap untuk mendekati aliran airnya, karena terlalu deras sehingga tidak aman untuk kamu dekati.

2. Bermain Air Seru

Mengunjungi tempat wisata air seperti ini tentu saja harus bermain air, merasakan segarnya air yang dialirkan Air Terjun Sigura Gura.

Airnya yang dingin tak terlalu kamu perdulikan, kamu dapat bermain air diantara bebatuan yang cukup besar. Lebih seru jika bermain bersama orang terkasih.

3. Hunting Foto Kece

berfoto bersama air terjun sigura gura
berfoto bersama air terjun sigura gura. google maps. sumber: Angga Rinaldi

Simak juga: Kebun Teh Gunung Gambir

Mengabadikan Air Terjun Sigura Gura merupakan sebuah keharusan bagi pengunjung yang datang, banyak dari mereka berfoto dengan latar derasnya air yang mengalir dan sangat tinggi itu.

Berhati-hatilah ketika hendak mengambil gambar atau video, karena bebatuan yang ada bisa saja licin dan sangat berbahaya.

4. Rafting

Sungai yang mengalir di sekitar Air Terjun Sigura Gura memiliki arus yang lumayan deras, dimana lokasi tersebut sering digunakan oleh kamu yang menyukai olah raga yang cukup menguras adrenalin.

Yakni Rafting atau Arung Jeram, dimana kamu harus menyusuri sungai dengan menggunakan sebuah perahu karet yang akan didorong oleh derasnya air.

Sungai yang ada dihiasi dengan bebatuan yang akan membuat kegiatan rafting atau arung jeram semakin menantang. Dan ternyata lokasi ini kerap menjadi tempat untuk dilaksanakannya kompetensi arung jeram tingkat nasional maupun internasional.

derasnya aliran sungai di sekitar air terjun sigura gura
derasnya aliran sungai di sekitar air terjun sigura gura. google maps. sumber: Montana Alam Raya Indonesia

Simak juga: Heha Sky View Jogja

5. Berkemah

Ragam wisata yang terakhir yang dapat kamu lakukan ketika berada di Air Terjun Sigura Gura ialah mendirikan tenda untuk bermalam bersama alam.

Dimana kamu hanya akan mendengar suara nyanyian alam yang diiringi dengan deburan air terjun sepanjang malam.

Setelahnya pastikan untuk mengunjungi Bendungan Sigura Gura yang jaraknya sekitar 20 km dari hulu Sungai Asahan.

bendungan sigura gura
bendungan sigura gura. google maps. sumber: Roy Safriadi Sevendi Siregar

Bendungan Sigura Gura merupakan bendungan kedua terbesar yang ada di Indonesia setelah Sutami yang berada di Malang, Jawa Timur.

Bendungan ini berfungsi sebagai sumber irigasi lahan-lahan yang ada di sekitar bendungan serta dimanfaatkan juga sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Air Terjun Sigura Gura atau Air Terjun Ponot ini, yakni:

  • Lebih baik datang di pagi hari, supaya dapat menikmati indahnya air terjun lebih lama.
  • Perhatikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Jika ingin keadaan yang tidak terlalu ramai datanglah di hari-hari biasa.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Pastikan kondisi kendaraan kamu dalam kondisi prima, karena kamu akan melalui jalan yang berliku dan cukup menanjak.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi air terjun.
bermain segarnya air
bermain segarnya air. google maps. sumber: Elfiana Sitorus

Penutup

Air Terjun Sigura Gura patut untuk kamu kunjungi sebelum mengunjungi Danau Toba, lokasinya yang asri serta ketinggian air terjun yang memikat merupakan daya tarik yang dimilikinya.

Jangan lupa untuk membawa serta keluarga ataupun teman-teman komunitas yang kamu miliki.


Leave a Comment