Air Terjun Silima-Lima, Keindahan Setelah Tangga Seribu Di Tapanuli Selatan

Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan Kabupaten yang dilintasi oleh Bukit Barisan. Maka jangan heran jika mayoritas pemandangan di sana berupa bukit-bukit yang indah.

Pegunungan atau bukit selalu menyimpan sebuah “harta karun” yang terpendam. Harta berupa keindahan alam dalam wujud Air Terjun, meskipun tidak semua bukit atau gunung memiliki air terjun.

Seperti halnya  Air Terjun Silima-Lima, sebuah air terjun yang dibentengi oleh dua pegunungan yang sangat terkenal di Tapanuli Selatan. Yaitu Gunung Lubuk Raya, dan Gunung Sibual-buali.

Air Terjun Silima Lima
Air Terjun Silima Lima. Google Maps. Sumber : www.google.com

Bagaimana pesona keindahannya? Yuk kita simak ulasan lengkapnya!

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Silima-Lima

Lokasi wisata Air Terjun Silima-Lima merupakan lokasi wisata air terjun yang sudah tertata cukup baik. Fasilitas trekking, ragam wahana, serta fasilitas penunjang lainya sudah tersedia di lokasi tersebut.

Sebelum melangkah ke jalur trekking, di area pertama traveler bisa menikmati pemandangan dari atas rumah pohon. Dan di lokasi tersebut sudah tersedia papan informasi bagi para pengunjung.

Jalur perjalanan yang mesti ditempuh untuk mencapai lokasi utama air terjun harus ditempuh dengan cara berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 kilometer, dan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Trekking atau akses jalan menuju Air Terjun Silima-Lima hatus melewati banyak sekali anak tangga, sehingga anak tangga tersebut diberi nama tangga seribu.

Trekking Menuju Air Terjun Silima-Lima
Trekking Menuju Air Terjun Silima-Lima. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Meskipun harus turun menapaki tangga seribu, perjalanan menuju lokasi utama tidak akan terasa. Tapi rasa lelah akan terasa saat pulang, karena jalurnya perjalanannya menanjak.

Tangganya sudah berbentuk lapisan tembok, alias bukan tanah lagi. Serta di sepanjang jalur sudah terdapat pagar pembatas yang terbuat dari besi. Tangga seribu sering juga dijadikan sebagai spot selfie bagi para pengunjung.

Tangga Seribu Menuju Air Terjun Silima Lima
Tangga Seribu Menuju Air Terjun Silima Lima. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di seperempat perjalanan, tepatnya di sisi kanan terdapat sebuah batu besar dengan narasi atau quot kekinian. Batu tersebut disebut batu jodoh. Lokasi batu jodoh biasanya menjadi spot selfie bagi mereka yang sudah punya pasangan.

Pesona pemandangan alam pegunungan, serta sejuknya udara menjadi teman sepanjang melakukan aktivitas trekking.  Selain itu, narasi kreatif di papan menghiasi jalur perjalanan.

Jika traveler sudah melihat sebuah jembatan, maka itu adalah sebuah pertanda bahwa lokasi utama air terjun sudah tidak jauh lagi.

Jembatan Menuju Air Terjun Silima Lima
Jembatan Menuju Air Terjun Silima Lima. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jembatan tersebut bernama jembatan panjang. Jembatan panjang adalah sebuah jembatan gantung yang panjang. Terdapat dua beton yang menjadi gapura masuk jembatan tersebut disertai tempat duduk.

Sebetulnya dari jembatan panjang, lokasi air terjun sudah dapat terlihat. Namun viewnya baru setengahnya. Pemandangan di dasar kolam belum mampu terlihat jelas.

Lanjutkan trekking melewati jembatan tersebut, kemudian menapaki anak tangga lagi. Pagar pembatas yang terbuat dari besi, berwarna kuning, semakin mempercantik view alam yang tersaji.

Akses anak tangga terbagi dua namun saling berhubungan. Akses yang pertama menuju ke bawah atau ke aliran sungai. Namun jika lurus adalah akses untuk semakin dekat dengan Air Terjun Silima-Lima.

Tangga Dekat Air Terjun Silima Lima
Tangga Dekat Air Terjun Silima Lima. Sumber : www.youtube.com

Itulah trekking terakhir yang harus dilalui oleh pengunjung untuk sampai di lokasi Air Terjun Silima-Lima. Selalu utamakan keselamatan ya, apalagi saat debit air sedang tinggi.

Pesona keindahan Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-Lima memiliki ketinggian sekitar 70 meter, dengan kondisi air yang jernih. karena Air Terjun Silima-Lima tergolong air terjun yang tinggi, maka wajar saja jika arus air yang turun begitu deras.

Nama lain dari Air Terjun Silima-Lima adalah Air Terjun Alam Pegunungan Lubuk Raya. Hal ini dikarenakan lokasi Air Terjun Silima-Lima yang terletak di Gunung Lubuk Raya.

View Air Terjun Silima-Lima dari kucuran airnya awalnya lurus menukik ke bawah. Kemudian di tengah-tengahnya terpecah oleh batu tebing yang menonjol. Sehingga air terjunnya menjadi bercabang.

Pesona Keindahan Air Terjun Silima Lima
Pesona Keindahan Air Terjun Silima Lima. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Air Terjun Silima-Lima diapit oleh dua gunung yang sangat terkenal di Tapanuli Selatan. Nama gunung tersebut adalah Gunung Lubuk Raya, dan Gunung Sibual-buali.

Nama Air Terjun Silima-Lima dikarenakan air terjun tersebut memiliki 5 tingkatan. Banyaknya batu besar di sekitar palung utama menyebabkan kolamnya menjadi sempit.

Bebatuan Di Dekat Air Terjun Silima Lima
Bebatuan Di Dekat Air Terjun Silima Lima. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan karena airnya deras, maka tidak disarankan bermain air tepat di palung utama. Terdapat spot untuk bermain air dengan kondisi arus yang tidak terlalu deras.

View di sekitarnya sangat mempesona. Menapilkan wajah alam yang masih asri. Ditambah dengan sejuknya udara sekitar semakin menambah sensasi kenikmatan berwisata di Air Terjun Silima-Lima.

Akses tangga yang langsung ke bawah selalu menjadi tujuan mayoritas pengunjung. Karena di sana terdapat sebuah spot yang cukup lebar untuk menikmati pesona keindahan Air Terjun Silima-Lima dari depan.

Kenikmatan terindah saat menikmati hangatnya teh atau kopi di atas bebatuan, sambil menikmati view Air Terjun Silima-Lima.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Silima-Lima

Bagi para traveler yang berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Silima-Lima, maka di sana terdapat beberapa ragam aktivitas yang dapat dinikmati. Diantaranya :

1. Bermain Air

Aktivitas yang pertama adalah bermain air. disarankan bermain air di titik yang arusnya tidak deras, serta jangan di lokasi palung utama.

Bermain Air Di Air Terjun Silima Lima
Bermain Air Di Air Terjun Silima Lima. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Flying Fox

Di lokasi wisata Air Terjun Silima-Lima terdapat wahana Flying Fox yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Menikmati keindahan sambil terbang di atas ketinggian memang memerlukan nyali yang tinggi., sebanding dengan viw yang akan dinikmati.

3. Hunting Foto

Terdapat banyak sekali spot yang sangat instagramable di lokasi wisata Air Terjun Silima-Lima. Hunting foto bisa dilakukan di atas rumah pohon, atau di jalur trekking, batu jodoh, dan tentu saja di lokasi utama Air Terjun Silima-Lima.

Mitos Air Terjun Silima-Lima

Dibalik keindahan sebuah objek wisata selalu tersimpan cerita rakyat atau mitos yang berkembang dari mulut ke mulut. Begitupun di lokasi Air Terjun Silima-Lima.

Mitos atau misteri yang terdapat di Air Terjun Silima-Lima tentang sebuah batu yang mengeluarkan air, yang letaknya setelah jembatan panjang.

Mitos Batu Jodoh Di Air Terjun Silima Lima
Mitos Batu Jodoh Di Air Terjun Silima Lima. Sumber : sumut.antaranews.com

Mitos atau misterinya adalah bagi orang yang membasuh mukanya di aliran air tersebut akan awet muda, serta akan digampangkan jodohnya.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Silima-Lima

Lokasi Air Terjun Silima-Lima terletak diantara Gunung Lubuk Raya dan Gunung Sibual-buali. Adapun alamat Air Terjun Silima-Lima berada di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Silima-Lima

Rute atau akses jalan menuju Air Terjun Silima-Lima dari Tapanuli Selatan bisa melalui Jalan Lintas Seumatera, atau Jalan Tarutung – Padang Sidempuan.

Jarak dari Tapanuli Selatan menuju lokasi wisata Air Terjun Silima-Lima sekitar 38 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Silima-Lima

Harga tiket masuk Air Terjun Silima-Lima sebesar Rp. 15.000 per orang sudah termasuk biaya parkir.

Jam Operasional Air Terjun Silima-Lima

Jam operasional Air Terjun Silima-Lima buka selama 24 jam, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Lokasi Air Terjun Silima-Lima

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Silima-Lima.

Penutup

Demikian deskripsi atau informasi tentang Air Terjun Silima-Lima. Semoga menjadi referensi awal bagi kalian yang hendak berwisata ke sana.

Patuhi protokol kesehatan, keamanan, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Baca juga:

Leave a Comment